Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Matematika |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
- Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.
- Mengembangkan prodi pendidikan matematika berbasis konteks yang tangguh, adaptif, inovatif, dan kolaboratif, berwawasan edu-ecopreneurship serta memperoleh rekognisi internasional
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
- Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
- Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
- Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
- Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.
Tujuan
- Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
- Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
- Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
- Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.
Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-5 | Memiliki pengetahuan dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika dan terapannya dalam pendidikan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-6 | Menguasai prinsip-prinsip pengetahuan matematika untuk mendukung kemampuan berpikir matematis dalam memecahan masalah matematis
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-7 | Menguasai pengetahuan pedagogik dalam pengajaran dan evaluasi sesuai perkembangan kurikulum transformatif dan perkembangan teknologi berorientasi pendidikan matematika realistik dan edupreneur-leadership
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-8 | Mendemostrasikan keterampilan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika berwawasan pendidikan realistik berbasis teknologi yang adaptif dan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-10 | Mengambil keputusan berbasis data dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara rasional, efektif, dan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Asisten Peneliti Pendidikan Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Edupreneur
Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Penulis Pendidikan Matematika
Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Matematika 2024--2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
8420203043 | DASAR-DASAR MATEMATIKA | 3.00 | |
1000002005 | DASAR-DASAR PENDIDIKAN | 2.00 | |
8420203004 | KALKULUS DIFERENSIAL | 3.00 | |
8420202231 | KONSEP DASAR IPA | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
8420203152 | PEMROGRAMAN VISUAL | 3.00 | |
8420202004 | TEORI BELAJAR | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8420203064 | GEOMETRI | 3.00 | |
8420203084 | KALKULUS INTEGRAL | 3.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
8420202094 | KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM | 2.00 | |
8420202004 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
8420202004 | MATEMATIKA DISKRIT | 2.00 | |
8420202004 | PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK | 2.00 | |
8420202222 | TEORI BILANGAN ELEMENTER | 2.00 |
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020155 | SEMINAR TUGAS AKHIR | 2.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Di Program Studi S1 Pendidikan Matematika, evaluasi kurikulum berjalan (ongoing curriculum) dilaksanakan secara berkala sebagai upaya memastikan kesesuaian antara capaian pembelajaran dengan dinamika kebutuhan pendidikan dan perkembangan keilmuan. Evaluasi tahunan ini difokuskan untuk mengidentifikasi tantangan implementasi kurikulum, seperti kendala teknis dalam penjadwalan mata kuliah, kesenjangan antara teori dan praktik, atau respons terhadap perkembangan metodologi pembelajaran matematika terkini. Mekanisme evaluasi dilakukan melalui forum lokakarya kurikulum yang melibatkan dosen, mahasiswa, alumni, serta mitra stakeholders seperti sekolah mitra, dinas pendidikan, dan asosiasi profesi (misalnya, Indonesian Mathematics Education Society/IMES).
Hasil evaluasi tahunan menjadi dasar penyempurnaan minor kurikulum, seperti penyesuaian silabus, penambahan materi terkini, atau optimalisasi metode pembelajaran. Sementara itu, restrukturisasi kurikulum menyeluruh dilakukan setiap lima tahun dengan mengacu pada siklus standar: (1) studi pendahuluan (analisis kebutuhan, tracer study lulusan, studi banding), (2) perancangan kurikulum baru, (3) pengesahan, (4) uji publik, dan (5) implementasi. Pada tahap studi pendahuluan, data tracer study lulusan S1 dianalisis untuk menilai keterserapan di bidang pendidikan (guru, tutor, atau sektor terkait), kesesuaian kompetensi dengan kebutuhan industri pendidikan, serta masukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Kolaborasi dengan asosiasi seperti IMES dan jejaring perguruan tinggi memperkaya proses restrukturisasi melalui pertukaran praktik baik dan standar nasional. Dengan menggabungkan evaluasi rutin tahunan dan siklus restrukturisasi lima tahunan, Prodi S1 Pendidikan Matematika menjamin kurikulumnya tetap adaptif, relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan selaras dengan perkembangan ilmu pendidikan matematika secara global.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
Aljabar Linear Elementer | 3 | 30% | 60% | 10% | 100 % | ||||||||
Sejarah Matematika | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Matematika Sekolah | 3 | 45.45% | 9.09% | 27.27% | 18.18% | 99.99 % | |||||||
Dasar-Dasar Matematika | 3 | 40% | 60% | 100 % | |||||||||
Kalkulus Integral | 4 | 35.29% | 29.41% | 35.29% | 99.99 % | ||||||||
Geometri | 3 | 53.85% | 46.15% | 100 % | |||||||||
Teori Bilangan Elementer | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Penulisan Karya Ilmiah | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Konservasi Sumber Daya Alam | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Riset Operasi | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pemodelan Matematika | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Aljabar Abstrak | 2 | 28.57% | 32.14% | 39.29% | 100 % | ||||||||
Kalkulus Diferensial | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Analisis Real | 3 | 42.86% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||||
Geometri Transformasi | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Geometri Analitik | 2 | 20% | 80% | 100 % | |||||||||
PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||
Media Pembelajaran | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Pembelajaran Inovatif | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Perencanaan Pembelajaran | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Statistika | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
Pemrograman Visual | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Skripsi | 6 | 30% | 20% | 20% | 10% | 10% | 10% | 100 % | |||||
Kewirausahaan | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Pembelajaran Mikro | 2 | 21.74% | 26.09% | 26.09% | 26.09% | 100 % | |||||||
Kalkulus Integral | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Teori Belajar | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pemecahan Masalah | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Kalkulus Diferensial | 4 | 72.73% | 27.27% | 100 % | |||||||||
Filsafat Pendidikan Matematika | 2 | 16.67% | 25% | 16.67% | 41.67% | 100 % | |||||||
Dasar Kependidikan | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Pendidikan STEM | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Persamaan Diferensial Biasa | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pemrograman Visual | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Konsep Dasar IPA | 2 | 37.5% | 37.5% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Pengembangan kurikulum Program Sarjana (S1) Pendidikan Matematika didasarkan pada lima landasan utama: filosofis, sosiologis, psikologis, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta yuridis. Berikut penjelasannya dalam konteks jenjang sarjana:
1. Landasan Filosofis
Kurikulum S1 Pendidikan Matematika mengadopsi prinsip Outcome-Based Education (OBE) yang berfokus pada pencapaian kompetensi lulusan sebagai guru matematika yang profesional. Aliran filosofis postmodern, konstruktivisme, dan progresivisme menjadi dasar untuk membangun kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan individu dan konteks sosial. Konstruktivisme menekankan bahwa pengetahuan matematika dibangun melalui interaksi aktif siswa dengan lingkungan, sementara progresivisme menekankan pendidikan sebagai pelayanan untuk memenuhi kebutuhan pembelajar. Hal ini tercermin dalam desain pembelajaran berbasis proyek, studi kasus, dan aktivitas kolaboratif yang mendorong mahasiswa S1 menjadi guru yang adaptif, kreatif, dan berorientasi pada pemecahan masalah nyata di kelas.
2. Landasan Sosiologis
Kurikulum S1 Pendidikan Matematika dirancang untuk menjawab tantangan sosiologis dalam pendidikan, seperti kesenjangan kualitas pembelajaran di berbagai daerah dan kebutuhan akan guru matematika yang memahami dinamika sosial siswa. Teori fungsionalisme struktural diintegrasikan untuk memastikan peran guru dalam menjaga stabilitas sistem pendidikan, sementara teori interaksi simbolik dan fenomenologi mendorong mahasiswa S1 memahami perspektif siswa dari latar belakang budaya beragam. Kolaborasi dengan sekolah mitra, dinas pendidikan, dan asosiasi (misalnya, Indonesian Mathematics Education Society/ IMES) menjadi bagian integral untuk memastikan kurikulum selaras dengan kebutuhan masyarakat dan praktik terbaik di lapangan.
3. Landasan Psikologis
Psikologi kognitif dan sosio-kultural menjadi dasar pengembangan strategi pembelajaran di S1 Pendidikan Matematika. Teori Vygotsky tentang zona perkembangan proksimal diterapkan dalam desain pembelajaran kooperatif, sementara konstruktivisme Piaget diwujudkan melalui aktivitas eksperimen matematika dan refleksi kritis. Embodied cognition diintegrasikan dengan penggunaan alat peraga konkret untuk membantu mahasiswa memahami konsep abstrak matematika. Pendekatan ini tidak hanya mempersiapkan calon guru dalam metode pembelajaran, tetapi juga melatih kemampuan mereka untuk merancang pembelajaran inklusif yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa.
4. Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kurikulum S1 Pendidikan Matematika mengadopsi pandangan matematika sebagai aktivitas manusia yang dinamis, bukan sekadar kumpulan prosedur statis. Integrasi teknologi digital seperti simulasi GeoGebra, platform pembelajaran berbasis AI, dan model STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) digunakan untuk melatih calon guru dalam mengajarkan matematika yang relevan dengan era Society 5.0. Mahasiswa juga diperkenalkan dengan konsep metaverse untuk eksplorasi virtual dalam pembelajaran geometri atau statistika, serta penggunaan big data untuk analisis kebutuhan pembelajaran siswa. Fokusnya adalah membentuk guru yang mampu memanfaatkan teknologi sebagai media dan sumber belajar, bukan hanya sebagai alat tambahan.
5. Landasan Yuridis
Pengembangan kurikulum S1 Pendidikan Matematika mengacu pada regulasi nasional dan institusional, antara lain:
UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas dan UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen sebagai dasar pembentukan kompetensi keguruan.
Peraturan Pemerintah No. 4/2014 dan KKNI (Permendikbud No. 73/2013) untuk menjamin kesetaraan kualitas lulusan dengan standar nasional.
Permendikbudristek No. 53/2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi sebagai acuan evaluasi kurikulum.
Renstra Universitas Negeri Surabaya 2020-2025 dan Renstra FMIPA 2024-2029 yang menekankan penguatan kompetensi guru matematika berbasis riset dan teknologi.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved