Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Matematika Unesa
Program Studi | : | S2 Pendidikan Matematika |
Tanggal Berdiri | : | 2 April 2007 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Agung Lukito, M.S. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mengembangkan Pendidikan Matematika pada kajian proses kognitif pebelajar dalam menyelesaikan tugas matematik dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner yang menjadi rujukan terbaik di Indonesia dan memiliki reputasi baik di tingkat internasionalTujuan
- Menghasilkan lulusan yang potensial menjadi pendidik, praktisi akademik, dan peneliti dalam bidang pendidikan matematika dan yang mampu menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensinya untuk memecahkan permasalahan pendidikan matematika dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner
- Menghasilkan lulusan yang selalu mengembangkan diri melalui studi lebih lanjut, penelitian, dan kegiatan profesional baik di tingkat nasional maupun internasional;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki tanggung jawab profesional dan etis dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya.
Nilai_dasar
Karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan (TANGKAAS REK)Capaian Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman matematika, konten pedagogis matematika, dan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-6 | Mampu menggunakan ide-ide matematis untuk memecahkan masalah matematika.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-7 | Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-8 | Mampu mengerjakan suatu masalah yang kompleks dalam matematika dan pendidikan matematika, mempresentasikan, dan mendiskusikan hasilnya secara ilmiah baik secara lisan maupun tertulis.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-9 | Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi secara mandiri dan kritis penelitian pendidikan matematika kontemporer |
Profil Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
- 1. Pendidik
Pendidik yang mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang inovatif pada jenjang pendidikan menengah dan tinggi
- 2. Peneliti
Peneliti yang mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan matematika melalui penelitian dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner
- 3. Praktisi Akademik
Praktisi yang mampu memberikan solusi terhadap kebutuhan para pemangku kepentingan masyarakat pendidikan matematika.
Struktur Kurikulum S2 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S2 Pendidikan Matematika 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8410203157
Aljabar Abstrak (Abstract Algebra)
3.00
8410203161
Geometri (Geometry)
3.00
8410203171
Inovasi Pembelajaran Matematika (Innovations In Mathematics Teaching)
3.00
8410203174
Literasi Matematis (Mathematical Literacy)
3.00
8410203170
Matematika Sekolah Dan Pengajarannya (School Mathematics And Its Teaching)
3.00
8410203168
Matematka Diskret (Discrete Mathematics)
3.00
8410203149
Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika (Methods Of Research In Mathematics Education)
3.00
8410202169
Problematika Pendidikan Matematika (Problems In Mathematics Education)
2.00
8410203177
Seminar Pendidikan Matematika (Seminar On Mathematics Education)
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8410203160
Analisis Real (Real Analysis)
3.00
8410203178
Etnomatematika (Ethnomathematics)
3.00
8410202148
Filsafat Pendidikan Matematika (Philosophy Of Mathematics Education)
2.00
8410203172
Kurikulum Matematika Sekolah (School Mathematics Curriculum)
3.00
8410203175
Metode Numerik (Numerical Methods)
3.00
8410203181
Pemodelan Matematis (Mathematical Modelling)
3.00
8410203173
Pendidikan Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education)
3.00
8410203179
Psikologi Pendidikan Matematika (Psychology Of Mathematics Education)
3.00
8410203180
Rancangan Pembelajaran (Instructional Design)
3.00
8410203159
Statistika Dan Peluang (Statistics And Probability)
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8410202156
Pemecahan Masalah Matematis (Mathematical Problem Solving)
2.00
8410203183
Pengembangan Media Pembelajaran (Development Of Instructional Media)
3.00
8410202182
Praktik Pengalaman Lapangan (Field Study)
2.00
8410203184
Proposal Penelitian (Research Proposal)
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8410204185
Publikasi (Publication)
4.00
8410204163
Tesis (Thesis)
6.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8410203157 | Aljabar Abstrak (Abstract Algebra) | 3.00 | |
8410203161 | Geometri (Geometry) | 3.00 | |
8410203171 | Inovasi Pembelajaran Matematika (Innovations In Mathematics Teaching) | 3.00 | |
8410203174 | Literasi Matematis (Mathematical Literacy) | 3.00 | |
8410203170 | Matematika Sekolah Dan Pengajarannya (School Mathematics And Its Teaching) | 3.00 | |
8410203168 | Matematka Diskret (Discrete Mathematics) | 3.00 | |
8410203149 | Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika (Methods Of Research In Mathematics Education) | 3.00 | |
8410202169 | Problematika Pendidikan Matematika (Problems In Mathematics Education) | 2.00 | |
8410203177 | Seminar Pendidikan Matematika (Seminar On Mathematics Education) | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8410203160 | Analisis Real (Real Analysis) | 3.00 | |
8410203178 | Etnomatematika (Ethnomathematics) | 3.00 | |
8410202148 | Filsafat Pendidikan Matematika (Philosophy Of Mathematics Education) | 2.00 | |
8410203172 | Kurikulum Matematika Sekolah (School Mathematics Curriculum) | 3.00 | |
8410203175 | Metode Numerik (Numerical Methods) | 3.00 | |
8410203181 | Pemodelan Matematis (Mathematical Modelling) | 3.00 | |
8410203173 | Pendidikan Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education) | 3.00 | |
8410203179 | Psikologi Pendidikan Matematika (Psychology Of Mathematics Education) | 3.00 | |
8410203180 | Rancangan Pembelajaran (Instructional Design) | 3.00 | |
8410203159 | Statistika Dan Peluang (Statistics And Probability) | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8410202156 | Pemecahan Masalah Matematis (Mathematical Problem Solving) | 2.00 | |
8410203183 | Pengembangan Media Pembelajaran (Development Of Instructional Media) | 3.00 | |
8410202182 | Praktik Pengalaman Lapangan (Field Study) | 2.00 | |
8410203184 | Proposal Penelitian (Research Proposal) | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8410204185 | Publikasi (Publication) | 4.00 | |
8410204163 | Tesis (Thesis) | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Rekap CPL Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | |||
Rancangan Pembelajaran dan Evaluasi (Learning Design and Evaluation ) | 3 | 60% | 40% | 100 % | |||||||
Aljabar Abstrak (Abstract Algebra) | 3 | 60% | 40% | 100 % | |||||||
Tesis (Thesis) | 6 | 100% | 100 % | ||||||||
Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika (Methods of Research in Mathematics Education) | 3 | 70% | 30% | 100 % | |||||||
Inovasi Pembelajaran Matematika (Innovations in Mathematics Teaching) | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Seminar Pendidikan Matematika (Seminar on Mathematics Education) | 3 | 16.67% | 30% | 16.67% | 20% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Tujuan utama program magister dalam pendidikan matematika ini adalah untuk mengembangkan para pendidik dengan pemahaman tentang matematika dan pengajaran serta pembelajarannya, dan dengan kemampuan untuk melakukan penelitian dan praktik profesional di bidang tersebut.
Program ini ditujukan untuk para guru matematika dan lulusan baru program matematika dan pendidikan matematika tingkat sarjana. Program ini akan membantu menyelaraskan pengajaran sekolah saat ini dengan penelitian dan inovasi terbaru dalam pendidikan matematika.
Perkembangan dalam kurikulum matematika sekolah, dan dalam pedagogi, akan dikaitkan dengan kekuatan historis, budaya, dan psikologis matematika yang beroperasi di masyarakat. Dengan demikian, program magister ini juga bertujuan untuk menghasilkan para pendidik yang memiliki pemahaman luas tentang matematika dan pendidikan matematika, dan yang akan memenuhi syarat untuk menghadapi kurikulum sekolah yang berubah dengan cepat dalam beberapa dekade mendatang.
Pada era abad ke-21 ini, tujuan pendidikan tidak hanya dipandang sebagai jembatan untuk mencerdaskan bangsa tetapi sudah bergeser ke arah pendidikan yang memperhitungkan implementasi IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni). Pendidikan magister pendidikan matematika diadakan dengan upaya untuk menghasilkan lulusan yang peka terhadap permasalahan dan memberikan sumbangan solusi yang inovatif, menghasilkan penelitian yang berkontribusi pada kemajuan pendidikan nasional dan internasional, dan mampu mengembangan kebijakan-kebijakan terkait dengan peningkatan pendidikan matematika.
Program studi S2 Pendidikan Matematika melaksanakan kegiatan operasional berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 516/DIKTI/kep/1992 yang berisi izin pembukaan program studi pada tanggal 31 Desember 1992. Kurikulum ini dirancang untuk menghasilkan magister yang potensial menjadi tenaga pendidik di satuan pendidikan dasar sampai perguruan tinggi yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik, berbasis pada hasil penelitian serta perkembangan ilmu dan teknologi serta mempunyai keterampilan sosial, kepribadian, dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Kurikulum prodi S2 Pendidikan Matematika akan dievaluasi secara berkala menggunakan prinsip pengembangan kurikulum Universitas Negeri Surabaya, yaitu relevansi, fleksibilitas, keberlanjutan, efisiensi dan efektifitas. Hasil penelusuran alumni (tracer study), masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), pakar pendidikan matematika, serta asosiasi program studi pendidikan matematika menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi kurikulum. Selain itu, evaluasi juga berdasarkan pertimbangan perkembangan regulasi dan perubahan global dunia, yakni:
- Kerangka Kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
- Keterampilan abad ke-21 yang meliputi keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, komunikasi dan kolaborasi.
- Dinamika masyarakat global yang diperlukan untuk antisipasi penyiapan sumber daya manusia seperti ASEAN Free Trade Area (AFTA), Word Trade Organization (WTO), Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).
- Era revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0.
Landasan hukum pengembangan kurikulum Prodi S2 Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut.
- Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
- Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia untuk Pendidikan Tinggi.
- Permenristidikti Nomor 44 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) Pasal 5, 8 dan 9.
- SK Rektor Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentang Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum KKNI Program Studi Unesa.
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 79 Tahun 2017 tentang Statuta Unesa.
- Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
- SK Rektor Nomor 362/UN38/PP/2020 tentang Kebijakan Akademik Unesa.
- Standar Mutu Program Magister Unesa.
- Pedoman Akademik Unesa.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved