Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Sastra Inggris Unesa
Program Studi | : | S1 Sastra Inggris |
Tanggal Berdiri | : | 16 September 1998 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam ilmu bahasa dan sastra Inggris yang adaptif, inovatif, berdasarkan kearifan lokal dan berwawasan global yang berbasis kewirausahaan di bidang penulisan kreatif dan penerjemah;
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi dalam ilmu bahasa, dan sastra Inggris yang berbasis kewirausahaan di bidang penulisan kreatif dan penerjemah;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi dalam ilmu bahasa dan sastra Inggris yang berbasis kewirausahaan di bidang penulisan kreatif dan penerjemah untuk kesejahteraan masyarakat;
- Menyelenggarakan tata kelola program studi Sastra Inggris yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
- Menyelenggarakan kerjasama secara nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam ilmu bahasa dan sastra Inggris di bidang penulisan kreatif dan penerjemah
Tujuan
- Mampu mengembangkan pengetahuan Bahasa dan Sastra Inggris dengan baik untuk memasuki karir dalam dunia kepenulisan kreatif dan penerjemahan;
- Memiliki kualitas kepemimpinan dan pembelajaran yang beragam dengan jalan mengolah keterampilan bekerja dalam kelompok, komunikasi, analitis, dan interpretative dan berlandaskan moralitas dan etika;
- Mengembangkan semangat untuk terus belajar sepanjang hayat untuk memenuhi kebutuhan personal dan professional, dan mengembangkan jejaring dalam komunitas professional untuk merespon tuntutan nasional dan global.
Visi
Pada akhir tahun 2035 Program Studi Sastra Inggris FBS Unesa menjadi program studi yang tangguh, adaptif, inovatif dalam ilmu bahasa, dan sastra Inggris yang berbasis kewirausahaan di bidang penulisan kreatif dan penerjemah.Capaian Lulusan Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
- Editor
Mampu menyunting karya sastra dan non-sastra sesuai dengan prinsip dan kaidah pengetahuan dan disiplin ilmu sastra dengan tetap mempertahankan perspektif budaya lokal yang kuat dan merangkul perkembangan teori sastra dan budaya terkini baik lokal maupun global. Profesi yang dituju antara lain copy editor, editor berita, editor jurnal, dan editor buku.
- Spesialis Komunikasi
Mampu mengelola hubungan masyarakat, output informasi, dan permintaan media; merencanakan kampanye media sosial dan upaya periklanan untuk berbagai industri; dan memastikan periklanan perusahaan yang efektif. Profesi yang ditargetkan meliputi pembuat konten, vlogger, podcaster, serta perencana dan analis media dan pariwisata.
- Penulis
Mampu menulis karya sastra dan non sastra serta mempublikasikannya. Profesi yang ditargetkan meliputi blogger, penulis konten, penulis lepas, jurnalis, penulis naskah, penulis kreatif, penulis UI/UX, dan penulis perjalanan.
- Penerjemah
Mampu menerjemahkan teks secara akurat dari bahasa sumber ke bahasa sasaran, dan menulis/menyampaikan, mengedit, serta mengoreksi teks terjemahan agar mudah dibaca (Inggris-Indonesia dan sebaliknya). Profesi yang dituju adalah penerjemah umum, penerjemah khusus, juru bahasa, pengisi suara, pengisi suara, dan penyunting teks film.
Struktur Kurikulum S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Sastra Inggris 2024--2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
7920204312 | BASIC PHONETICS | 4.00 | |
7920204309 | ESSENTIAL COMMUNICATION SKILLS | 4.00 | |
7920204311 | EXTENSIVE READING AND LISTENING | 4.00 | |
7920204310 | INTENSIVE READING AND WRITING SKILLS | 4.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
7920204314 | CRITICAL LITERACY | 4.00 | |
7920204313 | CRITICAL ORACY | 4.00 | |
7920202061 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
7920203095 | INTRODUCTION TO LINGUISTICS | 3.00 | |
7920203096 | INTRODUCTION TO LITERATURE | 3.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920202278 | ARGUMENTATIVE WRITING | 2.00 | |
7920203272 | ENGLISH MORPHOLOGY AND SYNTAX | 3.00 | |
7920202056 | ENGLISH PHONOLOGY | 2.00 | |
7920203337 | FUNCTIONAL GRAMMAR IN USE | 3.00 | |
7920203315 | GLOBAL AND INTERCULTURAL COMMUNICATION | 3.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
7920203152 | POETRY APPRECIATION | 3.00 | |
7920203167 | PROSE APPRECIATION | 3.00 | |
7920202258 | SPEAKING FOR DEBATING | 2.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920204348 | ACADEMIC WRITING FOR RESEARCH PURPOSE IN LINGUISTIC | 4.00 | |
7920204347 | ACADEMIC WRITING FOR RESEARCH PURPOSE IN LITERATURE | 4.00 | |
7920202343 | BAHASA JEPANG | 2.00 | |
7920202344 | BAHASA JERMAN | 2.00 | |
7920202342 | BAHASA MANDARIN | 2.00 | |
7920203320 | CRITICAL APPROACHES TO LITERATURE | 3.00 | |
7920202321 | DIGITAL HUMANITIES | 2.00 | |
7920203319 | DRAMA AND PERFORMANCE | 3.00 | |
7920203317 | ENGLISH FOR MEDIA COMMUNICATION | 3.00 | |
7920203059 | ENGLISH SEMANTICS AND PRAGMATICS | 3.00 | |
7920204113 | LANGUAGE IN SOCIETY | 3.00 | |
7920203182 | RESEARCH METHODOLOGY IN LINGUISTICS | 3.00 | |
7920203302 | RESEARCH METHODOLOGY IN LITERATURE | 3.00 | |
7920202282 | STATISTICS FOR LANGUAGE STUDIES | 2.00 | |
7920202318 | TRANSLATION: THEORY AND PRACTICE | 2.00 |
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah- Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (20 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (20 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (20 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (20 SKS)
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920202329 | DISCOURSE THEORY AND PRACTICE | 2.00 | |
7920202070 | FILM APPRECIATION | 2.00 |
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920209087 | ANALISIS PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 | |
7920209093 | DESAIN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 | |
1000020113 | EVALUASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 2.00 | |
7920209105 | IMPLEMENTASI PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 | |
7920209111 | PENGEMBANGAN PROGRAM MENGAJAR DI SEKOLAH | 4.00 | |
1000020171 | PERENCANAAN PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR | 2.00 |
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920204339 | ANALISIS KEBUTUHAN DESA WISATA | 4.00 | |
1000020175 | EVALUASI PROGRAM PROYEK DI DESA | 2.00 | |
7920204340 | IMPLEMENTASI DESA WISATA | 4.00 | |
7920204338 | PENGEMBANGAN WEB DESA WISATA | 4.00 | |
7920204341 | PENYUSUNAN LAPORAN DESA WISATA | 4.00 | |
1000020168 | PERENCANAAN PROGRAM PROYEK DI DESA | 2.00 |
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920209090 | ANALISIS PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
7920209096 | DESAIN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
1000020118 | EVALUASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 2.00 | |
7920209108 | IMPLEMENTASI PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
7920209114 | PENGEMBANGAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 4.00 | |
1000020166 | PERENCANAAN PROGRAM PROYEK KEMANUSIAAN | 2.00 |
Matakuliah Riset
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920209088 | ANALISIS PROGRAM PENELITIAN DAN RISET | 4.00 | |
7920209094 | DESAIN PROGRAM PENELITIAN DAN RISET | 4.00 | |
1000020133 | EVALUASI PROGRAM PENELITIAN DAN RISET | 2.00 | |
7920209106 | IMPLEMENTASI PROGRAM PENELITIAN DAN RISET | 4.00 | |
7920209112 | PENGEMBANGAN PROGRAM PENELITIAN DAN RISET | 4.00 | |
1000020172 | PERENCANAAN PROGRAM RISET | 2.00 |
Matakuliah Studi Independen
