Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
Tanggal Berdiri | : | 5 Juni 2012 |
Koordinator Program Studi | : | Drs. Bambang Sujatmiko, M.T. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Visi Keilmuan Prodi S1 PTI adalah Menjadi program studi pendidikan teknologi informasi bertaraf nasional di tahun 2022 menghasilkan lulusan yang profesional, berkarakter, dan berjiwa wirausaha.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang profesional, dan berkarakter IDAMAN JELITA dan berjiwa wirausaha
- Menghasilkan karya penelitian bidang Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) dan mengaplikasikan dalam pembelajaran
- Mengaplikasikan karya pengabdian kepada masyarakat bidang Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) dalam pembelajaran dan masyarakat.
- Mewujudkan kerjasama dengan sekolah dan DU/DI, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja program studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI).
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-5 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-6 | Mampu mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dan mampu menyelesaikan masalah di bidang teknologi informasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-7 | Menguasai konsep, model pembelajaran inovatif, dan program pengajaran di bidang teknologi informasi yang relevan dengan perkembangan teknologi terkini.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-8 | Menguasai konsep dan implementasi dalam mengembangkan rekayasa perangkat lunak, permainan, multimedia cerdas, dan teknik komputer jaringan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-9 | Menguasai konsep etika profesi guru dan etika profesi di bidang teknologi informasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-10 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya, menjunjung tinggi etika profesi, dan bersikap jujur dalam menjalankan tanggung jawab profesinya.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-11 | Memiliki karakter adaptif, berjiwa wirausaha, dan mampu bekerja dalam tim.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-12 | Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) dan informatika ke dalam penelitian di bidang pendidikan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-13 | Mampu mengembangkan produk pendidikan atau sumber belajar yang inovatif dengan menggunakan strategi berbasis desain ilmiah untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang dapat diintegrasikan dengan TIK.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-14 | Mampu mengembangkan program pengajaran di bidang teknologi informasi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
- Guru Pendidikan Teknologi Informasi
Memiliki kompetensi di bidang pembelajaran dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) yang relevan dengan kebutuhan pasar pada era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 dalam program keahlian Teknik Komputer Jaringan, multimedia cerdas dan Rekayasa Perangkat Lunak.
- Programmer Bidang Ilmu Komputer
Memiliki kompetensi dalam pengembangan modul-modul dan produk pembelajaran berbasis IT, aplikasi, tools berbasis android/web atau desktop untuk membantu pelaksanaan pembelajaran di era Revolusi Industri.null
- Wirausahawan (edu-media preneur)
Memiliki kemampuan mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis TI untuk menunjang kemampuan untuk berwirausaha dibidang sistem dan aplikasi berbasis android/web maupun desktop serta dipergunakan untuk mendukung program-program pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum terkini.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 PTI 2024-2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
1000002048 | DASAR -DASAR KEPENDIDIKAN | 2.00 | |
8320702046 | MATEATIKA I | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
8320703060 | PEMROGRAMAN DASAR | 3.00 | |
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
8320702113 | SISTEM OPERASI | 2.00 | |
8320702111 | TEORI BELAJAR | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8320702006 | ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER | 2.00 | |
8320703012 | BASIS DATA | 3.00 | |
8320702115 | E-LEARNING | 2.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
8320702116 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
8320703059 | PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK | 3.00 | |
8320702069 | PENDIDIKAN VOKASI | 2.00 | |
8320702117 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN | 2.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320702121 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8320702021 | INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | 2.00 | |
8320703062 | PEMROGRAMAN MOBILE | 3.00 | |
8320703063 | PEMROGRAMAN VISUAL | 3.00 | |
8320702124 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 2.00 | |
8320702086 | SISTEM DIGITAL | 2.00 | |
8320702122 | STRUKTUR DATA | 2.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320703120 | ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM | 3.00 | |
8320702011 | BAHASA INGGRIS LANJUT | 2.00 | |
8320703024 | JARINGAN KOMPUTER | 3.00 | |
8320703031 | KECERDASAN BUATAN | 3.00 | |
8320703155 | KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO | 3.00 | |
8320703048 | MATEMATIKA DISKRIT | 3.00 | |
8320703065 | PEMROGRAMAN WEB | 3.00 | |
8320703085 | REKAYASA PERANGKAT LUNAK | 3.00 | |
8320702118 | TEKNIK KOMPUTASI | 2.00 |
Semester ke 5
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320704148 | MAGANG -DESAIN PROYEK KOMUNITAS | 3.00 | |
MBKM0051 | MAGANG EVALUASI PROGRAM | 2.00 | |
8320704153 | MAGANG-IMPLEMENTASI PROYEK KOMUNITAS | 3.00 | |
8320702149 | MAGANG -KETERAMPILAN KERJA | 3.00 | |
8320702147 | MAGANG -KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN | 4.00 | |
MBKM0052 | MAGANG PERENCANAAN PROGRAM | 2.00 | |
8320703154 | MAGANG -SEMINAR HASIL MAGANG | 3.00 |
Semester ke 6
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 6 ini antara lain adalah- Paket Matakuliah Riset (2 SKS)
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320703054 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
8320703156 | PLP -ANALISIS KURIKULUM SMK | 3.00 | |
MBKM0031 | PLP EVALUASI PROGRAM | 2.00 | |
8320703158 | PLP -PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TI | 3.00 | |
8320703159 | PLP -PENGEMBANGAN MODUL AJAR SMK | 3.00 | |
8320703157 | PLP -PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN INOVATIF | 3.00 | |
MBKM0032 | PLP PERENCANAAN PROGRAM | 2.00 | |
8320704160 | PLP -PRAKTIK MENGAJAR BESERTA ASESMENYA | 4.00 |
Matakuliah Riset
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320702090 | STATISTIKA | 2.00 |
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320703015 | DATA MINING | 3.00 | |
8320703026 | JARINGAN KOMPUTER LANJUT | 3.00 | |
8320703027 | JARINGAN NIRKABEL | 3.00 | |
8320703030 | KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER | 3.00 | |
8320703033 | KOMPUTASI AWAN | 3.00 | |
8320703034 | KOMPUTASI BERGERAK | 3.00 | |
8320703040 | MANAJEMEN PROYEK | 3.00 | |
8320703057 | PEMROGRAMAN BASIS DATA * | 3.00 | |
1000002104 | SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR | 2.00 | |
8320703088 | SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI | 3.00 | |
8320703098 | VERIFIKASI DAN VALIDASI PERANGKAT LUNAK | 3.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
- Berdasarkan hasil evaluasi kurikulum tahun akademik 2022/2023 diperoleh hasil bahwa rata-rata ketercapaian Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi sebesar 99,40% (diatas ambang batas minimal 80%) dengan rincian rata-rata ketercapaian sebagai berikut: PLO 1 sebesar 99,38%, PLO 2 sebesar 100%, PLO 3 sebesar 98,50%, PLO 4 sebesar 99,02%, PLO 5 sebesar 99,49% dan PLO 6 sebesar 100%.
- Hasil tracer study pada alumni lulusan 2022 bahwa dari 19 lulusan yang ada diantaranya 15 alumni sudah mendapatkan pekerjaan, 2 berwiraswasta, dan sisanya tidak bekerja. Hasil itu menjadi ketercapaian IKU 1 (89,5%). Namun sayangnya dari 15 alumni yang sudah bekerja, yang menjadi guru hanya 4 alumni dan sisanya ada yang menjadi programer, teknisi, pegawai, dan lain-lain.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | CPL13 | CPL14 | |||
Dasar Pendidikan | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | |||||||||||
Keamanan Jaringan Komputer | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Jaringan Komputer | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Analisis dan Perancangan Sistem | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Perencanaan Pembelajaran | 2 | 29.41% | 11.76% | 29.41% | 29.41% | 99.99 % | ||||||||||
Jaringan Nirkabel | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Kecerdasan Buatan | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||
Jaringan Komputer Lanjut | 3 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||||
Metodologi Penelitian | 3 | 30% | 40% | 30% | 100 % | |||||||||||
Rekayasa Perangkat Lunak | 3 | 60% | 20% | 20% | 100 % | |||||||||||
Pemrograman Berorientasi Obyek | 3 | 38.46% | 46.15% | 15.38% | 99.99 % | |||||||||||
Interaksi Manusia dan Komputer | 2 | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 99.96 % |
Basis Data | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||||
Pemrograman Dasar | 3 | 20% | 20% | 60% | 100 % | |||||||||||
Matematika Diskrit | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | ||||||||||||
Pemrograman Visual | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Pemrograman Web | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Bahasa Inggris Lanjut | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Data Mining | 3 | 80% | 20% | 100 % | ||||||||||||
Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak | 3 | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 22.22% | 22.22% | 11.11% | 99.99 % | ||||||||
Bahasa Inggris | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Pemrograman Mobile | 3 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||||
Struktur Data | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
Sistem Operasi | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||||
Teori Belajar | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
E-Learning | 2 | 30% | 30% | 40% | 100 % | |||||||||||
Teknik Komputasi | 2 | 23.08% | 23.08% | 38.46% | 15.38% | 100 % | ||||||||||
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | |||||||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 37.5% | 25% | 25% | 12.5% | 100 % | ||||||||||
Grafika Komputer | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Statistika | 2 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||||
Arsitektur dan Organisasi Komputer | 2 | 44.44% | 55.56% | 100 % | ||||||||||||
Microteaching | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
Evaluasi Pembelajaran | 3 | 58.33% | 41.67% | 100 % | ||||||||||||
Matematika 1 | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Aljabar Linier dan Matrik | 2 | 30% | 40% | 30% | 100 % | |||||||||||
Multimedia | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Pemrograman Basis Obyek | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Kecerdasan Buatan | 3 | 3.77% | 35.85% | 26.42% | 7.55% | 26.42% | 100 % | |||||||||
Mateatika I | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Analisis dan Perancangan Sistem | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 3 | 11.11% | 22.22% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
- Pancasila dan UUD 1945
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
- Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
- Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved