Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Unesa
Program Studi | : | S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Tanggal Berdiri | : | 2 April 2007 |
Koordinator Program Studi | : | Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Capaian Lulusan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-8 | Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-9 | Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang yang menjadi tanggung jawabnya
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-10 | Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan dalam lingkungan internal dan membangun jejaring kerja sama dengan pemangku kepentingan dan masyarakat profesi
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-11 | Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-12 | Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-13 | Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset utama yang bermanfaat bagi bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk kemaslahatan manusia, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-14 | Menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-15 | Menguasai kebijakan dan pengelolaan pembelajaran bahasa dan sastra
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-16 | Menguasai metodologi penelitian dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra serta pembelajarannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Profil Lulusan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra 2024--2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8800104139 | ADVANCED RESEARCH METHODOLOGY | 4.00 | |
8800103140 | EDUCATIONAL LINGUISTICS | 3.00 | |
8800103135 | FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN BAHASA-SASTRA | 3.00 | |
8800112125 | LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING PEDAGOGY | 3.00 | |
8800103136 | LINGUISTIK EDUKASIONAL | 3.00 | |
8800103141 | LITERATURE IN EDUCATION | 3.00 | |
8800104134 | METODE PENELITIAN LANJUT | 4.00 | |
8800112126 | PEDAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA | 3.00 | |
8800103138 | PHILOSOPHY OF LANGUAGE-LITERATURE PEDAGOGY | 3.00 | |
8800103137 | SASTRA DALAM PENDIDIKAN | 3.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8800108150 | INSTRUMEN PENELITIAN | 8.00 | |
8800103152 | KAJIAN PENELITIAN MUTAKHIR BAHASA | 3.00 | |
8800103156 | KAJIAN PENELITIAN MUTAKHIR PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA | 3.00 | |
8800103154 | KAJIAN PENELITIAN MUTAKHIR SASTRA | 3.00 | |
8800104147 | LANGUAGE AND LITERATURE EDUCATION SEMINAR 2 | 4.00 | |
8800108148 | PROPOSAL PENELITIAN | 8.00 | |
8800108151 | RESEARCH INSTRUMENTS | 8.00 | |
8800108149 | RESEARCH PROPOSAL | 8.00 | |
8800103157 | REVIEW OF RECENT LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING RESEARCH | 3.00 | |
8800103153 | REVIEW OF RECENT LANGUAGE RESEARCH | 3.00 | |
8800103155 | REVIEW OF RECENT LITERATURE RESEARCH | 3.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Bila dihitung sejak penerbitan SK Dirjen Dikti Nomor 1443/D/T/2003, program studi ini telah memberlakukan tiga kurikulum, yaitu Kurikulum 1999, Kurikulum 2010, dan Kurikulum 2017. Kurikulum 1999 dan 2010 berbasis konten dengan perbedaan pada Kurikulum 2010 dilakukan spesifikasi konsentrasi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Daerah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Asing. Berbeda dengan dua kurikulum sebelumnya, Kurikulum 2017 berbasis kompetensi/kualifikasi. Kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum, yakni kurikulum perlu dievaluasi secara secara berkala berdasarkan prinsip relevansi, fleksibilitas, keberlanjutan, efisiensi dan efektivitas. Hasil penelusuran alumni (tracer study), masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), pakar pendidikan bahasa dan sastra, serta asosiasi profesi, juga menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi kurikulum. Selain itu, pengembangan kurikulum juga memperhatikan berbagai hal, antara lain:.
- KKNI
- Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang “Standar Nasional Pendidikan Tinggi”).
- Kecakapan abad ke-21 (literasi dasar, kompetensi, karakter)
- Perkembangan dinamika masyarakat global
- Era revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0.
- Teknologi Informasi.
Berdasarkan hal inilah kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman.
Rekap CPL Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | CPL13 | CPL14 | CPL15 | CPL16 | |||
Filsafat Ilmu Pendidikan Bahasa-Sastra | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||
Close Dissertation | 9 | 10% | 10% | 20% | 10% | 20% | 10% | 20% | 100 % | ||||||
Disertasi | 9 | 10% | 15% | 15% | 15% | 25% | 5% | 15% | 100 % | ||||||
Disertasi Terbuka | 9 | 20% | 10% | 20% | 10% | 30% | 10% | 100 % | |||||||
Advanced Quantitative Research Methodology | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Recent Language and Literature Learning Research | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||||
Language and Literature Education Seminar | 3 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | ||||||||||
Proposal Penelitian | 3 | 42.86% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||||||
Dissertation-Supporting Subject 2 | 2 | 10.26% | 10.26% | 5.13% | 10.26% | 2.56% | 10.26% | 10.26% | 2.56% | 7.69% | 10.26% | 10.26% | 10.26% | 100 % | |
Seminar Hasil Penelitian | 5 | 10% | 10% | 20% | 10% | 20% | 10% | 20% | 100 % | ||||||
Disertasi Tertutup | 9 | 8.33% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 8.33% | 16.67% | 100 % | ||||||
Philosophy of Language-Literature Pedagogy | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||||
Linguistik Edukasional | 2 | 60% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||||
Research Proposal | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||
Open Dissertation | 9 | 20% | 10% | 20% | 10% | 30% | 10% | 100 % | |||||||
Sastra dalam Pendidikan | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||
Dissertation-Supporting Subject 1 | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||||
publication | 5 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Publikasi | 5 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
SEMINAR OF RESEARCH FINDINGS | 5 | 10% | 10% | 20% | 10% | 20% | 10% | 20% | 100 % | ||||||
Dissertation | 9 | 10% | 15% | 15% | 15% | 25% | 5% | 15% | 100 % | ||||||
Advanced Qualitative Research Methodology | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||
Metodologi Penelitian Kualitatif Lanjut | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||||
Metodologi Penelitian Kuantitatif Lanjut | 3 | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||
Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra | 3 | 30% | 40% | 30% | 100 % | ||||||||||
Disertasi | 24 | 9.76% | 9.76% | 7.32% | 14.63% | 17.07% | 19.51% | 9.76% | 12.2% | 100 % | |||||
Seminar on Language and Literature Education | 4 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | ||||||||||
Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra | 4 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | ||||||||||
Pedagogi Pembelajaran Bahasa dan Sastra | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||
Mata Kuliah Penunjang Disertasi 2 | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Mata Kuliah Penunjang Disertasi 1 | 2 | 37.5% | 12.5% | 50% | 100 % | ||||||||||
Language and Literature Learning Pedagogy | 3 | 12.5% | 25% | 25% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||||||
Recent Literature Research | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||
Sastra dalam Pendidikan | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||
Advanced Research Methodology | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||
Educational Linguistics | 3 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||||
Proposal Disertasi | 5 | 22.22% | 33.33% | 44.44% | 99.99 % | ||||||||||
Literature in Education | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||
Linguistik Edukasional | 3 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | |||||||||
Philosophy of Language-Literature Pedagogy | 3 | 36.36% | 36.36% | 18.18% | 9.09% | 99.99 % | |||||||||
Metode Penelitian Lanjut | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||||
Language and Literature Education Seminar 1 | 4 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | ||||||||||
Filsafat Ilmu Pendidikan Bahasa-Sastra | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||
Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra 1 | 4 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | ||||||||||
Dissertation Proposal | 5 | 22.22% | 33.33% | 44.44% | 99.99 % | ||||||||||
Review of Recent Language and Literature Learning Research | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved