Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Sejarah |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Prof. Dr. Wisnu, M.Hum. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Prodi yang tangguh, adaptif dan inovatif dalam menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang humanis dan unggul dalam iptek serta berwawasan edupreneur.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan Sejarah dan berkarakter tangguh adaptif dan inovatif berbasis edupreneur mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur dan mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu bersaing di tataran global.
- Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Prodi Pendidikan Sejarah, FISIPOL dan keunggulan UNESA.
- Menyelenggarakan tata Kelola dan tata pamong yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu kapasitas Program Studi Pendidikan Sejarah, FISIPOL secara berkelanjutan ; dan
- Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Sejarah berbasis kewirausahaan ditataran global
Tujuan
- Menghasilkan lulusan berkarakter, professional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa edupreneur.
- Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatlan kualitas inovasi di bidang pendidikan Sejarah berbasis edupreneur.
- Menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur.
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur dengan memperhatikan keunggulan UNESA.
Nilai_dasar
UNESA TANGKAAS REK TANG (Tangguh), K (Kolaboratif), A (Adaptif), A (inovAtif), S (inkluSif), RE (belajaR sEpanjang hayat), K (Kewirausahaan)Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-5 | Mampu Merancang, Melaksanakan, Menilai Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-6 | Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-7 | Menguasai Pengetahuan Peristiwa Sejarah, Fakta, dan Konsep
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Sejarah 2024--2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8720102108 | SEJARAH AFRIKA | 2.00 | |
8720102227 | SEJARAH EROPA-AMERIKA | 3.00 | |
8720102210 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
8720103263 | SEJARAH INDONESIA MASA PRA AKSARA DAN HINDU BUDHA | 3.00 | |
8720102162 | SEJARAH PENDIDIKAN | 2.00 | |
8720102215 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
8720102021 | DASAR-DASAR ILMU SEJARAH | 2.00 | |
1000002005 | DASAR-DASAR PENDIDIKAN | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8720102122 | SEJARAH ASIA TIMUR | 2.00 | |
8720102138 | SEJARAH INDONESIA MASA ISLAM | 2.00 | |
8720102158 | SEJARAH MARITIM | 2.00 | |
8720102212 | TEORI SOSIAL BUDAYA | 2.00 | |
8720102208 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 2.00 | |
8720102213 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
8720102264 | BAHASA BELANDA | 2.00 | |
8720102038 | ILMU POLITIK | 2.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8720102115 | SEJARAH ASIA BARAT | 2.00 | |
8720102218 | SEJARAH ASIA SELATAN DAN TENGGARA | 2.00 | |
8720102145 | SEJARAH INTELEKTUAL | 2.00 | |
8720102219 | SEJARAH LOKAL DAN KEBUDAYAAN INDONESIA | 2.00 | |
8720102226 | SEJARAH SOSIAL EKONOMI | 2.00 | |
8720102223 | STATISTIK | 2.00 | |
8720102265 | SEJARAH INDONESIA MASA KOLONIAL | 2.00 | |
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
8720102216 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8720102032 | FILSAFAT SEJARAH | 2.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
8720102123 | SEJARAH AUSTRALIA DAN OCEANIA | 2.00 | |
8720102267 | SEJARAH INDONESIA MASA PERGERAKAN NASIONAL | 2.00 | |
8720102217 | KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO | 2.00 | |
8720103222 | METODE PENELITIAN | 3.00 | |
8720103060 | METODE SEJARAH | 3.00 | |
8720102064 | METODOLOGI SEJARAH | 2.00 | |
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
8720102005 | ARKEOLOGI | 2.00 |
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah- Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (2 SKS)
- Paket Matakuliah Bela Negara (2 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (2 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (2 SKS)
- Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (2 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (2 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (2 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (2 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (2 SKS)
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020171 | PERENCANAAN PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR | 2.00 |
Matakuliah Bela Negara
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020169 | PERENCANAAN PROGRAM BELA NEGARA | 2.00 |
Matakuliah Magang
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020174 | PERENCANAAN PROGRAM MAGANG | 2.00 |
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020168 | PERENCANAAN PROGRAM PROYEK DI DESA | 2.00 |
Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020170 | PERENCANAAN PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA | 2.00 |
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020166 | PERENCANAAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 2.00 |
Matakuliah Riset
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020172 | PERENCANAAN PROGRAM RISET | 2.00 |
Matakuliah Studi Independen
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020173 | PERENCANAAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN | 2.00 |
Matakuliah Wirausaha
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020167 | PERENCANAAN PROGRAM WIRAUSAHA | 2.00 |
Semester ke 6
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002051 | PLP-ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
1000002055 | PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002049 | PLP-MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000003053 | PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
1000002054 | PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002050 | PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
1000003052 | PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 | |
1000004056 | PLP-PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 |
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8720102259 | PENELUSURAN SUMBER SEJARAH | 2.00 | |
8720102271 | PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN SEJARAH | 2.00 | |
8720102274 | PRAKTIK PENELITIAN SEJARAH | 2.00 | |
8720102269 | PROPOSAL SKRIPSI | 2.00 | |
8720102111 | SEJARAH AGRARIA | 2.00 | |
8720102268 | SEJARAH INDONESIA MASA KEMERDEKAAN SAMPAI REFORMASI | 2.00 | |
8720102252 | SEJARAH LISAN | 2.00 | |
8720102262 | SEJARAH PUBLIK | 2.00 | |
8720102272 | SEMINAR SEJARAH | 2.00 | |
8720102275 | PENGELOLAAN CAGAR BUDAYA | 2.00 | |
8720102273 | MEDIA REKAM DAN KEPURBAKALAAN SEJARAH | 2.00 | |
8720102065 | MUSEOLOGI | 2.00 | |
8720102036 | GEOHISTORI | 2.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8720104270 | SKRIPSI | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni kurang lebih 86.67% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-ratadi atas 3.40. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan tahun 2023 dengan populasi alumni sasaran tracer study berjumlah 88 orang. Berdasarkan Laporan Kinerja tahun 2023 Alumni yang bekerja berjumlah 67 orang (76,14%), kemudian yang berwirausaha 3 orang (3,41%), kemudian yang melanjutkan studi ke S2 sejumlah 8 orang (9,09%), yang sedang mencari kerja sejumlah 9 orang (10,23%). Pada IKU 1 lulusan yang mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 UMP = 46 orang. Jumlah lulusan yang menjadi wirausaha 3 orang, dan jumlah lulusan yang melanjutkan studi 8 orang. Berdasarkan data tracer study didapatkan jumlah gold standar program studi S1 Pendidikan Sejarah yakni 64,77% kurang dari 6 bulan dengan gaji UMP >1,2. Angka-angka ini berarti terdapat kurikulum program studi Pendidikan Sejarah menghasilkan out put sesuai dengan :
Kebutuhan dan Daya Saing Kerja
Kurikulum program studi dirancang dengan memperhatikan kebutuhan lapangan pekerjaan yang terus berkembang. Hal itu mencakup penelitian mendalam tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh lulusan dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif. Dengan memahami persyaratan kerja saat ini, program studi akan melengkapi lulusannya dengan kompetensi yang relevan dan dicari oleh berbagai dunia usaha dan industri, di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan.
Penyediaan Sumber Daya Manusia Terampil
Kurikulum program studi berfokus pada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Dalam upaya mendukungperkembangan yang berkelanjutan, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan, tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengantisipasi perubahan dinamis di dunia pendidikan.
Perkembangan Industridan Kewirausahaan
Kurikulum program studi beradaptasi dengan perkembangan industridan kecenderungan terbarudalam dunia pendidikan. Mengacu pada kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini serta arah perkembangannya, program studi mengintegrasikan elemen-elemen yang sesuai dalam pembelajaran. Dengan demikian, lulusanakan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di berbagai sektor dunia usaha dan industri terkait.
Penerapan Metode Pembelajaran SistemGanda (Dual System):
Kurikulum programstudi mengambil pendekatan modern dengan mengintegrasikan metode pembelajaran sistem ganda atau dual system. Hal itu memungkinkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan industri. Melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, dunia industri dan dunia usaha mahasiswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya dalam lingkungan kerja nyata (internship). Pendekatan ini akan mempersiapkan merekadengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.
Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di atas maka pengembangan dan restrukturisasi kurikulum program studi memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan di bidang ilmunya dan kompetensi keterampilan sehingga lulusan mampu menghadapi berbagai tantangan dunia usaha dan industri serta kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum program studi berfokus pada pelayanan pendidikan dan pembelajaran berdaya guna, berdaya saing, inovatif, dan relevan dengan perubahan masyarakat dan tuntutan kebutuhannya.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | |||
Sejarah Asia Barat | 2 | 10.53% | 42.11% | 47.37% | 100 % | ||||
Sejarah Intelektual | 2 | 34.78% | 17.39% | 21.74% | 26.09% | 100 % | |||
Sejarah Eropa-Amerika | 3 | 11.11% | 88.89% | 100 % | |||||
Sejarah Agraria | 2 | 36.36% | 63.64% | 100 % | |||||
Dasar-Dasar Ilmu Sejarah | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||
Sejarah Indonesia Masa Kolonial | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||
Museologi | 3 | 41.18% | 58.82% | 100 % | |||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 40% | 60% | 100 % | |||||
Bahasa Belanda | 3 | 100% | 100 % | ||||||
Sejarah Lokal dan Kebudayaan Indonesia | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Filosofi
Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Sejarah. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Sejarah. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berkesadaran kritis.
2. Landasan Sosiologis
Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atausmart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.
3. Landasan Historis
Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas Negeri Surabaya .
4. Landasan Yuridis.
Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum yang dimana mengacu pada
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti)
- Surat Edarat Menteri Ristekdikti Nomor 255?B/SE/VII/2016 Tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi
- Buku Panduan “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” Tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
- Peraturan Menteri Tentang Perguruan Tinggi Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Rumusan Capaian Pembelajaran.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved