•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Unesa

 
Program Studi  :  S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Tanggal Berdiri  :  2 April 2007
Koordinator Program Studi  :  Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Capaian Lulusan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Close DissertationDisertasiDisertasi TertutupDissertation-Supporting Subject 2Filsafat Ilmu Pendidikan Bahasa-SastraLinguistik EdukasionalLiterature In EducationMetodologi Penelitian Kuantitatif LanjutPhilosophy Of Language-Literature PedagogyResearch ProposalSastra Dalam PendidikanSeminar Hasil PenelitianSeminar Of Research FindingsSeminar On Language And Literature EducationSeminar Pendidikan Bahasa Dan Sastra4032241680Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Advanced Research MethodologyDissertation-Supporting Subject 2Kajian Penelitian Mutakhir BahasaKajian Penelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa Dan SastraKajian Penelitian Mutakhir SastraLanguage And Literature Learning PedagogyMetode Penelitian LanjutMetodologi Penelitian Kuantitatif LanjutPublicationPublikasiReview Of Recent Language And Literature Learning ResearchReview Of Recent Language ResearchReview Of Recent Literature ResearchSeminar Hasil Penelitian3528211470Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Mampu menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya
Dibebankan pada matakuliah:
Advanced Quantitative Research MethodologyClose DissertationDisertasiDisertasi TertutupDissertationDissertation ProposalDissertation-Supporting Subject 1Dissertation-Supporting Subject 2Educational LinguisticsFilsafat Ilmu Pendidikan Bahasa-SastraKajian Penelitian Mutakhir BahasaKajian Penelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa Dan SastraKajian Penelitian Mutakhir SastraLanguage And Literature Education SeminarLanguage And Literature Education Seminar 1Language And Literature Learning PedagogyLinguistik EdukasionalLiterature In EducationMata Kuliah Penunjang Disertasi 1Mata Kuliah Penunjang Disertasi 2Metode Penelitian LanjutMetodologi Penelitian Kualitatif LanjutMetodologi Penelitian Kuantitatif LanjutPedagogi Pembelajaran Bahasa Dan SastraPenelitian Mutakhir BahasaPenelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa Dan SastraPhilosophy Of Language-Literature PedagogyProposal DisertasiProposal PenelitianPublicationRecent Language And Literature Learning ResearchRecent Literature ResearchResearch ProposalReview Of Recent Language And Literature Learning ResearchReview Of Recent Language ResearchReview Of Recent Literature ResearchSastra Dalam PendidikanSeminar Of Research FindingsSeminar On Language And Literature EducationSeminar Pendidikan Bahasa Dan SastraSeminar Pendidikan Bahasa Dan Sastra 150403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-6 mampu menguasai kebijakan dan pengelolaan pembelajaran bahasa dan sastra
Disertasi TerbukaDissertation-Supporting Subject 2Instrumen PenelitianLanguage And Literature Education SeminarLanguage And Literature Education Seminar 1Language And Literature Learning PedagogyMata Kuliah Penunjang Disertasi 2Metodologi Penelitian Kuantitatif LanjutOpen DissertationPedagogi Pembelajaran Bahasa Dan SastraResearch InstrumentsResearch ProposalSeminar On Language And Literature EducationSeminar Pendidikan Bahasa Dan SastraSeminar Pendidikan Bahasa Dan Sastra 13528211470Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-7 Mampu menguasai metodologi penelitian dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra serta pembelajarannya
Advanced Research MethodologyDisertasiDisertasi TerbukaDissertationDissertation-Supporting Subject 2Language And Literature Education SeminarLanguage And Literature Education Seminar 1Metode Penelitian LanjutOpen DissertationProposal PenelitianResearch ProposalSeminar Hasil PenelitianSeminar Of Research FindingsSeminar On Language And Literature EducationSeminar Pendidikan Bahasa Dan SastraSeminar Pendidikan Bahasa Dan Sastra 150403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-8 Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik
Dibebankan pada matakuliah:
Advanced Quantitative Research MethodologyAdvanced Research MethodologyClose DissertationDisertasiDisertasi TertutupDissertationDissertation-Supporting Subject 1Dissertation-Supporting Subject 2Educational LinguisticsKajian Penelitian Mutakhir BahasaKajian Penelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa Dan SastraKajian Penelitian Mutakhir SastraLanguage And Literature Learning PedagogyLinguistik EdukasionalLiterature In EducationMata Kuliah Penunjang Disertasi 1Metode Penelitian LanjutMetodologi Penelitian Kualitatif LanjutMetodologi Penelitian Kuantitatif LanjutPedagogi Pembelajaran Bahasa Dan SastraPenelitian Mutakhir BahasaPenelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa Dan SastraPublicationRecent Language And Literature Learning ResearchReview Of Recent Language And Literature Learning ResearchReview Of Recent Language ResearchReview Of Recent Literature ResearchSastra Dalam PendidikanSeminar Hasil PenelitianSeminar Of Research Findings50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-9 Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang yang menjadi tanggung jawabnya
Close DissertationDisertasiDisertasi TerbukaDisertasi TertutupDissertationDissertation ProposalDissertation-Supporting Subject 2Educational LinguisticsFilsafat Ilmu Pendidikan Bahasa-SastraInstrumen PenelitianLanguage And Literature Learning PedagogyLinguistik EdukasionalLiterature In EducationMata Kuliah Penunjang Disertasi 2Metodologi Penelitian Kuantitatif LanjutOpen DissertationPedagogi Pembelajaran Bahasa Dan SastraProposal DisertasiProposal PenelitianPublicationPublikasiResearch InstrumentsSastra Dalam PendidikanSeminar Hasil PenelitianSeminar Of Research Findings50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-10 Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan dalam lingkungan internal dan membangun jejaring kerja sama dengan pemangku kepentingan dan masyarakat profesi

CPL-11 Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji
Dibebankan pada matakuliah:
Advanced Qualitative Research MethodologyAdvanced Research MethodologyFilsafat Ilmu Pendidikan Bahasa-SastraInstrumen PenelitianKajian Penelitian Mutakhir BahasaKajian Penelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa Dan SastraKajian Penelitian Mutakhir SastraLanguage And Literature Learning PedagogyLiterature In EducationMata Kuliah Penunjang Disertasi 1Metode Penelitian LanjutMetodologi Penelitian Kualitatif LanjutMetodologi Penelitian Kuantitatif LanjutPedagogi Pembelajaran Bahasa Dan SastraPhilosophy Of Language-Literature PedagogyProposal PenelitianRecent Literature ResearchResearch InstrumentsResearch ProposalReview Of Recent Language And Literature Learning ResearchReview Of Recent Language ResearchReview Of Recent Literature Research50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-12 Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner
Advanced Qualitative Research MethodologyDisertasiDissertationDissertation-Supporting Subject 2Educational LinguisticsLanguage And Literature Learning PedagogyLinguistik EdukasionalLiterature In EducationMetodologi Penelitian Kuantitatif LanjutPhilosophy Of Language-Literature PedagogyProposal PenelitianResearch ProposalSastra Dalam PendidikanSeminar Hasil PenelitianSeminar Of Research Findings4536271890Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-13 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset utama yang bermanfaat bagi bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk kemaslahatan manusia, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra
Dibebankan pada matakuliah:
Advanced Qualitative Research MethodologyAdvanced Quantitative Research MethodologyAdvanced Research MethodologyClose DissertationDisertasiDisertasi TerbukaDisertasi TertutupDissertationDissertation-Supporting Subject 1Dissertation-Supporting Subject 2Mata Kuliah Penunjang Disertasi 2Metodologi Penelitian Kuantitatif LanjutOpen DissertationPenelitian Mutakhir BahasaPenelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa Dan SastraPublicationPublikasiRecent Language And Literature Learning ResearchResearch ProposalSeminar Hasil PenelitianSeminar Of Research FindingsSeminar On Language And Literature EducationSeminar Pendidikan Bahasa Dan Sastra50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

Profil Lulusan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra 2024--2028

    Semester ke 1

    Semester ke 2

    Evaluasi Kurikulum Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Universitas Negeri Surabaya

    Bila dihitung sejak penerbitan SK Dirjen Dikti Nomor 1443/D/T/2003, program studi ini telah memberlakukan tiga kurikulum, yaitu Kurikulum 1999, Kurikulum 2010, dan Kurikulum 2017. Kurikulum 1999 dan 2010 berbasis konten dengan perbedaan pada Kurikulum 2010 dilakukan spesifikasi konsentrasi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Daerah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Asing. Berbeda dengan dua kurikulum sebelumnya, Kurikulum 2017 berbasis kompetensi/kualifikasi. Kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum, yakni kurikulum perlu  dievaluasi secara secara berkala berdasarkan prinsip relevansi, fleksibilitas, keberlanjutan, efisiensi dan efektivitas. Hasil penelusuran alumni (tracer study), masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), pakar pendidikan bahasa dan sastra, serta asosiasi profesi, juga menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi kurikulum. Selain itu, pengembangan kurikulum juga memperhatikan berbagai hal, antara lain:.

    1. KKNI
    2. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang “Standar Nasional Pendidikan Tinggi”).
    3. Kecakapan abad ke-21 (literasi dasar, kompetensi,  karakter)
    4. Perkembangan dinamika masyarakat global 
    5. Era revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0.
    6. Teknologi Informasi.

     

    Berdasarkan hal inilah kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman. 

    Rekap CPL Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
    CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13
    Filsafat Ilmu Pendidikan Bahasa-Sastra 2 50% 50% 100 %
    Close Dissertation 9 10% 10% 20% 10% 20% 10% 20% 100 %
    Disertasi 9 20% 20% 10% 20% 10% 20% 100 %
    Disertasi Terbuka 9 20% 10% 20% 10% 30% 10% 100 %
    Advanced Quantitative Research Methodology 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Penelitian Mutakhir Bahasa 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Penelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa dan Sastra 3 25% 25% 50% 100 %
    Recent Language and Literature Learning Research 3 50% 25% 25% 100 %
    Language and Literature Education Seminar 3 28.57% 28.57% 42.86% 100 %
    Proposal Penelitian 3 42.86% 28.57% 28.57% 100 %
    Dissertation-Supporting Subject 2 2 28.57% 14.29% 14.29% 42.86% 100 %
    Seminar Hasil Penelitian 5 20% 20% 40% 20% 100 %
    Disertasi Tertutup 9 8.33% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 8.33% 16.67% 100 %
    Philosophy of Language-Literature Pedagogy 2 50% 25% 25% 100 %
    Linguistik Edukasional 2 60% 20% 20% 100 %
    Research Proposal 3 50% 50% 100 %
    Open Dissertation 9 20% 10% 20% 10% 30% 10% 100 %
    Sastra dalam Pendidikan 2 50% 50% 100 %
    Dissertation-Supporting Subject 1 2 25% 41.67% 33.33% 100 %
    Language and Literature Learning Pedagogy 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    publication 5 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
    Publikasi 5 20% 30% 20% 30% 100 %
    SEMINAR OF RESEARCH FINDINGS 5 16.67% 16.67% 50% 16.67% 100 %
    PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA 2 50% 50% 100 %
    Dissertation 9 15.79% 21.05% 5.26% 31.58% 5.26% 21.05% 99.99 %
    Advanced Qualitative Research Methodology 3 25% 25% 50% 100 %
    Metodologi Penelitian Kualitatif Lanjut 3 50% 25% 25% 100 %
    Metodologi Penelitian Kuantitatif Lanjut 3 33.33% 33.33% 25% 8.33% 99.99 %
    Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 3 30% 40% 30% 100 %
    Literature in Education 2 25% 25% 50% 100 %
    Disertasi 24 35.71% 14.29% 14.29% 35.71% 100 %
    Seminar Hasil Penelitian 4 25% 50% 25% 100 %
    Seminar on Language and Literature Education 4 16.67% 50% 16.67% 16.67% 100 %
    Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 4 16.67% 50% 16.67% 16.67% 100 %
    Pedagogi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 3 30% 20% 30% 20% 100 %
    Mata Kuliah Penunjang Disertasi 2 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
    Mata Kuliah Penunjang Disertasi 1 2 25% 25% 50% 100 %
    Language and Literature Learning Pedagogy 3 16.67% 16.67% 33.33% 33.33% 100 %
    Recent Literature Research 3 50% 50% 100 %
    Sastra dalam Pendidikan 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Advanced Research Methodology 4 20% 20% 40% 20% 100 %
    Educational Linguistics 3 20% 40% 20% 20% 100 %
    Proposal Disertasi 5 22.22% 33.33% 44.44% 99.99 %
    Literature in Education 3 16.67% 50% 16.67% 16.67% 100 %
    Linguistik Edukasional 3 16.67% 50% 16.67% 16.67% 100 %
    Philosophy of Language-Literature Pedagogy 3 33.33% 33.33% 26.67% 6.67% 100 %
    Metode Penelitian Lanjut 4 28.57% 28.57% 28.57% 14.29% 100 %
    Language and Literature Education Seminar 1 4 28.57% 28.57% 42.86% 100 %
    Filsafat Ilmu Pendidikan Bahasa-Sastra 3 20% 20% 40% 20% 100 %
    Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 1 4 28.57% 28.57% 42.86% 100 %
    Dissertation Proposal 5 22.22% 33.33% 44.44% 99.99 %
    Research Instruments 8 25% 25% 25% 25% 100 %
    Instrumen Penelitian 8 25% 25% 25% 25% 100 %
    Review of Recent Language and Literature Learning Research 3 10% 50% 10% 30% 100 %
    Research Proposal 8 25% 12.5% 25% 37.5% 100 %
    Review of Recent Literature Research 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Kajian Penelitian Mutakhir Pembelajaran Bahasa dan Sastra 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Review of Recent Language Research 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Proposal Penelitian 8 25% 25% 25% 25% 100 %
    Kajian Penelitian Mutakhir Bahasa 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Kajian Penelitian Mutakhir Sastra 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Universitas Negeri Surabaya
    Belum Diisi