Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi pusat ilmu pengetahuan dan teknologi dalam keilmuan PAUD yang inovatif berbasis Ethno-Tech untuk mewujudkan transformasi pendidikan berwawasan global
Capaian Lulusan Program Studi S3 Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Surabaya
CPL-1
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:
CPL-2
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
CPL-3
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
CPL-4
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
CPL-5
Mampu mengembangkan keilmuan pendidikan anak usia dini secara inovatif yang berbasis riset untuk menghasilkan karya kreatif, adaptif, original, dan teruji yang diakui di tingkat nasional maupun internasional
Dibebankan pada matakuliah:
CPL-6
Mampu memecahkan masalah yang kompleks dalam bidang keilmuan PAUD melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner
Dibebankan pada matakuliah:
CPL-7
Menciptakan inovasi keilmuan PAUD melalui pemecahan masalah dengan pendekatan inter/multi/trans disiplin
Dibebankan pada matakuliah:
CPL-8
Mengembangkan riset yang mendapatkan pengakuan nasional dan internasional
Dibebankan pada matakuliah:
CPL-9
Mengintegrasikan berbagai elemen dan informasi terkait PAUD dalam merancang solusi dan strategi yang komprehensif
Dibebankan pada matakuliah:
Profil Lulusan Program Studi S3 Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Surabaya
Pendidik
Lulusan program doktoral S3 PAUD adalah individu yang memiliki kompetensi sebagai pengajar di institusi perguruan tinggi dan/atau institusi lainnya di bidang pendidikan anak usia dini berbasis Etno-Tech. Lulusan ini mampu menguasai filosofi keilmuan bidang pengetahuan dan keterampilan di bidang PAUD. Profil lulusan ini mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum yang adaptif dan inovatif sesuai dengan tantangan abad 21, serta mampu mentransformasi pendidikan anak usia dini melalui pemikiran kritis, kreatif, dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kebijakan di tingkat nasional maupun internasional. Sebagai pendidik, lulusan program ini disiapkan menjadi agen perubahan yang berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini secara global.
Peneliti
Lulusan program doktoral S3 PAUD adalah individu yang memiliki kompetensi untuk melakukan pendalaman dan perluasan keilmuan PAUD berbasis Etno-Tech melalui riset yang orisinal dan teruji. Profil lulusan ini mencakup keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan menganalisis penelitian kuantitatif maupun kualitatif, serta kemampuan untuk mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah terkemuka berskala nasional maupun internasional. Lulusan program ini juga memiliki kompetensi dalam mengembangkan model, teori, dan praktik pendidikan yang relevan dan dapat diterapkan dalam berbagai konteks sosial, budaya, dan kebijakan pendidikan anak usia dini. Sebagai peneliti, lulusan ini diharapkan mampu berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang PAUD dengan pendekatan yang interdisipliner serta menjadi pelopor dalam komunitas akademik, riset, mempengaruhi kebijakan pendidikan melalui hasil yang dihasilkan, dan mendapatkan rekognisi nasional atau internasional.
Konsultan
Lulusan program doktoral S3 PAUD adalah individu yang memiliki kompetensi dalam mengaplikasikan praktek profesional dalam bidang PAUD berbasis Etno-Tech. Profil lulusan ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan dan masalah dalam sistem pendidikan PAUD. Lulusan mampu merancang intervensi, program, dan kebijakan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan anak, memiliki kemampuan untuk bekerja secara kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Sebagai konsultan, lulusan ini mampu memberikan bimbingan dan arahan strategis berlandaskan penelitian ilmiah dan praktik untuk menghadapi tantangan kompleks dengan pendekatan yang inovatif dan berfokus pada hasil, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di tingkat global.