Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S3 Ilmu Pendidikan Unesa
Program Studi | : | S3 Ilmu Pendidikan |
Tanggal Berdiri | : | 1 Juli 2024 |
Koordinator Program Studi | : | Prof. Dr. Dra. Gunarti Dwi Lestari, M.Si. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program Studi S3 Ilmu Pendidikan memiliki visi untuk menjadi program studi unggulan bertaraf internasional yang menghasilkan pemimpin akademisi dan praktisi pendidikan visioner berwawasan global, yang berkontribusi pada kemajuan pendidikan di Indonesia pada tahun 2045Misi
- 1. Menyelenggarakan pendidikan doktor Ilmu Pendidikan berkualitas internasional, yang menekankan penguasaan teori, riset, dan praktik mutakhir.
- 2. Mengembangkan penelitian inovatif yang relevan secara global dan berkontribusi pada tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0.
- 3. Menghasilkan lulusan dengan jiwa kepemimpinan visioner yang berwawasan global, yang mampu memimpin perubahan signifikan dalam pendidikan.
- 4. Membangun kemitraan strategis dengan lembaga pendidikan, industri, dan pemerintah untuk memperkuat peran pendidikan dalam pembangunan nasional.
- 5. Menyediakan lingkungan akademik yang mendukung keunggulan akademik dan etika profesional
Tujuan
- 1. Menghasilkan Doktor yang Unggul dalam Keilmuan Pendidikan dan Inovasi.
- 2. Mengembangkan Kemampuan Penelitian yang Mendalam dan Relevan secara Global.
- 3. Membentuk Pemimpin Pendidikan yang Visioner dan Mampu Merespons Tantangan Global.
- 4. Meningkatkan Kompetensi dalam Merumuskan Kebijakan Pendidikan.
- 5. Memperkuat Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan dalam Bidang Pendidikan.
- 6. Mendorong Penerapan Nilai-nilai Etika, Profesionalisme, dan Tanggung Jawab Sosial.
Nilai_dasar
- 1. Kepemimpinan Visioner: Program ini menekankan nilai kepemimpinan yang visioner, yang tercermin dalam visi menghasilkan pemimpin pendidikan berwawasan global. Nilai ini mendorong lulusan untuk berpikir ke depan dan mampu memimpin perubahan pendidikan yang berkelanjutan.
- 2. Inovasi dan Kreativitas: Program ini berfokus pada pengembangan penelitian yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini. Nilai ini menggarisbawahi pentingnya kreativitas dalam menghadapi tantangan pendidikan di era industri 4.0.
- 3. Integritas Akademik dan Etika Profesional: Nilai integritas dan etika menjadi dasar dalam membangun lingkungan akademik yang berkualitas, mendukung tanggung jawab lulusan sebagai akademisi dan praktisi yang memegang teguh nilai-nilai moral dan etika profesional.
- 4. Kolaborasi dan Kemitraan Global: Program ini menjunjung tinggi nilai kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan, industri, dan pemerintah, yang memperkuat peran pendidikan dalam pembangunan nasional dan global.
- 5. Kepedulian Sosial dan Berkelanjutan: Nilai ini tercermin dalam visi program yang berorientasi pada kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan dan pembangunan berkelanjutan. Program ini mendukung lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan tetapi juga kesadaran sosial untuk memberi dampak positif bagi masyarakat.
Capaian Lulusan Program Studi S3 Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-5 | Menunjukkan integritas akademik dan etika keilmuan yang tinggi dalam pengembangan dan penerapan ilmu pendidikan.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-6 | Mengembangkan pemikiran kritis, inovatif, dan visioner dalam memajukan pendidikan nasional dan global.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mendemonstrasikan kepemimpinan akademik dan professional dalam bidang pendidikan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Menguasai filosofi, teori, metodologi, dan praktik pendidikan mutakhir serta memiliki pemahaman mendalam tentang paradigma penelitian dan analisis sistem dalam kebijakan pendidikan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset pendidikan yang bermanfaat, serta mendiseminasikan hasilnya melalui publikasi internasional dan membangun jejaring akademik global.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-10 | Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan seni baru di bidang pendidikan melalui penelitian interdisipliner, memecahkan masalah kompleks dengan pendekatan inovatif, dan memimpin tim multidisipliner dalam proyek penelitian besar sambil mengelola sumber daya dan mengintegrasikan teknologi mutakhir untuk kebijakan pendidikan berbasis bukti.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S3 Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
- Akademisi
- Lulusan akan menjadi peneliti dan pengajar di universitas atau lembaga pendidikan tinggi lainnya.
- Mereka akan mampu memimpin penelitian yang relevan dengan bidang pendidikan, menerbitkan artikel ilmiah bereputasi, dan menjadi pembimbing bagi mahasiswa S1, S2, dan S3.
- Lulusan berkontribusi pada perkembangan teori dan praktik dalam pendidikan melalui penelitian mahasiswa serta berperan aktif dalam pertukaran pengetahuan dan kolaborasi lintas disiplin
- Praktisi dan Konsultan
- Solusi Inovatif:
- Sebagai praktisi dan konsultan, lulusan mampu memberikan solusi inovatif bagi berbagai permasalahan pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
- Analisis Kebijakan:
- Lulusan mampu mengkaji, mengevaluasi, serta merumuskan rekomendasi kebijakan yang solutif dan kontekstual.
- Inovasi dan Transformasi:
- Mereka dapat merancang dan memimpin program pembaharuan di institusi pendidikan dengan mengintegrasikan berbagai perspektif.
- Kepemimpinan Strategis:
- Lulusan dibekali dengan kecakapan dalam memberikan saran terkait tata kelola dan arah pengembangan organisasi pendidikan secara visioner.
- Mereka juga terlatih dalam merancang program pendidikan dan pelatihan yang inovatif dan berkelanjutan.
- Pengembangan Kapasitas:
- Mahir dalam merancang dan melaksanakan program pendampingan yang efektif untuk pengembangan kapasitas SDM pendidikan.
- Komunikasi dan Advokasi:
- Keterampilan komunikasi yang diperoleh memungkinkan lulusan untuk mengadvokasi perubahan kebijakan kepada pemangku kepentingan, memperkuat kemampuan sebagai praktisi dan konsultan yang mampu memecahkan permasalahan secara sistemik lintas disiplin
- Solusi Inovatif:
- Pimpinan Satuan Pendidikan
- Kepemimpinan:
- Lulusan akan mengambil peran kepemimpinan dalam mengelola lembaga pendidikan seperti kepala sekolah, pejabat perguruan tinggi, hingga administrator pendidikan lainnya.
- Manajemen:
- Mampu bertanggung jawab atas pengelolaan sumber daya, pengembangan staf, dan perumusan kebijakan sekolah.
- Lingkungan Belajar:
- Menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan inklusif bagi siswa dan staf
- Kepemimpinan:
- Pengambil Kebijakan atau Birokrat
- Perancangan dan Evaluasi Kebijakan:
- Lulusan akan berperan dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi kebijakan pendidikan di tingkat lokal, regional, atau nasional.
- Bekerja dengan pemerintah, lembaga pendidikan, dan organisasi masyarakat sipil untuk mempengaruhi kebijakan yang mempengaruhi sistem pendidikan.
- Pemahaman Isu Pendidikan:
- Memiliki pemahaman mendalam tentang isu-isu pendidikan, tren global, dan bukti empiris untuk memastikan kebijakan yang efektif dan berkelanjutan
- Perancangan dan Evaluasi Kebijakan:
Struktur Kurikulum S3 Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
S3 ILMU PENDIDIKAN OBE TRANSISI
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8800503001
Pengembangan Media Pembelajaran
3.00
8800503004
Riset Dan Statistika Pendidikan
3.00
8800502005
Teori Pembelajaran Inovatif
2.00
8800503003
Filsafat Ilmu Pendidikan
3.00
8800502002
Asesmen Proses Dan Hasil Belajar
2.00
8800503006
Analisis Kebijakan Pendidikan
3.00
1000002048
Dasar -Dasar Kependidikan
2.00
8800502009
Kajian Model Pendidikan
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8800503007
Pengembangan Instrumen Penelitian
3.00
8800503008
Orientasi Baru Pedagogi Dan Andragogi
3.00
8800503014
Desain Penelitian Multi-Metode Dalam Pendidikan
3.00
8800503015
Evaluasi Dampak Kebijakan Pendidikan Makro
3.00
8800503013
Konstruksi Teori Pendidikan Baru
3.00
8800503016
Desain Kebijakan Pendidikan Berbasis Riset
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8800505010
Seminar Proposal Penelitian
5.00
8800503018
Integrasi Perspektif Multi-Disiplin Dalam Pendidikan Anak Usia Dini
3.00
8800503017
Dialektika Teori Pendidikan Dan Praktik Sosial
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8800505019
Penulisan Dan Publikasi Artikel Ilmiah Bereputasi
5.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8800505011
Seminar Hasil (Desiminasi)
5.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8800505012
Tugas Akhir (Disertasi)
10.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8800503001 | Pengembangan Media Pembelajaran | 3.00 | |
8800503004 | Riset Dan Statistika Pendidikan | 3.00 | |
8800502005 | Teori Pembelajaran Inovatif | 2.00 | |
8800503003 | Filsafat Ilmu Pendidikan | 3.00 | |
8800502002 | Asesmen Proses Dan Hasil Belajar | 2.00 | |
8800503006 | Analisis Kebijakan Pendidikan | 3.00 | |
1000002048 | Dasar -Dasar Kependidikan | 2.00 | |
8800502009 | Kajian Model Pendidikan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8800503007 | Pengembangan Instrumen Penelitian | 3.00 | |
8800503008 | Orientasi Baru Pedagogi Dan Andragogi | 3.00 | |
8800503014 | Desain Penelitian Multi-Metode Dalam Pendidikan | 3.00 | |
8800503015 | Evaluasi Dampak Kebijakan Pendidikan Makro | 3.00 | |
8800503013 | Konstruksi Teori Pendidikan Baru | 3.00 | |
8800503016 | Desain Kebijakan Pendidikan Berbasis Riset | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8800505010 | Seminar Proposal Penelitian | 5.00 | |
8800503018 | Integrasi Perspektif Multi-Disiplin Dalam Pendidikan Anak Usia Dini | 3.00 | |
8800503017 | Dialektika Teori Pendidikan Dan Praktik Sosial | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8800505019 | Penulisan Dan Publikasi Artikel Ilmiah Bereputasi | 5.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8800505011 | Seminar Hasil (Desiminasi) | 5.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8800505012 | Tugas Akhir (Disertasi) | 10.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S3 Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Rekap CPL Program Studi S3 Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | |||
Pengembangan Media Pembelajaran | 3 | 10% | 20% | 10% | 20% | 40% | 100 % | |||||
Riset dan Statistika Pendidikan | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||
Teori Pembelajaran Inovatif | 2 | 9.09% | 18.18% | 9.09% | 27.27% | 9.09% | 18.18% | 9.09% | 99.99 % | |||
Filsafat Ilmu Pendidikan | 3 | 21.05% | 26.32% | 21.05% | 31.58% | 100 % | ||||||
Asesmen Proses dan Hasil Belajar | 2 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
Analisis Kebijakan Pendidikan | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Kajian Model Pendidikan | 2 | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 22.22% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S3 Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Secara keseluruhan, landasan perancangan dan pengembangan kurikulum ini memastikan bahwa kurikulum Program Studi S3 Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Surabaya memenuhi standar akademik dan etika yang tinggi, relevan dengan perkembangan ilmu dan kebutuhan masyarakat, serta mendukung lulusan agar mampu berkontribusi pada pendidikan nasional dan global.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved