•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tanggal Berdiri  :  1 September 2006
Koordinator Program Studi  :  Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang adaptif, inovatif, dan tangguh melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.
Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Tujuan
  1. Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Nilai_dasar
Program Studi S1 PGSD FIP UNESA memiliki nilai dasar yang dikenal dengan istilah PGSD KITA (Kreatif, Inovatif, Tangguh, dan Adaptif). Nilai-nilai ini mencerminkan komitmen program studi PGSD dalam membentuk calon pendidik yang mampu berpikir kritis, menciptakan solusi baru, memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dan dinamika dunia pendidikan.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Basic EnglishBimbingan Di SdInovasi Media Pembelajaran Di SdInovasi Pembelajaran Ips SdKonsep Dasar IpaListening And Speaking For Primary SchoolMetodologi PenelitianPembelajaran Ipa SdPembelajaran Ppkn SdPendidikan InklusifPendidikan KarakterPendidikan Seni MusikPengembangan Bahasa Inggris Untuk Anak*Pengembangan Dimensi Ips SdReading, Writing And Dictation For Primary School1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Basic EnglishBilangan Dan Pengolahan DataEvaluasi Belajar Dan PembelajaranGeometri Dan PengukuranInovasi Media Pembelajaran Di SdKajian KebahasaanKajian KebasaanKeterampilan Berpikir MatematisListening And Speaking For Primary SchoolLiterasi BerimbangPengembangan Bahasa Inggris Untuk Anak*Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SdReading, Writing And Dictation For Primary SchoolRme Berbasis Etnomatematika Di SdStatistik806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.
Bahasa DaerahBilangan Dan Pengolahan DataBimbingan Di SdGeometri Dan PengukuranInovasi Media Pembelajaran Di SdKonsep Dasar IpaKurikulum Sekolah DasarPembelajaran Ipa SdPembelajaran Matematika Di SdPembelajaran Tematik Kelas Lanjut SdPendidikan InklusifPendidikan KarakterPendidikan Seni MusikPendidikan Seni Rupa Dan PrakaryaPengembangan Bahan Ajar Ppkn SdPengembangan Dimensi Ips SdPengembangan Seni Musik Untuk AnakRme Berbasis Etnomatematika Di Sd1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-6 Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.

CPL-7 Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.
Evaluasi PembelajaranKajian KebahasaanKeterampilan Berpikir MatematisLiterasi BerimbangPembelajaran Matematika Di SdPendidikan Steam Di SdRme Berbasis Etnomatematika Di SdStatistik4032241680Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-8 Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:
Apresiasi SastraBahasa DaerahBasic EnglishBilangan Dan Pengolahan DataEtnosains Di SdEvaluasi Belajar Dan PembelajaranGeometri Dan PengukuranInovasi Pembelajaran Ips SdKajian KebahasaanKajian KebasaanKeterampilan Mengajar Dan Pembelajaran MikroKonsep Dasar Ips SdListening And Speaking For Primary SchoolLiterasi BerimbangPembelajaran Matematika Di SdPendidikan KarakterPendidikan Seni MusikPendidikan Seni Rupa Dan PrakaryaPengembangan Bahasa Inggris Untuk Anak*Pengembangan Dimensi Ips SdPengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SdPengembangan Seni Rupa Untuk AnakPeningkatan Keterampilan Berbahasa IndonesiaPerencanaan Pembelajaran Inovatif Di SdReading, Writing And Dictation For Primary School100806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-9 Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:
Apresiasi SastraBahasa DaerahBasic EnglishBilangan Dan Pengolahan DataEtnosains Di SdGeometri Dan PengukuranInovasi Pembelajaran Ips SdKajian KebahasaanKeterampilan Berpikir MatematisKeterampilan Mengajar Dan Pembelajaran MikroKonsep Dasar IpaKonsep Dasar Ips SdListening And Speaking For Primary SchoolPembelajaran Matematika Di SdPembelajaran Ppkn SdPendidikan KarakterPendidikan Steam Di SdPengembangan Bahan Ajar Ppkn SdPengembangan Bahasa Inggris Untuk Anak*Pengembangan Seni Rupa Untuk AnakPeningkatan Keterampilan Berbahasa IndonesiaPerencanaan Pembelajaran Inovatif Di SdReading, Writing And Dictation For Primary SchoolStatistik1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-10 Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.
Bimbingan Di SdEtnosains Di SdEvaluasi Belajar Dan PembelajaranEvaluasi PembelajaranInovasi Media Pembelajaran Di SdInovasi Pembelajaran Ips SdKeterampilan Mengajar Dan Pembelajaran MikroKewirausahaanKurikulum Sekolah DasarLiterasi BerimbangPembelajaran Ipa SdPembelajaran Matematika Di SdPembelajaran Ppkn SdPembelajaran Tematik Kelas Lanjut SdPendidikan Seni MusikPengembangan Dimensi Ips SdPengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SdPerencanaan Pembelajaran Inovatif Di SdRme Berbasis Etnomatematika Di Sd1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-11 Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.
Dibebankan pada matakuliah:
Inovasi Pembelajaran Ips SdKeterampilan Berpikir MatematisMetodologi PenelitianStatistik50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik

    Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif

  • Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti

    Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.

  • Edupreneur

    Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh

     


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2024--2028

Semester ke 1

Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 1 ini antara lain adalah
  • Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (16 SKS)
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
1000002177 BAHASA INGGRIS 2.00
8620602194 BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA 2.00
8620603332 CHILD DEVELOPMENT 3.00
1000002048 DASAR -DASAR KEPENDIDIKAN 2.00
8620602291 DASAR-DASAR PPKN DI SD 2.00
8620602328 DEMOKRASI HAM 2.00
8620603248 ETNOSAINS DI SD 3.00
8620603331 GIFTED AND TALENTED CHILDREN 3.00
8620604325 INOVASI PEMBELAJARAN ABK 4.00
8620602264 KAJIAN KEBAHASAAN 2.00
8620603195 KONSEP DASAR IPS SD 3.00
8620603336 LANGUANGE ART TEACHING I 3.00
8620603250 LISTENING AND SPEAKING FOR PRIMARY SCHOOL 3.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
8620602058 MANAJEMEN PENDIDIKAN 2.00
8620603334 OBSERVATIONAL AND EVALUATION SKILLS 3.00
8620603329 PEMBELAJARAN MULTIMEDIA 3.00
8620602327 PEMBELAJARAN RESPONSIF GEDSI (GENDER, DISABILITY AND SOCIAL) 2.00
8620602305 PENDIDIKAN KARAKTER 2.00
8620603324 PENGANTAR COMPUTATIONAL THINKING 3.00
8620603333 PROGRAM PLANNING AND TEACHING STRATEGY I 3.00
8620603335 PROGRAM TEACHING AND PLANNING II 3.00
1000002039 PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2.00
8620603251 READING, WRITING AND DICTATION FOR PRIMARY SCHOOL 3.00
8620603337 SCIENCE FOR YOUNG CHILDREN I 3.00
8620606326 SENI BUDAYA JAWA DAN KARAWITAN 6.00
8620603330 TEACHING ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS 3.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602006 APRESIASI SASTRA 2.00
1000002003 BAHASA INDONESIA 2.00
8620602205 GEOMETRI DAN PENGUKURAN 2.00
1000002033 KEWARGANEGARAAN 2.00
8620603198 KONSEP DASAR IPA 3.00
8620602190 KURIKULUM SEKOLAH DASAR 2.00
1000002018 PANCASILA 2.00
1000002047 PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN 2.00
8620603206 PENGEMBANGAN DIMENSI IPS SD 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602013 BIMBINGAN DI SD 2.00
8620602202 EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2.00
8620602293 INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 2.00
8620602290 KETERAMPILAN BERPIKIR MATEMATIS 2.00
8620603209 KONSEP DASAR IPA LANJUT 3.00
8620602097 PENDIDIKAN INKLUSIF 2.00
8620602115 PENDIDIKAN SENI MUSIK 2.00
8620603199 PENDIDIKAN SENI RUPA DAN PRAKARYA 3.00
8620603207 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PPKN SD 3.00
8620603143 PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602007 BAHASA DAERAH 2.00
8620602213 KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO 2.00
8620603211 METODOLOGI PENELITIAN 3.00
8620603257 PEMBELAJARAN IPA SD 3.00
8620603208 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD 3.00
8620603084 PEMBELAJARAN PPKN SD 3.00
8620603262 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD 3.00
8620602212 PERENCANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF DI SD 2.00
8620602173 STATISTIK 2.00

Semester ke 5

Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah
  • Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (20 SKS)
  • Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002176 KEWIRAUSAHAAN 2.00
8620602201 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 2.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Matakuliah Magang

Semester ke 6

Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 6 ini antara lain adalah
  • Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
  • Paket Matakuliah Riset (20 SKS)
  • Paket Matakuliah Wirausaha (20 SKS)
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602284 ETIKA PROFESI KEGURUAN 2.00
8620603286 LESSON STUDY 3.00
8620602288 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI 2.00
8620602285 PEMBELAJARAN DIGITAL DI SD 2.00
8620602086 PEMBELAJARAN TERPADU 2.00
8620602287 PENDIDIKAN ANTI PERUNDUNGAN 2.00
8620603283 PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH 3.00
MBKM0031 PLP EVALUASI PROGRAM 2.00
MBKM0032 PLP PERENCANAAN PROGRAM 2.00
8620602289 PRAKTEK ASESMEN PEMBELAJARAN DI SD 2.00
1000002104 SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR 2.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Matakuliah Riset
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020133 EVALUASI PROGRAM PENELITIAN DAN RISET 2.00
8620604313 PENGANALISISAN DATA PENELITIAN 4.00
8620604311 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN 4.00
8620604312 PENGUMPULAN DATA PENELITIAN 4.00
8620604315 PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN DAN PUBLIKASI 4.00
8620602310 PERENCANAAN PENELITIAN 2.00
Matakuliah Wirausaha
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620604306 ANALISIS KEBUTUHAN WIRAUSAHA 4.00
1000020128 EVALUASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN 2.00
8620604307 IMPLEMENTASI PROGRAM WIRAUSAHA 4.00
8620604308 PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM WIRAUSAHA 4.00
1000020167 PERENCANAAN PROGRAM WIRAUSAHA 2.00
8620604309 RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM WIRAUSAHA 4.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020163 COMMUNICATION SKILLS 2.00
8620603260 PENDIDIKAN STEAM DI SD 3.00
8620603237 PENGEMBANGAN SENI RUPA UNTUK ANAK 3.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000004105 TUGAS AKHIR 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga relevansi dan kualitas pendidikan, Program Studi S1 PGSD FIP UNESA secara rutin melakukan evaluasi kurikulum yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, serta mitra dunia kerja. Evaluasi ini bertujuan untuk menyesuaikan capaian pembelajaran dengan perkembangan kebutuhan di lapangan dan dinamika kebijakan pendidikan dasar. Selain itu, pelaksanaan tracer study dilakukan secara periodik untuk memperoleh umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan, guna memastikan kesesuaian kompetensi lulusan dengan tuntutan dunia kerja serta mendukung penyusunan kebijakan pengembangan kurikulum yang lebih tepat sasaran dan berbasis kebutuhan nyata.

Berdasarkan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan melibatkan alumni, mahasiswa, dan para stakeholder Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), ditemukan kesamaan pandangan terkait kebutuhan pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan tantangan pendidikan dasar saat ini. Berikut adalah kesimpulan umum dari FGD yang telah dilakukan:

  1. Penguatan Kompetensi Sosial, Emosional, dan Kepemimpinan Guru
    Baik alumni, mahasiswa, maupun stakeholder menekankan pentingnya mata kuliah yang mengembangkan keterampilan sosial dan emosional calon guru, seperti Etika Profesi, Komunikasi Efektif, Kepemimpinan, Public Speaking, dan Etos Kerja. Hal ini untuk membentuk guru yang profesional, percaya diri, dan mampu berinteraksi secara efektif di lingkungan sekolah.
  2. Urgensi Pendidikan Inklusif dan Psikologi Anak
    Mengingat semua sekolah dasar, khususnya di Surabaya, diarahkan menjadi sekolah inklusi, maka kemampuan dalam Pembelajaran Inklusif dan pemahaman terhadap Psikologi Perkembangan Anak menjadi sangat penting. Kedua FGD sepakat bahwa mata kuliah ini harus diikuti dengan praktik nyata agar guru mampu menangani keberagaman kebutuhan peserta didik secara optimal.
  3. Tanggapan Terhadap Isu Sosial dan Lingkungan Sekolah
    Meningkatnya kasus perundungan (bullying) serta permasalahan lingkungan hidup menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, diperlukan mata kuliah khusus untuk menangani isu-isu tersebut secara preventif dan edukatif, serta dapat diintegrasikan dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal dan studi lapangan.
  4. Pentingnya Literasi Keuangan dan Edupreneurship
    FGD alumni-mahasiswa mendorong hadirnya mata kuliah Literasi Finansial sebagai bekal calon guru dalam mengajarkan pengelolaan keuangan sederhana kepada siswa, serta membangun jiwa kewirausahaan (edupreneur) melalui keterampilan menulis dan pengembangan bahan ajar.
  5. Penguatan Literasi, Numerasi, dan Kurikulum Tematik IPAS
    Keduanya menekankan bahwa literasi dan numerasi harus menjadi pondasi utama, khususnya di kelas rendah, agar siswa lebih siap menghadapi materi di jenjang lebih tinggi. Selain itu, penyesuaian kurikulum dengan pendekatan integratif seperti IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) perlu diakomodasi dalam kurikulum PGSD.
  6. Keseimbangan Antara Teori dan Praktik
    Seluruh peserta FGD menekankan pentingnya kurikulum yang tidak hanya menekankan teori, tetapi juga memperkuat praktik lapangan. Mahasiswa perlu lebih banyak terlibat langsung dalam pengalaman nyata di sekolah, baik melalui PLP, studi kasus, observasi, hingga aksi nyata yang dapat dikembangkan dalam laporan reflektif.

Selain evaluasi kurikulum melalui FGD, program studi PGSD juga melakukan pemantauan tracer study, berikut hasil kegiatan yang dilakukan tim tracer study PGSD:
1. Rata-rata Lulusan

Pada pengisian tracer study kali  ini link usernamesudah dibagikan kepadaseluruh peserta tracer untuk digunakan mengakses laman https://tracerstudy.unesa.ac.id/

Partisipasi alumni PGSD dalam tracer studytahun 2024 sejumlah 200 dengan perolehan 100 % rensponrate. Hal tersebut menunjukkan bahwa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki  ketercapaian prodi yang sangat baik. 

2. Gold Standart

Berdasarkan gold standar alumni mencapai 91,2 %. Alumni yang melanjutkan sebagai wiraswasta 1 % atau sejumlah 2 alumni . Melanjutkan pendidikan  72% atau sejumlah 144 alumni dan alumni yang berhasil bekerja sebesar 18.2% atau sejumlah 43 alumni. 

3. Masa tunggu alumni

Mayoritas lulusan mendapatkan pekerjaan pertama dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan sebanyak  40 alumni , masa tunggu 6 hingga 12 bulan sebanyak 3 alumni

4. Jenis Lembaga Tempat Alumni Bekerja

Jenis Lembaga tempat alumni bekerja sejumlah 22,6 % di instansi pemerintahan, Lembaga swadaya Masyarakat  6,98 %, Perusahaan swasta 25,5%, wiraswasta perusaahaan sendiri 4,65%, organisasi multilateral4,65%,  lainnya 34,48% 

5. Jenis Tempat Kerja Alumni

Jenis tempat kerja alumni bekerja sejumlah 55,81 % tidak berbadan hukum, 41,36 % wiraswasta berbadan hukum, multinasional2, 23% 

Berdasarkan hasil Focus Group Discusiion (FGD) dan data tracer study tersebut maka kurikulum PGSD perlu disusun secara adaptif, integratif, dan aplikatif, dengan menyeimbangkan antara pembentukan kompetensi akademik, sosial, dan profesional calon guru. Masukan dari alumni, mahasiswa, dan stakeholder menegaskan bahwa keberhasilan lulusan ditentukan oleh sejauh mana kurikulum mampu menjawab kebutuhan nyata di lapangan pendidikan dasar.

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11
Bahasa Daerah 2 25% 25% 25% 25% 100 %
STATISTIK 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Kajian Kebasaan 2 25% 50% 25% 100 %
Basic English 2 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Konsep Dasar IPA 3 50% 33.33% 16.67% 100 %
Bilangan dan Pengolahan Data 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2 50% 50% 100 %
Pendidikan seni rupa dan Prakarya 3 18.18% 18.18% 27.27% 36.36% 99.99 %
Listening and Speaking for Primary School 3 40% 20% 20% 20% 100 %
Pengembangan bahasa inggris untuk anak* 4 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD 4 60% 40% 100 %
Pendidikan Seni Musik 2 100% 100 %
Kewirausahaan 2 50% 50% 100 %
Bimbingan Di Sd 2 33.33% 44.44% 22.22% 99.99 %
Pendidikan Inklusif 2 75% 25% 100 %
Apresiasi sastra 2 33.33% 66.67% 100 %
Pembelajaran Ppkn Sd 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Kurikulum Sekolah Dasar 2 50% 50% 100 %
Pendidikan STEAM di SD 3 100% 100 %
Literasi Berimbang 3 27.27% 27.27% 18.18% 27.27% 99.99 %
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Konsep Dasar IPS SD 3 8.33% 91.67% 100 %
Pendidikan Karakter 2 54.55% 18.18% 27.27% 100 %
Kajian Kebahasaan 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Geometri dan Pengukuran 2 33.33% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Pengembangan Dimensi IPS SD 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Metodologi Penelitian 3 33.33% 16.67% 50% 100 %
Pembelajaran Matematika di SD 3 22.22% 22.22% 33.33% 22.22% 99.99 %
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2 100% 100 %
Peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia 3 14.29% 21.43% 28.57% 35.71% 100 %
Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD 2 100% 100 %
Inovasi Pembelajaran IPS SD 3 14.29% 28.57% 42.86% 14.29% 100 %
Pengembangan seni musik untuk anak 3 100% 100 %
RME Berbasis Etnomatematika di SD 3 16.67% 25% 25% 33.33% 100 %
Pengembangan seni rupa untuk anak 3 11.11% 22.22% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran IPA SD 3 25% 33.33% 41.67% 100 %
Evaluasi Pembelajaran 2 37.5% 25% 37.5% 100 %
Reading, Writing and Dictation for Primary School 3 66.67% 33.33% 100 %
Etnosains di SD 3 66.67% 16.67% 16.67% 100 %
Inovasi Media Pembelajaran di SD 2 16.67% 50% 33.33% 100 %
Keterampilan Berpikir Matematis 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Program Studi S1 PGSD saat ini adalah kurikulum transformasi yang dikembangkan dengan mengacu pada Outcome-Based Education. Landasan hukum pengembangan kurikulum program studi S1 PGSD adalah sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
3. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
5. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
7. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
8. Peraturan Rektor Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
9. Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2024;
10. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
11. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
12. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA