Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Sejarah |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Wisnu, M.Hum. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Prodi yang tangguh, adaptif dan inovatif dalam menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang humanis dan unggul dalam iptek serta berwawasan edupreneur.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan Sejarah dan berkarakter tangguh adaptif dan inovatif berbasis edupreneur mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur dan mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu bersaing di tataran global.
- Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Prodi Pendidikan Sejarah, FISH dan keunggulan UNESA.
- Menyelenggarakan tata Kelola dan tata pamong yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu kapasitas Program Studi Pendidikan Sejarah, FISH secara berkelanjutan ; dan
- Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Sejarah berbasis kewirausahaan ditataran global
Tujuan
- Menghasilkan lulusan berkarakter, professional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa edupreneur.
- Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatlan kualitas inovasi di bidang pendidikan Sejarah berbasis edupreneur.
- Menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur.
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur dengan memperhatikan keunggulan UNESA.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | CPL-S1 Menunjukkan sikap religius
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-6 | CPL-S2 Menunjukkan sikap menjunjung tinggi nilai kemanusian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang heterogen dan demokrasi
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-7 | CPL-S3 Menunjukkan integritas, tanggung-jawab, kemandirian, kejuangan di bidang keahliannya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-8 | Menerapkan pikiran logis, kritis, sistematis dan analitis dalam pemecahan permasalahan pendidikan sejarah dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Menyusun karya ilmiah berdasarkan kajian saintifik serta mempublikasikannya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-10 | Mengaplikasi psikopedagogik pembelajaran sejarah |
CPL-11 | Mengorganisir materi sejarah aspek temporal, spasial dan tematik dalam pembelajaran sejarah di sekolah menengah
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-12 | Mengaplikasi prosedur penelitian pendidikan sebagai dasar refleksi- kritis pembelajaran sejarah sejarah
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-13 | Menerapkan prosedur penelitian ilmu sejarah sebagai dasar refleksi- kritis materi sejarah
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-14 | Mengembangkan jiwa kewirausahaan berbasis teknologi |
CPL-15 | Menguasai ilmu pendidikan sebagai landasan psikopedagogik pembelajaran sejarah |
CPL-16 | Menguasai materi sejarah aspek temporal, spasial, dan tematik sebagai dasar pengembangan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran sejarah
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-17 | Menguasai metode penelitian pendidikan sebagai prosedur riset pendidikan Sejarah
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-18 | Menguasai metode penelitian sejarah sebagai prosedur riset ilmu sejarah
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-19 | Menganalisis Jiwa Kewirausahaan berbasis teknologi
Dibebankan pada matakuliah: |
Struktur Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 |
8720102021 | Dasar-Dasar Ilmu Sejarah | 2.00 |
1000002048 | Dasar -Dasar Kependidikan | 2.00 |
8720102038 | Ilmu Politik | 2.00 |
1000002047 | Pendidikan Jasmani dan Kebugaran | 2.00 |
1000002018 | Pendidikan Pancasila | 2.00 |
8720104211 | Sejarah Indonesia Masa PRA Aksara dan Hindu Budha | 4.00 |
8720102210 | Teori Belajar | 2.00 |
8720102212 | Teori Sosial Budaya | 2.00 |
Semester 2
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
8720102014 | Bahasa Inggris | 2.00 |
8720102036 | Geohistori | 2.00 |
8720102215 | Kurikulum Sekolah | 2.00 |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 |
1000002026 | Pendidikan Agama | 2.00 |
8720102208 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 |
8720102111 | Sejarah Agraria | 2.00 |
8720102138 | Sejarah Indonesia Masa Islam | 2.00 |
1000002033 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2.00 |
8720102213 | Perencanaan Pembelajaran | 2.00 |
8720102122 | Sejarah Asia Timur | 2.00 |
Semester 3
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
8720102216 | Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2.00 |
8720102217 | Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 2.00 |
8720103221 | PLK Tematik Sejarah Indonesia | 3.00 |
8720102115 | Sejarah Asia Barat | 2.00 |
8720102219 | Sejarah Lokal dan Kebudayaan Indonesia | 2.00 |
8720102162 | Sejarah Pendidikan | 2.00 |
8720103011 | Bahasa Belanda | 3.00 |
8720102032 | Filsafat Sejarah | 2.00 |
8720102218 | Sejarah Asia Selatan dan Tenggara | 2.00 |
8720103140 | Sejarah Indonesia Masa Kolonial | 3.00 |
Semester 4
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
8720103222 | Metode Penelitian | 3.00 |
8720103220 | Metodologi Sejarah dan Historiografi | 3.00 |
8720104225 | Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan Sampai Reformasi | 4.00 |
8720102226 | Sejarah Sosial Ekonomi | 2.00 |
8720102223 | Statistik | 2.00 |
8720102233 | Metode Sejarah | 2.00 |
8720102123 | Sejarah Australia dan Oceania | 2.00 |
8720104224 | Sejarah Indonesia Masa Pergerakan Nasional | 4.00 |
8720102145 | Sejarah Intelektual | 2.00 |
Semester 5
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
8720104238 | Media Rekam Sejarah dan Kepurbakalaan | 4.00 |
8720102065 | Museologi | 2.00 |
8720103255 | Pengelolaan Cagar Budaya | 3.00 |
8720104257 | Perpustakaan dan Kearsipan Sejarah | 4.00 |
8720104256 | Praktik Penelitian Sejarah | 4.00 |
8720102108 | Sejarah Afrika | 2.00 |
8720102251 | Sejarah Indonesia Kontemporer | 2.00 |
8720102252 | Sejarah Lisan | 2.00 |
8720102158 | Sejarah Maritim | 2.00 |
8720100253 | Seminar Sejarah | 3.00 |
8720102254 | Teori Arkeologi | 2.00 |
8720102227 | Sejarah Eropa-Amerika | 3.00 |
Semester 7
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
1000002051 | Plp-Analisis Kurikulum | 2.00 |
1000003053 | Plp-Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 |
1000002054 | Plp-Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 |
1000002050 | Plp-Pengembangan Program Sekolah | 2.00 |
1000003052 | Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 |
1000002055 | Plp-Asesmen Pembelajaran | 2.00 |
1000002049 | Plp-Manajemen Sekolah | 2.00 |
1000004056 | Plp-Praktik Mengajar | 4.00 |
Semester 8
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
8720106187 | Skripsi | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni kurang lebih 86.67% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-ratadi atas 3.40. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan lulusan berdasarkan Laporan Kinerja tahun 2023 pada IKU 1 lulusan yang mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 UMP = 46 orang. Jumlah lulusan yang menjadi wirausaha 3 orang, dan jumlah lulusan yang melanjutkan studi 8 orang. Angka-angka ini berarti terdapat kurikulum program studi Pendidikan Sejarah menghasilkan out put sesuai dengan :
Kebutuhan dan Daya Saing Kerja
Kurikulum programstudi dirancang denganmemperhatikan kebutuhan lapanganpekerjaan yang terusberkembang. Hal itu mencakup penelitian mendalam tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh lulusan dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif. Dengan memahami persyaratan kerja saat ini, program studi akan melengkapi lulusannya dengan kompetensi yang relevan dan dicari oleh berbagai dunia usaha dan industri, di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan.
Penyediaan Sumber Daya ManusiaTerampil
Kurikulum program studi berfokus pada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Dalam upaya mendukungperkembangan yang berkelanjutan, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan, tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengantisipasi perubahan dinamis di dunia pendidikan.
Perkembangan Industridan Kewirausahaan
Kurikulum program studi beradaptasi dengan perkembangan industridan kecenderungan terbarudalam dunia pendidikan. Mengacu pada kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini serta arah perkembangannya, program studi mengintegrasikan elemen-elemen yang sesuai dalam pembelajaran. Dengan demikian, lulusanakan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di berbagai sektor dunia usaha dan industri terkait.
Penerapan Metode Pembelajaran SistemGanda (Dual System):
Kurikulum programstudi mengambil pendekatan modern dengan mengintegrasikan metode pembelajaran sistem ganda atau dual system. Hal itu memungkinkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan industri. Melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, dunia industri dan dunia usaha mahasiswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya dalam lingkungan kerja nyata (internship). Pendekatan ini akan mempersiapkan merekadengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.
Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di atas maka pengembangan dan restrukturisasi kurikulum program studi memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan di bidang ilmunya dan kompetensi keterampilan sehingga lulusan mampu menghadapi berbagai tantangan dunia usaha dan industri serta kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum program studi berfokus pada pelayanan pendidikan dan pembelajaran berdaya guna, berdaya saing, inovatif, dan relevan dengan perubahan masyarakat dan tuntutan kebutuhannya.
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Filosofi
Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Sejarah. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Sejarah. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berkesadaran kritis.
2. Landasan Sosiologis
Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atausmart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.
3. Landasan Historis
Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas Negeri Surabaya .
4. Landasan Yuridis.
Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved