•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Unesa

 
Program Studi  :  S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Tanggal Berdiri  :  2 April 2007
Koordinator Program Studi  :  Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Capaian Lulusan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-8 Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang yang menjadi tanggung jawabnya

CPL-10 Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan dalam lingkungan internal dan membangun jejaring kerja sama dengan pemangku kepentingan dan masyarakat profesi

CPL-11 Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji

CPL-12 Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner

CPL-13 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset utama yang bermanfaat bagi bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk kemaslahatan manusia, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra

CPL-14 Menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya

CPL-15 Menguasai kebijakan dan pengelolaan pembelajaran bahasa dan sastra

CPL-16 Menguasai metodologi penelitian dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra serta pembelajarannya

Profil Lulusan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
    Evaluasi Kurikulum Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Universitas Negeri Surabaya

    Bila dihitung sejak penerbitan SK Dirjen Dikti Nomor 1443/D/T/2003, program studi ini telah memberlakukan tiga kurikulum, yaitu Kurikulum 1999, Kurikulum 2010, dan Kurikulum 2017. Kurikulum 1999 dan 2010 berbasis konten dengan perbedaan pada Kurikulum 2010 dilakukan spesifikasi konsentrasi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Daerah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Asing. Berbeda dengan dua kurikulum sebelumnya, Kurikulum 2017 berbasis kompetensi/kualifikasi. Kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum, yakni kurikulum perlu  dievaluasi secara secara berkala berdasarkan prinsip relevansi, fleksibilitas, keberlanjutan, efisiensi dan efektivitas. Hasil penelusuran alumni (tracer study), masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), pakar pendidikan bahasa dan sastra, serta asosiasi profesi, juga menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi kurikulum. Selain itu, pengembangan kurikulum juga memperhatikan berbagai hal, antara lain:.

    1. KKNI
    2. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang “Standar Nasional Pendidikan Tinggi”).
    3. Kecakapan abad ke-21 (literasi dasar, kompetensi,  karakter)
    4. Perkembangan dinamika masyarakat global 
    5. Era revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0.
    6. Teknologi Informasi.

     

    Berdasarkan hal inilah kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman. 

    Rekap CPL Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
    CPL1CPL2CPL3CPL4CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13CPL14CPL15CPL16
    Filsafat Ilmu Pendidikan Bahasa-Sastra 2 50% 50% 100 %
    Close Dissertation 9 10% 10% 20% 10% 20% 10% 20% 100 %
    Disertasi 9 10% 15% 15% 15% 25% 5% 15% 100 %
    Disertasi Terbuka 9 20% 10% 20% 10% 30% 10% 100 %
    Advanced Quantitative Research Methodology 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Recent Language and Literature Learning Research 3 50% 25% 25% 100 %
    Language and Literature Education Seminar 3 28.57% 28.57% 42.86% 100 %
    Proposal Penelitian 3 42.86% 28.57% 28.57% 100 %
    Dissertation-Supporting Subject 2 2 10.26% 10.26% 5.13% 10.26% 2.56% 10.26% 10.26% 2.56% 7.69% 10.26% 10.26% 10.26% 100 %
    Seminar Hasil Penelitian 5 10% 10% 20% 10% 20% 10% 20% 100 %
    Disertasi Tertutup 9 8.33% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 8.33% 16.67% 100 %
    Philosophy of Language-Literature Pedagogy 2 50% 25% 25% 100 %
    Linguistik Edukasional 2 60% 20% 20% 100 %
    Research Proposal 3 50% 50% 100 %
    Open Dissertation 9 20% 10% 20% 10% 30% 10% 100 %
    Sastra dalam Pendidikan 2 50% 50% 100 %
    Dissertation-Supporting Subject 1 2 50% 25% 25% 100 %
    publication 5 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
    Publikasi 5 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
    SEMINAR OF RESEARCH FINDINGS 5 10% 10% 20% 10% 20% 10% 20% 100 %
    Dissertation 9 10% 15% 15% 15% 25% 5% 15% 100 %
    Advanced Qualitative Research Methodology 3 50% 50% 100 %
    Metodologi Penelitian Kualitatif Lanjut 3 50% 25% 25% 100 %
    Metodologi Penelitian Kuantitatif Lanjut 3 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
    Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 3 30% 40% 30% 100 %
    Disertasi 24 9.76% 9.76% 7.32% 14.63% 17.07% 19.51% 9.76% 12.2% 100 %
    Seminar on Language and Literature Education 4 28.57% 28.57% 42.86% 100 %
    Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 4 28.57% 28.57% 42.86% 100 %
    Pedagogi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Mata Kuliah Penunjang Disertasi 2 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
    Mata Kuliah Penunjang Disertasi 1 2 37.5% 12.5% 50% 100 %
    Language and Literature Learning Pedagogy 3 12.5% 25% 25% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
    Recent Literature Research 3 50% 50% 100 %
    Sastra dalam Pendidikan 3 50% 50% 100 %
    Advanced Research Methodology 4 25% 25% 25% 25% 100 %
    Educational Linguistics 3 25% 25% 50% 100 %
    Proposal Disertasi 5 22.22% 33.33% 44.44% 99.99 %
    Literature in Education 3 50% 50% 100 %
    Linguistik Edukasional 3 20% 40% 20% 20% 100 %
    Philosophy of Language-Literature Pedagogy 3 36.36% 36.36% 18.18% 9.09% 99.99 %
    Metode Penelitian Lanjut 4 50% 25% 25% 100 %
    Language and Literature Education Seminar 1 4 28.57% 28.57% 42.86% 100 %
    Filsafat Ilmu Pendidikan Bahasa-Sastra 3 50% 50% 100 %
    Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 1 4 28.57% 28.57% 42.86% 100 %
    Dissertation Proposal 5 22.22% 33.33% 44.44% 99.99 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Universitas Negeri Surabaya
    Belum Diisi