•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Sejarah
Tanggal Berdiri  :  11 Juli 1996
Koordinator Program Studi  :  Dr. Wisnu, M.Hum.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Prodi yang tangguh, adaptif dan inovatif dalam menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang humanis dan unggul dalam iptek serta berwawasan edupreneur.


Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan Sejarah dan berkarakter tangguh adaptif dan inovatif berbasis edupreneur mampu bersaing di era global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur dan mampu bersaing di era global.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu bersaing di tataran global.
  4. Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Prodi Pendidikan Sejarah, FISH dan keunggulan UNESA.
  5. Menyelenggarakan tata Kelola dan tata pamong yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu kapasitas Program Studi Pendidikan Sejarah,  FISH secara berkelanjutan ; dan
  6. Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Sejarah  berbasis kewirausahaan ditataran global

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan  berkarakter, professional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa edupreneur.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatlan kualitas inovasi di bidang pendidikan Sejarah berbasis edupreneur.
  3. Menyebarluaskan inovasi  di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur.
  4. Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur dengan memperhatikan keunggulan UNESA.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 CPL-S1 Menunjukkan sikap religius

CPL-6 CPL-S2 Menunjukkan sikap menjunjung tinggi nilai kemanusian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang heterogen dan demokrasi

CPL-7 CPL-S3 Menunjukkan integritas, tanggung-jawab, kemandirian, kejuangan di bidang keahliannya

CPL-8 Menerapkan pikiran logis, kritis, sistematis dan analitis dalam pemecahan permasalahan pendidikan sejarah dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Menyusun karya ilmiah berdasarkan kajian saintifik serta mempublikasikannya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mengaplikasi psikopedagogik pembelajaran sejarah

CPL-11 Mengorganisir materi sejarah aspek temporal, spasial dan tematik dalam pembelajaran sejarah di sekolah menengah
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mengaplikasi prosedur penelitian pendidikan sebagai dasar refleksi- kritis pembelajaran sejarah sejarah
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Menerapkan prosedur penelitian ilmu sejarah sebagai dasar refleksi- kritis materi sejarah

CPL-14 Mengembangkan jiwa kewirausahaan berbasis teknologi

CPL-15 Menguasai ilmu pendidikan sebagai landasan psikopedagogik pembelajaran sejarah

CPL-16 Menguasai materi sejarah aspek temporal, spasial, dan tematik sebagai dasar pengembangan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran sejarah

CPL-17 Menguasai metode penelitian pendidikan sebagai prosedur riset pendidikan Sejarah
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-18 Menguasai metode penelitian sejarah sebagai prosedur riset ilmu sejarah

CPL-19 Menganalisis Jiwa Kewirausahaan berbasis teknologi

Struktur Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode Mata Kuliah SKS
1000002003 Bahasa Indonesia 2.00
8720102021 Dasar-Dasar Ilmu Sejarah 2.00
1000002048 Dasar -Dasar Kependidikan 2.00
8720102038 Ilmu Politik 2.00
1000002047 Pendidikan Jasmani dan Kebugaran 2.00
1000002018 Pendidikan Pancasila 2.00
8720104211 Sejarah Indonesia Masa PRA Aksara dan Hindu Budha 4.00
8720102210 Teori Belajar 2.00
8720102212 Teori Sosial Budaya 2.00
Semester 2
Kode Mata Kuliah SKS
8720102014 Bahasa Inggris 2.00
8720102036 Geohistori 2.00
8720102215 Kurikulum Sekolah 2.00
1000002046 Literasi Digital 2.00
1000002026 Pendidikan Agama 2.00
8720102208 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8720102111 Sejarah Agraria 2.00
8720102138 Sejarah Indonesia Masa Islam 2.00
1000002033 Pendidikan Kewarganegaraan 2.00
8720102213 Perencanaan Pembelajaran 2.00
8720102122 Sejarah Asia Timur 2.00
Semester 3
Kode Mata Kuliah SKS
8720102216 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2.00
8720102217 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2.00
8720103221 PLK Tematik Sejarah Indonesia 3.00
8720102115 Sejarah Asia Barat 2.00
8720102219 Sejarah Lokal dan Kebudayaan Indonesia 2.00
8720102162 Sejarah Pendidikan 2.00
8720103011 Bahasa Belanda 3.00
8720102032 Filsafat Sejarah 2.00
8720102218 Sejarah Asia Selatan dan Tenggara 2.00
8720103140 Sejarah Indonesia Masa Kolonial 3.00
Semester 4
Kode Mata Kuliah SKS
8720103222 Metode Penelitian 3.00
8720103220 Metodologi Sejarah dan Historiografi 3.00
8720104225 Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan Sampai Reformasi 4.00
8720102226 Sejarah Sosial Ekonomi 2.00
8720102223 Statistik 2.00
8720102233 Metode Sejarah 2.00
8720102123 Sejarah Australia dan Oceania 2.00
8720104224 Sejarah Indonesia Masa Pergerakan Nasional 4.00
8720102145 Sejarah Intelektual 2.00
Semester 5
Kode Mata Kuliah SKS
8720104238 Media Rekam Sejarah dan Kepurbakalaan 4.00
8720102065 Museologi 2.00
8720103255 Pengelolaan Cagar Budaya 3.00
8720104257 Perpustakaan dan Kearsipan Sejarah 4.00
8720104256 Praktik Penelitian Sejarah 4.00
8720102108 Sejarah Afrika 2.00
8720102251 Sejarah Indonesia Kontemporer 2.00
8720102252 Sejarah Lisan 2.00
8720102158 Sejarah Maritim 2.00
8720100253 Seminar Sejarah 3.00
8720102254 Teori Arkeologi 2.00
8720102227 Sejarah Eropa-Amerika 3.00
Semester 7
Kode Mata Kuliah SKS
1000002051 Plp-Analisis Kurikulum 2.00
1000003053 Plp-Pengembangan Bahan Ajar 3.00
1000002054 Plp-Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
1000002050 Plp-Pengembangan Program Sekolah 2.00
1000003052 Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
1000002055 Plp-Asesmen Pembelajaran 2.00
1000002049 Plp-Manajemen Sekolah 2.00
1000004056 Plp-Praktik Mengajar 4.00
Semester 8
Kode Mata Kuliah SKS
8720106187 Skripsi 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya

Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni kurang lebih 86.67% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-ratadi atas 3.40. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan lulusan berdasarkan Laporan Kinerja tahun 2023 pada IKU 1 lulusan yang mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 UMP = 46 orang. Jumlah lulusan yang menjadi wirausaha 3 orang, dan jumlah lulusan yang melanjutkan studi 8 orang. Angka-angka ini berarti terdapat kurikulum program studi Pendidikan Sejarah menghasilkan out put sesuai dengan :  

Kebutuhan dan Daya Saing Kerja

Kurikulum programstudi dirancang denganmemperhatikan kebutuhan lapanganpekerjaan yang terusberkembang. Hal itu mencakup penelitian mendalam tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh lulusan dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif. Dengan memahami persyaratan kerja saat ini, program studi akan melengkapi lulusannya dengan kompetensi yang relevan dan dicari oleh berbagai dunia usaha dan industri, di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan.

Penyediaan Sumber Daya ManusiaTerampil

Kurikulum program studi berfokus pada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Dalam upaya mendukungperkembangan yang berkelanjutan, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan, tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengantisipasi perubahan dinamis di dunia pendidikan.

Perkembangan Industridan Kewirausahaan

Kurikulum program studi beradaptasi dengan perkembangan industridan kecenderungan terbarudalam dunia pendidikan. Mengacu pada kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini serta arah perkembangannya, program studi mengintegrasikan elemen-elemen yang sesuai dalam pembelajaran. Dengan demikian, lulusanakan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di berbagai sektor dunia usaha dan industri terkait.

Penerapan Metode Pembelajaran SistemGanda (Dual System):

Kurikulum programstudi mengambil pendekatan modern dengan mengintegrasikan metode pembelajaran sistem ganda atau dual system. Hal itu memungkinkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan industri. Melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, dunia industri dan dunia usaha mahasiswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya dalam lingkungan kerja nyata (internship). Pendekatan ini akan mempersiapkan merekadengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di atas maka pengembangan dan restrukturisasi kurikulum program studi memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan di bidang ilmunya dan kompetensi keterampilan sehingga lulusan mampu menghadapi berbagai tantangan dunia usaha dan industri serta kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum program studi berfokus pada pelayanan pendidikan dan pembelajaran berdaya guna, berdaya saing, inovatif, dan relevan dengan perubahan masyarakat dan tuntutan kebutuhannya.

Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
  1. Landasan Filosofi

Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Sejarah. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Sejarah. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berkesadaran kritis.

2. Landasan Sosiologis

Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atausmart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

3. Landasan Historis

Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas Negeri Surabaya .

4. Landasan Yuridis.

Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum