•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Unesa

 
Program Studi  :  S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Tanggal Berdiri  :  2 April 2007
Koordinator Program Studi  :  Dr. Titik Indarti, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Unggul dalam inovasi kependidikan bahasa dan sastra, kukuh dalam pengembangan ilmu bahasa dan sastra berbasis multilingual
Misi
1. Menyelenggarakan pendidik-an dan pembelajaran yang beraksentuasi pada inovasi kependidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra; 2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra; 3. Menyelenggarakan pengabdi-an kepada masyarakat yang berbasis pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmua bahasa dan sastra; 4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkontribusi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra.
Tujuan
1. Menghasilkan tenaga ahli bidang kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra setingkat magister yang inovatif dan kreatif; 2. Menghasilkan karya penelitian di bidang kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra baik dalam bentuk tesis sebagai tugas akhir mahasiswa maupun penelitian dosen yang berpendekatan interdisipliner atau multidisipliner; 3. Mengabdikan hasil inovasi dan pengembangan kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra demi kemaslahatan masyarakat; 4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkontribusi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra.
Nilai_dasar
Pemikiran kritis, kreatif, interdisipliner, multididipliner, dan transdisipliner di bidang kependidikan bahasa dan sastra; memajukan dan meningkatkan kualitas keilmuan bahasa dan sastra melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan dan mengembangkan ilmu Bahasa dan sastra yang multilingual.
Capaian Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Analisis Wacana KritisFilsafat Pendidikan Bahasa Dan SastraInovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis ItInternshipInternship IKajian Budaya PopKritik SastraKurikulum Pendidikan Bahasa-SastraLinguistik TerapanLiteracy In EducationLiterasi Dalam PendidikanMetodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Dan SastraPengembangan Bahan Dan Media Pembelajaran Bahasa Dan SastraPengembangan Instrumen PenelitianPragmastilistikPragmastylisticsProposal PenelitianPublikasiResearch ProposalTesisTheseThesis4536271890Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Analisis Wacana KritisDesain Pembelajaran Bahasa Dan SastraFilsafat Pendidikan Bahasa Dan SastraInovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis ItInternshipInternship IKajian Budaya PopKritik SastraKurikulum Pendidikan Bahasa-SastraLinguistik TerapanLiterasi Dalam PendidikanMetodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Dan SastraPengembangan Bahan Dan Media Pembelajaran Bahasa Dan SastraPengembangan Instrumen PenelitianPragmastilistikPragmastylisticsProposal PenelitianPublikasiSemiotikaShuushi RonbunStudi LapanganTesisTheseThesis4536271890Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Analisis Wacana KritisApplied LinguisticsCurrent Language-Literature PedagogyCurriculum Of Languange-Literature EducationDesain Pembelajaran Bahasa Dan SastraInovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis ItInternshipInternship IKajian Budaya PopLiteracy In EducationLiterasi Dalam PendidikanMethods Of Research In Language And Literature EducationNihongogakuPhilosophy Of Language And Literature EducationPragmastylisticsSastra Dalam Pembelajaran BahasaTesisTheseThesis4032241680Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Analisis Wacana KritisInovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis ItInternshipInternship IIt-Based Innovation In Language And Literature PedagogyKritik SastraMethods Of Research In Language And Literature EducationPragmastylisticsSastra Dalam Pembelajaran BahasaSemiotikaShuushi RonbunTesisTheseThesis4032241680Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-5 Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta dalam bidang keilmuan bahasa dan sastra.
Dibebankan pada matakuliah:
Akademikku No NihongoAssessment For Languange-Literature PedagogyComparative LiteratureCurrent Language-Literature PedagogyCurriculum Of Languange-Literature EducationDesign Of Language And Literature PedagogyFilsafat Pendidikan Bahasa Dan SastraInovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis ItInternshipInternship IIsu Mutakhir Bahasa/Sastra Indonesia-DaerahIt-Based Innovation In Language And Literature PedagogyKritik SastraKurikulum Pendidikan Bahasa-SastraLinguistik TerapanLiteracy In EducationMetodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Dan SastraNihongo KenkyuuPembelajaran Bahasa-Sastra MutakhirPengembangan Bahan Dan Media Pembelajaran Bahasa Dan SastraPhilosophy Of Language And Literature EducationPopular Culture StudiesPragmastilistikPragmastylisticsPublicationSastra Dalam Pembelajaran BahasaSecond/Foreign Language AcquisitionSosiolinguistik Indonesia-DaerahTesisTheseThesis6050403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-6 Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik yang logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik.
Dibebankan pada matakuliah:
Analisis Artikel Jurnal MutakhirAnalisis Wacana KritisApplied LinguisticsAsesmen Pembelajaran Bahasa-SastraAssessment For Languange-Literature PedagogyComparative LiteratureDesain Pembelajaran Bahasa Dan SastraDesign Of Language And Literature PedagogyFilsafat Pendidikan Bahasa Dan SastraInovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis ItInternshipInternship IIsu Mutakhir Bahasa/Sastra Indonesia-DaerahKajian Budaya PopKritik SastraKurikulum Pendidikan Bahasa-SastraLinguistik TerapanLiteracy In EducationLiterasi Dalam PendidikanLiterature In Language EducationMaterials And Media Development For Language And Literature EducationMetodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Dan SastraNihongo KenkyuuNihongogakuPembelajaran Bahasa-Sastra MutakhirPengembangan Bahan Dan Media Pembelajaran Bahasa Dan SastraPragmastilistikPragmastylisticsProblematika Pengajaran Bsi-DaerahProposal PenelitianPublicationPublikasiSastra Dalam Pembelajaran BahasaSecond/Foreign Language AcquisitionShuushi RonbunSosiolinguistik Indonesia-DaerahStudi LapanganTesisTheseThesis50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-7 Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
Dibebankan pada matakuliah:
Analisis Artikel Jurnal MutakhirAnalisis Wacana KritisAnalysis Of Current Journal ArticlesAsesmen Pembelajaran Bahasa-SastraAssessment For Languange-Literature PedagogyCurrent Language-Literature PedagogyCurriculum Of Languange-Literature EducationDesain Pembelajaran Bahasa Dan SastraDesign Of Language And Literature PedagogyInovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis ItInternshipIsu Mutakhir Bahasa/Sastra Indonesia-DaerahIt-Based Innovation In Language And Literature PedagogyKritik SastraKurikulum Pendidikan Bahasa-SastraLiterature In Language EducationMaterials And Media Development For Language And Literature EducationMethods Of Research In Language And Literature EducationMetodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Dan SastraNihongo KenkyuuNihongogakuPengembangan Bahan Dan Media Pembelajaran Bahasa Dan SastraPhilosophy Of Language And Literature EducationPopular Culture StudiesPragmastylisticsProblematika Pengajaran Bsi-DaerahProposal PenelitianPublikasiSastra Dalam Pembelajaran BahasaSecond/Foreign Language AcquisitionSemiotikaSosiolinguistik Indonesia-DaerahStudi LapanganTesisTheseThesis50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-10 Menguasai konsep-konsep teoretis bahasa dan sastra dan penerapannya yang berbasis pada filsafat pendidikan, filsafat bahasa, dan filsafat sastra
Dibebankan pada matakuliah:
Analisis Artikel Jurnal MutakhirAnalisis Wacana KritisAnalysis Of Current Journal ArticlesApplied LinguisticsComparative LiteratureCurrent Language-Literature PedagogyCurriculum Of Languange-Literature EducationDesign Of Language And Literature PedagogyInovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis ItIsu Mutakhir Bahasa/Sastra Indonesia-DaerahKajian Budaya PopKritik SastraLinguistik TerapanLiterasi Dalam PendidikanLiterature In Language EducationMaterials And Media Development For Language And Literature EducationMetodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Dan SastraPhilosophy Of Language And Literature EducationPragmastylisticsProblematika Pengajaran Bsi-DaerahResearch ProposalSastra Dalam Pembelajaran BahasaSecond/Foreign Language AcquisitionShuushi RonbunSosiolinguistik Indonesia-DaerahTesisTheseThesis4536271890Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-11 Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra secara integratif
Dibebankan pada matakuliah:
Akademikku No NihongoApplied LinguisticsAsesmen Pembelajaran Bahasa-SastraAssessment For Languange-Literature PedagogyCurrent Language-Literature PedagogyCurriculum Of Languange-Literature EducationDesain Pembelajaran Bahasa Dan SastraDesign Of Language And Literature PedagogyInovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis ItIt-Based Innovation In Language And Literature PedagogyLiterature In Language EducationMaterials And Media Development For Language And Literature EducationMetodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Dan SastraPembelajaran Bahasa-Sastra MutakhirPengembangan Bahan Dan Media Pembelajaran Bahasa Dan SastraPengembangan Instrumen PenelitianPragmastylisticsProblematika Pengajaran Bsi-DaerahProposal PenelitianPublicationPublikasiResearch ProposalSecond/Foreign Language AcquisitionSosiolinguistik Indonesia-DaerahTesisTheseThesis50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-12 Menguasai konsep metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya;
Analisis Artikel Jurnal MutakhirAnalysis Of Current Journal ArticlesCurriculum Of Languange-Literature EducationInovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Berbasis ItMethods Of Research In Language And Literature EducationMetodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Dan SastraNihongogakuPengembangan Instrumen PenelitianPragmastylisticsProposal PenelitianPublicationPublikasiResearch ProposalSastra Dalam Pembelajaran BahasaSecond/Foreign Language AcquisitionSosiolinguistik Indonesia-DaerahTesisTheseThesis4032241680Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

Profil Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik Bahasa dan Sastra; Peneliti Pendidikan Bahasa dan Sastra; dan pengelola program pendidikan bahasa dan sastra

Struktur Kurikulum S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra 2024--2028

Semester ke 1

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8811102218 ASESMEN PEMBELAJARAN BAHASA-SASTRA 2.00
8811103029 DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA 3.00
8811102207 INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA BERBASIS IT 2.00
8811102224 KRITIK SASTRA 2.00
8811102219 KURIKULUM PENDIDIKAN BAHASA-SASTRA 2.00
8811102221 PRAGMASTILISTIK 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8811102222 ANALISIS WACANA KRITIS 2.00
8811102227 ISU MUTAKHIR BAHASA/SASTRA INDONESIA-DAERAH 2.00
8811102225 KAJIAN BUDAYA POP 2.00
8811102265 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN 2.00
8811103267 PROPOSAL PENELITIAN 3.00
1000002166 SEMINAR HASIL PENELITIAN 3.00
8811104262 STUDI LAPANGAN 4.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8811104266 PUBLIKASI 4.00
8811107268 TESIS 7.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya

Tindak lanjut hasil dari evaluasi kebijakan PS yakni perbaikan dokumen kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran sesuai catatan saran dari pihak auditor yakni GPM dan SPM serta menyerahkan kembali hasil dari perbaikan yang telah diperbaiki dan diperbaharui. Berikut adalah bukti dokumen kurikulum dan dokumen audit internal serta RTM. Evaluasi yang dilakukan Prodi S2 Bahasa dan Sastra mengadaptasi pola penjaminan mutu PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan).  Feedback yang didapatkan dari kegiatan audit internal ini menjadi bahan perbaikan penyelenggaraan prodi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra. 

Rekap CPL Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL10CPL11CPL12
Filsafat Pendidikan Bahasa dan Sastra 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Materials and media development for language and literature education 2 20% 40% 20% 20% 100 %
internship 2 22.22% 11.11% 11.11% 11.11% 22.22% 11.11% 11.11% 99.99 %
curriculum of Languange-Literature education 2 12.5% 18.75% 12.5% 25% 12.5% 18.75% 100 %
Isu Mutakhir Bahasa/Sastra Indonesia-Daerah 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Analysis of Current Journal Articles 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
IT-based innovation in language and literature pedagogy 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Pengembangan Bahan dan Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2 10.53% 10.53% 15.79% 26.32% 15.79% 21.05% 100 %
thesis 6 50% 25% 25% 100 %
Pragmastilistik 2 28.57% 14.29% 28.57% 28.57% 100 %
Research Proposal 2 25% 37.5% 25% 12.5% 100 %
Publikasi 2 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 28.57% 14.29% 100 %
Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis IT 2 7.69% 7.69% 7.69% 7.69% 7.69% 15.38% 15.38% 7.69% 15.38% 7.69% 99.97 %
Methods of Research in Language and Literature Education 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Current Language-Literature Pedagogy 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Popular culture studies 2 57.14% 42.86% 100 %
Philosophy of Language and Literature Education 2 20% 20% 40% 20% 100 %
Comparative Literature 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Literacy in Education 2 6.25% 31.25% 37.5% 25% 100 %
Literasi Dalam Pendidikan 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Nihongo Kenkyuu 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Kritik Sastra 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Sastra dalam Pembelajaran Bahasa 3 22.22% 16.67% 11.11% 16.67% 16.67% 11.11% 5.56% 100 %
Studi Lapangan 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Problematika Pengajaran BSI-Daerah 2 14.29% 42.86% 28.57% 14.29% 100 %
Applied Linguistics 3 33.33% 22.22% 33.33% 11.11% 99.99 %
Proposal Penelitian 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Analisis Artikel Jurnal Mutakhir 3 25% 25% 25% 25% 100 %
These 6 7.69% 7.69% 7.69% 7.69% 7.69% 7.69% 7.69% 15.38% 23.08% 7.69% 99.98 %
Design of Language and Literature Pedagogy 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Assessment For Languange-Literature Pedagogy 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Pragmastylistics 2 7.41% 7.41% 11.11% 11.11% 14.81% 7.41% 7.41% 11.11% 14.81% 7.41% 100 %
Tesis 6 7.14% 7.14% 28.57% 28.57% 28.57% 99.99 %
Publication 2 20% 20% 40% 20% 100 %
Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra 3 8.33% 16.67% 16.67% 16.67% 8.33% 8.33% 8.33% 16.67% 100 %
Kajian Budaya Pop 2 25% 12.5% 25% 12.5% 25% 100 %
Linguistik Terapan 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Kurikulum Pendidikan Bahasa-Sastra 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Literature in Language Education 3 42.86% 28.57% 14.29% 14.29% 100 %
Desain Pembelajaran Bahasa dan Sastra 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Akademikku No Nihongo 2 50% 50% 100 %
Nihongogaku 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Semiotika 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Analisis Wacana Kritis 2 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Second/Foreign Language Acquisition 2 15% 15% 15% 20% 15% 20% 100 %
Sosiolinguistik Indonesia-Daerah 2 11.11% 11.11% 11.11% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
Kritik Sastra 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Tesis 6 7.14% 7.14% 7.14% 7.14% 7.14% 7.14% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Shuushi Ronbun 6 25% 25% 25% 25% 100 %
Tesis 8 6.25% 6.25% 12.5% 6.25% 12.5% 12.5% 12.5% 18.75% 6.25% 6.25% 100 %
Thesis 8 6.67% 6.67% 13.33% 6.67% 13.33% 6.67% 13.33% 13.33% 13.33% 6.67% 100 %
INTERNSHIP I 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Proposal Penelitian 3 37.5% 37.5% 25% 100 %
Publikasi 4 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 28.57% 14.29% 100 %
Tesis 7 8.33% 41.67% 25% 25% 100 %
Pengembangan Instrumen Penelitian 2 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
  1. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),
  2. Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia untuk Pendidikan Tinggi
  3. Permenristidikti Nomor 44 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti)
  4. Permen Dikbud nomer 3 tahun 2020 tentang SNDikti dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pembelajaran
  5. Pedoman Akademik Pascasarjana Unesa Tahun 2020/2021
  6. Standar Mutu Program Magister Unesa
  7. Pedoman Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum
  8. Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi
  9. SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk akademik, administrasi, penjaminan mutu, dan lainnya.