Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa |
Tanggal Berdiri | : | 31 Juli 1984 |
Koordinator Program Studi | : | Latif Nur Hasan, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa menjadi Program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, serta inovatif dalam bidang ilmu bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Jawa secara keilmuan dan praktik pembelajaran yang kolaboratif, ramah, empatik, adaptif, tangguh, inovatif, fleksibel (KREATIF) berdasarkan kearifan lokal dan berwawasan global berbasis kewirausahaan.
- Melaksanakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
- Menyelenggarakan Pengabdian masyarakat dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
- Menyelenggarakan kegiatan tridarma perguruan tinggi melalui sistem multi kampus secara sinergis, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Unesa dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa.
- Menyelenggarakan kerjasama secara nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan dalam ilmu kependidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa yang berkarakter kolaboratif, ramah, empatik, adaptif, tangguh, inovatif, fleksibel (KREATIF) dan berjiwa kewirausahaan;
- Menghasilkan inovasi yang berkualitas dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa yang berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa yang berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Menghasilkan karya yang unggul, berkualitas, serta inovatif dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-5 | Menguasai konsep teoritis bahasa, sastra, budaya Jawa serta metode penelitiannya;
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-6 | Menguasai konsep teoritis pembelajaran bahasa Jawa dengan memanfaatkan teknologi informasi;
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-7 | Terampil berbahasa Jawa lisan dan tulis dalam aksara Jawa dan Latin sesuai kaidah;
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-8 | Mampu mengapresiasi, menilai, dan mencipta karya sastra Jawa modern dan klasik sesuai dengan struktur dan kaidah genre sastra;
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-9 | Terampil menerapkan konsep budaya berdasarkan pemahaman tradisi Jawa yang berwawasan kearifan lokal;
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-10 | Mampu menerapkan teknik penyiaran, penyuntingan, dan jurnalistik dalam bahasa Jawa sesuai kaidah;
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-11 | Mampu menerapkan teori pembelajaran bahasa Jawa dengan memanfaatkan teknologi informasi;
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-12 | Mampu melakukan penelitian bahasa, sastra, budaya Jawa, dan pembelajarannya sesuai dengan konsep metode ilmiah;
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik pemula bahasa Jawa
Pendidik/guru pemula bahasa Jawa jenjang pendidikan dasar dan menengah (SMA/MA/SMK, SMP/MTs, SD/MI) dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
- Asisten peneliti bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa
Asisten peneliti yang mengkaji permasalahan bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa
- Praktisi bidang bahasa, sastra, budaya Jawa
Praktisi bidang bahasa (pewara, penyunting, penyuluh, jurnalis, dll.)
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa 2024--2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8820202067 | MENULIS JAWA | 2.00 | |
8820202090 | PENGANTAR LINGUISTIK | 2.00 | |
8820202199 | SENI KARAWITAN | 2.00 | |
8820202195 | SENI TEMBANG DOLANAN | 2.00 | |
8820202185 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
8820202168 | TEORI SASTRA JAWA | 2.00 | |
1000002048 | DASAR -DASAR KEPENDIDIKAN | 2.00 | |
8820202194 | FILOLOGI | 2.00 | |
8820202069 | MENYIMAK JAWA | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820202186 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
8820202065 | MEMBACA JAWA | 2.00 | |
8820202081 | MORFOLOGI BAHASA JAWA | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
8820202198 | SENI TEMBANG MACAPAT | 2.00 | |
8820202008 | APRESIASI PROSA JAWA | 2.00 | |
8820202009 | APRESIASI PUISI JAWA | 2.00 | |
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
8820202042 | FOLKLOR JAWA | 2.00 | |
8820202044 | FONOLOGI BAHASA JAWA | 2.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
8820202056 | KRITIK SASTRA JAWA | 2.00 | |
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
8820202187 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF | 2.00 | |
8820202122 | SASTRA JAWA KUNA | 2.00 | |
8820202125 | SASTRA JAWA PESISIRAN | 2.00 | |
8820202138 | SINTAKSIS BAHASA JAWA | 2.00 | |
8820202003 | ANALISIS WACANA BAHASA JAWA | 2.00 | |
8820202005 | APRESIASI PEWAYANGAN | 2.00 | |
8820202019 | BERBICARA JAWA | 2.00 | |
8820202202 | JURNALISTIK JAWA | 2.00 | |
8820202201 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 2.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820202188 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8820203197 | METODE PENELITIAN | 3.00 | |
8820202145 | SOSIOLINGUISTIK BAHASA JAWA | 2.00 | |
8820202146 | SOSIOLOGI SASTRA | 2.00 | |
8820202148 | STATISTIK | 2.00 | |
8820202163 | TELAAH NASKAH LAMA | 2.00 | |
8820202203 | TRADISI JAWA | 2.00 | |
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
8820202190 | KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO | 2.00 | |
8820202129 | SEMANTIK BAHASA JAWA | 2.00 |
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah- Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (34 SKS)
- Paket Matakuliah Bela Negara (20 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (20 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (20 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (20 SKS)
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 |
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820220225 | ANALISIS PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 | |
8820204231 | ASISTENSI MENGAJAR DESAIN PROGRAM | 4.00 | |
8820204233 | ASISTENSI MENGAJAR IMPLEMENTASI PROGRAM | 4.00 | |
8820204232 | ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN PROGRAM | 4.00 | |
1000020113 | EVALUASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 2.00 | |
8820204230 | ASISTENSI MENGAJAR ANALISIS PROGRAM | 4.00 | |
8820220223 | DESAIN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 | |
8820220216 | IMPLEMENTASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 | |
8820220228 | PENGEMBANGAN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 |
Matakuliah Bela Negara
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020169 | PERENCANAAN PROGRAM BELA NEGARA | 2.00 | |
8820220214 | DESAIN PROGRAM BELA NEGARA | 4.00 | |
1000020148 | EVALUASI PROGRAM BELA NEGARA | 2.00 | |
8820220208 | PENGEMBANGAN PROGRAM BELA NEGARA | 4.00 | |
8820220218 | ANALISIS PROGRAM BELA NEGARA | 4.00 | |
8820220222 | IMPLEMENTASI PROGRAM BELA NEGARA | 4.00 |
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820202220 | KEBHINEKAAN LOKAL | 2.00 | |
8820202216 | PELAKSANAAN PELATIHAN BAHASA | 3.00 | |
1000020175 | EVALUASI PROGRAM PROYEK DI DESA | 2.00 | |
8820202217 | PELAKSANAAN PELATIHAN BUDAYA | 3.00 | |
8820203218 | PELAKSANAAN PELATIHAN SASTRA | 3.00 | |
8820202223 | PENGEMBANGAN LAPORAN PROGRAM PROYEK DESA BAHASA JAWA | 2.00 | |
8820203219 | PENGUATAN TRADISI | 3.00 | |
1000020168 | PERENCANAAN PROGRAM PROYEK DI DESA | 2.00 |
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020166 | PERENCANAAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 2.00 | |
8820220217 | ANALISIS PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
8820220206 | DESAIN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
1000020118 | EVALUASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 2.00 | |
8820220219 | IMPLEMENTASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
8820220220 | PENGEMBANGAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 |
Matakuliah Studi Independen
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020173 | PERENCANAAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN | 2.00 | |
8820220207 | DESAIN PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 | |
8820220211 | IMPLEMENTASI PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 | |
1000020123 | EVALUASI PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 2.00 | |
8820220215 | PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 | |
8820220209 | ANALISIS PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 |
Matakuliah Wirausaha
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020128 | EVALUASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
8820204229 | IMPLEMENTASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN | 4.00 | |
8820220213 | DESAIN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN | 4.00 | |
8820220227 | ANALISIS PROGRAM KEWIRAUSAHAAN | 4.00 | |
1000020167 | PERENCANAAN PROGRAM WIRAUSAHA | 2.00 | |
8820220224 | PENGEMBANGAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN | 4.00 |
Semester ke 6
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002055 | PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002049 | PLP-MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000003053 | PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
1000002054 | PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002050 | PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
1000003052 | PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 | |
1000004056 | PLP-PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 | |
1000002051 | PLP-ANALISIS KURIKULUM | 2.00 |
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820202032 | DIALEKTOLOGI | 2.00 | |
8820202034 | DRAMATURGI JAWA | 2.00 | |
8820202211 | GENDING JAWA | 2.00 | |
8820202060 | LEKSIKOGRAFI JAWA | 2.00 | |
8820208206 | LINGUISTIK HISTORIS KOMPARATIF | 2.00 | |
8820202062 | LINGUISTIK TERAPAN JAWA | 2.00 | |
8820202214 | PENULISAN KREATIF SASTRA | 2.00 | |
8820202103 | PRAGMATIK BAHASA JAWA | 2.00 | |
8820202215 | PRANATACARA | 2.00 | |
8820202114 | PSIKOLOGI SASTRA JAWA | 2.00 | |
8820202212 | SASTRA ANAK JAWA | 2.00 | |
8820202117 | SASTRA BANDINGAN | 2.00 | |
8820202151 | STILISTIKA JAWA | 2.00 | |
8820202010 | ARAB PEGON | 2.00 | |
8820202210 | KEARIFAN LOKAL | 2.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 | |
1000002104 | SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Berdasarkan adanya Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Unesa menyelenggarakan acara Sosialisasi dan Perumusan Merdeka Belajar di Kampus Merdeka dengan mengusung tema “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Kampus Merdeka”, diperoleh tiga pilar dalam kampus merdeka sesuai dengan pesan kunci Mendikbud. Pilar 1, dosen adalah penggerak, harus profesional dan inovatif. Pilar 2, perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Pilar 3, konsolidasi kebijakan. dimana kampus merdeka memiliki 4 kebijakan utama, yaitu pembukaan prodi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri badan hukum, serta hak belajar tiga semester di luar program studi. Sehingga unesa mengadakan program magang atau praktik kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independent, serta proyek kemanusiaan. “Pengembangan kurikulum merdeka belajar ini tidak hanya mengedukasi dosen, tapi mahasiswa juga perlu tau, agar dapat dipersiapkan dari awal. Sehingga kurikulum merdeka belajar program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa dirancang untuk memberikan kemerdekaan mahasiswa pada semester lima untuk memilihn progra perkuliahan. prinsip merdeka belajar ini sangat bagus karena bertujuan memberikan pengalaman belajar di luar prodi dan capaian pembelajaran. Kurikulum merdeka belajar yang rencananya akan diterapkan pada semester gasal 2020/2021 ini akan diberlakukan pada mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Mengusung model 512 serta pola perkuliahan 4121 atau 42a12b1. Nantinya akan dilakukan kompres, penghilangan mata kuliah yang tidak relevan, penggabungan mata kuliah yang bergayut, pengurangan bobot sks mata kuliah, penambahan total sks lulusan (144-150), pemunculan mata kuliah baru, dan lain sebagainya.
Tracer Study
Berdasarkan analisa data yang dilakukan pada hasil survey, diketahui bahwasannya metode pembelajaran yang dianggap responden paling bermanfaat serta berperan dalam kehidupan karier mereka saat ini adalah Metode Diskusi. Metode diskusi mendapatkan nilai rerata tertinggi yaitu 4.4, sedangkan nilai terendah ada pada Metode Partisipasi dalam Proyek Riset yang mendapatkan nilai rerata 3.53. Dimasa yang akan datang, hendaknya metode-metode pembelajaran yang dinilai kurang memiliki peranan dalam masa depan alumni dapat ditinjau ulang dan dioptimalkan, sehingga alumni dapat memperoleh manfaat yang maksimal. Adapun 3 metode yang mendapatkan rerata terendah adalah Metode Magang, Metode Demostrasi, dan Metode Partisipai dalam Proyek Riset.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | |||
Sastra Jawa Pesisiran | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | |||||||||
Menulis Jawa | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Pengantar Linguistik | 2 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Dramaturgi Jawa | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Sosiologi Sastra Jawa | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Sosiolinguistik Bahasa Jawa | 2 | 16.67% | 66.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Teori Sastra Umum | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Teori Belajar | 2 | 25% | 75% | 100 % | ||||||||||
Linguistik Terapan Jawa | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Dasar-Dasar Berbicara Jawa | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Dasar-Dasar Membaca Jawa | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Apresiasi Puisi Jawa | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||||
Bahasa Kawi | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Folklor Jawa | 2 | 28.57% | 57.14% | 14.29% | 100 % | |||||||||
Arab Pegon | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
Menyimak Jawa | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Seni Tembang III | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Perencanaan Pembelajaran Inovatif | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Metode Penelitian Pendidikan | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||
Penulisan Kreatif Sastra | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Pranatacara | 2 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||
Linguistik Historis Komparatif | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Menulis Aksara Jawa | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Membaca Aksara Jawa | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Linguistik Jawa | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Kearifan Lokal | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Gending Jawa | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Sastra Anak Jawa | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Sastra Jawa Modern | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Filologi | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Penulisan Karya Ilmiah | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Sastra Bandingan | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Seni Tembang II | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Seni Karawitan II | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Sintaksis Bahasa Jawa II | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Pembelajaran Inovatif | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Berbicara Jawa | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Sastra Jawa Klasik | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Membaca Jawa | 2 | 60% | 20% | 20% | 100 % | |||||||||
Kritik Sastra Jawa | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Apresiasi Pewayangan | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Pragmatik Bahasa Jawa | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | |||||||||
Statistik | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Dialektologi | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Morfologi Bahasa Jawa | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Tradisi Jawa I | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Analisis Wacana Bahasa Jawa | 2 | 25% | 12.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Assesmen Proses dan Hasil Belajar | 3 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Pembelajaran Sastra Anak Jawa | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Kebudayaan Jawa | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Stilistika Jawa | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Teori Sastra Jawa | 2 | 42.86% | 14.29% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Kewirausahaan | 2 | 33.33% | 50% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Telaah Naskah Lama | 2 | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 36.36% | 27.27% | 99.99 % | ||||||
Semantik Bahasa Jawa | 2 | 16.67% | 16.67% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Filologi II | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Leksikografi | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Apresiasi Prosa Jawa | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Fonologi Bahasa Jawa | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||||
Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||||
Jurnalistik Jawa | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Tradisi Jawa | 2 | 16.67% | 66.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Telaah Kurikulum Sekolah | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Seni Tembang Dolanan | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Seni Karawitan | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Metode Penelitian | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Seni Tembang Macapat | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Sintaksis Bahasa Jawa | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Dasar-Dasar Menulis Jawa | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Sastra Jawa Kuna | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Apresiasi Prosa dan Puisi Jawa | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Morfologi Bahasa Jawa II | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Psikologi Sastra Jawa | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Seni Tembang I | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Leksikografi Jawa | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Sosiologi Sastra | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
Tradisi Jawa II | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Media Pembelajaran | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Filsafat Ilmu | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Sintaksis Bahasa Jawa I | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Analisis Program Bela Negara | 4 | 44.44% | 55.56% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Filosofis
Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan filsafat terkait makna atau hakikat pendidikan. Beberapa filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk menunjang pencapaian visi dan misi. Pengembangan kurikulum UNESA menganut filosofi eklektik, yaitu memperhatikan kelebihan dari landasan filosofi-filosofi yang sesuai (Akinsanya, 2014) untuk pencapaian visi UNESA sebagai universitas kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan.
Sosiologis
Landasan sosiologis mengarahkan kajian pengembangan kurikulum dikaitkan dengan kondisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Landasan ini digunakan karena mahasiswa berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan dalam lingkungan masyarakat, dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula. Perubahan dan perkembangan nilai yang ada di masyarakat akan mempengaruhi tatanan kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kurikulum harus dapat menjawab tantangan, tuntutan, dan perkembangan masyarakat baik lokal maupun global sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum yang dikembangkan.
Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, kurikulum UNESA dikembangkan berdasarkan kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Indonesia juga merupakan bangsa yang besar dengan kemajemukan budaya, maka kurikulum ini perlu mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Perkembangan budaya dengan kearifan lokal tempat UNESA tumbuh dan berkembang menjadi ciri khas yang menampilkan karakteristik UNESA sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas. Di samping itu, kurikulum UNESA juga mempertimbangkan perkembangan masyarakat global sehingga para lulusannya diharapkan mampu untuk berkolaborasi dan berkompetisi di level internasional.
Psikologis
Landasan psikologis adalah landasan berdasarkan kondisi karakteristik pembelajaran (Slavin, 2006). Mengingat pentingnya aspek psikologis, pengembangan kurikulum perlu mengakomodasi kondisi peserta didik agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Mahasiswa UNESA secara psikologis berada pada tahap berpikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnya telah mencapai pascakonvensional (Kohlberg & Gilligan, 2014), dan tahap perkembangan sosial yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik yang khas. Untuk itu, kurikulum UNESA yang dikembangkan perlu memperhatikan tahap-tahap perkembangan psikologi mahasiswa. Di samping itu, mahasiswa merupakan individu yang berada dalam proses perkembangan yang bersifat dinamis sesuai dengan karakteristik dan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum UNESA perlu mencermati dinamika perkembangan tersebut untuk menghasilkan kurikulum yang membuat mahasiswa merasa nyaman dan terlayani untuk memperoleh hasil yang maksimal. Hal tersebut dapat diakomodasikan dalam bentuk implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan yakni pendalaman ilmu sebagai penguatan keilmuan dan kebebasan cara belajar sebagai bentuk penghargaan humanisasi dan demokratisasi belajar.
Melalui pendekatan pembelajaran heutagogy dan seamless learning, pengembangan kurikulum di UNESA akan dapat mendorong mahasiswa sebagai pebelajar dewasa yang bertanggungjawab secara mandiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya pembatasan-pembatasan terhadap subjek, ruang dan waktu belajar melalui pemanfaatan transformasi digital sehingga mampu melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat secara berkelanjutan.
Historis
Secara historis, pengembangan kurikulum UNESA berjalan searah dengan pengembangan lembaga yang diawali dari kursus guru B-I dan B-II pada tahun 1950-an, yang selanjutnya berkembang menjadi Akademi Pendidikan Guru hingga FKIP dan IKIP Surabaya. Pada perkembangan selanjutnya IKIP Surabaya berubah menjadi universitas sebagai perluasan mandat untuk mengembangkan program nonkependidikan di samping program kependidikan yang telah lama dilakukan. Dengan demikian pengembangan kurikulum
Kurikulum di UNESA mengalami perkembangan yang cukup dinamis. Perkembangan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku saat pengembangan kurikulum dilakukan. Misalnya ketika berlaku kurikulum bersifat nasional yang ditentukan oleh konsorsium pendidikan, kurikulum yang dihasilkan belum mengarah pada pencapaian visi dan misi UNESA. Ketika peraturan tentang pengembangan kurikulum berlaku, maka kurikulum mulai ditata sesuai dengan arah dan prosedur yang benar.
Berdasarkan landasan historis tersebut, proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Hal ini perlu dijadikan landasan untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku.
Yuridis
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada landasan hukum yang berlaku agar kurikulum yang dihasilkan memiliki keabsahan untuk diberlakukan. Daftar acuan landasan hukum dalam pengembangan kurikulum UNESA ini disajikan pada Bab I bagian D.
Berdasarkan uraian di atas, kurikulum di UNESA dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek, meliputi: visi, misi, dan tujuan UNESA, isu- isu terkait pengembangan sumber daya manusia dan perkembangan IPTEKS, serta landasan filosofis, sosiologis, psikologis, historis, dan yuridis.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved