Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Matematika |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
- Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
- Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
- Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
- Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
- Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.
Tujuan
- Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
- Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
- Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
- Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.
Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-5 | Memiliki pengetahuan dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika dan terapannya dalam pendidikan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-6 | Menguasai prinsip-prinsip pengetahuan matematika untuk mendukung kemampuan berpikir matematis dalam memecahan masalah matematis
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-7 | Menguasai pengetahuan pedagogik dalam pengajaran dan evaluasi sesuai perkembangan kurikulum transformatif dan perkembangan teknologi berorientasi pendidikan matematika realistik dan edupreneur-leadership
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-8 | Mendemostrasikan keterampilan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika berwawasan pendidikan realistik berbasis teknologi yang adaptif dan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-9 | Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-10 | Mengambil keputusan berbasis data dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-11 | Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara rasional, efektif, dan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Asisten Peneliti Pendidikan Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Edupreneur
Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Penulis Pendidikan Matematika
Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Matematika 2024--2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
8420203043 | DASAR-DASAR MATEMATIKA | 3.00 | |
1000002005 | DASAR-DASAR PENDIDIKAN | 2.00 | |
8420203004 | KALKULUS DIFERENSIAL | 3.00 | |
8420202231 | KONSEP DASAR IPA | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
8420203152 | PEMROGRAMAN VISUAL | 3.00 | |
8420202004 | TEORI BELAJAR | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8420203064 | GEOMETRI | 3.00 | |
8420203084 | KALKULUS INTEGRAL | 3.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
8420202094 | KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM | 2.00 | |
8420202004 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
8420202004 | MATEMATIKA DISKRIT | 2.00 | |
8420202004 | PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK | 2.00 | |
8420202222 | TEORI BILANGAN ELEMENTER | 2.00 |
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020155 | SEMINAR TUGAS AKHIR | 2.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi xxxxxx
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
Aljabar Linear Elementer | 3 | 16.67% | 83.33% | 100 % | |||||||||
Sejarah Matematika | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Matematika Sekolah | 3 | 19.05% | 23.81% | 4.76% | 19.05% | 14.29% | 9.52% | 9.52% | 100 % | ||||
Dasar-Dasar Matematika | 3 | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||||||
Kalkulus Integral | 4 | 35.29% | 29.41% | 35.29% | 99.99 % | ||||||||
Teori Bilangan Elementer | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Penulisan Karya Ilmiah | 2 | 5.26% | 15.79% | 15.79% | 15.79% | 15.79% | 15.79% | 15.79% | 100 % | ||||
Pemodelan Matematika | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Aljabar Abstrak | 2 | 25.93% | 33.33% | 40.74% | 100 % | ||||||||
Kalkulus Diferensial | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Analisis Real | 3 | 42.86% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||||
Geometri Analitik | 2 | 20% | 80% | 100 % | |||||||||
PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK | 2 | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Media Pembelajaran | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Pembelajaran Inovatif | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Perencanaan Pembelajaran | 2 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 28.57% | 100 % | |||||
Statistika | 2 | 37.5% | 12.5% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
Pemrograman Visual | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Psikologi Pembelajaran Matematika | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Skripsi | 6 | 30% | 20% | 20% | 10% | 10% | 10% | 100 % | |||||
Kewirausahaan | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Pembelajaran Mikro | 2 | 21.74% | 26.09% | 26.09% | 26.09% | 100 % | |||||||
Kalkulus Integral | 3 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Teori Belajar | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Pemecahan Masalah | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Kalkulus Diferensial | 4 | 72.73% | 27.27% | 100 % | |||||||||
Filsafat Pendidikan Matematika | 2 | 16.67% | 25% | 16.67% | 41.67% | 100 % | |||||||
Dasar Kependidikan | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Pendidikan STEM | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Persamaan Diferensial Biasa | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pemrograman Visual | 3 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Konsep Dasar IPA | 2 | 37.5% | 37.5% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved