•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Tanggal Berdiri  :  1 Agustus 2011
Koordinator Program Studi  :  Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Program Studi yang Bereputasi di Asia Tenggara dalam Bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran Tahun 2025


Misi
  1. Menyelenggarakan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan administrasi perkantoran.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian bidang pendidikan administrasi perkantoran dan keilmuan administrasi perkantoran.
  3. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kajian pendidikan administrasi perkantoran dan keilmuan administrasi perkantoran.
  4. Mengembangkan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran menjadi Good Department Governance untuk menjamin kepuasan stakeholder
  5. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan-kewirausahaan

Tujuan
  1. Memiliki kemampuan mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan dibidang pendidikan dan keilmuan Administrasi Perkantoran untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di dunia kerja
  2. Berkarakter profesional, beretika, bertanggung jawab dan mampu berkomunikasi baik tulis maupun lisan.
  3. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui penelitian dan pendidikan yang lebih tinggi.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 - 1 (S 1) Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menjalankan tugas
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 - 2 (S 2) Mampu menunjukkan sikap nasionalisme kepada bangsa dan Negara berdasarkan Pancasila.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 - 3 (S 3) Mampu menunjukkan sikap kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungan.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 - 4 (S 4) Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berkelompok.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 - 9 (KU 1) Mampu menentukan keputusan secara tepat dalam menyelesaikan permasalah di bidang keahliannya.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 - 10 (KU 2) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 - 11 (KU 3) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 - 12 (KK 1) Mampu memanfaatkan sumber belajar untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran administrasi perkantoran secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 - 13 (KK 2) Mampu menyusun perangkat pembelajaran administrasi perkantoran yang berbasis IPTEKS.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-14 - 14 (KK 3) Mampu merancang, mendesain, praktikum, melaksanakan dan analisis data untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibidang pendidikan dan keilmuan administrasi perkantoran serta mempublikasikan hasilnya.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-15 - 5 (P 1) Mampu mengaplikasikan dan menganalisis teori dan ilmu kependidikan dalam program pendidikan administrasi perkantoran
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-16 - 6 (P 2) Mampu mengaplikasikan dan menganalisis teori belajar dan pembelajaran dalam program pendidikan administrasi perkantoran
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-17 - 7 (P 3) Mampu mengaplikasikan dan menganalisis ilmu administrasi perkantoran dalam program pendidikan administrasi perkantoran
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-18 - 8 (P 4) Mampu menggunakan/mengaplikasikan konsep dan teori ilmu administrasi perkantoran dalam praktek perkantorannya.
Dibebankan pada matakuliah:

Struktur Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode Mata Kuliah SKS
8721003061 Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen 3.00
8721003126 Pengantar Teori Ekonomi 3.00
8721003055 Pengantar Akuntansi 3.00
8721002127 Dasar Kependidikan 2.00
8721003056 Pengantar Bisnis 3.00
Semester 2
Kode Mata Kuliah SKS
8721003046 Matematika Ekonomi 3.00
8721002135 Komunikasi Perkantoran 2.00
8721002136 Manajemen Sumber Daya Manusia 2.00
8721003130 Manajemen Perkantoran 3.00
8721002125 Teori Belajar 2.00
8721002131 Bahasa Inggris 2.00
Semester 3
Kode Mata Kuliah SKS
8721003123 Aplikasi Komputer 3.00
8721003091 Teknologi Perkantoran 3.00
8721002100 Kewirausahaan 2.00
8721002129 Statistika 2.00
8721002119 Kurikulum Sekolah 2.00
8721003139 Perilaku Organisasi 3.00
8721003029 Korespondensi Bahasa Indonesia 3.00
8721002128 Perencanaan Pembelajaran 2.00
8721003036 Manajemen Kearsipan 3.00
Semester 4
Kode Mata Kuliah SKS
8721003051 Metodologi Penelitian 3.00
8721003138 Manajemen Perbekalan 3.00
8721002134 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8721003030 Korespondensi Bhs. Inggris 3.00
8721002004 Analisa Sistem Administrasi 2.00
8721002137 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2.00
8721002133 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2.00
8721003080 Sistem Informasi Manajemen 3.00
Semester 5
Kode Mata Kuliah SKS
8721003142 Administrasi Ekspor Impor 3.00
8721002141 Manajemen Arsip Elektronik 2.00
8721002001 Administrasi Keuangan dan Perbankan 2.00
8721003024 Kesekretarisan 3.00
8721002018 Hubungan Masyarakat 2.00
8721002108 Praktik Kewirausahaan 2.00
8721003074 Praktik Administrasi Perkantoran 3.00
8721003140 Layanan Prima 3.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi Kurikulum

Evaluasi Kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran difokuskan pada pengukuran ketercapaian capaian pembelajaran program studi atau program learning outcome (PLO) setelah mahasiswa dinyatakan lulus. Aspek PLO yang dinilai meliputi 1) sikap, terdiri dari PLO-1 sampai dengan PLO-4; 2) pengetahuan, terdiri dari PLO-5 sampai dengan PLO-8; 3) keterampilan umum terdiri dari PLO-9 sampai dengan PLO-11, dan 4) keterampilan khusus terdiri dari PLO-12 sampai PLO-14. Hasil evaluasi kurikulum secara umum adalah sebagimana dalam grafik berikut.

Berdasarkan grafik ketercapaian PLO pada gambar 2, setiap PLO memiliki kriteria sangat baik (≥75), baik (≥60), memuaskan (≥50), buruk (≥40). Rata-rata pencapaian PLO Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi adalah 83,26% (sangat baik), 15,62% (baik), 0,40% (memuaskan), dan 0,73% (buruk). Dengan demikian, kesimpulannya, ketercapaian PLO di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sangat ideal mengingat kriteria sangat baik, yaitu melebihi 75%.

Tracer Study

Hasil tracer study menunjukkan bahwa 36,4% lulusan bekerja sebagai guru, dan 39,4% bekerja sebagai tenaga administrasi, dan selebihnya tersebar merata pada beberapa jenis pekerjaan seperti arsiparis, teller, tentor, tata usaha, staf HRD, eksport staf  dan customer service. Rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari lima bulan. Relevansi kompetensi dan kemampuan yang diperoleh selama perkuliahan dengan kebutuhan lingkungan kerja disajikan dari penilaian pengguna lulusan terhadap memiliki tingkat keeratan antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini, sebanyak 39,4%, responden menilai antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini adalah sangat erat, terdapat 21,2% Erat; dan 33,3% Cukup Erat, hal ini menunjukkan bahwa mayoritas menilai sangat erat antara bidang studi dengan bidang pekerjaan saat ini. Hasil tracer study tersedia di laporan tracer study.

Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Perancangan Kurikulum

  1.  Universitas Value
    Pengembangan kurikulum merupakan hak dan kewajiban masing-masing perguruan tinggi, namun demikian dalam pengembangan kurikulum perlu berlandaskan pada nilai, norma, peraturan dan perundangan yang berlaku. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 tentang KKNI yang dijabarkan dalam SN-DIKTI, elemen kurikulum program studi memuat empat elemen, yaitu (1)sikap, (2)keterampilan umum, (3)pengetahuan, dan (4)keterampilan khusus. Sikap yang ditumbuhkembangkan pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, selain disesuaikan dengan landasan kepribadian dan sikap perilaku berkarya sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 08 Tahun 2012, juga dikembangkan sejalan dengan Landasan filosofis, memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas pendidikan(Ornstein & Hunkins, 2014). Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum merupakan landasan yang berkaitan dengan bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat (Zais, 1976). Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme,romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihandan kekurangan berbagai landasan filosofi di atas, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosofi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa. Menurut pendekatan eklektik, kurikulum sebagai program pendidikan memiliki empat unsur, yaitu 1)komponen tujuan; 2)isi/materi; 3)proses pembelajaran; dan 4)komponen evaluasi (Zais, 1976). Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, pengembangan kurikulum atas keempat aspek tersebut harus didasarkan pada pemikiran yang mendalam logis, sistematis, komprehensif dengan bermuara pada pencapaian program studi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan administrasi perkantoran.
  2. Landasan Sosilogis
    Landasan sosiologis, memberikan landasan bagi pengembangan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan,materi, kegiatan belajar dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pembelajar yang relevan denganperkembangan personal dan sosial pembelajar (Ornstein & Hunkins, 2014, p. 128). Pengembangan kurikulum perlu dikaitkan dandisesuaikan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat tersebut.  Eksistensi kebudayaan lokal semakin terkikis di tengah terpaan pengaruh globalisasi. Hal ini sejalan dengan pendapat Plafreyman(2007) yang menyatakan bahwa masalah kebudayaan menjadi topik hangat di kalangan civitas academika di berbagai negara.Perguruan tinggi diharapkan mampu mengembangkan kurikulum yang memadukan antara kepentingan memajukan proses pembelajaran yang berorientasi kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan unsur keragaman budaya mahasiswa untuk menghasilkan capaian pembelajaran dengan kemampuan memahami keragaman budaya di tengah masyarakat, sehingga menghasilkan jiwa toleransi serta saling pengertian terhadap hadirnya suatu keragaman. Dengan kata lain, kurikulum yangdikembangkan harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya untuk menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat di era globalisasi serta melepaskan mahasiswa dari kungkungan tembok pembatas budayanya sendiri (capsulation) yang kaku, dan tidak menyadari kelemahan budayanya sendiri. Sebagai bagian bangsa yang besar dan memiliki kemajemukan dalam budaya maka kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran juga mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Namun demikian tidak dapat ditinggalkan pula budaya lokal tempat Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran tumbuh dan berkembang, hal ini akan menjadi ciri khas khusus yang menampilkan karakteristik Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas.
  3. Landasan  Historis       
    Pengembangan kurikulum diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai dengan zamannya. Secara historis,pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran berjalan dinamis searah dengan pengembangan lembaga seiring dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran dikembangkan untuk memfasilitasi mahasiswa belajar untuk mencapai kompetensi yang relevan dengan era industry 4.0 dan perkembangannya.
  4. Landasan Yuridis
    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
    3. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa 
    4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
    5. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
    6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
    7. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019, tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa Tahun 2020.
    8. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2019, tentang Musyawarah Desa. 
    9. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 17 Tahun 2019, tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan        Masyarakat Desa.
    10. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 18 Tahun 2019, tentang Pedoman Umum Pendampingan Masyarakat Desa.
    11. SK Rektor Unesa Nomor 896/UN38/HK/KR/2019 tentang Penetapan Buku Pedoman Penambahan Muatan dan Matakuliah Pengembangan Kepribadian        Institusional pada Kurikulum Universitas Negeri Surabaya
    12. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 10 Tahun 2019 Tentang pemberian Penghargaan Akademis Kepada Mahasiswa Berprestasi Universitas Negeri Surabaya.