•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Tanggal Berdiri  :  3 Oktober 2023
Koordinator Program Studi  :  Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan
  2. Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan
  4. Menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan
  5. Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan jasmani dengan karakter yang tangguh, adaptif, dan inovatif serta berjiwa kewirausahaan.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian yang inovatif dan adaptif di bidang pendidikan jasmani guna berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan jasmani.
  3. Meningkatkan peran pengabdian kepada masyarakat melalui penyebaran dan implementasi inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan.
  4. Mewujudkan tata kelola program studi yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, dengan berfokus pada peningkatan mutu secara berkelanjutan.
  5. Membangun dan memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.

Nilai_dasar
  1. (Tangguh) Membangun kekuatan karakter yang kokoh dan daya juang yang tinggi dalam menghadapi tantangan di bidang pendidikan jasmani.
  2. (Adaptif) Mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan tuntutan perubahan di dunia pendidikan jasmani secara fleksibel dan responsif.
  3. (Inovatif) Menjunjung tinggi semangat inovasi untuk menciptakan solusi baru, memperbaiki proses, dan mengembangkan metode yang relevan dalam pendidikan jasmani.
  4. (Kewirausahaan) Mendorong pengembangan jiwa kewirausahaan, kreativitas, dan kemandirian dalam berbagai aspek pendidikan jasmani, baik dalam penelitian, pengabdian masyarakat, maupun pembelajaran.
  5. (Integritas) Menjaga kejujuran, profesionalisme, dan etika dalam setiap aspek akademik, penelitian, pengabdian, dan tata kelola program studi.
  6. (Kolaborasi) Mengedepankan semangat kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar institusi, untuk mencapai tujuan yang lebih besar dalam bidang pendidikan jasmani.
  7. (Akuntabilitas) Bertanggung jawab dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian, dan tata kelola, dengan prinsip transparansi dan dapat dipertanggungjawabkan secara etis dan akademis.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif (P2)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas (P3)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu menerapkan teknologi dalam pembelajaran pendidikan jasmani (P4)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga (P5)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan (KK2)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
  • Guru PJOK

    Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan.

  • Praktisi

    Asisten peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendisimilasikan hasil penelitian.

  • Enterpreneur/wirausaha

    Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani yang kreatif dan inovatif. 

  • Peneliti

    Asisten peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendisimilasikan hasil penelitian.


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PSDKU Kampus Unesa 5 di Magetan)

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
8520802005 Anatomi 2.00
8520803064 Atletik 3.00
1000002005 Dasar-Dasar Pendidikan 2.00
1000002046 Literasi Digital 2.00
8520802004 Pencak Silat 2.00
8520802065 Renang 2.00
8520802067 Senam 2.00
8520803066 Sepakbola 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002003 Bahasa Indonesia 2.00
8520802030 Biomekanik Olahraga 2.00
8520802068 Bolabasket 3.00
8520802069 Bolavoli 3.00
8520802011 Bulutangkis 2.00
8520802008 Fisiologi Olahraga 2.00
1000002018 Pancasila 2.00
8520802012 Softball 2.00
8520802046 Sosiologi Olahraga 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002177 Bahasa Inggris 2.00
8520802070 Belajar Motorik 2.00
8520802037 Bola Tangan 2.00
8520802053 Fitness Dan Spa Therapi 2.00
8520802039 Futsal 2.00
8520802038 Hoki 2.00
8520802013 Ilmu Gizi Olahraga 2.00
8520802041 Judo 2.00
8520802048 Jurnalistik Olahraga 2.00
8520802043 Karate 2.00
8520802022 Masase Olahraga 2.00
8520802040 Panahan 2.00
8520802026 Pencegahan Dan Perawatan Cidera Olahraga 2.00
8520802063 Pentaque 2.00
8520802071 Permainan Kecil 2.00
8520802042 Sepak Takraw 2.00
8520802035 Tenis Lapangan 2.00
8520802007 Tenis Meja 2.00
8520802015 Teori Belajar 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520802033 Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran 2.00
8520802023 Kurikulum Sekolah 2.00
8520803018 Metodologi Penelitian 3.00
8520802055 Pembelajaran Atletik 2.00
8520802034 Pembelajaran Mikro 2.00
8520802016 Pembelajaran Renang 2.00
8520802073 Pembelajaran Senam 2.00
8520802032 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8520802072 Perencanaan Pembelajaran 2.00
8520802031 Statistik 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
MBKM0033 Asistensi Mengajar Evaluasi Program 2.00
MBKM0002 Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat 4.00
MBKM0003 Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program 4.00
MBKM0004 Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program 3.00
MBKM0005 Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan 3.00
MBKM0006 Asistensi Mengajar Perancangan Program 3.00
MBKM0034 Asistensi Mengajar Perencanaan Program 2.00
MBKM0043 Bela Negara Evaluasi Program 3.00
MBKM0044 Bela Negara Pelaksanaan Program 4.00
MBKM0045 Bela Negara Pendesiminasian Program 3.00
MBKM0046 Bela Negara Pengembangan Laporan 3.00
MBKM0047 Bela Negara Pengembangan Perangkat 4.00
MBKM0048 Bela Negara Perancangan Program 3.00
MBKM0031 Plp Evaluasi Program 2.00
MBKM0037 Proyek Desa Evaluasi Program 2.00
MBKM0038 Proyek Desa Perencanaan Program 2.00
MBKM0013 Proyek Di Desa Evaluasi Program 3.00
MBKM0014 Proyek Di Desa Pelaksanaan Program 4.00
MBKM0015 Proyek Di Desa Pendesiminasian Program 3.00
MBKM0016 Proyek Di Desa Pengembangan Laporan 3.00
MBKM0017 Proyek Di Desa Pengembangan Perangkat 4.00
MBKM0018 Proyek Di Desa Perancangan Program 3.00
MBKM0025 Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program 3.00
MBKM0026 Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program 4.00
MBKM0027 Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian Program 3.00
MBKM0028 Proyek Kemanusiaan Pengembangan Laporan 3.00
MBKM0029 Proyek Kemanusiaan Pengembangan Perangkat 4.00
MBKM0030 Proyek Kemanusiaan Perancangan Program 3.00
MBKM0040 Proyek Kemanusiaan Perencanaan Program 2.00
MBKM0049 Riset Evaluasi Program 2.00
MBKM0050 Riset Perencanaan Program 2.00
1000002104 Seminar Proposal Tugas Akhir 2.00
MBKM0041 Studi Independen Evaluasi Program 2.00
MBKM0020 Studi Independen Pelaksanaan Program 4.00
MBKM0021 Studi Independen Pendesiminasian Program 3.00
MBKM0022 Studi Independen Pengembangan Laporan 3.00
MBKM0023 Studi Independen Pengembangan Perangkat 4.00
MBKM0024 Studi Independen Perancangan Program 3.00
MBKM0042 Studi Independen Perencanaan Program 2.00
MBKM0007 Wirausaha Evaluasi Program 3.00
MBKM0008 Wirausaha Pelaksanaan Program 4.00
MBKM0009 Wirausaha Pendesiminasian Program 3.00
MBKM0010 Wirausaha Pengembangan Laporan 3.00
MBKM0011 Wirausaha Pengembangan Perangkat 4.00
MBKM0012 Wirausaha Perancangan Program 3.00
MBKM0036 Wirausaha Perencanaan Program 2.00

Semester ke 6

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520802052 Administrasi Dan Sistem Pertandingan 2.00
8520802027 Ilmu Kepelatihan Dasar 2.00
1000002176 Kewirausahaan 2.00
8520802074 Olaharaga Adaptif 2.00
8520802021 Pendidikan Kesehatan Sekolah 2.00
8520802075 Teknologi Pembelajaran 2.00
8520802061 Tes Dan Pengukuran Pendidikan Jasmani 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000004105 Tugas Akhir 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13
Pencak Silat 2 30% 10% 30% 30% 100 %
Anatomi 2 11.11% 13.89% 19.44% 11.11% 27.78% 16.67% 100 %
Sepakbola 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Renang 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Senam 2 11.11% 16.67% 25% 33.33% 13.89% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Filosofi 

Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat. 

Landasan Sosiologis 

Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga   pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa. 

 

Landasan Historis 

Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.

Landasan Hukum 

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586); 

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336); 

3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); 

4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi; 

5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; 

6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi; 

7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;