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920209091 | ANALISIS PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 | |
7920209097 | DESAIN PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 | |
1000020123 | EVALUASI PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 2.00 | |
7920209109 | IMPLEMENTASI PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 | |
7920209115 | PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI DAN PROYEK INDEPENDEN | 4.00 | |
1000020173 | PERENCANAAN PROGRAM STUDI INDEPENDEN | 2.00 |
Semester ke 6
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 6 ini antara lain adalah- Paket Matakuliah Magang (18 SKS)
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920202336 | RESEARCH PROPOSAL DEVELOPMENT | 2.00 |
Matakuliah Magang
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920209086 | ANALISIS PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
7920209092 | DESAIN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
1000020108 | EVALUASI PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 2.00 | |
7920209104 | IMPLEMENTASI PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 | |
7920209110 | PENGEMBANGAN PROGRAM MAGANG PRAKTIK INDUSTRI | 4.00 |
Semester ke 7
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 7 ini antara lain adalah- Paket Matakuliah Riset (4 SKS)
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920202332 | APPRAISAL THEORY IN USE | 2.00 | |
7920202326 | AUDIO VISUAL TRANSLATION | 2.00 | |
7920202025 | CHILDRENS LITERATURE | 2.00 | |
7920202346 | COMPARATIVE LITERATURE | 2.00 | |
7920204297 | CREATIVE WRITING | 3.00 | |
7920202323 | DIGITAL STORYTELLING | 2.00 | |
7920204301 | ENGLISH FOR BUSINESS COMMUNICATION | 3.00 | |
7920202324 | ENGLISH FOR TOURISM AND HOSPITALITY | 2.00 | |
7920202325 | FIELD IN TRANSLATIONS | 2.00 | |
7920202075 | GENDER STUDIES | 2.00 | |
7920202328 | KEY CONCEPTS IN PSYCHOLINGUISTICS | 2.00 | |
7920202136 | LITERARY TRANSLATION | 2.00 | |
7920202327 | LITERATURE IN THE SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
7920202156 | POPULAR CULTURE STUDIES | 2.00 | |
1000020155 | SEMINAR TUGAS AKHIR | 2.00 | |
7920202331 | STYLISTICS IN USE | 2.00 | |
7920202226 | WORLD LITERATURE | 2.00 |
Matakuliah Riset
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7920202345 | GREEN READINGS: LITERATURE AND THE ENVIRONMENT | 2.00 | |
7920202300 | MEMORY AND NARRATIVES | 2.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Kurikulum Prodi S1 Sastra Inggris beserta kelengkapannya ditinjau secara periodik untuk menjaga kesesuaian dengan visi dan misi prodi, perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang linguistik, sastra, dan budaya, serta harapan dari stakeholder. Mekanisme pelaksanaan peninjauan kurikulum di Prodi S1 Sastra Inggris mengacu pada prosedur mutu pengembangan perangkat kurikulum yaitu Prosedur Mutu no PM/01/GPM/FBS-UNESA. Kurikulum Prodi S1 Sastra Inggris beserta kelengkapannya ditinjau secara periodik untuk menjaga kesesuaian dengan visi dan misi prodi, perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang linguistik, sastra, dan budaya, serta harapan dari stakeholder. Mekanisme pelaksanaan peninjauan kurikulum di Prodi S1 Sastra Inggris mengacu pada prosedur mutu pengembangan perangkat kurikulum yaitu Prosedur Mutu no PM/01/GPM/FBS-UNESA. Berikut ini adalah mekanisme peninjauan kurikulum:
- Koorprodi membentuk tim pengembang kurikulum Prodi S1 Sastra Inggris untuk melakukan peninjauan dan pengembangan kurikulum yang beranggotakan dosen-dosen yang memiliki pengetahuan di bidang kurikulum dan keahlian ilmu sastra dan bahasa Inggris.
- Tim pengembang kurikulum melakukan identifikasi awal dengan menelaah beberapa mata kuliah dan melakukan analisis kebutuhan dan kondisi dunia industri.
- Tim pengembang kurikulum mengundang pihak-pihak terkait untuk melakukan FGD (forum group discussion) yang melibatkan pihak industri, alumni, praktisi, dan pakar sejawat untuk mendapatkan masukan tentang trend perkembangan ilmu pengetahuan dan trend dunia industri.
- Selanjutnya tim pengembang kurikulum mereview kurikulum lama dan menyusun draf kurikulum baru dengan mempertimbangkan masukan dari pihak yang tersebut pada butir (b). Di dalam rancangan kurikulum ditetapkan trend competency dan mapping sifat mata kuliah serta kemungkinan perubahan struktur pada mata kuliah dan banyaknya mata kuliah baru.
- Draf kurikulum dibahas oleh tim pengembang kurikulum bersama para dosen dalam rapat Prodi. Pembahasan dan revisi draf kurikulum dilakukan beberapa kali untuk menjamin kualitas kurikulum.
- Tim pengembang kurikulum selanjutnya akan melakukan sanctioning terhadap draf akhir kurikulum. Draf akhir kurikulum kemudian direvisi oleh tim pengembang kurikulum berdasarkan hasil sanctioning. Setelah draf akhir kurikulum disempurnakan dan kurikulum baru tersusun dengan baik, maka tim pengembang kurikulum melakukan finalisasi.
- Kurikulum final diserahkan ke Ketua Prodi dan Jurusan untuk diberikan persetujuan serta diberikan ke Dekan untuk disahkan dan dianggap layak untuk diimplementasikan.
Kurikulum baru diimplementasikan pada semester gasal setiap periodenya.
Tracer Study
Hasil tracer study yang dilakukan pada tahun 2021 untuk lulusan tahun 2020 menunjukkan bahwa sekitar 20% lulusan bekerja pada bidang yang sama sekali tidak relevan dengan bidang kajian yang dikembangkan di Prodi. Meskipun 80% lulusan yang mengisi survei tracer study menunjukkan tingkat relevansi pekerjaan dengan bidang studi saat kuliah, tentunya Prodi S1 Sastra Inggris tidak boleh lengah. Perlu dipikirkan keterampilan kreatif yang dikembangkan di perkuliahan yang sudah ada atau menghapus mata kuliah yang dinilai tidak relevan dengan kebutuhan di lapangan. Berdasarkan hasil tracer study, Prodi S1 Sastra Inggris menetapkan profil lulusan untuk diarahkan pada bidang-bidang yang terkait dengan writerpreneurship.
Rekap CPL Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
PKL | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Critical Listening | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Pronunciation Practice | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Kewirausahaan | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Australian Society and Culture | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
English Semantics and Pragmatics | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
World Literature** | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Language in Society | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Critical Reading | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Speaking for Debating | 2 | 28.57% | 14.29% | 14.29% | 42.86% | 100 % | |||||||
Intepreting Practice | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Active Reading | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Prose Appreciation | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Intrinsic Approaches to Literature | 2 | 27.27% | 45.45% | 27.27% | 99.99 % | ||||||||
Drama Appreciation | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Expository and Analytical Writing | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Creative Writing | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Research Methodology in Literature | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Introduction To Linguistics | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Skripsi | 6 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Western Society and Culture | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Thesis Proposal Writing | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Introduction To Literature | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Gender Studies | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Film Appreciation | 2 | 5.56% | 50% | 44.44% | 100 % | ||||||||
Subtitling | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Essential Writing Skills | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Essential Speaking Skills | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Intensive Reading Skills | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Intercultural Communication | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
English Phonology | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Public Speaking | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Childrens Literature | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Indonesian Society and Culture | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Extrinsic Approaches to Literature | 2 | 35.29% | 41.18% | 23.53% | 100 % | ||||||||
Literary Translation | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
World Literature | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
English For Tourism | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Entrepreneurship | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Reading For Research | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Psycholinguistics | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Stylistics | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Popular Culture Studies | 2 | 21.43% | 21.43% | 35.71% | 21.43% | 100 % | |||||||
Research Methodology In Linguistics | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
World Englishes | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
English for Business Communication | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Essential English Grammar | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Academic Writing | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Poetry Appreciation | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Argumentative Writing | 2 | 37.5% | 50% | 12.5% | 100 % | ||||||||
Listening for General Communication | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
English Morphology and Syntax | 3 | 19.05% | 38.1% | 23.81% | 19.05% | 100 % | |||||||
Introduction to Translation | 2 | 50% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Functional Grammar | 3 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | |||||||
Statistics for Language Studies | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Language and Media | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Discourse and Multimodality | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
American Literature | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Intensive Listening Skills | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Western Society and Culture | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Academic Writing | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Active Listening | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||||
English Correspondence | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Western Society and Culture | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Theory Of Literature | 3 | 5.88% | 47.06% | 41.18% | 5.88% | 100 % | |||||||
Filsafat Ilmu (Bahasa dan Sastra) | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Written Integrated English | 6 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Sociolinguistics & English Language History | 3 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||||
English for Media Industry | 6 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Extensive Reading | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Creative Writing | 6 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
English for Business Communication | 6 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Language Training Industry | 6 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Theatre and Scriptwriting | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Journalism In English | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Introduction to Asian Studies | 2 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | |||||||
Critical reading | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Prose Appreciation & Criticism | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Research Methodology In Literature | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Prose Appreciation | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Poetry Appreciation | 3 | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 22.73% | 22.73% | 100 % | |||||
Language at Workplace | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Corpus Linguistics | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Apprenticeship | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Literature and Memory | 2 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | |||||||
Writerpreneurship | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Citizen Journalism | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Englishh for Business Communication | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Critical Thinking | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Language and the Internet | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Professional Ethics | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Basic Phonetics | 4 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Essential Communication Skills | 4 | 16.67% | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 100 % | |||||||
Extensive Reading and Listening | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Global and Intercultural Communication | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Intensive Reading and Writing Skills | 4 | 28.57% | 28.57% | 14.29% | 28.57% | 100 % | |||||||
Stylistics in Use | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Translation: Theory and Practice | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||||
Appraisal Theory in Use | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Critical Approaches to Literature | 3 | 24% | 28% | 24% | 24% | 100 % | |||||||
Critical Literacy | 4 | 25% | 25% | 25% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||||
Digital Humanities | 2 | 25% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||
Discourse Theory and Practice | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Drama and Performance | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
English for Media Communication | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Key Concepts in Psycholinguistics | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Literature in the School Curriculum | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Research Proposal Development | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Functional Grammar in Use | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Analisis Program Magang Praktik Industri | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Analisis Program Mengajar di Sekolah | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Analisis Program Penelitian dan Riset | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Analisis Program Proyek Kemanusiaan | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Analisis Program Studi dan Proyek Independen | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Desain Program Magang Praktik Industri | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Desain Program Mengajar di Sekolah | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Desain Program Penelitian dan Riset | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Desain Program Proyek Kemanusiaan | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Desain Program Studi dan Proyek Independen | 4 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Implementasi Program Magang Praktik Industri | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Implementasi Program Mengajar di Sekolah | 4 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Implementasi Program Penelitian dan Riset | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Implementasi Program Proyek Kemanusiaan | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Implementasi Program Studi dan Proyek Independen | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Pengembangan Program Magang Praktik Industri | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Pengembangan Program Mengajar di Sekolah | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pengembangan Program Penelitian dan Riset | 4 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Pengembangan Program Proyek Kemanusiaan | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pengembangan Program Studi dan Proyek Independen | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Analisis Kebutuhan Desa Wisata | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Implementasi Desa Wisata | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Pengembangan Web Desa Wisata | 4 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Penyusunan Laporan Desa Wisata | 4 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Basic Chinese | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Bahasa Jepang | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Bahasa Jerman | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Literature and Environment | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Comparative Literature | 2 | 20% | 50% | 30% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Program Studi S1 Sastra Inggris didirikan pada tahun 1998 sebagai bagian dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Pendirian program S1 Sastra Inggris ini sendiri merupakan bagian dari pemberian mandat IKIP Surabaya untuk mmenyelenggarakan program studi berbasis non-kependidikan. IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya, dan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang telah beroperasi sejak tahun 1964 berubah menjadi Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang menjalankan dua program studi, yakni S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan S1 Sastra Inggris. Sejak didirikan pada tahun 1997 dan kelas perdana dibuka pada tahun akademik 1998/1999, kurikulum Prodi S1 Sastra Inggris telah mengalami beberapa kali perubahan. Sejak tahun 2015, Prodi S1 Sastra Inggris menerapkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan mengembengkan kurikulum berbasis outcome (Outcome-based Education, OBE). Kurikulum ini kemudian direstrukturisasi ketika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan demikian, Prodi S1 Sastra Inggris secara resmi menjalankan kurikulum MBKM sejak tahun akademik 2020/2021. Dokumen kurikulum yang dilaporkan di sini merupakan rincian dari kruikulum MBKM yang telah memberikan ruang kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama maksimal 3 semester untuk menjalankan program-program MBKM antara lain: pertukaran mahasiswa, magang kerja, magang riset, asistensi mengajar, kewirausahaan, studi independen, KKN di desa, dan program kemanusiaan.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved