•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tanggal Berdiri  :  1 September 2006
Koordinator Program Studi  :  Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang unggul melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.


Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Tujuan
  1. Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

CPL-6 Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.

CPL-7 Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.

CPL-8 Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

CPL-9 Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

CPL-10 Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

CPL-11 Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.
Dibebankan pada matakuliah:

Struktur Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode Mata Kuliah SKS
8620602264 Kajian Kebahasaan 2.00
8620602194 Bilangan dan Pengolahan Data 2.00
8620602200 Teori Belajar 2.00
8620600197 Basic English 2.00
8620603209 Konsep Dasar IPA Lanjut 3.00
8620604214 Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD 4.00
8620602027 Kajian Kebasaan 2.00
8620603143 Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia 3.00
8620602097 Pendidikan Inklusif 2.00
8620603195 Konsep Dasar IPS SD 3.00
8620602213 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2.00
8620602203 Ilmu Pendidikan 2.00
8620602190 Kurikulum Sekolah Dasar 2.00
8620602196 Konsep Dasar Ppkn SD 2.00
8620602212 Perencanaan Pembelajaran Inovatif DI SD 2.00
8620602205 Geometri dan Pengukuran 2.00
Semester 2
Kode Mata Kuliah SKS
8620603211 Metodologi Penelitian 3.00
8620602115 Pendidikan Seni Musik 2.00
8620603208 Pembelajaran Matematika DI SD 3.00
8620603206 Pengembangan Dimensi IPS SD 3.00
8620602022 Ilmu Kealaman Dasar 2.00
8620603207 Pengembangan Bahan Ajar Ppkn SD 3.00
Semester 3
Kode Mata Kuliah SKS
8620602007 Bahasa Daerah 2.00
8620602013 Bimbingan DI SD 2.00
8620603263 Inovasi Pembelajaran IPS SD 3.00
8620602006 Apresiasi Sastra 2.00
8620602173 Statistik 2.00
8620602201 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8620602202 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2.00
8620603198 Konsep Dasar IPA 3.00
8620603199 Pendidikan Seni Rupa dan Prakarya 3.00
Semester 4
Kode Mata Kuliah SKS
8620604215 Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD 4.00
8620601057 Magang 3 1.00
8620604125 Pengembangan Bahasa Inggris Untuk Anak* 4.00
8620602064 Media Pembelajaran DI SD 2.00
8620602181 Kewirausahaan 2.00
8620604141 Pengembangan Seni Untuk Anak 5* (Mendongeng) 4.00
Semester 5
Kode Mata Kuliah SKS
8620603260 Pendidikan Steam DI SD 3.00
8620603247 Literasi Berimbang 3.00
8620603257 Pembelajaran IPA SD 3.00
8620603262 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia DI SD 3.00
8620603084 Pembelajaran Ppkn SD 3.00
8620603237 Pengembangan Seni Rupa Untuk Anak 3.00
8620603255 RME Berbasis Etnomatematika DI SD 3.00
8620603234 Pengembangan Seni Musik Untuk Anak 3.00
Semester 6
Kode Mata Kuliah SKS
8620603250 Listening AND Speaking FOR Primary School 3.00
8620603240 Pengembangan Olah Raga Permainan Untuk SD 3.00
Semester 7
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum yang telah dan sedang berjalan dengan menyajikan mekanisme dan hasil evaluasi kurikulum. Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.

Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar –
Kampus Merdeka (MBKM).
Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD):
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI;
6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020;
8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016;
9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020;
10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum;
11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020;
12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020;
13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya;
15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014;
16. Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar No. POS/01/GPM/FIP-UNESA.