•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Tanggal Berdiri  :  11 Juli 1996
Koordinator Program Studi  :  Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.


Misi
  1. menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan; 
  2. menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif; 
  3. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan; 
  4. menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
  5. menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang tangguh, adaptif, dan inovatif dalam mengelola pembelajaran pendidikan jasmani, serta memiliki semangat kewirausahaan yang sesuai dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan masyarakat.
  2. Mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan jasmani melalui penelitian yang berkualitas, adaptif terhadap perubahan, dan berorientasi pada pemecahan masalah nyata di masyarakat.
  3. Meningkatkan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian yang menyebarluaskan inovasi berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.
  4. Mewujudkan tata kelola program studi yang unggul, profesional, akuntabel, dan berkelanjutan dalam menjamin mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Memperkuat jejaring dan kolaborasi strategis, baik nasional maupun internasional, dalam rangka mengembangkan dan mendiseminasikan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang mendukung jiwa kewirausahaan.

Nilai_dasar
  1. Integritas: Menjunjung tinggi kejujuran, tanggung jawab, dan etika profesional dalam setiap aspek pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  2. Adaptivitas: Mampu menyesuaikan diri secara responsif terhadap dinamika dan perubahan di bidang pendidikan jasmani, teknologi, dan kebutuhan masyarakat.
  3. Inovasi: Mendorong penciptaan dan penerapan ide-ide baru dalam pengembangan pembelajaran, penelitian, dan kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.
  4. Kewirausahaan: Menumbuhkan jiwa kreatif, mandiri, dan produktif dalam mengembangkan potensi diri dan menciptakan peluang usaha berbasis pendidikan jasmani.
  5. Kolaborasi: Mengedepankan semangat kerja sama yang konstruktif dalam lingkungan akademik dan profesional baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  6. Profesionalisme: Menampilkan sikap dan kompetensi kerja yang disiplin, unggul, dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.
  7. Kepeloporan Sosial: Mendorong peran aktif sebagai agen perubahan yang mampu memberi dampak positif bagi masyarakat melalui pendidikan jasmani yang inklusif dan memberdayakan.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
AnatomiBola TanganFitness Dan Spa TherapiFitness Dan Spa TherapyJudoKeterampilan Dasar SepakbolaKewirausahaanMassage OlahragaOlahraga AdaptifPembelajaran AtletikPembelajaran Olahraga PermainanPembelajaran SepakbolaPengembangan Bahan AjarPermainan KecilSenamSepak BolaSosiologi OlahragaTinju403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Administrasi Dan Sistem PertandinganAdministrasi PertandinganBola BasketBulutangkisFilsafat IlmuFitness Dan Spa TherapiFitness Dan Spa TherapyKewirausahaanMedia PembelajaranPembelajaran AkuatikPembelajaran AtletikPembelajaran Olahraga PermainanRenangSepak TakrawSosiologi OlahragaTelaah Kurikulum Pendidikan JasmaniTes Dan Pengukuran Pendidikan Jasmani4032241680Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
Biomekanik OlahragaFitness Dan Spa TherapiSosiologi OlahragaTinju3024181260Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Biomekanik OlahragaBola VoliEvaluasi Belajar Dan PembelajaranFilsafat IlmuFitness Dan Spa TherapiFitness Dan Spa TherapyIlmu Kepelatihan DasarJudoKarateKeterampilan Dasar SepakbolaKewirausahaanMedia PembelajaranMetodologi PenelitianOlahraga AdaptifPembelajaran AtletikPembelajaran InovatifPembelajaran MikroPembelajaran Olahraga PermainanPembelajaran SenamPembelajaran SepakbolaPengembangan Bahan AjarPerencanaan PembelajaranPsikologi OlahragaSepak TakrawSosiologi OlahragaTes Dan Pengukuran Pendidikan Jasmani1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-7 KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Belajar MotorikBola VoliBulutangkisCedera OlahragaFilsafat IlmuFisiologi OlahragaKewirausahaanOlahraga BerkudaPanahanPembelajaran AkuatikPembelajaran Olahraga PermainanStatistikTelaah Kurikulum Pendidikan JasmaniTeori BelajarTes Dan Pengukuran Olahraga50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-8 KK1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif
Aktivitas Luar KelasBelajar MotorikBiomekanik OlahragaBola BasketDesain E-SportEvaluasi Belajar Dan PembelajaranInovasi PembelajaranKurikulum SekolahMetodologi PenelitianOlahraga BerkudaPanahanPembelajaran AtletikPembelajaran Bola BesarPembelajaran Olahraga PermainanPengenalan Lapangan PersekolahanPengenalan Lapangan Persekolahan IiPerencanaan PembelajaranPlp-Asesmen PembelajaranPlp-Pengembangan Bahan AjarPlp-Pengembangan Rencana PembelajaranRenangSenamSepakbolaSoftballStatistikTes Dan Pengukuran Pendidikan Jasmani1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-9 KK2. Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan.
Dibebankan pada matakuliah:
Administrasi Dan Sistem PertandinganAdministrasi PertandinganAnatomiBelajar MotorikBola TanganBola VoliFilsafat PendidikanFisiologi OlahragaPermainan KecilSepak BolaTes Dan Pengukuran OlahragaTinju403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-10 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural
Administrasi Dan Sistem PertandinganAdministrasi PertandinganAktivitas Alam TerbukaAnatomiBiomekanik OlahragaBola BasketBola VoliCedera OlahragaFilsafat PendidikanFisiologi OlahragaInovasi PembelajaranKurikulum SekolahMedia PembelajaranOlahraga AdaptifPembelajaran AkuatikPembelajaran InovatifPembelajaran MikroPerencanaan PembelajaranPsikologi OlahragaSarana Dan Prasarana OlahragaStatistikTelaah Kurikulum Pendidikan JasmaniTeori BelajarTinju1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-11 Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
Aktivitas Alam TerbukaAktivitas Luar KelasBola BasketCedera OlahragaDesain E-SportEvaluasi Belajar Dan PembelajaranFilsafat IlmuFisiologi OlahragaFitness Dan Spa TherapiFitness Dan Spa TherapyInovasi PembelajaranKarateKurikulum SekolahMassage OlahragaMetodologi PenelitianOlahraga BerkudaPanahanPembelajaran AtletikPembelajaran Bola BesarPembelajaran InovatifPembelajaran MikroPembelajaran Olahraga PermainanPembelajaran SepakbolaPengembangan Bahan AjarPengenalan Lapangan PersekolahanPengenalan Lapangan Persekolahan IiPermainan KecilPlp-Asesmen PembelajaranPlp-Pengembangan Bahan AjarPlp-Pengembangan Rencana PembelajaranSepak TakrawSepakbola6050403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-12 Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas
Dibebankan pada matakuliah:
Filsafat IlmuMassage OlahragaPengembangan Bahan AjarSeminarTes Dan Pengukuran Pendidikan Jasmani1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-13 Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:
Administrasi Dan Sistem PertandinganAdministrasi PertandinganAktivitas Alam TerbukaAktivitas Luar KelasBiomekanik OlahragaBola BasketBola TanganBola VoliBulutangkisCedera OlahragaDesain E-SportFitness Dan Spa TherapiFitness Dan Spa TherapyJudoKeterampilan Dasar SepakbolaKewirausahaanKurikulum SekolahPembelajaran AtletikPembelajaran Bola BesarPembelajaran MikroPembelajaran Olahraga PermainanPengembangan Bahan AjarPengenalan Lapangan PersekolahanPengenalan Lapangan Persekolahan IiPerencanaan PembelajaranPlp-Asesmen PembelajaranPlp-Pengembangan Bahan AjarPlp-Pengembangan Rencana PembelajaranPsikologi OlahragaSenamSepak BolaSepakbolaSosiologi OlahragaStatistikTes Dan Pengukuran Olahraga6040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
  • 1. Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan

    null

  • 2. Asisten Peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga, melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendiseminasikan hasil penelitian.

    null

  • 3. Praktisi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi yang memiliki kompetensi terhadap bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga baik teori maupun praktik, lulusan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dapat menjadi pelatih, masseur, dan personal trainer.
    null
  • 4. Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga yang kreatif dan inovatif.

Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 PJKR

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
8520102260 SENAM 2.00
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
8520102005 ANATOMI 2.00
8520103259 ATLETIK 3.00
1000002005 DASAR-DASAR PENDIDIKAN 2.00
8520102105 PENCAK SILAT 2.00
8520102249 RENANG 2.00
8520106277 SEPAK BOLA 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002003 BAHASA INDONESIA 2.00
8520102025 BIOMEKANIK OLAHRAGA 2.00
8520103279 BOLA BASKET 3.00
8520103278 BOLA VOLI 3.00
8520102035 BULUTANGKIS 2.00
8520102045 FISIOLOGI OLAHRAGA 2.00
1000002018 PANCASILA 2.00
8520102177 SOFTBALL 2.00
8520102178 SOSIOLOGI OLAHRAGA 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520102061 JURNALISTIK OLAHRAGA 2.00
8520102062 KARATE 2.00
8520102232 PETANQUE 2.00
8520102187 TENIS LAPANGAN 2.00
1000002177 BAHASA INGGRIS 2.00
8520102253 BELAJAR MOTORIK 2.00
8520102030 BOLA TANGAN 2.00
8520102048 FITNESS DAN SPA THERAPI 2.00
8520102243 FUTSAL 2.00
8520102053 HOKI 2.00
8520102054 ILMU GIZI OLAHRAGA 2.00
8520102060 JUDO 2.00
8520102080 MASASE OLAHRAGA 2.00
8520102097 PANAHAN 2.00
8520102106 PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CIDERA OR 2.00
8520102138 PERMAINAN KECIL 2.00
8520102174 SEPAK TAKRAW 2.00
8520102188 TENIS MEJA 2.00
8520102241 TEORI BELAJAR 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520102262 KURIKULUM SEKOLAH 2.00
8520102236 EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2.00
8520103089 METODOLOGI PENELITIAN 3.00
8520102098 PEMBELAJARAN AKUATIK 2.00
8520102263 PEMBELAJARAN ATLETIK 2.00
8520102238 PEMBELAJARAN MIKRO 2.00
8520102261 PEMBELAJARAN SENAM 2.00
8520102248 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 2.00
8520102131 PERENCANAAN PEMBELAJARAN 2.00
8520102152 PSIKOLOGI OLAHRAGA 2.00
8520102244 STATISTIK 2.00

Semester ke 5

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002054 PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 2.00
8520102269 INOVASI PEMBELAJARAN 2.00
1000002051 PLP-ANALISIS KURIKULUM 2.00
1000002055 PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN 2.00
MBKM0031 PLP EVALUASI PROGRAM 2.00
1000002049 PLP-MANAJEMEN SEKOLAH 2.00
1000002178 PLP -PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 2.00
1000002179 PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN 2.00
MBKM0032 PLP PERENCANAAN PROGRAM 2.00
1000004056 PLP-PRAKTIK MENGAJAR 4.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520102071 KEWIRAUSAHAAN OLAHRAGA 2.00
8520102254 ADMINISTRASI PERTANDINGAN 2.00
8520102266 DESAIN E-SPORT 2.00
8520102056 ILMU KEPELATIHAN DASAR 2.00
8520102256 OLAHRAGA ADAPTIF 2.00
8520102110 PENDIDIKAN KESEHATAN SEKOLAH 2.00
8520102268 SEMINAR PROPOSAL 2.00
8520102273 TES DAN PENGUKURAN 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520104275 TUGAS AKHIR 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya

Ketuntasan mahasiswa mencapai CPL pada kriteria sangat baik mencapai 46%, kriteria baik mencapai 36%, kriteria memuaskan mencapai 16%, sedangkan tingkat kegagalan siswa sebesar 2%. Pengembangan kurikulum pada program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menyesuaikan dengan visi dan misi Universitas Negeri Surabaya.

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13
Pengembangan Bahan Ajar 2 12.5% 12.5% 25% 25% 25% 100 %
Administrasi dan Sistem Pertandingan 2 16.67% 33.33% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Karate 2 50% 50% 100 %
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2 16.67% 50% 33.33% 100 %
Renang 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Sepakbola 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran Senam 2 100% 100 %
Kurikulum Sekolah 2 18.18% 45.45% 36.36% 99.99 %
Pembelajaran Bola Besar 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
BELAJAR MOTORIK 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Cedera Olahraga 2 25% 25% 50% 100 %
Olahraga Adaptif 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Tes dan Pengukuran Pendidikan Jasmani 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Senam 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
AdminIstrasi Pertandingan 2 16.67% 33.33% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Pembelajaran Atletik 2 22.22% 33.33% 22.22% 22.22% 99.99 %
Sepak Takraw 2 14.29% 28.57% 57.14% 100 %
Pembelajaran Akuatik 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Bulutangkis 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Bola Tangan 2 38.46% 38.46% 23.08% 100 %
Anatomi 2 23.81% 19.05% 57.14% 100 %
Fisiologi Olahraga 2 7.69% 15.38% 53.85% 23.08% 100 %
Pengenalan Lapangan Persekolahan 4 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Sarana dan Prasarana Olahraga 2 100% 100 %
Permainan Kecil 2 40% 40% 20% 100 %
Pembelajaran Sepakbola 2 33.33% 50% 16.67% 100 %
Kewirausahaan 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Psikologi Olahraga 2 25% 50% 25% 100 %
Aktivitas Luar Kelas 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Sosiologi Olahraga 2 50% 50% 100 %
Seminar 2 100% 100 %
Pembelajaran Inovatif 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pengenalan Lapangan Persekolahan II 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran Mikro 2 44.44% 22.22% 22.22% 11.11% 99.99 %
Filsafat Pendidikan 2 40% 30% 30% 100 %
Biomekanik Olahraga 2 25% 75% 100 %
Softball 2 100% 100 %
Perencanaan Pembelajaran 2 36.36% 36.36% 27.27% 99.99 %
Metodologi Penelitian 3 31.25% 37.5% 31.25% 100 %
Desain E-sport 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Aktivitas Alam Terbuka 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Keterampilan Dasar Sepakbola 2 28.57% 42.86% 28.57% 100 %
Filsafat Ilmu 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Media Pembelajaran 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Tinju 2 25% 25% 25% 25% 100 %
telaah kurikulum pendidikan jasmani 3 28.57% 42.86% 28.57% 100 %
Massage Olahraga 2 15.38% 23.08% 38.46% 23.08% 100 %
Tes dan Pengukuran Olahraga 3 20% 40% 20% 20% 100 %
Olahraga Berkuda 2 40% 40% 20% 100 %
Judo 2 30% 30% 40% 100 %
Panahan 2 29.17% 41.67% 29.17% 100 %
Fitness dan Spa Therapy 2 18.18% 22.73% 18.18% 18.18% 22.73% 100 %
Pembelajaran Atletik 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Ilmu Kepelatihan Dasar 2 100% 100 %
Fitness dan Spa Therapi 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Kurikulum Sekolah 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Teori Belajar 2 28.57% 42.86% 28.57% 100 %
statistik 2 23.53% 23.53% 23.53% 29.41% 100 %
PLP-Asesmen Pembelajaran 2 46.67% 26.67% 26.67% 100 %
PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran 2 37.5% 25% 37.5% 100 %
PLP-Pengembangan Bahan Ajar 2 40% 20% 40% 100 %
Inovasi Pembelajaran 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Sepak Bola 3 30% 10% 60% 100 %
Bola Voli 3 27.27% 27.27% 18.18% 18.18% 9.09% 99.99 %
Bola Basket 3 28.57% 14.29% 28.57% 14.29% 14.29% 100 %
Pembelajaran Olahraga Permainan 3 13.33% 13.33% 20% 20% 6.67% 26.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Filosofi 

Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat. 

Landasan Sosiologis 

Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga   pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa. 

 

Landasan Historis 

Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.

Landasan Hukum 

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586); 

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336); 

3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); 

4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi; 

5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; 

6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi; 

7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;