Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Geografi Unesa
Program Studi | : | S2 Pendidikan Geografi |
Tanggal Berdiri | : | 13 September 2016 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Geografi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Unggul Dalam Mendidik Ilmuwan Pendidikan Geografi Serta Kukuh Dalam Mengembangkan Dan Menerapkan Ilmu Geografi Terpadu
- Visi Keilmuan: Menjadi Penyelenggara Pendidikan Magister Pendidikan Geografi Terpadu yang Berbasis Inovasi Pembelajaran
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam suasana akademik yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan pada bidang pendidikan geografi.
- Menyelenggarakan penelitian yang berbasis pada pengembangan serta penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan geografi terpadu yang berorientasi pada ruang muka bumi.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dengan dunia pendidikan.
- Menyelenggarakan sistem penjaminan mutu dalam melaksanakan tri darma secara efisien dan efektif berdasarkan prosedur rasional, transparan, inovatif, dan akuntabel serta mampu membangun jejaring kerjasama lokal, nasional maupun internasional.
Tujuan
- Menghasilkan master pendidikan geografi yang mampu berfikir dalam konteks ruang muka bumi, berkarakter, berjiwa pemimpin, dan pebelajar sepanjang hayat.
- Menghasilkan penelitian yang bermutu dalam bidang pendidikan geografi dan menyebarluaskannya sekaligus membentuk karakter ilmuawan mandiri yang mampu mengikuti pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi (S3).
- Menghasilkan karakter yang bertanggung jawab kepada masyarakatnya sehingga berkomitmen pada usaha pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dengan dunia pendidikan.
- Terwujudnya sistem penjaminan mutu dalam melaksanakan tri darma secara efisien dan efektif berdasarkan prosedur rasional, transparan, inovatif, dan akuntabel serta terwujudnya jejaring kerjasama nasional maupun internasional.
Capaian Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Geografi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Mampu memecahkan permasalahan keilmuan melalui kegiatan penelitian dan pengembangan dengan pemanfaatan teknologi geografi berdasarkan kaidah ilmiah
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-6 | Mampu mengembangkan kurikulum, materi, perencanaan, model, dan evaluasi pembelajaran pendidikan geografi berdasarkan persoalan dan kebutuhan yang mutahir di perguruan tinggi atau sekolah atau masyarakat
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-7 | Mampu melakukan komunikasi ilmiah melalui jurnal ilmiah, prosiding seminar, poster ilmiah, audio visual, dan komunikasi umum dalam berbagai bentuk
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-8 | Mampu mengelola aktivitas pendidikan dan pembelajaran di lembaga pendidikan dan pendidikan masyarakat dalam berbagai peran
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-9 | Menguasai dinamika permasalahan kewilayahan berdasakan konsep dan pendekatan ilmu geografi guna memecahkan pemasalahan penataan potensi wilayah dengan pemanfaatan teknologi geografi
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-10 | Menguasai permasalahan pendidikan geografi berdasakan konsep pendidikan konstruktif transformatif guna memahamkan konsep penataan potensi wilayah dengan pemanfaatan teknologi geografi pada sistem pendidikan di institusi pendidikan maupun masyarakat
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Profil Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Geografi
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum S2 Pendidikan Geografi
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum RPL S2 Pendidikan Geografi_Genap
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8710203005 | ANALISIS ARTIKEL JURNAL MUTAHIR | 3.00 | |
8710220001 | FILSAFAT ILMU | 2.00 | |
8710200014 | GEOGRAFI FISIK LANJUT | 2.00 | |
8710200013 | GEOGRAFI MANUSIA LANJUT | 2.00 | |
8710202026 | GEOGRAFI UNTUK PENDIDIKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT | 3.00 | |
8710200016 | GEOPOLITIK PEMBANGUNAN GLOBAL DAN NASIONAL | 2.00 | |
8710203038 | INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN | 3.00 | |
8710203006 | INTERNSHIP PEMBELAJARAN GEOGRAFI | 3.00 | |
8710203031 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
8710203004 | PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS EKOLOGI, SUMBERDAYA, DAN BENCANA | 3.00 | |
8710204037 | PENDIDIKAN TRANSFORMATIF GEOGRAFI | 3.00 | |
8710203003 | PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN GEOGRAFI | 3.00 | |
8710203034 | PENYUSUNAN INSTRUMEN, PENGOLAHAN, DAN ANALISIS DATA | 3.00 | |
8710203039 | PROBLEMATIKA DAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN | 3.00 | |
8710203033 | SAINS INFORMASI GEOGRAFI TERAPAN | 3.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Geografi
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni rata-rata studi 6 semster selama lima tahun terakhir dengan kurang lebih 90% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-rata di atas 3.54. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan lulusan berstatus guru yakni 100% menyatakan puas terhadap kurikulum program studi dengan alasan ada kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan di persekolahan. Berdasarkan hasil pelacakan lulusan S2 Pendidikan Geografi sekitar 95% sudah sebagai guru kurang dari 6 bulan.
Rekap CPL Program Studi S2 Pendidikan Geografi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | |||
Problematika dan Pengelolaan Pendidikan | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
INTERNSHIP PEMBELAJARAN GEOGRAFI | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Inovasi Pendidikan dan Pebelajaran | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Geografi Manusia Lanjut | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||
PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN GEOGRAFI | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | ||||||||
ANALISIS ARTIKEL JURNAL MUTAHIR | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Geografi untuk Pendidikan Pemberdayaan Masyarakat | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS EKOLOGI, SUMBERDAYA, DAN BENCANA | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Geografi Manusia Lanjut | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Konsep dan Teknologi Sains Informasi Geografi | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Pendidikan Transformatif Geografi | 3 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||
PUBLIKASI | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
PROPOSAL | 3 | 100% | 100 % | |||||||||
PENYUSUNAN INSTRUMEN, PENGOLAHAN, DAN ANALISIS DATA | 3 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||
Problematika dan Pengelolaan Pendidikan | 3 | 40% | 40% | 20% | 100 % | |||||||
Internship Pembelajaran Geografi | 4 | 100% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Geografi
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Filosofi
Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk
mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Geografi. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Geografi. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berfikir kreatif dan berkesadaran kritis. - Landasan Sosiologis
Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atau smart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. - Landasan Historis
Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas
Negeri Surabaya . - Landasan Yuridis.
Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved