•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Unesa

 
Program Studi  :  S1 Ilmu Komunikasi
Tanggal Berdiri  :  5 September 2013
Koordinator Program Studi  :  Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
“Menjadi pusat unggulan global dalam pengembangan Ilmu Komunikasi berbasis sociopreneurship, yang inovatif dan transformatif pada 2045”
Misi
  1. Melaksanakan pendidikan inovatif di bidang ilmu komunikasi untuk menghasilkan sarjana yang transformatif terhadap perkembangan IPTEK dan berwawasan kebangsaan serta bertakwa pada Tuhan YME;
  2. Mengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kajian ilmu komunikasi berbasis socioprenurship pada penelitian yang berkualitas;
  3. Melakukan pengabdian pada masyarakat dalam rangka penerapan ilmu komunikasi berbasis socioprenurship sesuai kebutuhan masyarakat;
  4. Menciptakan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan ilmu dan keterampilan komunikasi berbasis sociopreneurship, yang kompetitif dan dinamis;
  5. Menjalin jejaring dengan dunia usaha dan industri untuk pengembangan etika dan karakter sociopreneurship lulusan;
  6. Menciptakan tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.

Tujuan
  1. Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang adaptif terhadap perkembangan IPTEKS dan berwawasan kebangsaan serta bertaqwa terhadap Tuhan YME. 
  2. Publikasi karya ilmiah pada level nasional dan internasional. 
  3. Diseminasi dan evaluasi pengembangan ilmu dan keterampilan ilmu komunikasi berdasarkan kebutuhan masyarakat. 
  4. Budaya akademik yang kondusif untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan ilmu komunikasi yang kompetitif dan dinamis. 
  5. Terwujudnya jejaring dengan dunia usaha dan dunia industri untuk pengembangan etika dan karakter lulusan.
  6. Tata kelola program studi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu mengembangkan dan mengelola program media informasi, perusahaan dan agensi media, pengembangan media pemasaran, yang berperspektif inklusi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Memiliki kemampuan manajemen media massa pada era disrupsi digital yang memiliki perspektif global dan inklusif
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu menganalisis permasalahan sosial dan mengembangkan program pemberdayaan masyarakat.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu mengelola bisnis di bidang komunikasi dan media
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi
Universitas Negeri Surabaya
  • Marketing Communication Specialist

    Lulusan mampu mengembangkan dan mengelola program pemasaran dan korporat serta pengembangan pemasaran dan memiliki perspektif inklusi

     

  • Management Media Professional

    Lulusan memiliki kemampuan manajemen massa, era disrupsi digital yang memiliki perspektif inklusi secara nasional dan internasional

  • Communication and Social Development Consultant

    Lulusan mampu menganalisis perubahan sosial termasuk pengembangan program pemberdayaan masyarakat dan memiliki perspektif inklusi

  • Entrepreneur

    Lulusan mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi strategi berbasis TIK dalam pengembangan kewirausahaan.


Struktur Kurikulum S1 Ilmu Komunikasi
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Ilmu Komunikasi 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
7020103006 Dasar Jurnalistik 3.00
7020103112 Evolusi Komunikasi 3.00
7020103022 Komunikasi Antarpersona 3.00
7020103139 Komunikasi Dan Perubahan Sosial 3.00
7020103029 Komunikasi Pemasaran 3.00
1000002018 Pancasila 2.00
7020103059 Pengantar Ilmu Komunikasi 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
7020103013 Fotografi 3.00
7020103026 Komunikasi Lintas Budaya 3.00
7020103028 Komunikasi Organisasi 3.00
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
1000002033 Kewarganegaraan 2.00
7020102121 Tehnik Penulisan Karya Ilmiah 2.00
7020103084 Teori Komunikasi 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002003 Bahasa Indonesia 2.00
7020103008 Desain Komunikasi Visual 3.00
7020103131 Komunikasi Internasional 3.00
7020103141 Komunikasi Keluarga 3.00
7020103021 Ketrampilan Berpidato 3.00
7020103116 Manajemen Industri Media 3.00
7020103044 Marketing Sosial 3.00
7020103051 Metode Penelitian Sosial 3.00
7020103115 Perencanaan Periklanan 3.00
7020103077 Sinematografi 3.00
7020102081 Statistik Sosial 2.00
7020103083 Tanggung Jawab Sosial Korporat 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
7020102143 Education -Entertainment 2.00
7020102144 Filmologi 2.00
1000002176 Kewirausahaan 2.00
7020103030 Komunikasi Pendidikan 3.00
7020103031 Komunikasi Politik 3.00
7020103034 Kreativita Periklanan 3.00
7020103038 Manajemen Humas 3.00
7020103137 Jurnalisme Data 3.00
7020103049 Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (Mice) 3.00
7020103050 Metode Penelitian Komunikasi 3.00
1000002047 Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran 2.00
7020102142 Penulisan Humas 2.00
7020103103 Social Media Life 3.00
7020103085 Visual Digital Dan Multimedia 3.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002046 Literasi Digital 2.00
7020102002 Bahasa Inggris Bidang Ilmu Komunikasi 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
7020104138 Evaluasi Pelaksanaan Magang 4.00
7020104132 Kinerja Komunikasi 4.00
7020104134 Interaksi Dan Komunikasi Dunia Kerja 4.00
7020104133 Keterampilan Bidang Komunikasi 4.00
7020104135 Proyek Komunikasi 4.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
7020103095 Branding 3.00
7020103102 Creative Writing 3.00
7020103104 Excellent Services And Hospitality 3.00
7020103025 Komunikasi Kesehatan 3.00
7020103117 Komunikasi Publik 3.00
7020103042 Marketing Politik 3.00
7020103130 Media Dan Budaya 3.00
7020103053 Patologi Sosial 3.00
7020103067 Perilaku Konsumen Dan Gaya Hidup 3.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
7020106079 Skripsi 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Ilmu Komunikasi
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum tahun 2023 mempunyai beban 149 sks dengan komposisi sebagai berikut:  1. Mata Kuliah Wajib Nasional: 8 SKS 2. Mata kuliah Wajib Universitas: 4 SKS 3. Mata kuliah Program Studi: 137 SKS Kurikulum tahun 2023 turut dievaluasi secara kritis terkait mata kuliah dengan bahan kajian sekaligus capaian pembelajaran mata kuliah serta menyesuaikan dengan Sistem Kurikulum Merdeka termasuk perubahan mata kuliah wajib nasional dan mata kuliah wajib universitas. Proses pengumpulan data dan informasi dianalisis dan hasilnya digunakan untuk mengoptimalkan kinerja kurikulum agar menjadi lebih efektif (evaluasi formatif) atau digunakan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan (evaluasi sumatif). Perubahan pokok dalam kurikulum 2023 untuk mengakomodasi kurikulum merdeka dijelaskan dalam tabel pokok perubahan dalam kurikulum.

Program Studi Ilmu Komunikasi mempersiapkan formulir digital dan mendata alumni yang telah lulus dalam dua tahun terakhir (TS-2). Hal ini dilakukan untuk merekap data alumni, terutama riwayat kegiatan/profesi setelah lulus. Sistem pengumpulan data alumni ini dilakukan dengan menggunakan instrumen kuisioner Tracer Study online, merujuk pada indikator yang disusun Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui laman tracerstudy.unesa.ac.id. Pencarian data wisudawan dilakukan melalui tingkay universitas, lalu setelahnya diklasifikasikan khusus pada tingkat program studi Ilmu Komunikasi. Tim tracer study mengirimkan surat elektronik, berisi surat pemberitahuan tracer study dan tautan pengisian data ke semua alumni pada tahun lulusan tersebut. Data yang diberikan oleh alumni lalu direkap, lalu didata ulang untuk mengecek validitas data. Pada Triwulan III tahun 2023, capaian tracer study Unesa alumni program diploma-sarjana mencapai 86% pengisian. Untuk Program Studi Ilmu Komunikasi, pengisian tracer study hingga tahun 2023 telah tercapai 100%. Tracer study diikuti oleh alumni Program Studi Ilmu Komunikasi yang masuk dalam tiga peminatan program studi, yakni Manajemen Media, Komunikasi Pemasaran, dan Komunikasi Perubahan Sosial. Dari hasil tersebut, 100% lulusan bekerja sesuai dengan profil lulusan prodi, dengan rincian sebagai berikut; 89% bekerja di Industri (42% marcomm, 15% mm, 12%comdev), 9% memulai wirausaha, 21% belum mendapatkan pekerjaan, 6% melanjutkan pendidikan S2, 78% alumni bekerja dengan kesesuaian tinggi (di bidang Creative Media Specialist; Marketing Communication; Specialist Communication and Social Development Consultant; dan Entrepreneur)

Rekap CPL Program Studi S1 Ilmu Komunikasi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8
Pengantar Ilmu Komunikasi 3 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Desain Komunikasi Visual 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Evolusi Komunikasi 3 20% 20% 40% 20% 100 %
Perencanaan Periklanan 3 60% 40% 100 %
Visual Digital dan Multimedia 3 100% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Ilmu Komunikasi
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum merupakan cermin dari kehidupan masyarakat yang saling berinteraksi dan membentuk komunitas kehidupan yang kompleks sebagai masyarakat sosial. Oleh karena itu dalam proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan aspek sosiologis yang diangkat dari kehidupan masyarakat. Masyarakat Indonesia yang berlandaskan filosofi Pancasila dikenal sebagai masyarakat majemuk yang terdiri dari beragam suku, adat dan bahasa namun mempunyai cita-cita ke arah yang sama selanjutnya dicerminkan dalam Bhineka Tunggal Ika. Secara sosiologis penyusunan kurikulum program studi diarahkan pada perwujudan mahasiswa yang mempunyai skill design, adaptif terhadap teknologi dan mumpuni dalam merespon persoalan aktual. Prodi ini dikembangkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang professional dan mampu bersaing di era industri 4.0, dan menguasai kompetensi untuk menjadi praktisi sekaligus pengembang program di bidang media, industri kreatif, dan community relations. Program studi Ilmu Komunikasi memiliki kekuatan pada kemampuan menajemen media massa, komunikasi pemasaran, dan community relations, serta analisis kondisi secara tepat dan terukur. Manajemen media massa terfokus pada pengelolaan dan pengembang media baik cetak, elektronik, digital, online maupun streaming. Sedangkan kompetensi yang tercakup dalam komunikasi dan perubahan sosial meliputi pengembangan program pemberdayaan masyarakat. Komunikasi pemasaran merupakan pengembangan dan pengelolaan program media informasi instansi dan korporat serta pengembangan media pemasaran. Tiga penting fokus kekuatan bidang fokus kompetensi di prodi mengacu pada era information communication technology (ICT’s) yang semakin masif. Perkembangan teknologi yang begitu cepat banyak merubah tatanan sosial. Salah satu hal yang begitu penting untuk diperhatikan adalah kemampuan menyampaikan pesan secara kreatif dan inovatif ditengah begitu banyak informasi yang hadir dalam kehidupan. Dalam kontek diatas kehadiran Program Studi Strata I Ilmu Komunikasi menjadi penting dan relevan.