Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Tanggal Berdiri | : | 28 September 2007 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Negeri Surabaya
Misi
- Memiliki kemampuan pedagogis dan konseptual di bidang pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran dan manajemen di unit pendidikan anak usia dini.
- Mampu terus mengembangkan diri dalam penelitian dan mengejar pendidikan di tingkat yang lebih tinggi.
- Menyebarluaskan inovasi hasil penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini.
Tujuan
- Memiliki kemampuan pedagogis dan konseptual di bidang pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran dan manajemen di unit pendidikan anak usia dini.
- Mampu terus mengembangkan diri dalam penelitian dan mengejar pendidikan di tingkat yang lebih tinggi.
- Menyebarluaskan inovasi hasil penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini.
Nilai_dasar
- Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang.
- Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah.
- Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
- Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah.
- Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman.
- Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.
Visi
Menjadi program studi unggulan dalam pendidikan anak usia dini dengan mengintegrasikan kearifan lokal dan teknologi digital yang adaptfi, inovatif, berbudaya, tangguh, dan mampu merespons tantangan globalCapaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik PAUD
- Memiliki kepribadian yang luhur sesuai dengan nilai budaya bangsa, agama dan profesi peningkatan.
- Mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat.
- Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran bagi anak usia dini melalui kegiatan bermain dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan anak usia dini dalam berbagai jenjang (TPA/KB/TK/RA/SPS) dan berbagai kondisi (terluar, terdepan, dan tertinggal).
- Menguasai berbagai prinsip dan teori pendidikan anak usia dini sesuai dengan kompetensi pedagogik dan profesional.
- Mampu memperbaiki pembelajaran berdasarkan hasil analisis informasi dan data dan menemukan berbagai alternatif pemecahan permasalahan anak usia dini.
- Pengelola PAUD
Lulusan pengelola lembaga PAUD adalah individu yang memiliki pemahaman mendalam tentang perkembangan anak usia dini, keterampilan manajemen dan pengelolaan satuan PAUD, keterlibatan yang baik dengan orang tua, serta komitmen terhadap peningkatan Lembaga PAUD dan pengembangan profesional yang berkelanjutan.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S1 PG - PAUD 2015
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620706118
Seni Aud 1
6.00
8620706098
Perkembangan Anak
6.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8620702189
Pendidikan Kewarganegaraan (Mkwu)
2.00
8620703039
Konsep Dasar Paud
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620702131
Teori Belajar Dan Pembelajaran
2.00
8620702123
Sosio-Antropologi Pendidikan
2.00
8620702175
Penjaskes Aud
2.00
8620702176
Pendidikan Inklusif
2.00
1000002018
Pancasila
2.00
8620702029
Karakter Pendidik
2.00
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8620702046
Manajemen Pendidikan
2.00
1000003042
Dasar -Dasar Kependidikan
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620708055
Metode Pengembangan Kemampuan Aud
8.00
8620702071
Ortopedagogi
2.00
8620703102
Permasalahan Dan Bimbingan Aud
3.00
8620703081
Pendidikan Bahasa Inggris Aud
3.00
8620702094
Pengembangan Sdm
2.00
1000002010
Ilmu Alamiah Dasar (Iad)
2.00
8620703178
Media Dan Sumber Belajar
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620703179
Bermain Dan Permainan
3.00
8620706119
Seni Aud 2
6.00
8620703127
Statistik Pendidikan
3.00
8620704030
Kesehatan Dan Gizi
4.00
8620702174
Aplikasi Desain Komputer
2.00
8620702007
Ape Terapan *)
2.00
8620702053
Mendongeng *)
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620704145
Metodologi Penelitian I
4.00
8620710041
Kurikulum Dan Implementasi Paud
10.00
8620702025
Filsafat Pendidikan
2.00
8620704028
Kajian Paud (Tk, Kb, Tpa, Ppt, Sps)
4.00
8620702093
Pengembangan Media Video Pembelajaran *)
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620702056
Metodologi Penelitian Ii
2.00
8620703115
Sains Dan Matematika Aud
3.00
8620702096
Penulisan Naskah Aud *)
2.00
8620702045
Manajemen Paud
2.00
8620703137
Kkn (Kuliah Kerja Nyata)
3.00
8620706166
Pagelaran Seni
6.00
8620702002
Analisis Dan Perancangan Fasilitas Aud *)
2.00
8620702035
Komunikasi Antar Pribadi
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620702129
Studi Sosial Aud *)
2.00
8620702117
Seminar Permasalahan Paud
2.00
8620703110
Program Pengelolaan Pembelajaran (Ppp)
3.00
8620702044
Magang Ii : Perusahaan Ape
2.00
8620702084
Pendidikan Multikultural Aud *)
2.00
1000002176
Kewirausahaan
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620706122
Skripsi
6.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620706118 | Seni Aud 1 | 6.00 | |
8620706098 | Perkembangan Anak | 6.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8620702189 | Pendidikan Kewarganegaraan (Mkwu) | 2.00 | |
8620703039 | Konsep Dasar Paud | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620702131 | Teori Belajar Dan Pembelajaran | 2.00 | |
8620702123 | Sosio-Antropologi Pendidikan | 2.00 | |
8620702175 | Penjaskes Aud | 2.00 | |
8620702176 | Pendidikan Inklusif | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
8620702029 | Karakter Pendidik | 2.00 | |
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8620702046 | Manajemen Pendidikan | 2.00 | |
1000003042 | Dasar -Dasar Kependidikan | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620708055 | Metode Pengembangan Kemampuan Aud | 8.00 | |
8620702071 | Ortopedagogi | 2.00 | |
8620703102 | Permasalahan Dan Bimbingan Aud | 3.00 | |
8620703081 | Pendidikan Bahasa Inggris Aud | 3.00 | |
8620702094 | Pengembangan Sdm | 2.00 | |
1000002010 | Ilmu Alamiah Dasar (Iad) | 2.00 | |
8620703178 | Media Dan Sumber Belajar | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620703179 | Bermain Dan Permainan | 3.00 | |
8620706119 | Seni Aud 2 | 6.00 | |
8620703127 | Statistik Pendidikan | 3.00 | |
8620704030 | Kesehatan Dan Gizi | 4.00 | |
8620702174 | Aplikasi Desain Komputer | 2.00 | |
8620702007 | Ape Terapan *) | 2.00 | |
8620702053 | Mendongeng *) | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620704145 | Metodologi Penelitian I | 4.00 | |
8620710041 | Kurikulum Dan Implementasi Paud | 10.00 | |
8620702025 | Filsafat Pendidikan | 2.00 | |
8620704028 | Kajian Paud (Tk, Kb, Tpa, Ppt, Sps) | 4.00 | |
8620702093 | Pengembangan Media Video Pembelajaran *) | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620702056 | Metodologi Penelitian Ii | 2.00 | |
8620703115 | Sains Dan Matematika Aud | 3.00 | |
8620702096 | Penulisan Naskah Aud *) | 2.00 | |
8620702045 | Manajemen Paud | 2.00 | |
8620703137 | Kkn (Kuliah Kerja Nyata) | 3.00 | |
8620706166 | Pagelaran Seni | 6.00 | |
8620702002 | Analisis Dan Perancangan Fasilitas Aud *) | 2.00 | |
8620702035 | Komunikasi Antar Pribadi | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620702129 | Studi Sosial Aud *) | 2.00 | |
8620702117 | Seminar Permasalahan Paud | 2.00 | |
8620703110 | Program Pengelolaan Pembelajaran (Ppp) | 3.00 | |
8620702044 | Magang Ii : Perusahaan Ape | 2.00 | |
8620702084 | Pendidikan Multikultural Aud *) | 2.00 | |
1000002176 | Kewirausahaan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620706122 | Skripsi | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Negeri Surabaya
Mekanisme pemutahiran kurikulum mengacu pada Buku Pedoman Akademik dan Kurikulum MBKM Universitas Negeri Surabaya 2020 dan Standar Operasional Prosedur Pengembangan Kurikulum Nomor SOP/19/TLS-AKD/FIP-UNESA. Penyusunan kurikulum berdasarkan pada kompetensi pendukung di Program studi PG PAUD. Pengembangan kurikulum KKNI Program studi PG PAUD dilakukan dengan hasil analisis kegiatan tracer study, studi banding kurikulum, pembuatan struktur mata kuliah, penyusunan deskripsi mata kuliah, penyusunan naskah kurikulum, penyusunan RPS, sanctioning kurikulum dengan mendatangkan narasumber dan dengan melakukan uji publik kurikulum. ​​
Evaluasi kurikulum dilakukan secara berkala setiap 4 tahun sekali dengan mengacu pada hasil tracer study, survei pengguna lulusan, dan audit mutu internal terhadap kurikulum. Hasil tracer study tahun 2021 terhadap alumni dan pengguna lulusan menunjukan kemampuan bahasan asing dan IPTEKS sebagai kelemahan lulusan PG PAUD, sehingga perlu dilakukan pemutahiran kurikulum yang berorientasi pada penguasan bahasa asing dan IPTEKS. Maka tidak lanjut dari hasil evaluasi adalah 1) penggunaan referensi dari jurnal bereputasi internasional, 2) dosen diwajibkan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar mata kuliah minimal 40% dari total tatap muka, 3) mengembangkan program english club sebagai upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa, 4) mendorong mahasiswa aktif dalam berbahasa inggris pada saat berdiskusi di kelas.
Hasil Audit kurikulum yang dilakukan oleh Auditor dari Gugus Penjaminan Mutu (GPM) tingkat fakultas. Hasil Audit Kurikulum menunjukkan belum adanya kesesuaian struktur RPS OBE yang sesuai pedoman kurikulum OBE. Tindak lanjut kegiatan ini adalah menyusun hal-hal krusial menyangkut pemutakhiran format RPS OBE serta ditindaklanjuti sesuai dengan pedoman dan prosedur yang berlaku sampai pada pembuatan RPS setiap mata kuliah.
Berdasarkan hasil tracer study dan audit mutu internal oleh GPM maka Ketua Program Studi PG PAUD membentuk Tim Pengembang Kurikulum (TPK) https://bit.ly/3Q9ZIad untuk menyesuaikan struktur RPS OBE sesuai Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Tim Pengembang Kurikulum mengacu pada hasil tracer study dengan menetapkan kompetensi pendukung lulusan mahasiswa melalui mata kuliah pilihan dengan beban studi sebanyak 12 SKS. Tahapan selanjutnya dilakukan sanctioning oleh ahli dari asosiasi APG PAUD Prof. Dr. Rachma Hasibuan, M.Kes., Dr. Rina Syafrida, M.Pd dari Universitas Singaperbangsa Karawang dan Pacific Early Childhood Education Research Association (PECERA). Sanctioning kurikulum melalui FGD dengan melibatkan alumni, pengguna lulusan, dan stakeholder dari CV. Wardhana (Perusahaan Alat Permainan Edukatif) diwakili oleh Ibu Rahmi untuk menyesuaikan kurikulum dengan tuntutan dunia kerja dan dunia industri secara global.
Tim Pengembang Kurikulum Program Studi PG PAUD juga melakukan Benchmark Kurikulum ke Universitas Kebangsaan Malaysia untuk menyesuaikan CPL Mata Kuliah dengan kebutuhan global. Hasil Benchmark Kurikulum dijadikan bahan pertimbangan Tim Pengembang Kurikulum dalam merestrukturisasi mata kuliah Program Studi PG PAUD. Kegiatan Benchmark Kurikulum sesuai dengan persiapan pengajuan akreditasi internasional ACQUIN.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Kurikulum
Landasan Yuridis
Landasan hukum yang menjadi dasar atau rujukan pada tahapan perancangan, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta sistem penjaminan mutu perguruan tinggi yang akan menjamin pelaksanaan kurikulum dan tercapainya tujuan kurikulum. Berikut adalah beberapa landasan hukum yang perlu diacu dalam penyusunan dan pelaksanaan kurikulum, yaitu :
- Pancasila dan UUD 1945;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
- Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
- Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
Landasan Filosofis
Landasan filsafat dalam pengembangan kurikulum adalah hasil dari pemikiran mendalam, analitis, logis, dan sistematis dalam perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, dan pengembangan kurikulum. Filsafat pendidikan berupaya memecahkan berbagai masalah pendidikan dengan menerapkan pemikiran-pemikiran filosofis. Filsafat juga menentukan arah pendidikan dan menjadi landasan nilai-nilai yang mengarahkan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu, filsafat yang dianut oleh masyarakat atau individu akan mempengaruhi pendidikan yang ingin direalisasikan (Sukirman, 2007). Landasan filsafat Kurikulum PG PAUD UNESA didasarkan pada beberapa prinsip filosofis yang mendasar. Prinsip-prinsip tersebut meliputi humanisme, konstruktivisme, keterlibatan dan pembelajaran berbasis pengalaman, keanekaragaman dan inklusi, serta kolaborasi dan komunikasi. Kurikulum ini mengakui nilai-nilai, potensi, dan keunikan setiap individu dalam upaya mengembangkan kualitas manusia secara menyeluruh. Dalam hal ini, pendidikan berfokus pada peran aktif peserta didik dalam membangun pengetahuan dan pemahaman mereka sendiri melalui interaksi dengan lingkungan dan pengalaman pribadi. Pembelajaran juga melibatkan anak-anak secara aktif dalam pengalaman nyata dan relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka, dengan tujuan memperdalam pemahaman dan mengembangkan keterampilan yang relevan.
Selain itu, kurikulum ini mengakui dan menghargai keanekaragaman individu dan budaya. Pendekatan inklusif diterapkan untuk memastikan bahwa semua anak, tanpa memandang latar belakang sosial, etnis, atau kondisi khusus, memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas. Kurikulum ini juga mendorong kolaborasi dan komunikasi antara pendidik, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung proses pembelajaran anak-anak. Kerjasama yang kuat dianggap penting dalam membangun lingkungan pendidikan yang inklusif, mendukung perkembangan anak secara menyeluruh, dan memastikan kelangsungan pendidikan yang bermakna. Dengan landasan filsafat ini, Kurikulum PG PAUD UNESA bertujuan untuk memberikan pendidikan yang holistik, inklusif, dan relevan bagi anak-anak usia dini.
Landasan Historis
Landasan historis dalam pengembangan kurikulum PG PAUD (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini) UNESA (Universitas Negeri Surabaya) mencakup perkembangan sejarah pendidikan guru PAUD di universitas tersebut. Berikut adalah beberapa poin penting dalam landasan historis kurikulum PG PAUD UNESA:
- Pendirian Program Studi PG PAUD UNESA: Program Studi PG PAUD di UNESA didirikan dengan tujuan untuk melahirkan tenaga pendidik yang kompeten di bidang pendidikan anak usia dini. Pada saat pendiriannya, kurikulum yang dikembangkan berfokus pada pengembangan kemampuan pedagogis, psikologis, dan kepribadian calon guru PAUD.\
- Pencapaian Akreditasi dan Pengakuan: Melalui upaya pengembangan dan peningkatan kualitas, Program Studi PG PAUD UNESA berhasil memperoleh akreditasi yang menunjukkan pengakuan terhadap kurikulum dan program pendidikan yang diselenggarakan. Akreditasi ini menjadi landasan penting dalam memperkuat posisi PG PAUD UNESA sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas di bidang pendidikan anak usia dini.
- Perkembangan Paradigma Pendidikan Anak Usia Dini: Selama perkembangan kurikulum PG PAUD UNESA, terjadi pergeseran paradigma dalam pendidikan anak usia dini. Dari pendekatan tradisional yang lebih berorientasi pada pembelajaran formal, perhatian beralih ke pendekatan yang lebih holistik dan bermain, dengan penekanan pada pengembangan potensi anak secara menyeluruh.
- Perubahan dalam Kebijakan Pendidikan: Dalam beberapa dekade terakhir, terjadi perubahan signifikan dalam kebijakan pendidikan anak usia dini di Indonesia. Pemerintah mengakui pentingnya pendidikan anak usia dini dan menetapkan regulasi serta pedoman yang mendukung pengembangan kurikulum PG PAUD. Landasan historis kurikulum PG PAUD UNESA mencerminkan perubahan dalam kebijakan pendidikan nasional terkait pendidikan anak usia dini.
- Perkembangan Ilmu dan Penelitian dalam Bidang PAUD: Landasan historis juga mencakup perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian dalam bidang pendidikan anak usia dini. Penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa PG PAUD UNESA, serta kontribusi ilmiah dari para pakar PAUD, menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum yang berorientasi pada bukti empiris dan inovasi pendidikan terkini.
Landasan historis ini mencerminkan evolusi dan perubahan dalam pengembangan kurikulum PG PAUD UNESA. Melalui pemahaman terhadap landasan historis ini, kurikulum dapat terus diperbarui dan disesuaikan dengan perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan anak usia dini.
Landasan Psikologis
Landasan psikologis untuk Kurikulum PG PAUD UNESA didasarkan pada pemahaman bahwa kurikulum adalah program dan alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang berhubungan dengan perubahan perilaku peserta didik. Dalam mengembangkan kurikulum, asumsi-asumsi atau landasan yang berasal dari studi ilmiah bidang psikologi harus digunakan. Dua jenis psikologi yang memiliki hubungan erat dan menjadi sumber pemikiran dalam pengembangan kurikulum adalah psikologi perkembangan dan psikologi belajar. Psikologi perkembangan mempelajari perkembangan manusia beserta kecenderungan perilaku yang ditunjukkan. Sedangkan psikologi belajar adalah studi mengenai proses belajar yang dilakukan oleh manusia secara umum.
Dalam perspektif psikologi belajar, terdapat klasifikasi belajar yang meliputi: belajar berdasarkan keseluruhan, di mana belajar melibatkan seluruh individu secara holistik; belajar sebagai pembentukan kepribadian, di mana belajar tidak hanya berfokus pada pengetahuan tetapi juga pada pengembangan kepribadian; belajar berkat pemahaman, di mana pemahaman mendalam akan materi pembelajaran penting dalam proses belajar; belajar berdasarkan pengalaman, di mana pengalaman langsung memainkan peran penting dalam proses belajar; belajar sebagai proses perkembangan, di mana belajar berkontribusi pada perkembangan individu secara keseluruhan; dan belajar sebagai proses berkelanjutan, di mana belajar adalah suatu proses yang berlangsung sepanjang hayat (Sukirman, 2007).
Dengan menggunakan landasan psikologis ini, Kurikulum PG PAUD UNESA dapat dirancang dan dikembangkan dengan mempertimbangkan perkembangan individu dan prinsip-prinsip belajar yang sesuai. Psikologi perkembangan akan membantu memahami tahapan perkembangan peserta didik dalam berbagai aspek, sedangkan psikologi belajar akan membantu merancang metode pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan proses belajar peserta didik.
Landasan Sosiologis
Landasan sosiologis untuk Kurikulum PG PAUD UNESA didasarkan pada dua aspek penting, yaitu norma-norma sosial atau budaya dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan dianggap sebagai proses budaya, dan individu yang akan dididik adalah makhluk yang berbudaya dan terus mengembangkan kebudayaannya. Oleh karena itu, kurikulum perlu dikembangkan berdasarkan norma-norma sosial atau budaya yang ada. Melalui pendidikan, budaya dapat diwariskan kepada generasi berikutnya, sambil berfungsi untuk mengembangkan kehidupan sosial dan budaya menuju arah yang lebih baik sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat yang berbudaya.
Namun, pendidikan juga harus menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat. Oleh karena itu, untuk menjaga keberlanjutan dan kekuatan kurikulum, pengembangannya harus didasarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat. Dengan mengintegrasikan elemen-elemen ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam kurikulum, maka kurikulum tersebut akan mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berkembang, baik dari segi perkembangan sosial budaya maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Sukirman, 2007).
Dengan mempertimbangkan landasan sosiologis, Kurikulum PG PAUD UNESA dapat mengimplementasikan pendekatan yang holistik, mempertimbangkan nilai-nilai budaya dan sosial serta memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman pendidikan yang relevan dan efektif bagi peserta didik, mempersiapkan mereka untuk berinteraksi dengan masyarakat yang berbudaya dan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved