Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Unesa
Program Studi | : | S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Tanggal Berdiri | : | 2 April 2007 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Titik Indarti, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Misi
1. Menyelenggarakan pendidik-an dan pembelajaran yang beraksentuasi pada inovasi kependidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra; 2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra; 3. Menyelenggarakan pengabdi-an kepada masyarakat yang berbasis pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmua bahasa dan sastra; 4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkontribusi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra.Tujuan
1. Menghasilkan tenaga ahli bidang kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra setingkat magister yang inovatif dan kreatif; 2. Menghasilkan karya penelitian di bidang kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra baik dalam bentuk tesis sebagai tugas akhir mahasiswa maupun penelitian dosen yang berpendekatan interdisipliner atau multidisipliner; 3. Mengabdikan hasil inovasi dan pengembangan kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra demi kemaslahatan masyarakat; 4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkontribusi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra.Nilai_dasar
Pemikiran kritis, kreatif, interdisipliner, multididipliner, dan transdisipliner di bidang kependidikan bahasa dan sastra; memajukan dan meningkatkan kualitas keilmuan bahasa dan sastra melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan dan mengembangkan ilmu Bahasa dan sastra yang multilingual.Visi
Menjadi program studi yang unggul dalam inovasi kependidikan bahasa dan sastra, serta tangguh, adaptif dan inovatif dalam pengembangan ilmu bahasa dan sastra yang multilingual berbasis riset, teknologi, dan kewirausahaan untuk menjawab tantangan globalCapaian Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Bahasa dan Sastra; Peneliti Pendidikan Bahasa dan Sastra; dan pengelola program pendidikan bahasa dan sastra
Struktur Kurikulum S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra 2024--2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8811102100 | LITERASI DALAM PENDIDIKAN | 2.00 | |
8811103217 | SASTRA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA | 3.00 | |
8811102211 | FILSAFAT PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA | 2.00 | |
8811103215 | PEMBELAJARAN BAHASA-SASTRA MUTAKHIR | 3.00 | |
8811103216 | LINGUISTIK TERAPAN | 3.00 | |
8811103212 | METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA | 3.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8811102224 | KRITIK SASTRA | 2.00 | |
8811102221 | PRAGMASTILISTIK | 2.00 | |
8811102207 | INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA BERBASIS IT | 2.00 | |
8811103029 | DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA | 3.00 | |
8811102218 | ASESMEN PEMBELAJARAN BAHASA-SASTRA | 2.00 | |
8811102219 | KURIKULUM PENDIDIKAN BAHASA-SASTRA | 2.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8811104262 | STUDI LAPANGAN | 4.00 | |
8811102225 | KAJIAN BUDAYA POP | 2.00 | |
8811102227 | ISU MUTAKHIR BAHASA/SASTRA INDONESIA-DAERAH | 2.00 | |
8811102222 | ANALISIS WACANA KRITIS | 2.00 | |
8811103267 | PROPOSAL PENELITIAN | 3.00 | |
1000002166 | SEMINAR HASIL PENELITIAN | 3.00 | |
8811102265 | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN | 2.00 |
Semester ke 4
Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Tindak lanjut hasil dari evaluasi kebijakan PS yakni perbaikan dokumen kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran sesuai catatan saran dari pihak auditor yakni GPM dan SPM serta menyerahkan kembali hasil dari perbaikan yang telah diperbaiki dan diperbaharui. Berikut adalah bukti dokumen kurikulum dan dokumen audit internal serta RTM. Evaluasi yang dilakukan Prodi S2 Bahasa dan Sastra mengadaptasi pola penjaminan mutu PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan). Feedback yang didapatkan dari kegiatan audit internal ini menjadi bahan perbaikan penyelenggaraan prodi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Rekap CPL Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | |||
Filsafat Pendidikan Bahasa dan Sastra | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Materials and media development for language and literature education | 2 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
internship | 2 | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | |||
curriculum of Languange-Literature education | 2 | 12.5% | 18.75% | 12.5% | 25% | 12.5% | 18.75% | 100 % | ||||
Isu Mutakhir Bahasa/Sastra Indonesia-Daerah | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Analysis of Current Journal Articles | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
IT-based innovation in language and literature pedagogy | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Pengembangan Bahan dan Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra | 2 | 10.53% | 10.53% | 15.79% | 26.32% | 15.79% | 21.05% | 100 % | ||||
thesis | 6 | 50% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Pragmastilistik | 2 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Research Proposal | 2 | 25% | 37.5% | 25% | 12.5% | 100 % | ||||||
Publikasi | 2 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 28.57% | 14.29% | 100 % | ||||
Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis IT | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Methods of Research in Language and Literature Education | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Current Language-Literature Pedagogy | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||
Popular culture studies | 2 | 57.14% | 42.86% | 100 % | ||||||||
Philosophy of Language and Literature Education | 2 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Comparative Literature | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Literacy in Education | 2 | 6.25% | 31.25% | 37.5% | 25% | 100 % | ||||||
Literasi Dalam Pendidikan | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||
Nihongo Kenkyuu | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Kritik Sastra | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Sastra dalam Pembelajaran Bahasa | 3 | 22.22% | 16.67% | 11.11% | 16.67% | 16.67% | 11.11% | 5.56% | 100 % | |||
Studi Lapangan | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Problematika Pengajaran BSI-Daerah | 2 | 14.29% | 42.86% | 28.57% | 14.29% | 100 % | ||||||
Applied Linguistics | 3 | 33.33% | 22.22% | 33.33% | 11.11% | 99.99 % | ||||||
Proposal Penelitian | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Analisis Artikel Jurnal Mutakhir | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
These | 6 | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 15.38% | 23.08% | 7.69% | 99.98 % |
Design of Language and Literature Pedagogy | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||
Assessment For Languange-Literature Pedagogy | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Pragmastylistics | 2 | 17.65% | 17.65% | 23.53% | 17.65% | 23.53% | 100 % | |||||
Tesis | 6 | 7.14% | 7.14% | 28.57% | 28.57% | 28.57% | 99.99 % | |||||
Publication | 2 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra | 3 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Kajian Budaya Pop | 2 | 25% | 12.5% | 25% | 12.5% | 25% | 100 % | |||||
Linguistik Terapan | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||
Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Kurikulum Pendidikan Bahasa-Sastra | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||
Literature in Language Education | 3 | 42.86% | 28.57% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||||
Desain Pembelajaran Bahasa dan Sastra | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Akademikku No Nihongo | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Nihongogaku | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | ||||||
Semiotika | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Analisis Wacana Kritis | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Second/Foreign Language Acquisition | 2 | 15% | 15% | 15% | 20% | 15% | 20% | 100 % | ||||
Sosiolinguistik Indonesia-Daerah | 2 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||
Kritik Sastra | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Tesis | 6 | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % |
Shuushi Ronbun | 6 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Tesis | 8 | 6.25% | 6.25% | 12.5% | 6.25% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 18.75% | 6.25% | 6.25% | 100 % |
Thesis | 8 | 6.67% | 6.67% | 13.33% | 6.67% | 13.33% | 6.67% | 13.33% | 13.33% | 13.33% | 6.67% | 100 % |
INTERNSHIP I | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||
Proposal Penelitian | 3 | 37.5% | 37.5% | 25% | 100 % | |||||||
Publikasi | 4 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 28.57% | 14.29% | 100 % | ||||
Tesis | 7 | 8.33% | 41.67% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Pengembangan Instrumen Penelitian | 2 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
- Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),
- Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia untuk Pendidikan Tinggi
- Permenristidikti Nomor 44 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti)
- Permen Dikbud nomer 3 tahun 2020 tentang SNDikti dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pembelajaran
- Pedoman Akademik Pascasarjana Unesa Tahun 2020/2021
- Standar Mutu Program Magister Unesa
- Pedoman Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum
- Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi
- SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk akademik, administrasi, penjaminan mutu, dan lainnya.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved