Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Tanggal Berdiri | : | 1 September 2006 |
Koordinator Program Studi | : | Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang adaptif, inovatif, dan tangguh melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Nilai_dasar
Program Studi S1 PGSD FIP UNESA memiliki nilai dasar yang dikenal dengan istilah PGSD KITA (Kreatif, Inovatif, Tangguh, dan Adaptif). Nilai-nilai ini mencerminkan komitmen program studi PGSD dalam membentuk calon pendidik yang mampu berpikir kritis, menciptakan solusi baru, memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dan dinamika dunia pendidikan.Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif
- Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Edupreneur
Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2024--2028
Semester ke 1
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 1 ini antara lain adalah- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (16 SKS)
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620604320 | ANALISIS KEBUTUHAN PROYEK DI DESA | 4.00 | |
8620604321 | IMPLEMENTASI PROGRAM PROYEK DI DESA | 4.00 | |
8620604322 | PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM PROYEK DI DESA | 4.00 | |
8620604323 | RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM PROYEK DI DESA | 4.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602006 | APRESIASI SASTRA | 2.00 | |
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
8620602205 | GEOMETRI DAN PENGUKURAN | 2.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
8620603198 | KONSEP DASAR IPA | 3.00 | |
8620602190 | KURIKULUM SEKOLAH DASAR | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
8620603206 | PENGEMBANGAN DIMENSI IPS SD | 3.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602013 | BIMBINGAN DI SD | 2.00 | |
8620602202 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8620602293 | INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN DI SD | 2.00 | |
8620602290 | KETERAMPILAN BERPIKIR MATEMATIS | 2.00 | |
8620603209 | KONSEP DASAR IPA LANJUT | 3.00 | |
8620602097 | PENDIDIKAN INKLUSIF | 2.00 | |
8620602115 | PENDIDIKAN SENI MUSIK | 2.00 | |
8620603199 | PENDIDIKAN SENI RUPA DAN PRAKARYA | 3.00 | |
8620603207 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PPKN SD | 3.00 | |
8620603143 | PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA | 3.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602007 | BAHASA DAERAH | 2.00 | |
8620602213 | KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO | 2.00 | |
8620603211 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
8620603257 | PEMBELAJARAN IPA SD | 3.00 | |
8620603208 | PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD | 3.00 | |
8620603084 | PEMBELAJARAN PPKN SD | 3.00 | |
8620603262 | PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD | 3.00 | |
8620602212 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF DI SD | 2.00 | |
8620602173 | STATISTIK | 2.00 |
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah- Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (20 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
8620602201 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 2.00 |
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602298 | EVALUASI DAN TINDAK LANJUT PROGRAM NON-MENGAJAR DI SEKOLAH | 2.00 | |
1000020113 | EVALUASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 2.00 | |
8620603300 | IMPLEMENTASI MENGAJAR DI SEKOLAH | 3.00 | |
8620603297 | IMPLEMENTASI PROGRAM NON-MENGAJAR DI SEKOLAH | 3.00 | |
8620603299 | PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 3.00 | |
1000020171 | PERENCANAAN PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR | 2.00 | |
8620602296 | PERENCANAAN PROGRAM NON-MENGAJAR DI SEKOLAH | 2.00 | |
8620603295 | TINDAK LANJUT PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 3.00 |
Matakuliah Magang
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620604277 | ANALISIS KEBUTUHAN MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
1000020108 | EVALUASI PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 2.00 | |
8620604281 | IMPLEMENTASI MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
8620604279 | PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
8620602278 | PERENCANAAN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 2.00 | |
8620604280 | RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 |
Semester ke 6
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 6 ini antara lain adalah- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (20 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (20 SKS)
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602284 | ETIKA PROFESI KEGURUAN | 2.00 | |
8620603286 | LESSON STUDY | 3.00 | |
8620602288 | PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI | 2.00 | |
8620602285 | PEMBELAJARAN DIGITAL DI SD | 2.00 | |
8620602086 | PEMBELAJARAN TERPADU | 2.00 | |
8620602287 | PENDIDIKAN ANTI PERUNDUNGAN | 2.00 | |
8620603283 | PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 3.00 | |
MBKM0031 | PLP EVALUASI PROGRAM | 2.00 | |
MBKM0032 | PLP PERENCANAAN PROGRAM | 2.00 | |
8620602289 | PRAKTEK ASESMEN PEMBELAJARAN DI SD | 2.00 | |
1000002104 | SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR | 2.00 |
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620604301 | ANALISIS KEBUTUHAN PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
1000020118 | EVALUASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 2.00 | |
8620604302 | IMPLEMENTASI PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
8620604303 | PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
1000020166 | PERENCANAAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 2.00 | |
8620604304 | RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 |
Matakuliah Riset
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020133 | EVALUASI PROGRAM PENELITIAN DAN RISET | 2.00 | |
8620604313 | PENGANALISISAN DATA PENELITIAN | 4.00 | |
8620604311 | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN | 4.00 | |
8620604312 | PENGUMPULAN DATA PENELITIAN | 4.00 | |
8620604315 | PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN DAN PUBLIKASI | 4.00 | |
8620602310 | PERENCANAAN PENELITIAN | 2.00 |
Matakuliah Wirausaha
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620604306 | ANALISIS KEBUTUHAN WIRAUSAHA | 4.00 | |
1000020128 | EVALUASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
8620604307 | IMPLEMENTASI PROGRAM WIRAUSAHA | 4.00 | |
8620604308 | PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM WIRAUSAHA | 4.00 | |
1000020167 | PERENCANAAN PROGRAM WIRAUSAHA | 2.00 | |
8620604309 | RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM WIRAUSAHA | 4.00 |
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020163 | COMMUNICATION SKILLS | 2.00 | |
8620603260 | PENDIDIKAN STEAM DI SD | 3.00 | |
8620603237 | PENGEMBANGAN SENI RUPA UNTUK ANAK | 3.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga relevansi dan kualitas pendidikan, Program Studi S1 PGSD FIP UNESA secara rutin melakukan evaluasi kurikulum yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, serta mitra dunia kerja. Evaluasi ini bertujuan untuk menyesuaikan capaian pembelajaran dengan perkembangan kebutuhan di lapangan dan dinamika kebijakan pendidikan dasar. Selain itu, pelaksanaan tracer study dilakukan secara periodik untuk memperoleh umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan, guna memastikan kesesuaian kompetensi lulusan dengan tuntutan dunia kerja serta mendukung penyusunan kebijakan pengembangan kurikulum yang lebih tepat sasaran dan berbasis kebutuhan nyata.
Berdasarkan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan melibatkan alumni, mahasiswa, dan para stakeholder Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), ditemukan kesamaan pandangan terkait kebutuhan pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan tantangan pendidikan dasar saat ini. Berikut adalah kesimpulan umum dari FGD yang telah dilakukan:
- Penguatan Kompetensi Sosial, Emosional, dan Kepemimpinan Guru
Baik alumni, mahasiswa, maupun stakeholder menekankan pentingnya mata kuliah yang mengembangkan keterampilan sosial dan emosional calon guru, seperti Etika Profesi, Komunikasi Efektif, Kepemimpinan, Public Speaking, dan Etos Kerja. Hal ini untuk membentuk guru yang profesional, percaya diri, dan mampu berinteraksi secara efektif di lingkungan sekolah. - Urgensi Pendidikan Inklusif dan Psikologi Anak
Mengingat semua sekolah dasar, khususnya di Surabaya, diarahkan menjadi sekolah inklusi, maka kemampuan dalam Pembelajaran Inklusif dan pemahaman terhadap Psikologi Perkembangan Anak menjadi sangat penting. Kedua FGD sepakat bahwa mata kuliah ini harus diikuti dengan praktik nyata agar guru mampu menangani keberagaman kebutuhan peserta didik secara optimal. - Tanggapan Terhadap Isu Sosial dan Lingkungan Sekolah
Meningkatnya kasus perundungan (bullying) serta permasalahan lingkungan hidup menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, diperlukan mata kuliah khusus untuk menangani isu-isu tersebut secara preventif dan edukatif, serta dapat diintegrasikan dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal dan studi lapangan. - Pentingnya Literasi Keuangan dan Edupreneurship
FGD alumni-mahasiswa mendorong hadirnya mata kuliah Literasi Finansial sebagai bekal calon guru dalam mengajarkan pengelolaan keuangan sederhana kepada siswa, serta membangun jiwa kewirausahaan (edupreneur) melalui keterampilan menulis dan pengembangan bahan ajar. - Penguatan Literasi, Numerasi, dan Kurikulum Tematik IPAS
Keduanya menekankan bahwa literasi dan numerasi harus menjadi pondasi utama, khususnya di kelas rendah, agar siswa lebih siap menghadapi materi di jenjang lebih tinggi. Selain itu, penyesuaian kurikulum dengan pendekatan integratif seperti IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) perlu diakomodasi dalam kurikulum PGSD. - Keseimbangan Antara Teori dan Praktik
Seluruh peserta FGD menekankan pentingnya kurikulum yang tidak hanya menekankan teori, tetapi juga memperkuat praktik lapangan. Mahasiswa perlu lebih banyak terlibat langsung dalam pengalaman nyata di sekolah, baik melalui PLP, studi kasus, observasi, hingga aksi nyata yang dapat dikembangkan dalam laporan reflektif.
Selain evaluasi kurikulum melalui FGD, program studi PGSD juga melakukan pemantauan tracer study, berikut hasil kegiatan yang dilakukan tim tracer study PGSD:
1. Rata-rata Lulusan
Pada pengisian tracer study kali ini link usernamesudah dibagikan kepadaseluruh peserta tracer untuk digunakan mengakses laman https://tracerstudy.unesa.ac.id/
Partisipasi alumni PGSD dalam tracer studytahun 2024 sejumlah 200 dengan perolehan 100 % rensponrate. Hal tersebut menunjukkan bahwa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki ketercapaian prodi yang sangat baik.
2. Gold Standart
Berdasarkan gold standar alumni mencapai 91,2 %. Alumni yang melanjutkan sebagai wiraswasta 1 % atau sejumlah 2 alumni . Melanjutkan pendidikan 72% atau sejumlah 144 alumni dan alumni yang berhasil bekerja sebesar 18.2% atau sejumlah 43 alumni.
3. Masa tunggu alumni
Mayoritas lulusan mendapatkan pekerjaan pertama dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan sebanyak 40 alumni , masa tunggu 6 hingga 12 bulan sebanyak 3 alumni
4. Jenis Lembaga Tempat Alumni Bekerja
Jenis Lembaga tempat alumni bekerja sejumlah 22,6 % di instansi pemerintahan, Lembaga swadaya Masyarakat 6,98 %, Perusahaan swasta 25,5%, wiraswasta perusaahaan sendiri 4,65%, organisasi multilateral4,65%, lainnya 34,48%
5. Jenis Tempat Kerja Alumni
Jenis tempat kerja alumni bekerja sejumlah 55,81 % tidak berbadan hukum, 41,36 % wiraswasta berbadan hukum, multinasional2, 23%
Berdasarkan hasil Focus Group Discusiion (FGD) dan data tracer study tersebut maka kurikulum PGSD perlu disusun secara adaptif, integratif, dan aplikatif, dengan menyeimbangkan antara pembentukan kompetensi akademik, sosial, dan profesional calon guru. Masukan dari alumni, mahasiswa, dan stakeholder menegaskan bahwa keberhasilan lulusan ditentukan oleh sejauh mana kurikulum mampu menjawab kebutuhan nyata di lapangan pendidikan dasar.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
Bahasa Daerah | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
STATISTIK | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Kajian Kebasaan | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Basic English | 2 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Konsep Dasar IPA | 3 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Bilangan dan Pengolahan Data | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pendidikan seni rupa dan Prakarya | 3 | 18.18% | 18.18% | 27.27% | 36.36% | 99.99 % | |||||||
Listening and Speaking for Primary School | 3 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
Pengembangan bahasa inggris untuk anak* | 4 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD | 4 | 60% | 40% | 100 % | |||||||||
Pendidikan Seni Musik | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Kewirausahaan | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Bimbingan Di Sd | 2 | 33.33% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | ||||||||
Pendidikan Inklusif | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Apresiasi sastra | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Pembelajaran Ppkn Sd | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Kurikulum Sekolah Dasar | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pendidikan STEAM di SD | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Literasi Berimbang | 3 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | |||||||
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Konsep Dasar IPS SD | 3 | 8.33% | 91.67% | 100 % | |||||||||
Pendidikan Karakter | 2 | 54.55% | 18.18% | 27.27% | 100 % | ||||||||
Kajian Kebahasaan | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Geometri dan Pengukuran | 2 | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Pengembangan Dimensi IPS SD | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Metodologi Penelitian | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | ||||||||
Pembelajaran Matematika di SD | 3 | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia | 3 | 14.29% | 21.43% | 28.57% | 35.71% | 100 % | |||||||
Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Inovasi Pembelajaran IPS SD | 3 | 14.29% | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 100 % | |||||||
Pengembangan seni musik untuk anak | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
RME Berbasis Etnomatematika di SD | 3 | 16.67% | 25% | 25% | 33.33% | 100 % | |||||||
Pengembangan seni rupa untuk anak | 3 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Pembelajaran IPA SD | 3 | 25% | 33.33% | 41.67% | 100 % | ||||||||
Evaluasi Pembelajaran | 2 | 37.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Reading, Writing and Dictation for Primary School | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Etnosains di SD | 3 | 66.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Inovasi Media Pembelajaran di SD | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Keterampilan Berpikir Matematis | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi S1 PGSD saat ini adalah kurikulum transformasi yang dikembangkan dengan mengacu pada Outcome-Based Education. Landasan hukum pengembangan kurikulum program studi S1 PGSD adalah sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
3. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
5. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
7. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
8. Peraturan Rektor Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
9. Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2024;
10. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
11. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
12. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved