•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Psikologi Unesa

 
Program Studi  :  S2 Psikologi
Tanggal Berdiri  :  22 Juni 2022
Koordinator Program Studi  :  Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Program Studi Sains Psikologi yang menghasilkan lulusan yang adaptif dan inovatif berwawasan Psikologi Olahraga
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis ilmu psikologi dan pengembangan sumberdaya manusia yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berjiwa kewirausahaan.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang ilmu psikologi berorientasi pada pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berjiwa kewirausahaan.
  3. Mengembangkan program pengabdian pada masyarakat di bidang psikologi yang berorientasi pada bidang ilmu psikologi dan pengembangan sumber daya manusia yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berjiwa kewirausahaan.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan sebagai pendidik yang memiliki keahlian untuk memahami potensi peserta didik menggunakan pendekatan pedagogi dan asesmen dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta mendesain pengembangan sekolah berbasis pendidik dan lingkungan sekolah yang positif.
  2. Menghasilkan lulusan sebagai peneliti di bidang psikologi yang memiliki keahlian dalam mendesain metodologi penelitian, melaksanakan penelitian secara mandiri, serta membuat publikasi berdasarkan hasil penelitian.
  3. Menghasilkan lulusan sebagai konsultan psikologi yang memiliki keahlian dalam memberikan konsultasi dan konsep intervensi berbasis riset psikologi di berbagai bidang, dalam setting tempat kerja, setting komunitas dan setting kesehatan.

Nilai_dasar
Nilai dasar yang diimplementasikan oleh Program Studi S2 Psikologi mengacu pada nilai dasar UNESA sebagaimana tercantum dalam Statuta UNESA: Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang. Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah. Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus. Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah. Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman. Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.
Capaian Lulusan Program Studi S2 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:
Filsafat IlmuPengembangan Instrumen Dan Pengukuran IndividuPsikologi Inklusi1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
Diagnosis Dan Perubahan OrganisasiManajemen KinerjaPsikologi Inklusi20151050Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Diagnosis Dan Perubahan OrganisasiManajemen KinerjaManajemen Sumber Daya ManusiaMetodologi PenelitianPengembangan Instrumen Dan Pengukuran IndividuPsikologi Inklusi806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Diagnosis Dan Perubahan OrganisasiManajemen KinerjaManajemen Sumber Daya ManusiaMetodologi PenelitianPsikologi Inklusi50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-5 Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia
Dibebankan pada matakuliah:
Basic Radar Chart

CPL-6 Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat
Dibebankan pada matakuliah:
Basic Radar Chart

CPL-7 Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data
Dibebankan pada matakuliah:
Basic Radar Chart

CPL-8 Mampu mengevaluasi, mengembangkanj mengonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk individu, kelompok, komunitas dan organisasi untuk keperluan penelitian
Dibebankan pada matakuliah:
Basic Radar Chart

CPL-9 Mampu menuangkan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang layak dipublikasikan, mampu mempresentasikan ilmu psikologi dalam forum akademik maupun masyarakat umum dan mampu mengomunikasikan dan menyebarIuaskan hasil riset pada forum akademik nasional atau internasional serta [urnal ilmiah nasional yang terakreditasi atau jurnal internasional.
Dibebankan pada matakuliah:
Basic Radar Chart

Profil Lulusan Program Studi S2 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum S2 Psikologi
    Universitas Negeri Surabaya

    Transformasi S2 Psikologi 2024 B

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    7310102004 FILSAFAT ILMU 2.00
    7310103023 METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF 3.00
    7310103024 METODOLOGI PENELITIAN KULITATIF 3.00
    7310103027 PERMASALAHAN MIKRO MAKRO DALAM PENDIDIKAN 3.00
    7310102003 PSIKOLOGI INKLUSI 2.00
    7310104026 PSIKOLOGI KEPRIBADIAN PENDIDIK 4.00
    7310103025 TEKNIK ASESMEN 3.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Psikologi
    Universitas Negeri Surabaya

    Jumlah alumni S1 Psikologi dari Unesa menjadi salah satu kekuatan lain dari Prodi S2 Psikologi sebagai salah satu sumber peminat dan pendaftar. Sejak tahun 2021, lulusan S1 Prodi Psikologi Unesa mencapai 1514 orang, pada tahun 2022 menjadi 1696 orang, dan pada tahun 2023 mencapai 1876 orang lulusan. Lulusan Sarjana Psikologi Unesa menjadi potensi calon pendaftar bagi Prodi S2 Psikologi. Berdasarkan hasil survei dari Admisi Unesa, minat alumni untuk melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi, sebesar 4,47 (skala 5), sehingga dapat dimaknai sebagai sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa dorongan alumni S1 Psikologi untuk melanjutkan pendidikan di Psikologi tinggi. Di sisi lain, mencapai 14% dari total alumni yang bisa segera melanjutkan kuliah di perguruan tinggi lain. Oleh sebab itu, kebutuhan untuk menyelenggarakan Program Studi S2 Psikologi sangat dibutuhkan. Penelusuran alumni juga menunjukkan bahwa lulusan S1 Psikologi yang bidang kerjanya dalam lingkup psikologi pendidikan dan perkembangan mencapai 23 %. 

     

    Gambar 1. Distribusi pekerjaan sesuai minat 

     

    Berdasarkan penelusuran pengguna alumni, salah satu keterampilan yang perlu ditingkatkan pada alumni adalah kebutuhan pada bidang minat pendidikan dan perkembangan yang mencapai lebih dari 10%. Potensi calon pendaftar Prodi S2 Psikologi juga guru-guru dan Kepala Sekolah yang selama ini memiliki hubungan yang erat dengan Unesa sebagai salah satu Universitas LPTK di Indonesia serta penyelenggara PPG. Maka untuk dapat menunjang peningkatan keahlian di bidang pendidikan dan perkembangan diperlukan alternatif pendidikan yang dapat mengakomodir kebutuhan tersebut. 

     

     

     

    Berdasarkan uraian di atas, maka Prodi S2 Psikologi membuka peminatan Psikologi Pendidik dan Sekolah sebagai salah satu peminatan yang ditawarkan. Peminatan ini menjadi keunggulan dari Prodi S2 Psikologi yang diusulkan. Lulusan dari peminatan Psikologi Pendidik dan Sekolah diharapkan memiliki keunggulan dan keunikan berikut.

     

    1. Memiliki keahlian yang mengkombinasikan ilmu Psikologi dan Pendidikan yang diterapkan ke dalam setting sekolah. 
    2. Memiliki keahlian untuk memahami potensi peserta didik berdasarkan ilmu Psikologi yang diterapkan ke dalam pendekatan pedagogi dan asesmen berbasis nilai-nilai inklusi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. 
    3. Memiliki keahlian dalam mendesain pengembangan sekolah berbasis pendidik dan lingkungan sekolah yang positif. 
    4. Menjadi pendidik yang menginternalisasi nilai-nilai inklusivitas dalam perilaku profesionalnya.


     

    Rekap CPL Program Studi S2 Psikologi
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
    CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9
    Pengembangan instrumen dan pengukuran individu 5 33.33% 66.67% 100 %
    Metodologi Penelitian 5 75% 25% 100 %
    filsafat ilmu 2 100% 100 %
    Psikologi inklusi 2 27.27% 18.18% 27.27% 27.27% 99.99 %
    Manajemen Sumber Daya Manusia 5 66.67% 33.33% 100 %
    Manajemen Kinerja 5 17.65% 35.29% 47.06% 100 %
    Diagnosis dan Perubahan Organisasi 4 20% 50% 30% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Psikologi
    Universitas Negeri Surabaya

    Landasan Filosofis

    Landasan filosofis yang mendasari pengembangan kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi tahun 2024 ini adalah bahwa mahasiswa adalah makhluk rasional yang memiliki otonomi dan independensi dalam memilih pengalaman belajar mereka. Karena itu pendekatan pembelajaran yang dikedepankan adalah yang berorientasi pada kebutuhan mahasiswa. Pendekatan pembelajaran didesain untuk memberikan keleluasan bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan diri sesuai potensinya. Para pengajar lebih banyak berperan dalam memfasilitasi dan merealisasikan potensi mahasiswa sesuai dengan minatnya ini terutama di bidang psikologi. 

    Kurikulum yang dirancang ini mengakomodasi beberapa pilihan peminatan seperti psikologi pendidik dan sekolah, psikologi bidang industri dan organisasi, serta bidang klinis atau Kesehatan mental. Kurikulum yang dirancang ini juga memberikan fleksibilitas pada mahasiswa dalam memilih pengalaman belajar di lapangan atau di berbagai tempat sesuai bidang karirnya masing-masing. 

    Pengembangan kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi dilandasi pandangan filosofis bahwa pengetahuan dan pengalaman belajar mahasiswa adalah diarahkan untuk tujuan membuat mereka lebih memahami hakikat dan tujuan hidupnya sebagai manusia dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidupnya baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Atas dasar landasan filosofis tersebut, kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi 2024 ini bertujuan untuk membuat mahasiswa menjadi pembelajar mandiri dengan memfasilitasi kemampuan kognitif yang sesuai dengan perkembangan mahasiswa meliputi kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), dan penalaran kritis (critical thinking). Selain itu, kurikulum ini juga dimaksudkan untuk dapat membentuk pribadi mahasiswa yang otonom, bebas, tangguh, bertanggungjawab, dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi sehingga mereka mampu mengoptimalkan pengembangan potensi dirinya sebagai manusia. 

    Selain itu, kurikulum yang dikembangkan ini juga diharapkan dapat membantu pertumbuhan pribadi yang menjadi pribadi yang lebih baik secara moral, menghargai nilai-nilai kemanusian universal serta memiliki orientasi sosial dan kemampuan adaptasi yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Karakteristik pribadi semacam ini akan dapat memfasilitasi munculnya perilaku kolaboratif dan toleran serta mengedepankan kontribusi berarti bagi masyarakat luas. Berdasarkan arah tersebut, kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi telah mengakomodasi pengalaman belajar mahasiswa tidak hanya dalam perguruan tinggi, namun juga pengalaman belajar langsung untuk mengidentifikasi masalah-masalah kongkrit dalam kehidupan masyarakat dan memberikan alternatif solusi pemecahan berdasarkan bidang ilmu psikologi. Berdasarkan landasan ini, Kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi Unesa tidak hanya berfokus pada pengembangan kompetensi akademik, namun juga telah memasukkan aspek nilai dan sikap sosial sebagai tujuan pendidikan dan capaian pembelajaran yang perlu dipenuhi mahasiswa selama menjalani perkuliahan.

    Landasan Psikologis

    Landasan Psikologis Kurikulum S2 Psikologi Unesa mempertimbangkan kondisi psikologis mahasiswa sebagai subjek belajar, termasuk karakteristik individu mahasiswa, tahap perkembangannya, serta dinamika proses pembelajaran. Landasan psikologis adalah kondisi karakteristik manusia sebagai individu, yang dinyatakan dalam berbagai bentuk perilaku dalam interaksinya dengan lingkungan. Perilaku merupakan manifestasi dari ciri-ciri kehidupan berupa perilaku kognitif, afektif, psikomotor sebagai akibat interaksi individu dengan lingkungannnya. Kondisi psikologis yang dimaksud adalah kondisi psikologis mahasiswa sebagai subjek dalam pembelajaran. Dalam pengembangan kurikulum hal ini perlu mendapat perhatian karena perilaku individu dipengaruhi oleh kondisi psikologisnya. Perilaku belajar dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kondisi psikologis mahasiswa, oleh sebab itu kurikulum perlu mengetahui dan mengakomodasi kondisi tersebut agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

    Pada pengembangan kurikulum S2 Psikologi Unesa, landasan psikologis yang digunakan perlu memandang mahasiswa selaku peserta didik sebagai individu dalam satu kesatuan psikofisik yang selalu beraktivitas dan berinteraksi dengan lingkungannya. Mahasiswa Unesa secara psikologis berada pada tahap berpikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnya telah mencapai pascakonvensional (Kohlberg,1995) dan tahap perkembangan sosial yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik yang khas, kurikulum Unesa yang dikembangkan prodi di Unesa perlu memperhatikan tahap-tahap pperkembangan psikologi mahasiswa tersebut. Selain itu perlu pula diakomodasi bahwa mahasiswa merupakan individu yang bersifat unik dengan memiliki banyak aspek yang membentuk kesatuan khas. Mahasiswa merupakan individu yang berada dalam proses perkembangan yang bersifat dinamis sesuai dengan karakteristik dan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum perlu mencermati perkembangan dan dinamika tersebut untuk menghasilkan kurikulum yang membuat mahasiswa merasa nyaman dan terlayani untuk memperoleh hasil yang maksimal. Hal tersebut dapat diakomodasikan dalam bentuk implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan yakni pendalaman ilmu sebagai penguatan keilmuan dan kebebasan cara belajar sebagai bentuk penghargaan humanisasi dan demokratisasi belajar.

    Landasan Sosiologis

    Pengembangan kurikulum Prodi S2 Psikologi Unesa juga dilandaskan pada pertimbangan sosiologis yang menegaskan bahwa pendidikan berlangsung dalam konteks sosial dan budaya tertentu. Sebagai program studi yang lahir dan berkembang dalam masyarakat Indonesia, Prodi Magister Sains Psikologi Unesa mengedepankan penciptaan lingkungan belajar yang positif untuk perkembangan diri mahasiswa menuju pencapaian kemajuan ilmu pengetahuan bidang psikologi dan literasi teknologi yang berwawasan keragaman budaya. Kurikulum yang dikembangkan diharapkan dapat melahirkan lulusan yang mampu menghargai keragaman budaya di tengah masyarakat dan memiliki toleransi dan saling pengertian antar sesama anggota masyarakat Indonesia yang beragam. Demi menghasilkan lulusan yang memiliki kepekaan sosial budaya, kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi Unesa memfasilitasi belajar di lapangan dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam kehidupan nyata.

    Landasan Historis

    Kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi juga dikembangkan sebagai jawaban atas tuntutan perubahan zaman dalam berbagai bidang kehidupan yang terus berubah. Pada era masyarakat industri 4.0 ini, tuntutan akan kompetensi lulusan yang memiliki daya saing menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, kurikulum ini disusun dengan memperhatikan kebutuhan dan tuntutan masyarakat pada era saat ini. Kebutuhan dan tuntutan masyarakat saat ini di antaranya adalah kesiapan untuk berubah dan kreativitas serta penguasaan teknologi. Berdasarkan kebutuhan dan tantangan tersebut, kurikulum ini didesain untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan identifikasi masalah sesuai bidang ilmu, perumusan, serta desain penyelesaian masalah sesuai dengan bidang psikologi yang melibatkan penguasaan literasi data dan literasi teknologi.

    Secara khusus, Kurikulum Prodi Magister Sains Psikologi Unesa tahun 2024 ini dikembangkan dengan menjaga perjalanan historisnya sebagai Program Studi di bawah naungan Universitas Negeri Surabaya yang unggul dalam bidang kependidikan. Keunggulan institusi ini dipadu dengan tuntutan kebutuhan masyarakat atas layanan psikologi. Karena itu, pendirian Prodi Magister Sains Psikologi Unesa tidak lepas dari  upaya untuk menjawab berbagai persoalan masyarakat dalam berbagai bidang. Berdasarkan keunggulan institusi dan kebutuhan masyarakat ini, maka Prodi Magister Sains Psikologi Unesa mengembangkan Kurikulum Pendidikan psikologi tingkat Magister yang memfasilitasi mahasiswa untuk dapat memilih pendalaman atau pengayaan sesuai bidang terapan yang dibutuhkan masyarakat yaitu Bidang Psikologi Pendidik dan sekolah, Psikologi Klinis, dan Psikologi Industri dan Organisasi.

    Landasan Hukum

    Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum ini disusun berdasarkan peraturan dan kebijakan yang berlaku meliputi: 

    1. Pancasila dan UUD 1945;
    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
    4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336); 
    5. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi
    6. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
    7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
    8. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya; 
    9. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
    10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
    11. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
    12. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
    13. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
    14. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
    15. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti; 
    16. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi; 
    17. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya; 
    18. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024; 
    19. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025; 19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045; 
    20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.