•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Fisika Unesa

 
Program Studi  :  S1 Fisika
Tanggal Berdiri  :  10 Juni 1998
Koordinator Program Studi  :  Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Fisika
Universitas Negeri Surabaya
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berbasis HOTS (high order thinking skill) untuk berinovasi dan pemecahan masalah, untuk menghasilkan lulusan berpikir kritis dan kreatif untuk memecahkan masalah dalam bidangnya, berinovasi, berkarakter unggul, berjiwa wirausaha, dan berwawasan lingkungan
  2. Mendukung penguatan keilmuan dibidang fisika pada Program Studi Pendidikan Fisika sesuai dengan dasar perluasan mandat (wider mandate) Universitas Negeri Surabaya;
  3. Mendukung penguatan keilmuan dibidang fisika pada Program Studi Pendidikan Fisika sesuai dengan dasar perluasan mandat (wider mandate) Universitas Negeri Surabaya;
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil-hasil penelitian fisika dan terapannya dan mendukung kesejahteraan masyarakat;
  5. Menyelenggarakan sistem tata pamong dan pengelolaan prodi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil berbasis sistem penjaminan mutu berjenjang untuk peningkatan kualitas prodi yang berkelanjutan dan berkesinambungan;
  6. Membangun jejaring kerjasama dengan stakeholder dan alumni yang saling menguntungkan untuk kesejahteraan masyarakat untuk peningkatan kapasitas dan pencitraan Prodi Fisika berdasarkan prinsip tata pamong dan pengelolaan organisasi yang baik.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang yang mampu berpikir kritis dan kreatif untuk memecahkan masalah dalam bidangnya, berinovasi, berkarakter unggul, berjiwa wirausaha, dan berwawasan lingkungan;
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian serta menghasilkan produk penelitian fisika dan terapannya yang mampu menjawab kebutuhan nasional dan global yang relevan dengan ilmu fisika dan terapannya, khususnya pada pendidikan fisika;
  3. Meningkatkan jumlah kekayaan intelektual dan publikasi ilmiah dalam bidang material, kebumian, instrumentasi dan pengukuran di jurnal bereputasi nasional dan internasional;
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta menghasilkan produk pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian fisika dan terapannya yang mampu menjawab permasalahan di masyarakat;
  5. Menghasilkan sistem tata pamong dan pengelolaan prodi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil berbasis sistem penjaminan mutu berjenjang untuk peningkatan kualitas prodi yang berkelanjutan dan berkesinambungan, yang dikontrol oleh lembaga internal dan eksternal;
  6. Meningkatkan jejaring kerjasama dengan stakeholder dan alumni yang saling menguntungkan untuk kesejahteraan masyarakat, sebagai bagian dari upaya pengembangan kapasitas Prodi Fisika yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

Nilai_dasar
  1. Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang;
  2. Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah;
  3. Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus;
  4. Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah;
  5. Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman;
  6. Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus;
  7. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.

Visi
Visi program studi S1 Fisika adalah Terwujudnya program studi yang unggul dalam bidang fisika dan terapannya pada tahun 2035
Capaian Lulusan Program Studi S1 Fisika
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
Biologi UmumEnglish For PhysicsFisika BumiFisika KomputasiGelombangKewirausahaanKimia UmumMaterial MedisStatistika6050403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
Biologi UmumDeret Dan Aljabar Linier Untuk FisikaElektronika Dasar IElektronika Dasar IiFisika AtmosferFisika BumiFisika Dasar IFisika Gunung ApiFisika KomputasiFisika Matematika IiiFisika ModernFisika OseanografiFisika SeismologiFisika StatistikFisika TsunamiFisika Zat PadatIlmu BahanKalkulus Untuk FisikaKimia UmumListrik MagnetListrik Magnet Dan Optika DasarMaterial MedisMekanikaMekanika Dan Termodinamika DasarMetode Fabrikasi BahanMetode Inversi Data FisikaMitigasi Bencana KebumianOptikSistem Pengukuran FisikaStatistika806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Biologi UmumElektronika Dasar IFisika IntiFisika Matematika IiiFisika Matematika IvKalkulus Untuk FisikaKewirausahaanManajemen IndustriMekanikaMetode Fabrikasi BahanMetode Inversi Data FisikaMetode Pengukuran GeofisikaMitigasi Bencana KebumianStatistika50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-5 Mampu menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip dan teori Fisika Klasik dan Modern
Biologi UmumFisika Dasar IFisika IntiFisika KuantumFisika ModernFisika PolimerFisika StatistikFisika Zat PadatGelombangIlmu BahanKimia UmumListrik MagnetListrik Magnet Dan Optika DasarMekanikaMekanika Dan Termodinamika DasarMetode Fabrikasi BahanMetode Karakterisasi BahanMetode Pengukuran GeofisikaOptikSistem Pengukuran FisikaTermodinamikaTermodinamika BahanThermodinamika806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-6 Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familier maupun baru
Dibebankan pada matakuliah:
Deret Dan Aljabar Linier Untuk FisikaElektronika Dasar IElektronika Dasar IiEnglish For PhysicsFisika AtmosferFisika BumiFisika Dasar IFisika Gunung ApiFisika KomputasiFisika KuantumFisika Matematik IiiFisika Matematika IiiFisika Matematika IvFisika ModernFisika OseanografiFisika SeismologiFisika TsunamiGelombangKalkulus Untuk FisikaListrik MagnetListrik Magnet Dan Optika DasarMekanikaMekanika Dan Termodinamika DasarMetode Inversi Data FisikaMitigasi Bencana KebumianOptikSistem Pengukuran FisikaStatistikaTermodinamikaThermodinamika806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-7 Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan Fisika dan penerapannya.
Biologi UmumElektronika Dasar IElektronika Dasar IiEnglish For PhysicsFisika AtmosferFisika BumiFisika Gunung ApiFisika IntiFisika KomputasiFisika KuantumFisika Matematika IvFisika OseanografiFisika SeismologiFisika TsunamiFisika Zat PadatIlmu BahanMaterial MedisMekanikaMetode Inversi Data FisikaMetode Karakterisasi BahanMitigasi Bencana KebumianSistem Pengukuran FisikaTermodinamikaTermodinamika Bahan50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-8 Mengkomunikasikan gagasan dan / atau hasil penelitian mereka dalam bentuk penulisan akademis dan berbicara secara efektif.
Biologi UmumEnglish For PhysicsFisika Matematik IiiFisika PolimerIlmu BahanListrik Magnet Dan Optika DasarMaterial MedisMekanika Dan Termodinamika DasarMetode Fabrikasi BahanMetode Inversi Data FisikaMetode Karakterisasi BahanMetode Pengukuran GeofisikaStatistikaThermodinamika50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-9 Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis data dan informasi dalam rangka memenuhi serta mengevaluasi tanggung jawab dan tugasnya.
Fisika AtmosferFisika Gunung ApiFisika KomputasiFisika Matematik IiiFisika OseanografiFisika SeismologiFisika TsunamiKewirausahaanManajemen IndustriMetode Fabrikasi BahanMitigasi Bencana Kebumian50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

Profil Lulusan Program Studi S1 Fisika
Universitas Negeri Surabaya
  • Praktisi
    1. Profesional dalam bidang fisika : lulusan harus mampu menganalisis dan menyelesaikan beberapa permasalahan menggunakan pendekatan ilmiah fisika berbasis data penelitian
    2. Pembuat keputusan : lulusan dapat berperan secara profesional dalam posisi kontrol kualitas dan proses dalam industri atau dalam aktivitas penelitian pada institusi penelitian 
    3. Pemimpin komunitas: Dikarenakan kehormatan dan kepercayaan pada komunitas lokal, lulusan program studi fisika dapat mengambil peran strategi dalam memotivasi komunitas untuk berpartisi aktif dalam lingkungan mereka
  • Asisten Peneliti
    Lulusan dapat berperan sebagai asisten peneliti profesional dalam bidang fisika, yang selalu mampu mengembangkan diri secara tepat sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mendukung pengembangan melalui peningkatan penelitian berbasis ilmu pengetahuan di bidang fisika.
  • Akademisi
    Lulusan memiliki kepekaan terhadap kebutuhan perkembangan ilmu di bidang fisika sehingga dapat memiliki kreativitas dan inovasi untuk melakukan perubahan dan memberikan solusi berdasarkan ilmu fisika.

Struktur Kurikulum S1 Fisika
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Fisika 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
4520103026 BIOLOGI UMUM 3.00
4520103267 ENGLISH FOR PHYSICS 3.00
4520103269 KALKULUS UNTUK FISIKA 3.00
4520103104 KIMIA UMUM 3.00
1000002018 PANCASILA 2.00
4520102196 SISTEM PENGUKURAN FISIKA 2.00
4520104268 MEKANIKA DAN TERMODINAMIKA DASAR 4.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
4520104272 DERET DAN ALJABAR LINIER UNTUK FISIKA 4.00
4520103061 FISIKA KOMPUTASI 3.00
1000002033 KEWARGANEGARAAN 2.00
4520103209 TERMODINAMIKA 3.00
4520102107 KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM 2.00
4520104273 LISTRIK MAGNET DAN OPTIKA DASAR 4.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
4520103074 FISIKA MODERN 3.00
4520103084 GELOMBANG 3.00
4520104127 MEKANIKA 4.00
4520102149 OPTIK 2.00
1000002030 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA 2.00
4520103270 RANGKAIAN ELEKTRONIKA 3.00
4520104274 FUNGSI KHUSUS UNTUK FISIKA 4.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
4520104275 ANALISIS VEKTOR DAN TENSOR UNTUK FISIKA 4.00
4520103271 ELEKTRONIKA 3.00
4520102297 FISIKA INSTRUMENTASI 2.00
4520102277 ILMU BAHAN 2.00
1000002176 KEWIRAUSAHAAN 2.00
1000002047 PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN 2.00
4520102054 FISIKA BUMI 2.00
4520103114 LISTRIK MAGNET 3.00
4520102143 METODOLOGI PENELITIAN 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
4520102238 ANALISIS DATA DIFRAKSI 2.00
1000020160 EMPATI DAN KECERDASAN EMOSIONAL 2.00
4520102248 FISIKA ATMOSFER 2.00
4520102261 FISIKA BAHAN PADUAN 2.00
4520104065 FISIKA KUANTUM 4.00
4520102075 FISIKA OSEANOGRAFI 2.00
1000020159 KEPEMIMPINAN INKLUSI 2.00
4520104278 KKN 4.00
4520102146 MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER 2.00
4520102247 MITIGASI BENCANA KEBUMIAN 2.00
4520102150 OPTO ELEKTRONIKA 2.00
4520102170 PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL ** 2.00
4520102250 SENSOR 2.00
1000020156 PEMBELAJARAN EMOSI DAN SOSIAL 2.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
1000020157 MANAJEMEN EVENT REGIONAL 2.00
4520102289 MATERIAL SEMIKONDUKTOR 2.00
4520102286 MATERIAL SISTEM KOMUNIKASI RADAR 2.00
4520102240 METODE KARAKTERISASI BAHAN 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
4520102058 FISIKA GUNUNG API 2.00
4520102077 FISIKA SEISMOLOGI 2.00
4520103082 FISIKA ZAT PADAT 3.00
4520102291 INSTRUMENTASI CERDAS 2.00
4520102105 KOLOKIUM 2.00
4520102288 MATERIAL MAGNETIK DAN SENSOR 2.00
4520102237 SISTEM KONTROL 2.00
4520103079 FISIKA STATISTIK 3.00
4520102246 FISIKA TSUNAMI 2.00
4520103244 MATERIAL ENERGI 2.00
4520102245 MATERIAL MEDIS 2.00
4520102142 METODE PENGUKURAN GEOFISIKA 2.00
4520102285 METODE SINTESIS DAN FABRIKASI MATERIAL 2.00
4520102292 OPTIKA MODERN 2.00

Semester ke 7

Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 7 ini antara lain adalah
  • Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (2 SKS)
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
4520102009 ANTENA DAN PROPAGASI 2.00
4520102243 BAHAN PADUAN 2.00
1000020158 BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF 2.00
1000020163 COMMUNICATION SKILLS 2.00
4520103059 FISIKA INTI 3.00
4520102287 GREEN SYNTHESIS NANOPARTIKEL 2.00
1000020164 INTERNASIONAL CONFERENCE 3.00
1000020161 KOMUNIKASI DAN KERJA TIM 2.00
1000020165 NATIONAL CONFERENCE 2.00
4520102173 POLIMER KONDUKTIF 2.00
4520102282 SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI 2.00
4520102234 TERMODINAMIKA BAHAN 2.00
1000020162 SOFTSKILLS 2.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
4520102284 AKUISISI DATA DAN PENGKONDISIAN SINYAL 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
4520104283 SKRIPSI 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Fisika
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi Kurikulum

Pelaksanaan evaluasi kurikulum menggunakan pendekatan evaluasi dan penjaringan masukan dari proses pembelajaran, alumni, dan pengguna alumni (industri). 

(a) Asesmen Capaian Pembelajaran Lulusan (Program Learning Outcomes)

Pengukuran setiap Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL atau PLO) dapat diperoleh dari nilai rata-rata yang diperoleh berdasarkan hasil belajar mahasiswa. Nilai rata-rata untuk seluruh CPL adalah 78,23. Hal ini menunjukkan bahwa semua modul yang ditugaskan pada PLO 6 dan PLO 7 harus dievaluasi. Hasil asesmen CPL Program Studi Hasil Penilaian CPL atau PLO menunjukkan bahwa kinerja mahasiswa yang mencapai kategori Sangat Baik (di atas garis rata-rata) yaitu pada PLO 3, PLO 4, PLO 5, PLO 8, PLO 9, PLO 10, dan PLO 11. Kinerja mahasiswa yang mencapai kategori Sangat Baik pada PLO 1, PLO 2, PLO 6, dan PLO 7 masih di bawah rata-rata. Hal ini mengindikasikan bahwa perlu adanya evaluasi pada semua modul/mata kuliah yang terkait dengan PLO 1, PLO 2, PLO 6, dan PLO 7. Namun demikian, proses pembelajaran pada sudah cukup berhasil, hal ini ditunjukkan dengan kecilnya persentase mahasiswa yang kinerjanya berada pada kategori Gagal. Selain itu, kategori Gagal pada Mata Kuliah Skripsi bukan berarti gagal, namun mahasiswa yang memprogramkan Skripsi belum dapat menyelesaikan proses penelitian dan penulisan pada Tahun Akademik saat memprogram dan akan dilanjutkan pada Tahun Akademik berikutnya. 

(b) Masukan Akademisi/Profesional, Pengguna Alumni dan Alumni

Selain mengevaluasi kurikulum dari asesmen CPL atau PLO, kemudian dilakukan review oleh ahli. Program Studi S1 Fisika telah melaksanakan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan masukan dari Akdemisi/Prfesional, Pengguna Alumni dan Alumni dalam bentuk  Forum Group Discussion (FGD) dan Benchmarking. Kegiatan tersebut antara lain adalah:

  • FGD untuk mendapatkan masukan stake holder, alumni, dan narasumber dari Physics Society of Indonesia. (Tanggal 17 Juli 2022) 
  • FGD kurikulum OB Program Studi S1-Fisika pada Perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi MIPA LPTK atau LAMSAMA (9 Oktober 2022) di Gorontalo. 
  • Benchmarking dengan mengundang narasumber dari Universitas Airlangga dan Universitas Negeri Malang (Tanggal 10 Oktober 2022 ) 
  • FGD kurikulum OB Program Studi S1-Fisika pada Perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi MIPA LPTK atau LAMSAMA (10 September 2023) di UNY Yogyakarta
  • FGD kurikulum Transformatif Unesa di Hotel Alana (15 Mei 2024) di Suarabaya
  • FGD kurikulum Transformatif Program Studi Fisika (21 Juni 2024) dan Benchmarking pada Departemen/Prodi S1 Fisika UGM  (22 Juni 2024) di Yogyakarta.

Tracer Study

Keseluruhan populasi tracer study pada alumni lulusan tahun 2022 adalah sejumlah 45 alumni dan yang telah mengisi sebanyak 45 atau 100%. Dari seluruh populasi terdapat 19 (42,22%) alumni yang statusnya bekerja baik part time/full time, ada 2 (4,44%) alumni yang belum memungkinkan bekerja atau tidak bekerja tetapi sedang mencari kerja. Untuk alumni yang berwirausaha saja sebanyak 8 (17,78%) alumni, dan yang studi lanjut sebanyak 10 (22,22%) alumni. Dari 45 alumni ada 13 (28,89%) alumni mendapat pekerjaan pertama kurang dari 6 bulan, sedangkan dari jumlah tersebut ternyata hanya 10 (22,22%) yang mendapatkan pendapatan lebih besar dari 1,2x Upah Minimum Provinsi. Maka kualitas alumni prodi S1 Fisika yang lulus di tahun 2022 dimana mereka bekerja kurang dari 6 bulan sekaligus memiliki upah 1,2 UMP/berwirausaha/studi lanjut sebanyak 31 (68,89%) yang masuk dalam ‘Gold Standar Indikator Kinerja Utama I Universitas Negeri Surabaya.

Tabel 2. Masa Tunggu Lulusan

Mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulusJumlah

Rata-rata

masa tunggu

1 bulan131,5 bulan
2 bulan4
3 bulan0
4 bulan0
5 bulan0
6 bulan0
6-12 bulan10

 

Berdasarkan Tabel 1 menunjukkan jumlah alumni Program Studi S1 Fisika yang lulus tahun 2022 memiliki rata-rata masa tunggu 1,5 bulan.

 

Tabel 3. Jenis Pekerjaan Alumni Program Studi Fisika

Nama ProfesiJumlahPresentase
Tenaga Admisitrasi Sekolah00%
Akuntan00%
Konsultan00%
Pendidik518,51%
Staf Administrasi Lembaga518,51%
Security/Penjaga/TNI/Polri00%
Konselor00%
Peneliti/analis933,33%
Pemilik Usaha829,64%
Jumlah 27100%

 

Berdasarkan Tabel 2, mayoritas alumni Program Studi S1 Fisika yang lulus tahun 2022 paling banyak bekerja sebagai analis/peneliti yaitu 9 alumni (33,33%), berikutnya adalah sebagai pemilik usaha 8 alumni (29,64%), sebagai pendidik dan staf administrasi lembaga masing-masing 5 alumni (18,51%). 

 

A pie chart with a few different colored sections

Description automatically generated with medium confidence

 

Gambar 1. Kesesuaian Bidang Ilmu Alumni dengan Bidang Kerja

 

            Berdasarkan Gambar 1, seluruh alumni Program Studi S1 Fisika dengan tahun lulus 2022 yang telah mendapatkan pekerjaa dengan tingkat kesesuaian antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini sangat erat sebanyak 72%, kemudian keterkaitan yang erat adalah 12%, sedangkan merasa keeratan antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini adalah kurang erat dan tidak erat sama sekali secraa berturut-turut adalah 4% dan 6%. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas menilai cukup erat antara bidang studi dengan bidang pekerjaan yang saat ini digeluti alumni.

 

 

 

Rekap CPL Program Studi S1 Fisika
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9
Optik 2 50% 20% 30% 100 %
Fisika Gunung Api 2 8.33% 25% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
English for Physics 3 42% 10% 10% 38% 100 %
Fisika Bumi 3 10% 10% 40% 40% 100 %
Kimia Umum 3 25% 37.5% 37.5% 100 %
Fisika Atmosfer 2 30% 40% 20% 10% 100 %
Fisika Zat Padat 3 50% 25% 25% 100 %
Fisika Inti 3 36.36% 36.36% 27.27% 99.99 %
Elektronika Dasar I 3 100% 100 %
Fisika Dasar I 4 15.38% 53.85% 30.77% 100 %
Biologi Umum 3 3.33% 6.67% 6.67% 40% 6.67% 36.67% 100 %
Mekanika 4 13.33% 20% 26.67% 26.67% 13.33% 100 %
Fisika Statistik 3 66.67% 33.33% 100 %
Sistem Pengukuran Fisika 2 42.86% 14.29% 28.57% 14.29% 100 %
Kewirausahaan 2 53.85% 30.77% 15.38% 100 %
Fisika Polimer 2 66.67% 33.33% 100 %
Statistika 2 5% 15% 25% 10% 25% 20% 100 %
Ilmu Bahan 3 30% 20% 30% 20% 100 %
Fisika Matematik III 3 50% 25% 25% 100 %
Fisika Tsunami 2 5.56% 16.67% 38.89% 33.33% 5.56% 100 %
Thermodinamika 3 33.33% 41.67% 25% 100 %
Manajemen Industri 2 50% 50% 100 %
Metode Fabrikasi Bahan 3 20% 10% 30% 20% 20% 100 %
METODE INVERSI DATA FISIKA 2 10% 30% 30% 20% 10% 100 %
Mitigasi Bencana Kebumian 2 11.11% 22.22% 27.78% 27.78% 11.11% 100 %
Fisika Oseanografi 2 25% 37.5% 25% 12.5% 100 %
Listrik Magnet 3 23.08% 42.31% 34.62% 100 %
Gelombang 3 25% 50% 25% 100 %
Fisika Modern 3 33.33% 46.67% 20% 100 %
Elektronika Dasar II 3 14.29% 50% 35.71% 100 %
METODE KARAKTERISASI BAHAN 2 25% 50% 25% 100 %
Material Medis 2 22.22% 22.22% 33.33% 22.22% 99.99 %
Fisika Komputasi 3 7.69% 23.08% 38.46% 23.08% 7.69% 100 %
Fisika Seismologi 2 9.09% 27.27% 36.36% 18.18% 9.09% 99.99 %
Termodinamika 3 47.06% 29.41% 23.53% 100 %
Elektronika Dasar I 2 36.36% 9.09% 22.73% 31.82% 100 %
TERMODINAMIKA BAHAN 2 60% 40% 100 %
Metode Pengukuran Geofisika 2 16.67% 33.33% 50% 100 %
Fisika Kuantum 3 47.06% 47.06% 5.88% 100 %
Mekanika dan Termodinamika Dasar 4 18.18% 40.91% 22.73% 18.18% 100 %
Listrik Magnet dan Optika Dasar 4 15.38% 42.31% 34.62% 7.69% 100 %
Kalkulus untuk Fisika 3 70% 10% 20% 100 %
Deret dan Aljabar Linier untuk Fisika 4 36.36% 63.64% 100 %
Fisika Matematika III 4 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Fisika Matematika IV 4 25% 50% 25% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Fisika
Universitas Negeri Surabaya
  1. LANDASAN PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

 

1.1. Landasan Institusi

Landasan institusi dalam perancangan dan pengembangan kurikulum Program Studi S1 Fisika Universitas Negeri Surabaya mengacu pada Pedoman Akademik dan Visi-Misi Universitas. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memiliki visi menjadi “universitas kependidikan yang tangguh, adaptif, inovatif berbasis kewirausahaan”. Dalam mewujudkan visi tersebut, kurikulum Program Studi S1 Fisika dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan akademik yang kuat, keterampilan profesional, serta semangat inovatif dan adaptif terhadap perubahan global. Nilai-nilai dasar UNESA yang tercermin dalam akronim TANGKAAS REK (Tangguh, Kolaboratif, Adaptif, Inovatif, Inklusif, Pembelajar Sepanjang Hayat, dan Berbasis Kewirausahaan) menjadi pedoman dalam pengembangan kompetensi lulusan, sehingga mereka mampu menjadi ilmuwan fisika yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, industri, dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Gambar 2. Landasan hukum, kebijakan nasional dan internasional pengembangan kurikulum pendidikan tinggi.

 

1.2. Landasan Filosofis

Landasan filosofis kurikulum Program Studi S1 Fisika berakar pada pandangan bahwa pendidikan tinggi harus mengembangkan kemampuan intelektual, kepribadian, dan keterampilan profesional peserta didik secara utuh. Pengembangan kurikulum didasarkan pada filosofi esensialisme, yang menekankan pentingnya penguasaan konsep dasar fisika secara komprehensif; eksperimentalisme, yang mendorong inovasi berbasis penelitian dan penerapan teknologi; serta eksistensialisme, yang memupuk kesadaran diri peserta didik terhadap peran dan tanggung jawabnya di masyarakat. Dengan pendekatan ini, kurikulum bertujuan membentuk lulusan yang tidak hanya menguasai sains fisika, tetapi juga memiliki daya kritis, kreatif, inovatif, dan etis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan umat manusia.

Sejalan dengan landasan filosofis ini, perancangan kurikulum Program Studi S1 Fisika Unesa mengacu pada grand desain kurikulum fisika atau standar kurikulum nasional program studi Fisika yang dikembangkan oleh Physics Society of Indonesia (PSI), yang menjadi rujukan nasional bagi pengembangan program studi Fisika di tingkat sarjana, magister, dan doktor. Dalam Grand desain tersebut, ditegaskan bahwa pendidikan Fisika harus membekali peserta didik dengan pemahaman konseptual yang kuat, keterampilan riset, kemampuan berpikir analitis dan kritis, serta kepekaan terhadap isu-isu global yang terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Grand desain ini menempatkan pengembangan kompetensi akademik, profesionalisme ilmiah, serta integritas moral sebagai pilar utama, sekaligus menekankan pentingnya fleksibilitas kurikulum untuk menyesuaikan diri dengan dinamika perkembangan sains dan kebutuhan masyarakat.

Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip dalam grand desain PSI ke dalam pengembangan kurikulum, Program Studi S1 Fisika Universitas Negeri Surabaya memastikan bahwa lulusan yang dihasilkan tidak hanya memiliki penguasaan keilmuan yang mendalam dan keterampilan penelitian yang unggul, tetapi juga berdaya saing tinggi di tingkat nasional dan internasional, serta mampu berkontribusi secara nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan pemecahan masalah-masalah kemasyarakatan.

 

1.3. Landasan Sosiologis

Kurikulum Program Studi S1 Fisika dirancang dengan mempertimbangkan dinamika sosial, kebutuhan masyarakat, serta tantangan globalisasi. Perubahan sosial dan perkembangan teknologi menuntut lulusan yang tidak hanya menguasai ilmu fisika, tetapi juga memiliki kelincahan budaya (cultural agility), kemampuan adaptasi, serta kepekaan terhadap keragaman sosial dan budaya. Kurikulum ini diharapkan mampu melepaskan mahasiswa dari keterbatasan budaya lokal yang kaku dan membekali mereka dengan kompetensi untuk berinteraksi di lingkungan global yang multikultural. Selain itu, kurikulum ini berupaya mempertahankan nilai-nilai luhur budaya nasional, membentuk karakter toleransi, saling pengertian, serta semangat kolaborasi antarbangsa dalam upaya membangun dunia yang lebih baik melalui kontribusi ilmu pengetahuan.

 

1.4. Landasan Yuridis

Perancangan dan pengembangan kurikulum Program Studi S1 Fisika didasarkan pada berbagai regulasi nasional dan kebijakan institusional yang berlaku. Di tingkat nasional, kurikulum mengacu pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, serta Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Di tingkat implementasi, kurikulum berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Di tingkat institusi, kurikulum merujuk pada Rencana Strategis Universitas Negeri Surabaya, Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) UNESA, serta Peraturan Rektor tentang pengelolaan kurikulum. Semua landasan yuridis tersebut memastikan bahwa kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan standar nasional, memenuhi kebutuhan stakeholder, serta relevan dengan dinamika global. Secara keseluruahan acuan yuridis tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336); 
  3. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentangPerubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentangPerguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
  6. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
  8. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
  9. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
  11. Peraturan MenteriPendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
  12. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
  13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
  14. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
  15. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
  16. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
  17. Rencana Strategis(Renstra) FMIPA 2024-2029.