Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi D4 Desain Grafis Unesa
Program Studi | : | D4 Desain Grafis |
Tanggal Berdiri | : | 18 Oktober 2019 |
Koordinator Program Studi | : | Asidigisianti Surya Patria, S.T., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi D4 Desain Grafis
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mengembangkan ilmu terapan desain grafis yang adaptif, inovatif, dan memiliki jiwa creativepreneurMisi
- Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan bernilai inovasi dalam bidang Desain Grafis.
- Menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga yang relevanndalam rangka meningkatkan daya saing dan kualitas lulusan Desain Grafis
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan merancang desain grafis dengan menghasilkan produk yang inovatif.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan memecahkan permasalahan desain grafis yang ada di masyarakat.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan merancang strategi komunikasi, membimbing dan memberi solusi di bidang industri kreatif kepada masyarakat.
Capaian Lulusan Program Studi D4 Desain Grafis
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-5 | Mampu menguasai secara teoritis pengetahuan tentang sejarah desain, prinsip dasar desain grafis, prinsip dasar komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan IPTEKS pada bidang desain grafis.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Mampu merancang, menerapkan hingga memproduksi karya desain grafis baik secara manual maupun digital.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mampu mengkomunikasikan strategi dan konsep desain grafis berdasarkan pemecahan masalah (problem solving) kepada pihak lain yang membutuhkan secara jelas.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mampu mengevaluasi kemudian mengkomunikasikan karya desain grafis kepada pihak lain yang membutuhkan secara jelas.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-9 | Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secra efektif kepada pihak lain yang membutuhkan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan serta mencegah plagiasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi D4 Desain Grafis
Universitas Negeri Surabaya
- Desainer Grafis
Menjadi tenaga profesional desainer grafis yang mampu merancang dan memproduksi desain grafis pada media konvensional atau digital sesuai dengan kebutuhan khalayak sasaran.
Contoh profesi: desainer grafis, ilustrator, komikus, typografer, desainer editorial, fotografer.
- Desainer Digital Media
Menjadi tenaga profesional desainer grafis yang memiliki keahlian untuk mendukung proses perancangan, produksi, dan pengelolaan konten digital.
Contoh: desainer ui/ux, desainer game, videografer, desainer konten, motion graphic, animator.
- Creativepreneur
Menjadi tenaga profesional desainer grafis yang memiliki keahlian untuk memproduksi barang atau jasa yang bergerak di industri kreatif.
Contoh: Wirausaha di bidang industri kreatif
Struktur Kurikulum D4 Desain Grafis
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi D4 Desain Grafis 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
9034204422
Nirmana
4.00
9034203425
Fotografi Digital
3.00
9034204424
Komputer Grafis
4.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
9034204423
Tipografi
4.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
9034203460
Graphic Design Style
3.00
9034208436
Ilustrasi Digital
4.00
9034204428
Layout
4.00
1000002018
Pancasila
2.00
1000002047
Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran
2.00
9034203461
Videografi
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9034203453
Digital Media
3.00
9034203451
Digital Printing
3.00
9034203450
Copy Writing
3.00
9034205454
Desain Grafis Dasar
5.00
1000002176
Kewirausahaan
2.00
9034203452
Visual Brand
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
9034202458
Bahasa Jerman 1
2.00
9034205456
Desain Grafis Aplikatif
5.00
99999044202421
Etika Profesi
2.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
9034202438
Manajemen Bisnis Industri Kreatif
2.00
9034203457
Portofolio
3.00
9034202439
Presentasi Dan Negosiasi Desain
2.00
9034203441
Statistik
3.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9034203466
Metode Penelitian
3.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9034208441
Desain Program Magang Praktik Industri
4.00
9034208449
Pengembangan Program Magang Praktik Industri
4.00
9034208438
Analisis Program Magang Praktik Industri
4.00
1000020108
Evaluasi Program Magang Praktik Industri
2.00
9034208446
Implementasi Program Magang Praktik Industri
4.00
1000020174
Perencanaan Program Magang
2.00
Semester ke 6
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 6 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (20 SKS)
- Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (10 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (4 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (20 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (20 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000003100
Magang Riset-Publikasi
3.00
1000004098
Magang Riset-Penganalisisan Data
4.00
1000004096
Magang Riset-Pengembangan Instrumen Penelitian
4.00
1000003095
Magang Riset-Pengembangan Rencana Penelitian
3.00
1000004097
Magang Riset-Pengumpulan Data
4.00
1000002099
Magang Riset-Penyusunan Laporan Penelitian
2.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9034202470
Analisis Program Proyek Di Desa
2.00
1000020168
Perencanaan Program Proyek Di Desa
2.00
1000020175
Evaluasi Program Proyek Di Desa
2.00
9034204472
Pameran Produk Program Proyek Di Desa
4.00
9034204468
Pelaksanaan Program Proyek Di Desa
4.00
9034202469
Pendiseminasian Program Proyek Di Desa
2.00
9034204471
Penyusunan Laporan Program Proyek Di Desa
4.00
Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020170
Perencanaan Program Pertukaran Mahasiswa
2.00
1000020138
Evaluasi Program Pertukaran Pelajar
2.00
9034204473
Pelaksanaan Program Pertukaran Pelajar
4.00
9034202474
Pendiseminasian Program Pertukaran Pelajar
2.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020172
Perencanaan Program Riset
2.00
1000020133
Evaluasi Program Penelitian Dan Riset
2.00
Matakuliah Studi Independen
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9034208439
Analisis Program Studi Dan Proyek Independen
4.00
9034208442
Desain Program Studi Dan Proyek Independen
4.00
1000020123
Evaluasi Program Studi Dan Proyek Independen
2.00
1000020173
Perencanaan Program Studi Independen
2.00
9034208447
Implementasi Program Studi Dan Proyek Independen
4.00
9034208450
Pengembangan Program Studi Dan Proyek Independen
4.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9034208440
Desain Program Kewirausahaan
4.00
9034208448
Pengembangan Program Kewirausahaan
4.00
1000020167
Perencanaan Program Wirausaha
2.00
9034208437
Analisis Program Kewirausahaan
4.00
1000020128
Evaluasi Program Kewirausahaan
2.00
9034204467
Pameran Produk Kewirausahaan
4.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9034204446
Art And Craft
4.00
9034204445
Infografis
4.00
1000020160
Empati Dan Kecerdasan Emosional
2.00
1000020165
National Conference
2.00
1000020156
Pembelajaran Emosi Dan Sosial
2.00
1000020157
Manajemen Event Regional
2.00
1000020161
Komunikasi Dan Kerja Tim
2.00
1000020158
Berpikir Kritis Dan Kreatif
2.00
1000020163
Communication Skills
2.00
9034204444
Desain Kemasan
4.00
1000020164
Internasional Conference
3.00
1000020159
Kepemimpinan Inklusi
2.00
1000004169
Manajemen Event International
4.00
9034204449
Promosi Digital
4.00
1000002104
Seminar Proposal Tugas Akhir
2.00
1000020162
Softskills
2.00
9034204448
Video Production
4.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000004105
Tugas Akhir
4.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
9034204422 | Nirmana | 4.00 | |
9034203425 | Fotografi Digital | 3.00 | |
9034204424 | Komputer Grafis | 4.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
9034204423 | Tipografi | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
9034203460 | Graphic Design Style | 3.00 | |
9034208436 | Ilustrasi Digital | 4.00 | |
9034204428 | Layout | 4.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
1000002047 | Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran | 2.00 | |
9034203461 | Videografi | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
9034203453 | Digital Media | 3.00 | |
9034203451 | Digital Printing | 3.00 | |
9034203450 | Copy Writing | 3.00 | |
9034205454 | Desain Grafis Dasar | 5.00 | |
1000002176 | Kewirausahaan | 2.00 | |
9034203452 | Visual Brand | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 | |
9034202458 | Bahasa Jerman 1 | 2.00 | |
9034205456 | Desain Grafis Aplikatif | 5.00 | |
99999044202421 | Etika Profesi | 2.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
9034202438 | Manajemen Bisnis Industri Kreatif | 2.00 | |
9034203457 | Portofolio | 3.00 | |
9034202439 | Presentasi Dan Negosiasi Desain | 2.00 | |
9034203441 | Statistik | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
9034203466 | Metode Penelitian | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
9034208441 | Desain Program Magang Praktik Industri | 4.00 | |
9034208449 | Pengembangan Program Magang Praktik Industri | 4.00 | |
9034208438 | Analisis Program Magang Praktik Industri | 4.00 | |
1000020108 | Evaluasi Program Magang Praktik Industri | 2.00 | |
9034208446 | Implementasi Program Magang Praktik Industri | 4.00 | |
1000020174 | Perencanaan Program Magang | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000003100 | Magang Riset-Publikasi | 3.00 | |
1000004098 | Magang Riset-Penganalisisan Data | 4.00 | |
1000004096 | Magang Riset-Pengembangan Instrumen Penelitian | 4.00 | |
1000003095 | Magang Riset-Pengembangan Rencana Penelitian | 3.00 | |
1000004097 | Magang Riset-Pengumpulan Data | 4.00 | |
1000002099 | Magang Riset-Penyusunan Laporan Penelitian | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
9034202470 | Analisis Program Proyek Di Desa | 2.00 | |
1000020168 | Perencanaan Program Proyek Di Desa | 2.00 | |
1000020175 | Evaluasi Program Proyek Di Desa | 2.00 | |
9034204472 | Pameran Produk Program Proyek Di Desa | 4.00 | |
9034204468 | Pelaksanaan Program Proyek Di Desa | 4.00 | |
9034202469 | Pendiseminasian Program Proyek Di Desa | 2.00 | |
9034204471 | Penyusunan Laporan Program Proyek Di Desa | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020170 | Perencanaan Program Pertukaran Mahasiswa | 2.00 | |
1000020138 | Evaluasi Program Pertukaran Pelajar | 2.00 | |
9034204473 | Pelaksanaan Program Pertukaran Pelajar | 4.00 | |
9034202474 | Pendiseminasian Program Pertukaran Pelajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020172 | Perencanaan Program Riset | 2.00 | |
1000020133 | Evaluasi Program Penelitian Dan Riset | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
9034208439 | Analisis Program Studi Dan Proyek Independen | 4.00 | |
9034208442 | Desain Program Studi Dan Proyek Independen | 4.00 | |
1000020123 | Evaluasi Program Studi Dan Proyek Independen | 2.00 | |
1000020173 | Perencanaan Program Studi Independen | 2.00 | |
9034208447 | Implementasi Program Studi Dan Proyek Independen | 4.00 | |
9034208450 | Pengembangan Program Studi Dan Proyek Independen | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
9034208440 | Desain Program Kewirausahaan | 4.00 | |
9034208448 | Pengembangan Program Kewirausahaan | 4.00 | |
1000020167 | Perencanaan Program Wirausaha | 2.00 | |
9034208437 | Analisis Program Kewirausahaan | 4.00 | |
1000020128 | Evaluasi Program Kewirausahaan | 2.00 | |
9034204467 | Pameran Produk Kewirausahaan | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
9034204446 | Art And Craft | 4.00 | |
9034204445 | Infografis | 4.00 | |
1000020160 | Empati Dan Kecerdasan Emosional | 2.00 | |
1000020165 | National Conference | 2.00 | |
1000020156 | Pembelajaran Emosi Dan Sosial | 2.00 | |
1000020157 | Manajemen Event Regional | 2.00 | |
1000020161 | Komunikasi Dan Kerja Tim | 2.00 | |
1000020158 | Berpikir Kritis Dan Kreatif | 2.00 | |
1000020163 | Communication Skills | 2.00 | |
9034204444 | Desain Kemasan | 4.00 | |
1000020164 | Internasional Conference | 3.00 | |
1000020159 | Kepemimpinan Inklusi | 2.00 | |
1000004169 | Manajemen Event International | 4.00 | |
9034204449 | Promosi Digital | 4.00 | |
1000002104 | Seminar Proposal Tugas Akhir | 2.00 | |
1000020162 | Softskills | 2.00 | |
9034204448 | Video Production | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | Tugas Akhir | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi D4 Desain Grafis
Universitas Negeri Surabaya
Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pembentukan tim pengembangan kurikulum untuk menganalisis kurikulum, mengevaluasi kurikulum KKNI 2015 melalui Forum Discussion Group (FGD), membandingkan dengan kurikulum yang berlaku di beberapa perguruan tinggi yang lebih maju dan kemudian dipresentasikan dihadapan stakeholders dan alumni pada hari Sabtu, 12 September 2020. Stakeholder yang memberikan masukan adalah Deddi Duto Hartanto, S.Sn., M.Si. CPBC dari DM Communication. Dari presentasi kurikulum dihasilkan produk kurikulum yang berstandar MBKM dan mampu menjawab kebutuhan para stakeholders. Hasil lokakarya dijadikan dasar dalam menyusun rencana pembelajaran semester (RPS) untuk semua matakuliah yang terdapat di dalam kurikulum. Dengan demikian dihasilkan RPS mata kuliah yang seragam baik layoutnya maupun formatnya. Kegiatan ini selanjutnya ditindaklanjuti dengan penyusunan RPS sesuai rekomendasi dari hasil lokakarya dan dalam rangka menghasilkan RPS yang mutakhir maka tim penyusun RPS perlu dibekali dengan referensi-referensi yang baru dan relevan dengan setiap deskripsi mata kuliah yang terdapat pada kurikulum yang dimutakhirkan.
Evaluasi kurikulum berikutnya pada hari Selasa, tanggal 16 November 2021, yang dihadiri oleh 1) Bapak Dr. Sumbo Tinarbuko, M. Sn Prodi Desain Komunikasi Visual (ISI Yogyakarta), 2) Bapak Deddi Duto Hartanto, S. Sn., M. Si., CPBP. (DM Communication) dan 3) Ibu Amelia Sidik, S.Sn, MCA., PhD. (Lia s Associate). Hasil kegiatan ini berupa prospek kerja dunia desain grafis di masa mendatang. Hal ini menjadi masukan bagi prodi Desain Grafis untuk menyusun Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) untuk Prodi Desain Grafis. Berikut dokumentasi kegiatan.
Kurikulum yang telah disusun berdasarkan masukan dari para praktisi dan akademisi disusun menjadi draf kurikulum yang disesuaikan dengan kurikulum Outcome Based Curricullum (OBE). Draf Kurikulum OBE diajukan ke Bapak Dr. Syamsul Arifin., M.T sebagai Tim ahli Kurikulum dan Pembelajaran (Akademik, Vokasi, Profesi, dan LPTK) Direktorat Pembelajaran & Kemahasiswaan Kemenristekdikti pada hari Kamis, 4 Agustus 2022, jam : 09.00 - 12.00 WIB secara daring. Berikut dokumentasi kegiatan restrukturisasi kurikulum tahun 2022.
Berdasarkan surat edaran KEMENRISTEK DIKTI No. 313/B/SE/2016 tentang pelaksanaan tracer study tingkat perguruan tinggi. Program Studi Sarjana Terapan/D4 melakukan pelacakan terhadap alumni untuk mengetahui kinerja lulusan. Tracer study memiliki beberapa tujuan, yaitu:
- memperoleh umpan balik dari alumni yang digunakan untuk pengembangan dan perbaikan kualitas dan sistem pendidikan di prodi Sarjana Terapan Desain Grafis, baik fasilitas, pola pengajaran dan pembelajaran, proses, serta pelayanan;
- sebagai bahan evaluasi untuk melihat relevansi pendidikan tinggi dengan dunia pekerjaan;
- memberikan gambaran kepada mahasiswa yang masih belajar di PS mengenai alumni terkait dengan pekerjaan, kesempatan dan karir;
- sebagai salah satu nilai tambah dalam proses akreditasi program studi.
Tingkat partisipasi alumni sebagai responden dalam tracer study D3 Desain Grafis Universitas Negeri Surabaya ini cukup tinggi. Sebanyak 72% mengisi kuesioner. Masih ada 28% alumni yang belum mengisi tracer study karena alamat email yang sudah tidak aktif lagi atau jarang dibuka, Nomor telepon sudah diganti sehingga tidak aktif pada WA grup alumni, kurangnya sosialisasi terkait dengan pentingnya tracer study sebelum alumni lulus. Besarnya prosentase alumni yang bekerja antara sebelum lulus dan setelah lulus hamper sama. Alumni memiliki masa tunggu mendapatkan pekerjaan relative singkat hanya 1 bulan, hal ini mengindikasi bahwa alumni D3 Desain Grafis memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan atau industri. Tingkat kesesuaian pengalaman belajar dalam bidang studi D3 Desain Grafis yang berkaitan dengan pekerjaan alumni menilai cukup besar, hal ini menandakan bahwa mata kuliah dan metode pembelajaran pada program studi D3 Desain Grafis diimplementasikan dengan baik oleh alumni pada bidang kerjanya dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau industri.
Profesi yang digeluti oleh alumni yang memiliki prosentasi terbesar yaitu Graphic Design sebesar 45%, sebagai manajer atau pengelola 21%, profesi illustrator 16%, profesi fotografer 13% dan profesi copywriter 5%. Dari data tersebut profesi alumni mayoritas sebagai Desainer Grafis. Profesi lainnya menggambarkan bahwa alumni bekerja pada bidang kerja yang tidak jauh dari graphic design dan masih pada cakupan bidang kerja Desain Grafis.
Rekap CPL Program Studi D4 Desain Grafis
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | |||
Desain Grafis Dasar | 5 | 14.29% | 28.57% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||
Desain Kemasan | 4 | 9.09% | 9.09% | 18.18% | 36.36% | 27.27% | 99.99 % | |||||
Promosi Digital | 4 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||
Visual Brand | 3 | 18.75% | 25% | 18.75% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||
Digital Printing | 3 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||
Digital Media | 3 | 100% | 100 % | |||||||||
TIPOGRAFI | 4 | 36.36% | 45.45% | 18.18% | 99.99 % | |||||||
NIRMANA | 4 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||
Komputer Grafis | 4 | 20% | 60% | 20% | 100 % | |||||||
Etika Profesi | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | |||||||
STATISTIK | 3 | 100% | 100 % | |||||||||
Manajemen Bisnis Industri Kreatif | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Copy Writing | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||
Infografis | 4 | 11.11% | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi D4 Desain Grafis
Universitas Negeri Surabaya
A. Universitas Value
Kurikulum memiliki makna yang beragam baik antar negara maupun antar institusi penyelenggara pendidikan. Hal ini disebabkan adanya interpretasi yang berbeda terhadap kurikulum, yaitu dapat dipandang sebagai suatu rencana (plan) yang dibuat oleh seseorang atau sebagai suatu kejadian atau pengaruh aktual dari suatu rangkaian peristiwa (Johnson,1974). Sedangkan menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi.
Jika dikaitkan dengan sistem pendidikan tinggi yang telah diuraikan sebelumnya, maka kurikulum dapat berperan sebagai: 1) Sumber kebijakan manajemen pendidikan tinggi untuk menentukan arah penyelenggaraan pendi¬di-kannya; (2) Filosofi yang akan mewarnai terbentuknya masyarakat dan iklim akademik; (3) Patron atau pola pembelajaran, yang mencerminkan bahan kajian, cara penyampaian dan penilaian pembelajaran; (4) Atmosfer atau iklim yang terbentuk dari hasil interaksi manajerial PT dalam mencapai tujuan pembelaja¬rannya; (5) Rujukan kualitas dari proses penjaminan mutu; serta (6) ukuran keberhasilan PT dalam menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat. Dari penjelasan ini, nampak bahwa kurikulum tidak hanya berarti sebagai suatu dokumen saja, namun merupakan suatu rangkaian proses yang sangat krusial dalam pendidikan. Misi pendidikan tinggi abad ke-21 dari UNESCO (1998) telah dirumuskan oleh The International Commission on Education for the Twenty-first Century diketuai oleh Jacques Delors (UNESCO, 1998) dapat dijadikan rujukan pengembangan kurikulum, yang isinya antara lain diuraikan di bawah ini.
Slogan Unesa ”Growing with character” menyuratkan bahwa setiap upaya pembelajaran di Unesa senantiasa dipumpunkan pada penumbuhkembangan kepribadian pada diri pebelajar. Hal itu sejalan dengan pandangan humanisme, yang mengatakan bahwa pembelajaran merupakan pembentukan manusia menuju kesempurnaan ideal jiwa dan raga, serta pengembangan kepribadian manusia muda menjadi manusia purna. Baik matra personal maupun sosial, baik ranah kognitif, motorik, maupun afektif tidak satupun boleh diabaikan.
Dengan demikian, segenap dimensi pebelajar bertumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal. Pembelajaran sebagai subordinasi pendidikan merupakan proses pemengaruhan (nurture) segenap dimensi pebelajar agar bertumbuh dan berkembang secara purna dan utuh. Untuk itu, pembelajaran perlu diarahkan perancangan dan pelaksanaannya pada upaya menstimuli segenap dimensi dan potensi pembelajar. Dalam konteks ini, pembelajaran sebagai pemanusiawian manusia muda menjadi manusia dewasa dan purna memeroleh pijakannya. Pembelajaran bukan sekadar sebagai pengalihan ilmu (transfer of knowledge) dari pembelajar ke pebelajar, melainkan sebagai pemengaruhan bakat (nurture of nature) pebelajar oleh beragam sumber belajar, tidak terkecuali oleh pembelajar. Nature (hakikat) pembelajar itu personal dan sekaligus sosial. Setiap pebelajar memiliki keunikan dan keautentikan.
Oleh karena itu, pembelajaran harus tertuju pada pengembangan kesadaran kedirian, yakni memfasilitasi pebelajar mengenali potensi diri serta mengembangkannya sehingga ia bertumbuh menjadi manusia yang mandiri, dan tangguh. Di samping itu, setiap pebelajar itu memiliki teman (societas) dan taman (communitas). Di samping itu, pembelajaran juga harus tertuju pada pengembangan kesadaran kebersamaan, yakni memfasilitasi pebelajar mengenali relasi serta mengembangkannya sehingga menjadi manusia yang peduli, jujur. Kesadaran kedirian dan kebersamaan pada gilirannya akan mengantar pada refleksi kesadaran keilahian bahwa ada Diri lain di luar dirinya dan sesamanya. Itulah esensi pendidikan dan pembelajaran sebagai pengarakteran, dan bukan sekadar pencerdasan. Esensi pembelajaran yang demikian itu tidaklah mungkin terealisasi jika tanpa kepastian dan kejelasan pendekatan dan strategi yang digunakannya. PARWA 3 pedoman pengembangan kurikulum di Unesa menjelaskan bahwa pendekatan yang meletakkan landasan teoretis konseptual penyelenggaraan pembelajaran, dan strategi yang menawarkan siasat praktis operasional diperlukan untuk memandu pencapaian kompetensi akhir pembelajaran yang berorientasi pada pengarakteran pebelajar. Dengan pendekatan dan strategi terpilih diharapkan setiap pebelajar Unesa akan menjadi manusia ‘idaman jelita’, ber-iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh.
B. Landasan Filosofi
Landasasn filosofi memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas pendidikan (Ornstein & Hunkins, 2014), bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakekat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat (Zais, 1976).
C. Landasan Sosiologis
Landasan sosiologis, memberikan landasan bagi pengembangan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan, materi, kegiatan belajar dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pebelajar yang relevan dengan perkembangan personal dan sosial pebelajar (Ornstein & Hunkins, 2014, p. 128). Kurikulum harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Kebudayaan difahami sebagai bagian dari pengetahuan kelompok (group knowledge) (Ross,1963: 85). Kurikulum harus mampu melepaskan pembelajar dari kungkungan kapsul budayanya sendiri (capsulation) yang bias, dan tidak menyadari kelemahan budayanya sendiri. Kapsulasi budaya sendiri dapat menyebabkan keengganan untuk memahami kebudayaan yang lain nya (Zais, 1976, p. 219).
D. Landasaan Yuridis
Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum ini disusun berdasarkan peraturan dan kebijakan yang berlaku meliputi:
- Pancasila dan UUD 1945;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved