Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan) |
Tanggal Berdiri | : | 3 Oktober 2023 |
Koordinator Program Studi | : | Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.Misi
- Menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan
- Menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan
- Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan jasmani dengan karakter yang tangguh, adaptif, dan inovatif serta berjiwa kewirausahaan.
- Meningkatkan kualitas penelitian yang inovatif dan adaptif di bidang pendidikan jasmani guna berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan jasmani.
- Meningkatkan peran pengabdian kepada masyarakat melalui penyebaran dan implementasi inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan.
- Mewujudkan tata kelola program studi yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, dengan berfokus pada peningkatan mutu secara berkelanjutan.
- Membangun dan memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.
Nilai_dasar
- (Tangguh) Membangun kekuatan karakter yang kokoh dan daya juang yang tinggi dalam menghadapi tantangan di bidang pendidikan jasmani.
- (Adaptif) Mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan tuntutan perubahan di dunia pendidikan jasmani secara fleksibel dan responsif.
- (Inovatif) Menjunjung tinggi semangat inovasi untuk menciptakan solusi baru, memperbaiki proses, dan mengembangkan metode yang relevan dalam pendidikan jasmani.
- (Kewirausahaan) Mendorong pengembangan jiwa kewirausahaan, kreativitas, dan kemandirian dalam berbagai aspek pendidikan jasmani, baik dalam penelitian, pengabdian masyarakat, maupun pembelajaran.
- (Integritas) Menjaga kejujuran, profesionalisme, dan etika dalam setiap aspek akademik, penelitian, pengabdian, dan tata kelola program studi.
- (Kolaborasi) Mengedepankan semangat kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar institusi, untuk mencapai tujuan yang lebih besar dalam bidang pendidikan jasmani.
- (Akuntabilitas) Bertanggung jawab dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian, dan tata kelola, dengan prinsip transparansi dan dapat dipertanggungjawabkan secara etis dan akademis.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-5 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1)
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-6 | Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif (P2)
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-7 | Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas (P3)
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-8 | Mampu menerapkan teknologi dalam pembelajaran pendidikan jasmani (P4)
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-9 | Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga (P5)
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-10 | Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1)
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-11 | Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan (KK2)
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-12 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-13 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
- Guru PJOK
Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan.
- Praktisi
Asisten peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendisimilasikan hasil penelitian.
- Enterpreneur/wirausaha
Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani yang kreatif dan inovatif.
- Peneliti
Asisten peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendisimilasikan hasil penelitian.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PSDKU Kampus Unesa 5 di Magetan)
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8520802005 | ANATOMI | 2.00 | |
8520803064 | ATLETIK | 3.00 | |
1000002005 | DASAR-DASAR PENDIDIKAN | 2.00 | |
8520802004 | PENCAK SILAT | 2.00 | |
8520802065 | RENANG | 2.00 | |
8520802067 | SENAM | 2.00 | |
8520803066 | SEPAKBOLA | 3.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
8520802030 | BIOMEKANIK OLAHRAGA | 2.00 | |
8520802068 | BOLABASKET | 3.00 | |
8520802069 | BOLAVOLI | 3.00 | |
8520802011 | BULUTANGKIS | 2.00 | |
8520802008 | FISIOLOGI OLAHRAGA | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
8520802046 | SOSIOLOGI OLAHRAGA | 2.00 | |
8520802012 | SOFTBALL | 2.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
8520802070 | BELAJAR MOTORIK | 2.00 | |
8520802037 | BOLA TANGAN | 2.00 | |
8520802053 | FITNESS DAN SPA THERAPI | 2.00 | |
8520802039 | FUTSAL | 2.00 | |
8520802038 | HOKI | 2.00 | |
8520802013 | ILMU GIZI OLAHRAGA | 2.00 | |
8520802041 | JUDO | 2.00 | |
8520802048 | JURNALISTIK OLAHRAGA | 2.00 | |
8520802043 | KARATE | 2.00 | |
8520802040 | PANAHAN | 2.00 | |
8520802026 | PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CIDERA OLAHRAGA | 2.00 | |
8520802063 | PENTAQUE | 2.00 | |
8520802071 | PERMAINAN KECIL | 2.00 | |
8520802042 | SEPAK TAKRAW | 2.00 | |
8520802035 | TENIS LAPANGAN | 2.00 | |
8520802007 | TENIS MEJA | 2.00 | |
8520802015 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
8520802022 | MASASE OLAHRAGA | 2.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520802033 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8520803018 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
8520802055 | PEMBELAJARAN ATLETIK | 2.00 | |
8520802016 | PEMBELAJARAN RENANG | 2.00 | |
8520802073 | PEMBELAJARAN SENAM | 2.00 | |
8520802032 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 2.00 | |
8520802072 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8520802031 | STATISTIK | 2.00 | |
8520802023 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
8520802034 | PEMBELAJARAN MIKRO | 2.00 |
Semester ke 5
Semester ke 6
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020149 | PERANCANGAN PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) | 4.00 | |
1000002051 | PLP-ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
1000002055 | PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002049 | PLP-MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000003053 | PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
1000004056 | PLP-PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 | |
1000002054 | PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002050 | PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
1000003052 | PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 | |
MBKM0032 | PLP PERENCANAAN PROGRAM | 2.00 |
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520802027 | ILMU KEPELATIHAN DASAR | 2.00 | |
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
8520802074 | OLAHARAGA ADAPTIF | 2.00 | |
8520802021 | PENDIDIKAN KESEHATAN SEKOLAH | 2.00 | |
8520802075 | TEKNOLOGI PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8520802061 | TES DAN PENGUKURAN PENDIDIKAN JASMANI | 2.00 | |
8520802052 | ADMINISTRASI DAN SISTEM PERTANDINGAN | 2.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | CPL13 | |||
Pencak Silat | 2 | 6.12% | 24.49% | 14.29% | 26.53% | 6.12% | 22.45% | 100 % | |||||||
Bulutangkis | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Anatomi | 2 | 11.11% | 13.89% | 19.44% | 11.11% | 27.78% | 16.67% | 100 % | |||||||
Sosiologi Olahraga | 2 | 4.17% | 54.17% | 25% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Fisiologi Olahraga | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||
Atletik | 3 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||||
Sepakbola | 3 | 8.33% | 16.67% | 33.33% | 8.33% | 8.33% | 25% | 99.99 % | |||||||
Renang | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Senam | 2 | 11.11% | 16.67% | 25% | 33.33% | 13.89% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Filosofi
Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat.
Landasan Sosiologis
Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa.
Landasan Historis
Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.
Landasan Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved