•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Psikologi Unesa

 
Program Studi  :  S2 Psikologi
Tanggal Berdiri  :  22 Juni 2022
Koordinator Program Studi  :  Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

“Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi Psikologi Jenjang S2 yang memiliki perilaku tangguh, adaptif, memiliki pemikiran inovatif, inklusif, dan berbasis kewirausahaan, serta unggul dalam pengembangan asesmen dan intervensi non-klinis dengan memanfaatkan IPTEKS yang berdaya guna di masyarakat”


Misi
  1. Menghasilkan lulusan Magister Sains Psikologi yang berwawasan, kompeten dan kompetitif
  2. Mengembangkan penelitian di bidang ilmu psikologi berorientasi pada pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia
  3. Mengembangkan program pengabdian pada masyarakat di bidang psikologi yang berorientasi pada pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia dan pemanfaatan IPTEKS berdaya guna di masyarakat
  4. Membangun kerjasama dalam rangka peningkatan mutu penyelenggaran pendidikan magister psikologi untuk pengembangan sumber daya manusia.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan magister sains psikologi yang berwawasan, kompeten dan kompetitif
  2. Mengembangkan dan mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian bidang psikologi
  3. Mengembangkan program pengabdian pada masyarakat di bidang psikologi yang berorientasi pada pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia dan pemanfaatan IPTEKS berdaya guna di masyarakat
  4. Terselenggaranya kerja sama dalam rangka pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia
  5. Terwujudnya Program Studi Magister Sains Psikologi Unesa sebagai pusat kajian dan penerapan psikologi untuk pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia 
  6. Terselenggaranya pendidikan psikologi dengan tata kelola kelembagaan yang otonom, akuntabel, dan transparan

Capaian Lulusan Program Studi S2 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Mampu mengevaluasi mengembangkan/ mengkonstruksikan dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk individu, kelompok, komunitas dan organisasi untuk keperluan penelitian.

CPL-6 Mampu memberikan rekomendasi intervensi psikologi non klinis yang berbasis pada teori dan hasil riset kepada individu, kelompok komunitas dan organisasi yang diperbolehkan oleh Kode Etik Psikologi Indonesia.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu mengomunikasikan dan menyebarluaskan hasil riset pada forum akademik nasional atau internasional serta jurnal ilmiah nasional yang terakreditasi atau jurnal internasional.
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S2 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum S2 Psikologi
    Universitas Negeri Surabaya

    Transformasi Magister Sains Psikologi 2024

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    7310102004 FILSAFAT ILMU 2.00
    7310105001 METODOLOGI PENELITIAN 5.00
    7310105002 PENGEMBANGAN INSTRUMEN DAN PENGUKURAN INDIVIDU 5.00
    7310102003 PSIKOLOGI INKLUSI 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    7310104017 DIAGNOSIS DAN PERUBAHAN ORGANISASI 4.00
    7310105016 MANAJEMEN KINERJA 5.00
    7310105015 MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA 5.00
    7310104019 PERKEMBANGAN PSIKOPATOLOGI LIFE-SPAN 4.00
    7310103008 PROPOSAL TUGAS AKHIR 3.00
    7310104018 PSIKOLOGI KLINIS MIKRO-MAKRO 4.00
    7310104020 PSIKOLOGI POSITIF DAN INTERVENSI PSIKOPATOLOGI 4.00
    7310103022 PSIKOPATOLOGI DAN TEKNOLOGI 3.00
    7310103021 PSIKOPATOLOGI LINTAS BUDAYA 3.00
    7310104014 TEORI ORGANISASI 4.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Psikologi
    Universitas Negeri Surabaya

    Jumlah alumni S1 Psikologi dari Unesa menjadi salah satu kekuatan lain dari Prodi S2 Psikologi sebagai salah satu sumber peminat dan pendaftar. Sejak tahun 2021, lulusan S1 Prodi Psikologi Unesa mencapai 1514 orang, pada tahun 2022 menjadi 1696 orang, dan pada tahun 2023 mencapai 1876 orang lulusan. Lulusan Sarjana Psikologi Unesa menjadi potensi calon pendaftar bagi Prodi S2 Psikologi. Berdasarkan hasil survei dari Admisi Unesa, minat alumni untuk melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi, sebesar 4,47 (skala 5), sehingga dapat dimaknai sebagai sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa dorongan alumni S1 Psikologi untuk melanjutkan pendidikan di Psikologi tinggi. Di sisi lain, mencapai 14% dari total alumni yang bisa segera melanjutkan kuliah di perguruan tinggi lain. Oleh sebab itu, kebutuhan untuk menyelenggarakan Program Studi S2 Psikologi sangat dibutuhkan. Penelusuran alumni juga menunjukkan bahwa lulusan S1 Psikologi yang bidang kerjanya dalam lingkup psikologi pendidikan dan perkembangan mencapai 23 %. 

     

    Gambar 1. Distribusi pekerjaan sesuai minat 

     

    Berdasarkan penelusuran pengguna alumni, salah satu keterampilan yang perlu ditingkatkan pada alumni adalah kebutuhan pada bidang minat pendidikan dan perkembangan yang mencapai lebih dari 10%. Potensi calon pendaftar Prodi S2 Psikologi juga guru-guru dan Kepala Sekolah yang selama ini memiliki hubungan yang erat dengan Unesa sebagai salah satu Universitas LPTK di Indonesia serta penyelenggara PPG. Maka untuk dapat menunjang peningkatan keahlian di bidang pendidikan dan perkembangan diperlukan alternatif pendidikan yang dapat mengakomodir kebutuhan tersebut. 

     

     

     

    Berdasarkan uraian di atas, maka Prodi S2 Psikologi membuka peminatan Psikologi Pendidik dan Sekolah sebagai salah satu peminatan yang ditawarkan. Peminatan ini menjadi keunggulan dari Prodi S2 Psikologi yang diusulkan. Lulusan dari peminatan Psikologi Pendidik dan Sekolah diharapkan memiliki keunggulan dan keunikan berikut.

     

    1. Memiliki keahlian yang mengkombinasikan ilmu Psikologi dan Pendidikan yang diterapkan ke dalam setting sekolah. 
    2. Memiliki keahlian untuk memahami potensi peserta didik berdasarkan ilmu Psikologi yang diterapkan ke dalam pendekatan pedagogi dan asesmen berbasis nilai-nilai inklusi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. 
    3. Memiliki keahlian dalam mendesain pengembangan sekolah berbasis pendidik dan lingkungan sekolah yang positif. 
    4. Menjadi pendidik yang menginternalisasi nilai-nilai inklusivitas dalam perilaku profesionalnya.


     

    Rekap CPL Program Studi S2 Psikologi
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
    CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7
    Pengembangan instrumen dan pengukuran individu 5 16.67% 33.33% 50% 100 %
    Metodologi Penelitian 5 60% 20% 20% 100 %
    filsafat ilmu 2 100% 100 %
    Psikologi inklusi 2 18.75% 12.5% 18.75% 18.75% 18.75% 12.5% 100 %
    Manajemen Sumber Daya Manusia 5 54.55% 27.27% 18.18% 100 %
    Manajemen Kinerja 5 13.64% 27.27% 36.36% 13.64% 9.09% 100 %
    Diagnosis dan Perubahan Organisasi 4 14.29% 35.71% 21.43% 25% 3.57% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Psikologi
    Universitas Negeri Surabaya
    1. Landasan Filosofis

    Landasan filosofis yang mendasari pengembangan kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi tahun 2024 ini adalah bahwa mahasiswa adalah makhluk rasional yang memiliki otonomi dan independensi dalam memilih pengalaman belajar mereka. Karena itu pendekatan pembelajaran yang dikedepankan adalah yang berorientasi pada kebutuhan mahasiswa. Pendekatan pembelajaran didesain untuk memberikan keleluasan bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan diri sesuai potensinya. Para pengajar lebih banyak berperan dalam memfasilitasi dan merealisasikan potensi mahasiswa sesuai dengan minatnya ini terutama di bidang psikologi. 

    Kurikulum yang dirancang ini mengakomodasi beberapa pilihan peminatan seperti psikologi pendidik dan sekolah, psikologi bidang industri dan organisasi, serta bidang klinis atau Kesehatan mental. Kurikulum yang dirancang ini juga memberikan fleksibilitas pada mahasiswa dalam memilih pengalaman belajar di lapangan atau di berbagai tempat sesuai bidang karirnya masing-masing. 

    Pengembangan kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi dilandasi pandangan filosofis bahwa pengetahuan dan pengalaman belajar mahasiswa adalah diarahkan untuk tujuan membuat mereka lebih memahami hakikat dan tujuan hidupnya sebagai manusia dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidupnya baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Atas dasar landasan filosofis tersebut, kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi 2024 ini bertujuan untuk membuat mahasiswa menjadi pembelajar mandiri dengan memfasilitasi kemampuan kognitif yang sesuai dengan perkembangan mahasiswa meliputi kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), dan penalaran kritis (critical thinking). Selain itu, kurikulum ini juga dimaksudkan untuk dapat membentuk pribadi mahasiswa yang otonom, bebas, tangguh, bertanggungjawab, dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi sehingga mereka mampu mengoptimalkan pengembangan potensi dirinya sebagai manusia. 

    Selain itu, kurikulum yang dikembangkan ini juga diharapkan dapat membantu pertumbuhan pribadi yang menjadi pribadi yang lebih baik secara moral, menghargai nilai-nilai kemanusian universal serta memiliki orientasi sosial dan kemampuan adaptasi yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Karakteristik pribadi semacam ini akan dapat memfasilitasi munculnya perilaku kolaboratif dan toleran serta mengedepankan kontribusi berarti bagi masyarakat luas. Berdasarkan arah tersebut, kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi telah mengakomodasi pengalaman belajar mahasiswa tidak hanya dalam perguruan tinggi, namun juga pengalaman belajar langsung untuk mengidentifikasi masalah-masalah kongkrit dalam kehidupan masyarakat dan memberikan alternatif solusi pemecahan berdasarkan bidang ilmu psikologi. Berdasarkan landasan ini, Kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi Unesa tidak hanya berfokus pada pengembangan kompetensi akademik, namun juga telah memasukkan aspek nilai dan sikap sosial sebagai tujuan pendidikan dan capaian pembelajaran yang perlu dipenuhi mahasiswa selama menjalani perkuliahan.

    1. Landasan Sosiologis

    Pengembangan kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi Unesa juga dilandaskan pada pertimbangan sosiologis yang menegaskan bahwa pendidikan berlangsung dalam konteks sosial dan budaya tertentu. Sebagai program studi yang lahir dan berkembang dalam masyarakat Indonesia, Prodi Magister Sains Psikologi Unesa mengedepankan penciptaan lingkungan belajar yang positif untuk perkembangan diri mahasiswa menuju pencapaian kemajuan ilmu pengetahuan bidang psikologi dan literasi teknologi yang berwawasan keragaman budaya. Kurikulum yang dikembangkan diharapkan dapat melahirkan lulusan yang mampu menghargai keragaman budaya di tengah masyarakat dan memiliki toleransi dan saling pengertian antar sesama anggota masyarakat Indonesia yang beragam. Demi menghasilkan lulusan yang memiliki kepekaan sosial budaya, kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi Unesa memfasilitasi belajar di lapangan dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam kehidupan nyata.

    1. Landasan Historis

    Kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi juga dikembangkan sebagai jawaban atas tuntutan perubahan zaman dalam berbagai bidang kehidupan yang terus berubah. Pada era masyarakat industri 4.0 ini, tuntutan akan kompetensi lulusan yang memiliki daya saing menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, kurikulum ini disusun dengan memperhatikan kebutuhan dan tuntutan masyarakat pada era saat ini. Kebutuhan dan tuntutan masyarakat saat ini di antaranya adalah kesiapan untuk berubah dan kreativitas serta penguasaan teknologi. Berdasarkan kebutuhan dan tantangan tersebut, kurikulum ini didesain untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan identifikasi masalah sesuai bidang ilmu, perumusan, serta desain penyelesaian masalah sesuai dengan bidang psikologi yang melibatkan penguasaan literasi data dan literasi teknologi.

    Secara khusus, Kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi Unesa tahun 2024 ini dikembangkan dengan menjaga perjalanan historisnya sebagai Program Studi di bawah naungan Universitas Negeri Surabaya yang unggul dalam bidang kependidikan. Keunggulan institusi ini dipadu dengan tuntutan kebutuhan masyarakat atas layanan psikologi. Karena itu, pendirian Prodi Magister Sains Psikologi Unesa tidak lepas dari  upaya untuk menjawab berbagai persoalan masyarakat dalam berbagai bidang. Berdasarkan keunggulan institusi dan kebutuhan masyarakat ini, maka Prodi Magister Sains Psikologi Unesa mengembangkan Kurikulum Pendidikan psikologi tingkat Magister yang memfasilitasi mahasiswa untuk dapat memilih pendalaman atau pengayaan sesuai bidang terapan yang dibutuhkan masyarakat yaitu Bidang Psikologi Pendidik dan sekolah, Psikologi Klinis, dan Psikologi Industri dan Organisasi.

    1. Landasan Hukum
    2. Pancasila dan UUD 1945;
    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
    4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157,
    5. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
    6. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
    7. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
    8. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi; 
    9. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
    10. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); 
    11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
    12. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
    13. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan; 
    14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta; 
    15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024; 
    16. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti; 
    17. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi; 
    18. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya; 
    19. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
    20. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025; 
    21. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;

    Renstra Fakultas Psikologi.