•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Biologi Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Biologi
Tanggal Berdiri  :  11 Juli 1996
Koordinator Program Studi  :  Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Program studi S1 Pendidikan Biologi yang unggul, adaptif, inovatif, kolaboratif berbasis penelitian dan memiliki daya saing global.


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset di bidang pendidikan Biologi yang adaptif, inovatif, kolaboratif
  2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif di bidang pendidikan biologi melalui kolaborasi global
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi sosial,  kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik, 
  4. Menghasilkan lulusan yang inovatif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan pendidikan biologi, 
  5. Menjalin kerjasama dengan stakeholder untuk menghasilkan pendidik biologi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan dasar dan menengah, 
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kemampuan kewirausahaan untuk meningkatkan kualitas hidup di masyarakat.

Tujuan
  1. Lulusan yang menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkannya dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi
  2. Lulusan yang memiliki kemampuan untuk terus menerus mengembangkan diri dalam pengetahuan biologi dan pendidikan biologi secara formal dan atau informal
  3. Lulusan yang menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta penerapannya untuk mendukung karier
  4. Lulusan yang memiliki etika, tanggung jawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir
  5. Lulusan yang mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional maupun internasional.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan biologi pada tingkat molekul, sel, dan organisme serta interaksinya dengan lingkungan.

CPL-8 Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas sebagai bagian dari tanggungjawabnya dalam pekerjaan yang telah dilakukan

CPL-9 Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan memanfaatkan ICT

CPL-10 Mampu merancang dan melakukan eksperimen dalam pembelajaran biologi untuk memperoleh, menganalisis, dan menginterpretasikan data guna meyelesaikan masalah

CPL-11 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan biologi pada tingkat molekul, sel, dan organisme serta interaksinya dengan lingkungan

CPL-12 Mampu mendemonstrasikan kemampuan mengaplikasikan konsep biologi dan isu-isu lingkungan dengan teknologi yang relevan dalam pengelolaan sumber daya alam
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi

CPL-14 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait dengan penelitian pendidikan biologi
Dibebankan pada matakuliah:

Struktur Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode Mata Kuliah SKS
8420502261 Kewirausahaan 2.00
8420503056 Biologi Umum 3.00
8420503100 Fisika Umum 3.00
8420502034 Bahasa Inggris Untuk Biologi 2.00
8420502279 Dasar Kependidikan 2.00
8420503150 Matematika Dasar 3.00
8420503310 Solid Waste Technology AND Management 3.00
Semester 2
Kode Mata Kuliah SKS
8420502138 Konservasi Sdal 2.00
8420502284 Teori Belajar 2.00
8420502047 Biokimia 2.00
8420504271 Struktur dan Perkembangan Hewan 4.00
8420504226 Struktur dan Perkembangan Tumbuhan 4.00
Semester 3
Kode Mata Kuliah SKS
8420502012 Anatomi Fisiologi Manusia 2.00
8420503164 Mikrobiologi 3.00
8420504101 Fisiologi Hewan 4.00
8420504102 Fisiologi Tumbuhan 4.00
8420502292 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2.00
8420503293 Pembelajaran Inovatif 3.00
8420504108 Genetika 4.00
8420502294 Kurikulum Sekolah 2.00
Semester 4
Kode Mata Kuliah SKS
8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2.00
8420502309 Biostatistik dan Biokomputer 2.00
8420503060 Biostatistik dan Komputer 3.00
8420503314 Occupational Safety AND Health 3.00
8420504220 Sistematika Hewan 4.00
8420504080 Ekologi 4.00
8420503315 Teknik Pembibitan Tanaman Hutan Berkualitas 3.00
8420504311 Environtmental Microbiology AND Biotechnology 4.00
8420503159 Metodologi Penelitian 3.00
8420504221 Sistematika Tumbuhan 4.00
8420504313 Biodiversity 4.00
8420503054 Biologi SEL dan Molekuler 3.00
Semester 5
Kode Mata Kuliah SKS
8420503303 Evaluasi Hasil Belajar 3.00
8420502162 Mikologi 2.00
8420502305 Pengembangan Profesi Guru 2.00
8420503115 Human Anatomy & Physiology 3.00
8420503011 Anatomi dan Fisiologi Manusia 3.00
8420502302 Technological Pedagogical Content Knowledge 2.00
8420503304 Ekologi Tropika 3.00
Semester 6
Kode Mata Kuliah SKS
8420502316 Biodiversitas 2.00
Semester 7
Kode Mata Kuliah SKS
8420502295 Bioetika 2.00
8420502297 Analisis Mengenai Dampak Lingkungan 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi kurikulum dilakukan melalui mekanisme tracer study  untuk mengukur capaian Tujuan program studi (Program Educational Objectives/PEO) atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). PEO dan CPL dikembangkan untuk mendukung terwujudnya profil lulusan yang ditetapkan. Profil lulusan ditetapkan dengan memperhatikan evaluasi diri, kebutuhan pasar dan hasil tracer study. PEO dirumuskan  berdasarkan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Perkembangan Iptek, Asosiasi Konsorsium Biologi Indonesia/KOBI, HPPBI, Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Universitas Negeri Surabaya yang memiliki karakter Idaman Jelita,  dan dokumen kurikulum Ecopreunership sebagai penciri FMIPA,  dan Kurikulum Berbasis KKNI Dan SNPT Berciri Ecopreneurship.  Tujuan program studi (PEO) dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai pendidik biologi, asisten peneliti muda di bidang Biologi , dan wirausahawan di bidang pendidikan Biologi yang mampu bersaing secara internasional. 

Melalui tracer study diperoleh data dan diakukan analisis yang menunjukkan bahwa profil lulusan prodi yang terdiri dari tiga profesi, yaitu pendidik biologi, asisten peneliti muda, dan wirausaha tercapai dengan persentase tertinggi adalah pendidik biologi, diikuti profesi wirausaha dan asisten peneliti muda.

Pada pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) melalui tracer study dikembangan sejumlah indikator keberhasilan yang merupakan operasionalisasi dari CPL. Hasil tracer study menunjukkan penguasaan kompetensi lulusan  dari penilaian pengguna sebagai berikut.

 

Skor Kompetensi Lulusan yang diberikan oleh Pengguna

Aspek Kompetensi Skor dari PenggunaKeterangan
Kedisiplinan3,571Baik sekali
Kejujuran3,786Baik sekali
Motivasi Kerja3,786Baik sekali
Etos Kerja3,786Baik sekali
Menerapkan keilmuan pada pekerjaan3,357Baik sekali
Produktivitas kerja3,643Baik sekali
Inovasi3,500Baik sekali
Penyelesaian masalahan 3,643Baik sekali
Adaptasi dengan lingkungan3,714Baik sekali
Penggunaan bahasa Inggris lisan2,571Baik
Penggunaan bahasa Inggris tulis2,786Baik
Komunikasi tertulis3,571Baik sekali
Komunikasi lisan dalam pekerjaan3,786Baik sekali
Mengemukakan ide3,500Baik sekali
Kemampuan manajerial3,429Baik sekali
Motivator dalam lingkungan kerja3,429Baik sekali
Memanfaatkan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) 3,643Baik sekali
Bersosialisasi dalam lingkungan kerja3,786Baik sekali
Keterbukaan terhadap kritik dan saran3,714Baik sekali
Bekerja dalam tim3,714Baik sekali
Motivasi dalam mempelajari hal baru 3,643Baik sekali
Kemampuan untuk mempelajari pengetahuan/keterampilan/hal baru secara mandiri3,643Baik sekali

 

              Kompetensi lulusan terkait softskill digambarkan sebagai jarring laba-laba berikut, yang secara garis besar menunjukkan kompetensi yang sangat baik. Penilaian tersebut dilakukan oleh lulusan sebagai bentuk evaluasi diri, maupun oleh pengguna sebagai atasan para lulusan yang telah memasuki dunia kerja antara 2-3 tahun.

 

 

Gambar 1.  Profil Soft Skill Lulusan Pendidikan Biologi Unesa Berdasarkan Evaluasi Diri Lulusan (n=111)

 

Gambar 2. Rata-rata skor soft skill lulusan Pendidikan Biologi Unesa berdasarkan evaluasi pengguna lulusan (4= sangat baik; 3= baik; 2= cukup; 1= kurang)

 

Berdasarkan capaian tersebut dapat diberikan rekomendasi perbaikan yang dapat digunakan sebagai masukan saat peninjauan kurikulum, baik untuk membenahi isi perkuliahan maupun untuk penambahan mata kuliah. Rekomendasi yang diperikan oleh lulusan maupun pengguna lulusan. Dari pengguna lulusan dapat teridentifikasi kompetensi yang diperlukan untuk membangun karir di lembaganya, juga saran untuk pembekalan bagi mahasiswa bagi program studi pendidikan biologi.

 

Tabel Kompetensi yang diperlukan di Instansi Kerja dan Masukkan untuk Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi

Kompetensi yang diperlukan di Lembaga tempat bekerja (menurut pengguna lulusan)Bidang KerjaUsulan untuk prodi Pendidikan Biologi
Kompetensi pedagogik, 
  • Pendidikan
  • Layanan AKreditasi PS
  • Direktorat Pengembangan Media
  • Praktek bersama siswa secara langsung khususnya menghadapi masalah siswa dalam pembelajaran (prodi pendidikan).
  • Diperlukan mata kuliah pendukung soft skill bagi para mahasiswa di luar bidang keilmuan. mata kuliah pendukung soft skill disesuaikan dengan kebutuhan di industri saat ini, sehingga keterserapan lulusan untuk langsung bekerja akan lebih cepat.
  • Perlu peningkatan kedisiplinan dan keprofesionalan dalam bekerja. 
  • Perlu dibekali lebih banyak tentang keterampilan lain diluar materi pokok Biologi 
  • Lebih banyak lagi mata kuliah yang mengajarkan inovasi-inovasi pada bidang biologi 
  • Kemampuan berbahasa Inggris secara verbal masih perlu ditingkatkan, mungkin dg metode khusus.
  • Sebaiknya pada mata kuliah di berikan mata kuliah yang bisa mengembangkan life skill lulusan.
  • Pembinaan kepemimpinan.
  • Upgrade terkait kompetensi pendidikan harus selalu dilakukan terutama mahasiswa yg akan terjun di instansi sekolah, 
Kemampuan analisis terhadap data
Kemampuan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan
Mampu berkomunikasi dengan baik
Tanggap dan responsive pada kondisi lingkungan kerja
Teliti, kreatif, bekerja sesuai deadline
Kolaboratif
Belajar bidang lain secara mandiri
Kompetensi Andragogik
Kompetensi Pedagogi 
Keterampilan lifeskill yang kontekstual
Kompetensi menerapkan IPTEK 
Kompetensi Spiritual
Kompetensi managerial
    
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Perancangan dan Pengembangan Kurikulum meliputi:

  1. Landasan Hukum , meliputi
  • Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  • Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  • Peraturan Pemerintah Republik     Indonesia Nomor    04 Tahun  2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
  • Peraturan Presiden     Nomor   8 Tahun   2012    tentang    Kerangka  ualifikasi Nasional Indonesia.
  • Statuta UNESA
  • Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru.
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  • Keputusan Rektor UNESA tentang Kurikulum

2. Acuan Pengembangan Kurikulum

Proses penyusunan kurikulum merdeka mengacu pada beberapa dokumen berikut :

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  2. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  3. Subject Specific Criteria of the Technical Committee 10- Life Sciences for the Accreditation of Bachelor and Master Degree Programmes in Life Sciences, ASIIN General Criteria for the Accreditation of Degree Programmes 2019
  4. Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI Sarjana Biologi KOBI (Konsorsium Biologi Indonesia)
  5. Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI Sarjana Pendidikan Biologi KPBI (Konsorsium Prodi Pendidikan Biologi Indonesia) 2019, dan Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia (HPPBI) 2914

3. Analisis Kebutuhan dan Tantangan Masa Depan Profesi Pendidik Biologi, Peneliti Pendidikan Biologi, dan Wirausahawan Pendidikan Biologi

Bidang ilmu Biologi, khususnya yang terkait dengan pendidikan biologi merupakan bidang ilmu yang tidak baru. Pada perkembangannya bidang ini telah memberikan kontribusi pada kesejahteraan hidup manusia, dan keberlanjutan kehidupan yang harmonis antarmakhluk hidup.

Penemuan sebagai hasil penelitian, dan inovasi dalam bidang biologi berlangsung sangat cepat. Selain itu, bidang biologiberkembang tidak secaramandiri, tetapi beririsan dan berintegrasi dengan perkembangan bidang ilmu pengetahuan sains teknologi, sosial humaniora, budaya, dan matematik.

Berbagai tuntutan masa depan perlu diadopsi oleh Prodi Pendidikan Biologi agar lulusannya tidak tertinggal, dan dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan dan tuntutan masa depan, termasuk tuntutan abad 21. Di samping itu tuntutan untuk terlibat dalam menjaga keberlanjutan ketersediaan sumber-sumber daya alam dan biodiversity di Indonesia maupun global, serta tuntutan untuk mengadopsi keterampilan yang diperlukan pada abad 21, membuat Prodi Pendidikan Biologi perlu merumuskan tujuan dan profil lulusannya.

Mengacu pada framework skills abad 21 yang disampaikan pada Partnership for 21st Century Skills, yaitu penguasaan terhdap core subject dan tema-tema pendidikan abad 21, learning and innovation skills, information, media, and technology skills, dan life and career skills yang diperlukan di masa depan.