Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Matematika |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
- Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
- Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
- Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
- Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
- Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.
Tujuan
- Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
- Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
- Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
- Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.
Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Menerapkan prinsip-prinsip dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika sederhana
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menggunakan IT
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara efektif, lisan, dan harfiah
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan matematika
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Menunjukkan pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah: |
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Asisten Peneliti Pendidikan Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Edupreneur
Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Penulis Pendidikan Matematika
Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum 2023
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8420203043
Dasar-Dasar Matematika
3.00
1000002005
Dasar-Dasar Pendidikan
2.00
8420203004
Kalkulus Diferensial
3.00
8420203230
Konsep Dasar Ipa
3.00
1000002047
Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran
2.00
1000002018
Pancasila
2.00
8420202004
Statistika
2.00
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420203064
Geometri
3.00
8420203084
Kalkulus Integral
3.00
8420202094
Konservasi Sumber Daya Alam
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
8420202197
Sejarah Matematika
2.00
8420202004
Teori Belajar
2.00
8420202222
Teori Bilangan Elementer
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420203007
Aljabar Linear Elementer
3.00
8420202004
Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran
2.00
8420202004
Geometri Analitik
2.00
8420203086
Kalkulus Peubah Banyak
3.00
8420202004
Kurikulum Sekolah
2.00
8420202004
Pemrograman Visual
2.00
8420202004
Perencanaan Pembelajaran
2.00
8420203004
Analisis Real
3.00
8420202004
Matematika Diskrit
2.00
8420202004
Pendidikan Matematika Realistik
2.00
8420202004
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420202004
Aljabar Abstrak
2.00
8420202047
E-Learning
2.00
8420203111
Matematika Sekolah
3.00
8420202121
Media Pembelajaran
2.00
8420203128
Metodologi Penelitian
3.00
8420200004
Pembelajaran Inovatif
3.00
8420202004
Riset Operasi
2.00
8420202148
Pemecahan Masalah
2.00
8420202004
Pemodelan Matematika
2.00
8420203175
Persamaan Diferensial Biasa
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000003068
Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program
3.00
1000004066
Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat
4.00
1000004067
Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program
4.00
1000003069
Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program
3.00
1000003070
Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan
3.00
1000003065
Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program
3.00
8420202200
Seminar Pendidikan Matematika
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420202004
Geometri Transformasi
2.00
8420202093
Komunikasi Publik
2.00
8420202004
Metode Numerik
2.00
8420202153
Penalaran Dan Pembuktian
2.00
8420202169
Penulisan Karya Ilmiah
2.00
8420202220
Teori Bilangan
2.00
8420202004
Teori Peluang
2.00
8420202004
Pembelajaran Mikro
2.00
8420202004
Pendidikan Stem
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002051
Plp-Analisis Kurikulum
2.00
1000002055
Plp-Asesmen Pembelajaran
2.00
1000002049
Plp-Manajemen Sekolah
2.00
1000003053
Plp-Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002054
Plp-Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002050
Plp-Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000003052
Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000004056
Plp-Praktik Mengajar
4.00
8420206202
Skripsi
6.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420202057
Filsafat Pendidikan Matematika
2.00
8420202004
Komunikasi Interpersonal
2.00
8420202105
Manajemen Dan Kepemimpinan
2.00
8420202004
Sains Kognitif
2.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8420203043 | Dasar-Dasar Matematika | 3.00 | |
1000002005 | Dasar-Dasar Pendidikan | 2.00 | |
8420203004 | Kalkulus Diferensial | 3.00 | |
8420203230 | Konsep Dasar Ipa | 3.00 | |
1000002047 | Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
8420202004 | Statistika | 2.00 | |
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420203064 | Geometri | 3.00 | |
8420203084 | Kalkulus Integral | 3.00 | |
8420202094 | Konservasi Sumber Daya Alam | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
8420202197 | Sejarah Matematika | 2.00 | |
8420202004 | Teori Belajar | 2.00 | |
8420202222 | Teori Bilangan Elementer | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420203007 | Aljabar Linear Elementer | 3.00 | |
8420202004 | Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran | 2.00 | |
8420202004 | Geometri Analitik | 2.00 | |
8420203086 | Kalkulus Peubah Banyak | 3.00 | |
8420202004 | Kurikulum Sekolah | 2.00 | |
8420202004 | Pemrograman Visual | 2.00 | |
8420202004 | Perencanaan Pembelajaran | 2.00 | |
8420203004 | Analisis Real | 3.00 | |
8420202004 | Matematika Diskrit | 2.00 | |
8420202004 | Pendidikan Matematika Realistik | 2.00 | |
8420202004 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420202004 | Aljabar Abstrak | 2.00 | |
8420202047 | E-Learning | 2.00 | |
8420203111 | Matematika Sekolah | 3.00 | |
8420202121 | Media Pembelajaran | 2.00 | |
8420203128 | Metodologi Penelitian | 3.00 | |
8420200004 | Pembelajaran Inovatif | 3.00 | |
8420202004 | Riset Operasi | 2.00 | |
8420202148 | Pemecahan Masalah | 2.00 | |
8420202004 | Pemodelan Matematika | 2.00 | |
8420203175 | Persamaan Diferensial Biasa | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000003068 | Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program | 3.00 | |
1000004066 | Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat | 4.00 | |
1000004067 | Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program | 4.00 | |
1000003069 | Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program | 3.00 | |
1000003070 | Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan | 3.00 | |
1000003065 | Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program | 3.00 | |
8420202200 | Seminar Pendidikan Matematika | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420202004 | Geometri Transformasi | 2.00 | |
8420202093 | Komunikasi Publik | 2.00 | |
8420202004 | Metode Numerik | 2.00 | |
8420202153 | Penalaran Dan Pembuktian | 2.00 | |
8420202169 | Penulisan Karya Ilmiah | 2.00 | |
8420202220 | Teori Bilangan | 2.00 | |
8420202004 | Teori Peluang | 2.00 | |
8420202004 | Pembelajaran Mikro | 2.00 | |
8420202004 | Pendidikan Stem | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002051 | Plp-Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002055 | Plp-Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000002049 | Plp-Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000003053 | Plp-Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002054 | Plp-Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002050 | Plp-Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000003052 | Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000004056 | Plp-Praktik Mengajar | 4.00 | |
8420206202 | Skripsi | 6.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420202057 | Filsafat Pendidikan Matematika | 2.00 | |
8420202004 | Komunikasi Interpersonal | 2.00 | |
8420202105 | Manajemen Dan Kepemimpinan | 2.00 | |
8420202004 | Sains Kognitif | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
Aljabar Linear Elementer | 3 | 16.67% | 83.33% | 100 % | |||||||||
Sejarah Matematika | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Matematika Sekolah | 3 | 18.18% | 22.73% | 9.09% | 18.18% | 13.64% | 9.09% | 9.09% | 100 % | ||||
Dasar-Dasar Matematika | 3 | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||||||
Kalkulus Diferensial | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Analisis Real | 3 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Geometri Analitik | 2 | 20% | 80% | 100 % | |||||||||
Media Pembelajaran | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Pembelajaran Inovatif | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Statistika | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
Pemrograman Visual | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Teori Belajar | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Filsafat Pendidikan Matematika | 2 | 16.67% | 25% | 16.67% | 41.67% | 100 % | |||||||
Dasar Kependidikan | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pemrograman Visual | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved