•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Biologi Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Biologi
Tanggal Berdiri  :  11 Juli 1996
Koordinator Program Studi  :  Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Program studi S1 Pendidikan Biologi yang unggul, adaptif, inovatif, kolaboratif berbasis penelitian dan memiliki daya saing global.


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset di bidang pendidikan Biologi yang adaptif, inovatif, kolaboratif
  2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif di bidang pendidikan biologi melalui kolaborasi global
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi sosial,  kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik, 
  4. Menghasilkan lulusan yang inovatif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan pendidikan biologi, 
  5. Menjalin kerjasama dengan stakeholder untuk menghasilkan pendidik biologi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan dasar dan menengah, 
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kemampuan kewirausahaan untuk meningkatkan kualitas hidup di masyarakat.

Tujuan
  1. Lulusan yang menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkannya dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi
  2. Lulusan yang memiliki kemampuan untuk terus menerus mengembangkan diri dalam pengetahuan biologi dan pendidikan biologi secara formal dan atau informal
  3. Lulusan yang menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta penerapannya untuk mendukung karier
  4. Lulusan yang memiliki etika, tanggung jawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir
  5. Lulusan yang mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional maupun internasional.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan biologi pada tingkat molekul, sel, dan organisme serta interaksinya dengan lingkungan.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Mampu mendemonstrasikan kemampuan mengaplikasikan konsep biologi dan isu-isu lingkungan dengan teknologi yang relevan dalam pengelolaan sumber daya alam
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi

CPL-8 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait dengan penelitian pendidikan biologi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan memanfaatkan ICT
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu merancang dan melakukan eksperimen dalam pembelajaran biologi untuk memperoleh, menganalisis, dan menginterpretasikan data guna meyelesaikan masalah.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu merancang penyelesaian masalah dengan mengimplementasikan transferable skill dalam bidang biologi untuk mengembangkan ecopreneurship (eco-innovation,eco-oppurtunity, eco-commitment).
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mampu mengomunikasikan ide, gagasan, dan hasil penelitiannya secara efektif, baik lisan maupun tulisan.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas sebagai bagian dari tanggungjawabnya dalam pekerjaan yang telah dilakukan.
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik Biologi
    1. Menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkan dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi
    2. Memiliki kemampuan terus menerus mengembangkan diri dalam pengetahuan biologi dan Pendidikan biologi secara formal dan atau informal
    3. Menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta penerapannya untuk mendukung karier
    4. Memiliki etika, tanggungjawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir
    5. Mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di  tingkat nasional maupun internasional.
  • Asisten Peneliti Muda
    1. Memiliki kemampuan terus menerus mengembangkan diri dalam pengetahuan biologi dan Pendidikan biologi secara formal dan atau informal.
    2. Menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta penerapannya untuk mendukung karier.
    3. Memiliki etika, tanggungjawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhi.
    4. Mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di  tingkat nasional maupun internasional.
  • Wirausaha
    1. Menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkan dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi.
    2. Memiliki etika, tanggungjawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir.
    3.  Mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di  tingkat nasional maupun internasional.

Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Biologi 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8420503056 Biologi Umum 3.00
8420502047 Biokimia 2.00
1000002005 Dasar-Dasar Pendidikan 2.00
8420503100 Fisika Umum 3.00
8420503136 Kimia Umum 3.00
8420502278 Matematika Dasar 2.00
1000002018 Pancasila 2.00
8420502284 Teori Belajar 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8420502309 Biostatistik Dan Biokomputer 2.00
8420502012 Anatomi Fisiologi Manusia 2.00
8420502138 Konservasi Sdal 2.00
8420502294 Kurikulum Sekolah 2.00
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00 ✔
8420504271 Struktur Dan Perkembangan Hewan 4.00
8420504226 Struktur Dan Perkembangan Tumbuhan 4.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8420503293 Pembelajaran Inovatif 3.00
1000002003 Bahasa Indonesia 2.00
8420502292 Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran 2.00
8420504101 Fisiologi Hewan 4.00
8420504102 Fisiologi Tumbuhan 4.00
8420504322 Genetika Dan Genomik 4.00
8420503164 Mikrobiologi 3.00
8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002176 Kewirausahaan 2.00
8420504080 Ekologi 4.00
8420502317 Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro 2.00
8420503158 Metode Penelitian Pend.biologi 3.00
1000002047 Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran 2.00
8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8420504220 Sistematika Hewan 4.00
8420504221 Sistematika Tumbuhan 4.00

Semester ke 5

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000020155 Seminar Tugas Akhir 2.00
8420502045 Biogeografi 2.00
8420502046 Biogeography 2.00
8420503270 Biologi Konservasi 2.00
8420502095 Evolusi 2.00
8420502323 Multimedia Berbasis It 2.00
1000020149 Perancangan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) 4.00
1000002051 Plp-Analisis Kurikulum 2.00
1000002055 Plp-Asesmen Pembelajaran 2.00
MBKM0031 Plp Evaluasi Program 2.00
1000002049 Plp-Manajemen Sekolah 2.00
1000003053 Plp-Pengembangan Bahan Ajar 3.00
1000002054 Plp-Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
1000002050 Plp-Pengembangan Program Sekolah 2.00
1000003052 Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
MBKM0032 Plp Perencanaan Program 2.00
1000004056 Plp-Praktik Mengajar 4.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8420502055 Biologi Terapan 2.00
8420502316 Biodiversitas 2.00
8420502318 Biologi Sel Dan Molekuler 2.00
8420502062 Bioteknologi 2.00
8420502063 Budidaya Biota Air 2.00
8420502079 Ekofisiologi 2.00
8420502274 Ekologi Perairan 2.00
8420502086 Ekotoksikologi 2.00
8420502094 Evaluasi Dan Pengembangan Kurikulum 2.00
8420502110 Gizi, Kesehatan, Dan Psikotropika 2.00
8420502111 Hama Dan Penyakit Tumbuhan 2.00
8420502149 Manajemen Laboratorium 2.00
8420502325 Pembelajaran Berbasis Ai 2.00
8420502269 Pengembangan Instrumen 2.00
8420502195 Perkembangan Penelitian Pendidikan Biologi 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000004105 Tugas Akhir 4.00
8420502167 Mikroteknik 2.00
8420502192 Pengelolaan Limbah 2.00
8420502211 Reproduksi Hewan 2.00
8420502213 Reproduksi Tumbuhan 2.00
8420502266 Sistematika Alga 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi kurikulum dilakukan melalui mekanisme tracer study  untuk mengukur capaian Tujuan program studi (Program Educational Objectives/PEO) atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). PEO dan CPL dikembangkan untuk mendukung terwujudnya profil lulusan yang ditetapkan. Profil lulusan ditetapkan dengan memperhatikan evaluasi diri, kebutuhan pasar dan hasil tracer study. PEO dirumuskan  berdasarkan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Perkembangan Iptek, Asosiasi Konsorsium Biologi Indonesia/KOBI, HPPBI, Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Universitas Negeri Surabaya yang memiliki karakter Idaman Jelita,  dan dokumen kurikulum Ecopreunership sebagai penciri FMIPA,  dan Kurikulum Berbasis KKNI Dan SNPT Berciri Ecopreneurship.  Tujuan program studi (PEO) dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai pendidik biologi, asisten peneliti muda di bidang Biologi , dan wirausahawan di bidang pendidikan Biologi yang mampu bersaing secara internasional. 

Melalui tracer study diperoleh data dan diakukan analisis yang menunjukkan bahwa profil lulusan prodi yang terdiri dari tiga profesi, yaitu pendidik biologi, asisten peneliti muda, dan wirausaha tercapai dengan persentase tertinggi adalah pendidik biologi, diikuti profesi wirausaha dan asisten peneliti muda.

Pada pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) melalui tracer study dikembangan sejumlah indikator keberhasilan yang merupakan operasionalisasi dari CPL. Hasil tracer study menunjukkan penguasaan kompetensi lulusan  dari penilaian pengguna sebagai berikut.

 

Skor Kompetensi Lulusan yang diberikan oleh Pengguna

Aspek Kompetensi Skor dari PenggunaKeterangan
Kedisiplinan3,571Baik sekali
Kejujuran3,786Baik sekali
Motivasi Kerja3,786Baik sekali
Etos Kerja3,786Baik sekali
Menerapkan keilmuan pada pekerjaan3,357Baik sekali
Produktivitas kerja3,643Baik sekali
Inovasi3,500Baik sekali
Penyelesaian masalahan 3,643Baik sekali
Adaptasi dengan lingkungan3,714Baik sekali
Penggunaan bahasa Inggris lisan2,571Baik
Penggunaan bahasa Inggris tulis2,786Baik
Komunikasi tertulis3,571Baik sekali
Komunikasi lisan dalam pekerjaan3,786Baik sekali
Mengemukakan ide3,500Baik sekali
Kemampuan manajerial3,429Baik sekali
Motivator dalam lingkungan kerja3,429Baik sekali
Memanfaatkan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) 3,643Baik sekali
Bersosialisasi dalam lingkungan kerja3,786Baik sekali
Keterbukaan terhadap kritik dan saran3,714Baik sekali
Bekerja dalam tim3,714Baik sekali
Motivasi dalam mempelajari hal baru 3,643Baik sekali
Kemampuan untuk mempelajari pengetahuan/keterampilan/hal baru secara mandiri3,643Baik sekali

 

              Kompetensi lulusan terkait softskill digambarkan sebagai jarring laba-laba berikut, yang secara garis besar menunjukkan kompetensi yang sangat baik. Penilaian tersebut dilakukan oleh lulusan sebagai bentuk evaluasi diri, maupun oleh pengguna sebagai atasan para lulusan yang telah memasuki dunia kerja antara 2-3 tahun.

 

 

Gambar 1.  Profil Soft Skill Lulusan Pendidikan Biologi Unesa Berdasarkan Evaluasi Diri Lulusan (n=111)

 

Gambar 2. Rata-rata skor soft skill lulusan Pendidikan Biologi Unesa berdasarkan evaluasi pengguna lulusan (4= sangat baik; 3= baik; 2= cukup; 1= kurang)

 

Berdasarkan capaian tersebut dapat diberikan rekomendasi perbaikan yang dapat digunakan sebagai masukan saat peninjauan kurikulum, baik untuk membenahi isi perkuliahan maupun untuk penambahan mata kuliah. Rekomendasi yang diperikan oleh lulusan maupun pengguna lulusan. Dari pengguna lulusan dapat teridentifikasi kompetensi yang diperlukan untuk membangun karir di lembaganya, juga saran untuk pembekalan bagi mahasiswa bagi program studi pendidikan biologi.

 

Tabel Kompetensi yang diperlukan di Instansi Kerja dan Masukkan untuk Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi

Kompetensi yang diperlukan di Lembaga tempat bekerja (menurut pengguna lulusan)Bidang KerjaUsulan untuk prodi Pendidikan Biologi
Kompetensi pedagogik, 
  • Pendidikan
  • Layanan AKreditasi PS
  • Direktorat Pengembangan Media
  • Praktek bersama siswa secara langsung khususnya menghadapi masalah siswa dalam pembelajaran (prodi pendidikan).
  • Diperlukan mata kuliah pendukung soft skill bagi para mahasiswa di luar bidang keilmuan. mata kuliah pendukung soft skill disesuaikan dengan kebutuhan di industri saat ini, sehingga keterserapan lulusan untuk langsung bekerja akan lebih cepat.
  • Perlu peningkatan kedisiplinan dan keprofesionalan dalam bekerja. 
  • Perlu dibekali lebih banyak tentang keterampilan lain diluar materi pokok Biologi 
  • Lebih banyak lagi mata kuliah yang mengajarkan inovasi-inovasi pada bidang biologi 
  • Kemampuan berbahasa Inggris secara verbal masih perlu ditingkatkan, mungkin dg metode khusus.
  • Sebaiknya pada mata kuliah di berikan mata kuliah yang bisa mengembangkan life skill lulusan.
  • Pembinaan kepemimpinan.
  • Upgrade terkait kompetensi pendidikan harus selalu dilakukan terutama mahasiswa yg akan terjun di instansi sekolah, 
Kemampuan analisis terhadap data
Kemampuan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan
Mampu berkomunikasi dengan baik
Tanggap dan responsive pada kondisi lingkungan kerja
Teliti, kreatif, bekerja sesuai deadline
Kolaboratif
Belajar bidang lain secara mandiri
Kompetensi Andragogik
Kompetensi Pedagogi 
Keterampilan lifeskill yang kontekstual
Kompetensi menerapkan IPTEK 
Kompetensi Spiritual
Kompetensi managerial
    
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13
Asesmen Proses dan Hasil Belajar 3 100% 100 %
Evolusi 2 75% 25% 100 %
Metodologi Penelitian 3 40% 20% 40% 100 %
Fisiologi Hewan 4 50% 25% 25% 100 %
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2 33.33% 16.67% 33.33% 16.67% 100 %
Pengembangan Bahan Ajar 2 25% 25% 25% 25% 100 %
PENGEMBANGAN INSTRUMEN 2 50% 50% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Perancangan dan Pengembangan Kurikulum meliputi:

  1. Landasan Hukum , meliputi
  • Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  • Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  • Peraturan Pemerintah Republik     Indonesia Nomor    04 Tahun  2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
  • Peraturan Presiden     Nomor   8 Tahun   2012    tentang    Kerangka  ualifikasi Nasional Indonesia.
  • Statuta UNESA
  • Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru.
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  • Keputusan Rektor UNESA tentang Kurikulum

2. Acuan Pengembangan Kurikulum

Proses penyusunan kurikulum merdeka mengacu pada beberapa dokumen berikut :

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  2. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  3. Subject Specific Criteria of the Technical Committee 10- Life Sciences for the Accreditation of Bachelor and Master Degree Programmes in Life Sciences, ASIIN General Criteria for the Accreditation of Degree Programmes 2019
  4. Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI Sarjana Biologi KOBI (Konsorsium Biologi Indonesia)
  5. Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI Sarjana Pendidikan Biologi KPBI (Konsorsium Prodi Pendidikan Biologi Indonesia) 2019, dan Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia (HPPBI) 2914

3. Analisis Kebutuhan dan Tantangan Masa Depan Profesi Pendidik Biologi, Peneliti Pendidikan Biologi, dan Wirausahawan Pendidikan Biologi

Bidang ilmu Biologi, khususnya yang terkait dengan pendidikan biologi merupakan bidang ilmu yang tidak baru. Pada perkembangannya bidang ini telah memberikan kontribusi pada kesejahteraan hidup manusia, dan keberlanjutan kehidupan yang harmonis antarmakhluk hidup.

Penemuan sebagai hasil penelitian, dan inovasi dalam bidang biologi berlangsung sangat cepat. Selain itu, bidang biologiberkembang tidak secaramandiri, tetapi beririsan dan berintegrasi dengan perkembangan bidang ilmu pengetahuan sains teknologi, sosial humaniora, budaya, dan matematik.

Berbagai tuntutan masa depan perlu diadopsi oleh Prodi Pendidikan Biologi agar lulusannya tidak tertinggal, dan dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan dan tuntutan masa depan, termasuk tuntutan abad 21. Di samping itu tuntutan untuk terlibat dalam menjaga keberlanjutan ketersediaan sumber-sumber daya alam dan biodiversity di Indonesia maupun global, serta tuntutan untuk mengadopsi keterampilan yang diperlukan pada abad 21, membuat Prodi Pendidikan Biologi perlu merumuskan tujuan dan profil lulusannya.

Mengacu pada framework skills abad 21 yang disampaikan pada Partnership for 21st Century Skills, yaitu penguasaan terhdap core subject dan tema-tema pendidikan abad 21, learning and innovation skills, information, media, and technology skills, dan life and career skills yang diperlukan di masa depan.