Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Tanggal Berdiri | : | 7 November 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Rusmiyati, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan calon pendidik bahasa Jepang yang kompeten dan berdikariÂ
- Melaksanakan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jepang,Â
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Jepang
- Mengembangkan kerja sama dengan institusi tingkat nasional maupun internasional.
Tujuan
- Menghasilkan calon pendidik bidang bahasa Jepang berkepribadian unggul yang memiliki kompetensi pedagogik, akademik, sosial, dan profesional sesuai tuntutan dunia keilmuan, pendidikan dan pembelajaran bahasa Jepang, serta perkembangan dan perubahan masyarakat,Â
- Menghasilkan produk-produk penelitian bidang keilmuan pendidikan dan bahasa Jepang yang bermutu baik secara kuantitas maupun kualitas,Â
- Tersedianya program-program pemberdayaan masyarakat dari hasil-hasil penelitian
- Terciptanya networking melalui kerjasama dengan institusi nasional maupun internasional.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Jepang, ilmu bahasa, ilmu pendidikan, dan ilmu penelitian yang berorientasi pada standar proses dengan menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran bahasa Jepang berbasis IPTEKS.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium, sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait dengan bidang pendidikan bahasa Jepang dan mengevaluasi aktivitas yang dilaksanakan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mampu berbahasa Jepang secara reseptif dan produktif dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa Jepang; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa Jepang.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-9 | Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa Jepang melalui pendekatan secara terintegrasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa Jepang, serta pembelajarannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Menguasai konsep dasar kebahasaan, pembelajaran bahasa, keterampilan berbahasa, penelitian bahasa dan pendidikan bahasa Jepang.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-12 | Menguasai konsep dasar pedagogi pendidikan bahasa Jepang mencakup teori belajar, strategi, perencanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam bahasa Jepang
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
- Dosen, guru bidang studi Bahasa Jepang
Dosen dan guru memiliki kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial
- Instruktur bahasa Jepang
Instruktur bahasa Jepang memiliki kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan dan kompetensi profesional
- Staf administrasi, penerjemah
Staf administrasi dan penerjemah memiliki kompetensi yang menunjang pekerjaan administrasi yang berhubungan dengan Bahasa Jepang
- Pengelola lembaga pendidikan non formal (kursus Bahasa Jepang)
Pengelola lembaga pendidikan memiliki kompetensi kewirausahaan dan pengetahuan bahasa Jepang
- Agen perjalanan wisata, pemandu wisata, hospitality
Agen perjalanan wisata, pemandu wisata, dan hospitality memiliki kemampuan terkait percakapan bahasa Jepang, menerjemahkan, dan kewirausahaan
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Bahasa Jepang 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8820502304
Dasar Kependidikan
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8820502303
Shokyu Chokai
2.00
8820502252
Shokyu Dokkai
2.00
8820502254
Shokyu Hanashikata
2.00
8820500301
Teori Belajar
2.00
8820503255
Shokyu Hyoki
3.00
8820503261
Shokyu Nihongo
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8820502305
Kurikulum Sekolah
2.00
1000002018
Pancasila
2.00
1000002047
Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran
2.00
8820502309
Shochukyu Chokai
2.00
8820502253
Shokyu Dokkai Oyo
2.00
8820502308
Shokyu Hanashikata Oyo
2.00
8820502307
Shokyu Hyoki Oyo
2.00
8820503273
Shokyu Nihongo Oyo
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820502040
Chukyu Chokai
2.00
8820502041
Chukyu Dokkai
2.00
8820502043
Chukyu Hanashikata
2.00
8820502044
Chukyu Hyoki
2.00
8820503050
Chukyu Nihongo
3.00
8820502312
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
8820502216
Perencanaan Pembelajaran
2.00
8820502277
Statistik
2.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
8820502214
Pengantar Linguistik
2.00
8820502274
Shokyu Sakubun
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
8820502319
Chukyu Chokai Oyo
2.00
8820502042
Chukyu Dokkai Oyo
2.00
8820502320
Chukyu Hanashikata Oyo
2.00
8820502047
Chukyu Hyoki Oyo
2.00
8820503053
Chukyu Nihongo Oyo
3.00
8820502054
Chukyu Sakubun
2.00
8820503321
Metode Penelitian
3.00
8820502300
Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran
2.00
8820502311
Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro
2.00
1000002176
Kewirausahaan
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002051
Plp-Analisis Kurikulum
2.00
1000002055
Plp-Asesmen Pembelajaran
2.00
MBKM0031
Plp Evaluasi Program
2.00
1000002049
Plp-Manajemen Sekolah
2.00
1000003053
Plp-Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002054
Plp-Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000003052
Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
MBKM0032
Plp Perencanaan Program
2.00
1000002050
Plp-Pengembangan Program Sekolah
2.00
Semester ke 6
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 6 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (20 SKS)
- Paket Matakuliah Bela Negara (20 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (20 SKS)
- Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (20 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (20 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (20 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (20 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002104
Seminar Proposal Tugas Akhir
2.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020113
Evaluasi Program Mengajar Di Sekolah
2.00
8820504348
Pelaksanaan Program Mengajar Di Sekolah
4.00
8820504351
Pelaporan Program Mengajar Di Sekolah
4.00
8820504350
Pendesiminasian Program Mengajar Di Sekolah
4.00
8820504349
Pengembangan Program Kegiatan Mengajar Di Sekolah
4.00
1000020171
Perencanaan Program Asistensi Mengajar
2.00
Matakuliah Bela Negara
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820504374
Pelaksanaan Program Bela Negara
4.00
8820504377
Pelaporan Program Bela Negara
4.00
8820509376
Pendesiminasian Program Bela Negara
4.00
1000020169
Perencanaan Program Bela Negara
2.00
1000020148
Evaluasi Program Bela Negara
2.00
8820504375
Pengembangan Program Kegiatan Bela Negara
4.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820504344
Pelaksanaan Magang Praktik Industri
4.00
8820504345
Pendesiminasian Program Magang Praktik Industri
4.00
8820504347
Pengembangan Program Kegiatan Magang Praktik Industri
4.00
1000020174
Perencanaan Program Magang
2.00
1000020108
Evaluasi Program Magang Praktik Industri
2.00
8820504346
Pelaporan Program Magang Praktik Industri
4.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020175
Evaluasi Program Proyek Di Desa
2.00
8820504370
Pelaksanaan Program Proyek Di Desa
4.00
8820504373
Pelaporan Program Proyek Di Desa
4.00
8820504372
Pendesiminasian Program Proyek Di Desa
4.00
8820504371
Pengembangan Program Proyek Di Desa
4.00
1000020168
Perencanaan Program Proyek Di Desa
2.00
Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020138
Evaluasi Program Pertukaran Pelajar
2.00
8820504366
Pelaksanaan Program Pertukaran Pelajar
4.00
8820504369
Pelaporan Program Pertukaran Pelajar
4.00
8820504368
Pendesiminasian Program Pertukaran Pelajar
4.00
1000020170
Perencanaan Program Pertukaran Mahasiswa
2.00
8820504367
Pengembangan Program Kegiatan Pertukaran Pelajar
4.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020118
Evaluasi Program Proyek Kemanusiaan
2.00
8820504352
Pelaksanaan Program Proyek Kemanusiaan
4.00
8820504355
Pelaporan Program Proyek Kemanusiaan
4.00
8820504354
Pendesiminasian Program Proyek Kemanusiaan
4.00
1000020166
Perencanaan Program Proyek Kemanusiaan
2.00
8820504353
Pengembangan Program Kegiatan Proyek Kemanusiaan
4.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020133
Evaluasi Program Penelitian Dan Riset
2.00
8820504362
Pelaksanaan Program Penelitian/Riset
4.00
8820504364
Pendesiminasian Program Penelitian/Riset
4.00
8820504363
Pengembangan Program Penelitian/Riset
4.00
1000020172
Perencanaan Program Riset
2.00
8820504365
Pelaporan Program Penelitian/Riset
4.00
Matakuliah Studi Independen
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020123
Evaluasi Program Studi Dan Proyek Independen
2.00
8820504333
Pelaksanaan Program Studi/Proyek Independen
4.00
8820504335
Pendesiminasian Program Studi/Proyek Independen
4.00
8820504334
Pengembangan Program Studi/Proyek Independen
4.00
1000020173
Perencanaan Program Studi Independen
2.00
8820504336
Pelaporan Program Studi/Proyek Independen
4.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820504356
Pelaksanaan Program Kewirausahaan
4.00
8820504360
Pendesiminasian Program Kewirausaan
4.00
8820504357
Pengembangan Program Kewirausaaan
4.00
1000020167
Perencanaan Program Wirausaha
2.00
1000020128
Evaluasi Program Kewirausahaan
2.00
8820504361
Pelaporan Program Kewirausahaan
4.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020158
Berpikir Kritis Dan Kreatif
2.00
8820502324
Bijinesu Kaiwa
2.00
8820502340
Bunpo To Bunkei No Jissen
2.00
1000020163
Communication Skills
2.00
1000020157
Manajemen Event Regional
2.00
1000020165
National Conference
2.00
8820502341
Nihongo Shiken Junbi Kosu
2.00
8820502201
Nihon Shakai To Bunka
2.00
1000020162
Softskills
2.00
8820502338
Tabunka Komunikeshon
2.00
8820502342
Dokkai Kyoka Kosu
2.00
1000020160
Empati Dan Kecerdasan Emosional
2.00
8820502339
Genba Nihongo Kosu
2.00
8820502337
Honyaku To Tsuyaku Jisshu
2.00
1000020164
Internasional Conference
3.00
1000020159
Kepemimpinan Inklusi
2.00
1000020161
Komunikasi Dan Kerja Tim
2.00
1000020156
Pembelajaran Emosi Dan Sosial
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000004105
Tugas Akhir
4.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8820502304 | Dasar Kependidikan | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8820502303 | Shokyu Chokai | 2.00 | |
8820502252 | Shokyu Dokkai | 2.00 | |
8820502254 | Shokyu Hanashikata | 2.00 | |
8820500301 | Teori Belajar | 2.00 | |
8820503255 | Shokyu Hyoki | 3.00 | |
8820503261 | Shokyu Nihongo | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8820502305 | Kurikulum Sekolah | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
1000002047 | Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran | 2.00 | |
8820502309 | Shochukyu Chokai | 2.00 | |
8820502253 | Shokyu Dokkai Oyo | 2.00 | |
8820502308 | Shokyu Hanashikata Oyo | 2.00 | |
8820502307 | Shokyu Hyoki Oyo | 2.00 | |
8820503273 | Shokyu Nihongo Oyo | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820502040 | Chukyu Chokai | 2.00 | |
8820502041 | Chukyu Dokkai | 2.00 | |
8820502043 | Chukyu Hanashikata | 2.00 | |
8820502044 | Chukyu Hyoki | 2.00 | |
8820503050 | Chukyu Nihongo | 3.00 | |
8820502312 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 | |
8820502216 | Perencanaan Pembelajaran | 2.00 | |
8820502277 | Statistik | 2.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
8820502214 | Pengantar Linguistik | 2.00 | |
8820502274 | Shokyu Sakubun | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 | |
8820502319 | Chukyu Chokai Oyo | 2.00 | |
8820502042 | Chukyu Dokkai Oyo | 2.00 | |
8820502320 | Chukyu Hanashikata Oyo | 2.00 | |
8820502047 | Chukyu Hyoki Oyo | 2.00 | |
8820503053 | Chukyu Nihongo Oyo | 3.00 | |
8820502054 | Chukyu Sakubun | 2.00 | |
8820503321 | Metode Penelitian | 3.00 | |
8820502300 | Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran | 2.00 | |
8820502311 | Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro | 2.00 | |
1000002176 | Kewirausahaan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002051 | Plp-Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002055 | Plp-Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
MBKM0031 | Plp Evaluasi Program | 2.00 | |
1000002049 | Plp-Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000003053 | Plp-Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002054 | Plp-Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000003052 | Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
MBKM0032 | Plp Perencanaan Program | 2.00 | |
1000002050 | Plp-Pengembangan Program Sekolah | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002104 | Seminar Proposal Tugas Akhir | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020113 | Evaluasi Program Mengajar Di Sekolah | 2.00 | |
8820504348 | Pelaksanaan Program Mengajar Di Sekolah | 4.00 | |
8820504351 | Pelaporan Program Mengajar Di Sekolah | 4.00 | |
8820504350 | Pendesiminasian Program Mengajar Di Sekolah | 4.00 | |
8820504349 | Pengembangan Program Kegiatan Mengajar Di Sekolah | 4.00 | |
1000020171 | Perencanaan Program Asistensi Mengajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820504374 | Pelaksanaan Program Bela Negara | 4.00 | |
8820504377 | Pelaporan Program Bela Negara | 4.00 | |
8820509376 | Pendesiminasian Program Bela Negara | 4.00 | |
1000020169 | Perencanaan Program Bela Negara | 2.00 | |
1000020148 | Evaluasi Program Bela Negara | 2.00 | |
8820504375 | Pengembangan Program Kegiatan Bela Negara | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820504344 | Pelaksanaan Magang Praktik Industri | 4.00 | |
8820504345 | Pendesiminasian Program Magang Praktik Industri | 4.00 | |
8820504347 | Pengembangan Program Kegiatan Magang Praktik Industri | 4.00 | |
1000020174 | Perencanaan Program Magang | 2.00 | |
1000020108 | Evaluasi Program Magang Praktik Industri | 2.00 | |
8820504346 | Pelaporan Program Magang Praktik Industri | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020175 | Evaluasi Program Proyek Di Desa | 2.00 | |
8820504370 | Pelaksanaan Program Proyek Di Desa | 4.00 | |
8820504373 | Pelaporan Program Proyek Di Desa | 4.00 | |
8820504372 | Pendesiminasian Program Proyek Di Desa | 4.00 | |
8820504371 | Pengembangan Program Proyek Di Desa | 4.00 | |
1000020168 | Perencanaan Program Proyek Di Desa | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020138 | Evaluasi Program Pertukaran Pelajar | 2.00 | |
8820504366 | Pelaksanaan Program Pertukaran Pelajar | 4.00 | |
8820504369 | Pelaporan Program Pertukaran Pelajar | 4.00 | |
8820504368 | Pendesiminasian Program Pertukaran Pelajar | 4.00 | |
1000020170 | Perencanaan Program Pertukaran Mahasiswa | 2.00 | |
8820504367 | Pengembangan Program Kegiatan Pertukaran Pelajar | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020118 | Evaluasi Program Proyek Kemanusiaan | 2.00 | |
8820504352 | Pelaksanaan Program Proyek Kemanusiaan | 4.00 | |
8820504355 | Pelaporan Program Proyek Kemanusiaan | 4.00 | |
8820504354 | Pendesiminasian Program Proyek Kemanusiaan | 4.00 | |
1000020166 | Perencanaan Program Proyek Kemanusiaan | 2.00 | |
8820504353 | Pengembangan Program Kegiatan Proyek Kemanusiaan | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020133 | Evaluasi Program Penelitian Dan Riset | 2.00 | |
8820504362 | Pelaksanaan Program Penelitian/Riset | 4.00 | |
8820504364 | Pendesiminasian Program Penelitian/Riset | 4.00 | |
8820504363 | Pengembangan Program Penelitian/Riset | 4.00 | |
1000020172 | Perencanaan Program Riset | 2.00 | |
8820504365 | Pelaporan Program Penelitian/Riset | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020123 | Evaluasi Program Studi Dan Proyek Independen | 2.00 | |
8820504333 | Pelaksanaan Program Studi/Proyek Independen | 4.00 | |
8820504335 | Pendesiminasian Program Studi/Proyek Independen | 4.00 | |
8820504334 | Pengembangan Program Studi/Proyek Independen | 4.00 | |
1000020173 | Perencanaan Program Studi Independen | 2.00 | |
8820504336 | Pelaporan Program Studi/Proyek Independen | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820504356 | Pelaksanaan Program Kewirausahaan | 4.00 | |
8820504360 | Pendesiminasian Program Kewirausaan | 4.00 | |
8820504357 | Pengembangan Program Kewirausaaan | 4.00 | |
1000020167 | Perencanaan Program Wirausaha | 2.00 | |
1000020128 | Evaluasi Program Kewirausahaan | 2.00 | |
8820504361 | Pelaporan Program Kewirausahaan | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020158 | Berpikir Kritis Dan Kreatif | 2.00 | |
8820502324 | Bijinesu Kaiwa | 2.00 | |
8820502340 | Bunpo To Bunkei No Jissen | 2.00 | |
1000020163 | Communication Skills | 2.00 | |
1000020157 | Manajemen Event Regional | 2.00 | |
1000020165 | National Conference | 2.00 | |
8820502341 | Nihongo Shiken Junbi Kosu | 2.00 | |
8820502201 | Nihon Shakai To Bunka | 2.00 | |
1000020162 | Softskills | 2.00 | |
8820502338 | Tabunka Komunikeshon | 2.00 | |
8820502342 | Dokkai Kyoka Kosu | 2.00 | |
1000020160 | Empati Dan Kecerdasan Emosional | 2.00 | |
8820502339 | Genba Nihongo Kosu | 2.00 | |
8820502337 | Honyaku To Tsuyaku Jisshu | 2.00 | |
1000020164 | Internasional Conference | 3.00 | |
1000020159 | Kepemimpinan Inklusi | 2.00 | |
1000020161 | Komunikasi Dan Kerja Tim | 2.00 | |
1000020156 | Pembelajaran Emosi Dan Sosial | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | Tugas Akhir | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang disusun berdasarkan pada naskah akademik Unesa tentang pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2020. Naskah akademik ini mengakomodasi berbagai regulasi pengembangan kurikulum perguruan tinggi seperti Undang-undang No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Perpres No. 8/2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Permendikbud No.49/2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Restrukturisasi kurikulum Prodi S1 pendidikan Bahasa Jepang dalam lima tahun terakhir dilakukan pada tahun 2020, namun peninjauan kurikulum dilakukan setiap tahun.
Restrukturisasi kurikulum dilaksanakan setiap lima tahun sekali, melalui tahapan secara umum sebagai berikut:
- Tahap perencanaan pengembangan kurikulum :Pembentukan tim pengembang kurikulum di tingkat Prodi melalui rapat Prodi
- Tahap analisis : Tim Pengembang Kurikulum bersama Unit Penjaminan Mutu (UPM) mengadakan rapat tinjauan kurikulum untuk meninjau isi kurikulum Prodi dengan cara melakukan analisis SWOT, misalnya: meninjau RPS (untuk pemutakhiran materi), dan sebagainya. kemudian Membuat laporan hasil analisis tinjauan kurikulum yang sedang berjalan, dan draf kurikulum yang baru. Melaporkan hasil analisis tinjauan kurikulum dan draf Kurikulum terbaru kepada Kaprodi.
- Tahap Pengembangan/Perancangan : Pembahasan draf kurikulum terbaru melalui rapat kurikulum prodi dipimpin Kaprodi dihadiri oleh seluruh dosen Prodi. Menetapkan draf final kurikulum Prodi berdasarkan masukan dari dosen, Tim UPM, dan tim kurikulum. Prodi mengundang Dekanat untuk memberikan masukan pada isi draf final kurikulum Prodi. Masukan dari Dekanat untuk kurikulum Prodi satu diantaranya adalah memperkuat kerjasama dengan dunia industri dan dunia pendidikan melalui program PLP di sekolah dan program KKNT. Mengundang stakeholder (termasuk alumni) untuk memberikan masukan terkait pengembangan kurikulum tentang kesesuaian kompetensi lulusan dengan apa yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan dan industri.
- Tahap sanctioning : Hasil rapat kurikulum pada tahap pengembangan draf kurikulum mendapatkan masukan dari pihak eksternal dalam tahap sanctioning.
- Tahap Uji publik : Prodi mengundang dua narsum dari luar juga untuk memberikan masukan pada kurikulum prodi kedua ahli tersebut merupakan alumni senior dari prodi yang menjabat sebagai pengelola Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bahasa Jepang di tahun tersebut.
- Tahap implementasi kurikulum : Setelah tahap sanctioning dan uji publik berdasarkan masukan dari beberapa narasumber tersebut, dilakukan revisi draf kurikulum melalui rapat prodi. Selanjutnya hasil dari rapat kurikulum ditetapkanlah draf final kurikulum prodi. Tahap selanjutnya, prodi mengajukan laporan kurikulum pada Dekanat, dan selanjutnya dimuat di Buku Pedoman Akademik Unesa. Kemudian Kurikulum dilaksanakan pada tahun ajaran berikutnya.
- Tahap evaluasi : Evaluasi kurikulum dilakukan sekali dalam setahun melalui audit kurikulum. Audit kurikulum dilakukan secara terjadwal oleh Tim Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Bahasa dan Seni Unesa.
Tim tracer study Universitas Negeri Surabaya terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu tingkat Universitas, Fakultas, dan Program Studi. Setiap tim terdiri dari para dosen UNESA yang telah sah dipilih serta ditetapkan oleh pimpinan UNESA (ST/SK). Semua tim akan bekerja sesuai dengan tupoksinya, dengan jalur koordinasi Universitas – Fakultas – Prodi dan Prodi – Fakultas – Universitas sesuai dengan buku panduan tracer study Unesa.
Koordinasi yang terjadi adalah, Tim tracer study pusat Universitas Negeri Surabaya telah memiliki data saringan alumni yang perlu untuk dilacak (satu tahun setelah lulus) akan melakukan pengiriman email (email blast) kepada alumni yang dituju tersebut.
Sasaran tracer Study UNESA yaitu alumni setelah satu tahun dan sesuai dengan kohort/sasaran lulusan (kelompok homogen mahasiswa yang menyelesaikan studinya pada titik waktu yang sama/sesuai cut-off. Kelompok sasaran tracer telah ditentukan melalui Keputusan Rektor pada program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor, yang berasal dari data SIM Yudisium UNESA dan melalui FGD bersama bidang Akademik dan PPTI UNESA.
Penetapan dilakukan melalui metode kohort/pemetaan sasaran berdasarkan fakultas dan program studi. Selanjutnya data sasaran tracer study dilakukan rekapitulasi dan penetapan data sasaran melalui surat edaran atas nama Rektor (Wakil Rektor Bidang I atau Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UNESA). Tim tracer study tingkat Prodi juga dapat memantau capaian, serta data terperinci dari alumni melalui sistem tersebut. Kemudian info email blast tersebut akan diteruskan kepada tim Tracer study tingkat Fakultas yang langsung akan diarahkan kepada tim tracer study tingkat Prodi. Pada masa pengisian data tracer study, jika ada alumni yang belum mengisi akan menjadi tanggung jawab tim tracer study tingkat Prodi. Tim tracer study dari setiap program studi bertanggung jawab untuk memantau partisipasi alumni dan mengkoordinasikan upaya untuk mendapatkan data dari alumni yang belum mengisi.
Organisasi pelaksanaan tracer study di UNESA dapat digambarkan dengan bagan alir sebagai berikut
Gambar Alur prosedur pengambilan data pelacakan kepada para alumni
Pengambilan data pelacakan tidak hanya dilakukan pada alumni saja, tetapi juga ditujukan kepada para pengguna alumni (user survei) Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNESA. Pengguna yang dimaksud yaitu pimpinan instansi tempat para alumni bekerja. Pengambilan data tersebut dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut
Gambar Alur prosedur pengambilan data kepada pengguna alumni
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | |||
TEORI BELAJAR | 2 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Dokkai Oyo | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Hanashikata | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Dokkai | 2 | 25% | 75% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Nihongo | 3 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Sakubun | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Dokkai | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Chokai | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Shokyu Hyoki | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Nihongo | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Kewirausahaan | 2 | 45.45% | 54.55% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Sakubun | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Chukyu Hanashikata | 2 | 91.67% | 8.33% | 100 % | ||||||||||
Statistik | 2 | 75% | 25% | 100 % | ||||||||||
Shokyu Chokai | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Dasar Kependidikan | 2 | 50% | 50% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum di dalam pendidikan maupun perkembangan kehidupan manusia, maka dalam penyusunan kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan landasan yang kokoh dan kuat. Pengembangan kurikulum yang ideal dilakukan atas landasan yang kuat untuk menghasilkan kurikulum yang kokoh. Hal ini untuk memastikan bahwa sistem sudah mengakomodasi seluruh aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Aktivitas yang dilakukan merupakan usaha untuk menerapkan kurikulum dalam mencapai tujuan. Aktivitas ini bukan hanya dimaknai dengan aktivitas akademik semata, namun aktivitas non-akademik guna menunjang pencapaian visi dan misi. Secara pokok landasan pengembangan kurikulum diilustrasikan dalam bagan berikut.
Bagan Landasan Pengembangan Kurikulum
Filosofis
Landasan filosofis merupakan asumsi atau rumusan yang didapatkan dari hasil berfikir secara mendalam, analitis, logis, dan sistematis dalam perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, dan pengembangan kurikulum. Hal tersebut diperlukan sebab pengembangan kurikulum adalah sebuah proses merencanakan, menghasilkan suatu yang lebih baik dengan didasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan kondisi pembelajaran yang baik. dengan demikian sebuah proses pengembangan kurikulum perlu memiliki landasan filosofis yang sesuai dengan hasil berfikirnya untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan atau bersifat filsafat yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan, yaitu sesuatu yang diyakini kebenarannya berdasarkan sudut pandang yang diambil. Berbagai filosifi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantic naturalism, dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk berbuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan berbagai landasan filosifi di atas, pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosifi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.
Sebagaimana tertuang dalam visi, landasan filosofi pengembangan kurikulum harus bermuara pada keunggulan dalam bidang kependidikan. Hal ini sesuai dengan amanat Unesa sebagai salah satu Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan yang mendalami bidang kependidikan dan menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik dan kependidikan. Keunggulan dalam bidang kependidikan juga didukung melalui penguatan keilmuan, dalam konteks prodi keilmuan bahasa Jepang.
Sosiologis
Landasan sosiologis mengarahkan kajian mengenai kurikulum yang dikaitkan dengan masyarakat dan kebudayaan yang berkembang dalam masyarakat yang bersangkutan. Kedua hal tersebut merupakan landasan yang sangat mempengaruhi isi kurikulum. Hal ini dikarenakan peserta didik berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan baik formal maupun informal dalam lingkungan masyarakat dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula.
Kurikulum harus mampu menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat. Penerapan teori, prinsip, dan hukum yang terdapat dalam semua ilmu pengetahuan yang ada dalam kurikulum harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat baik masyarakat setempat sebagai local content lembaga pendidikan berada ataupun masyarakat global sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum yang dikembangkan.
Kurikulum yang dikembangkan di Prodi memiliki landasan sosiologis yang berakar pada kehidupan masyarakat dan budaya yang berkembang. Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, pengembangan kurikulum didasarkan pada kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Pada kehidupan masyarakat tersebut tumbuh budaya yang mengiringi, dengan demikian budaya dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan.
Psikologis
Landasan psikologis adalah kondisi karakteristik manusia sebagai individu, yang dinyatakan dalam berbagai bentuk perilaku dalam interaksinya dengan lingkungan. Perilaku merupakan manifestasi dari ciri-ciri kehidupan berupa perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai akibat interaksi individu dengan lingkungannya. Kondisi psikologis yang dimaksud adalam kondisi psikologis mahasiswa sebagai subjek dalam pembelajaran.
Pada pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, landasan psikologis yang digunakan memandang mahasiswa selaku peserta didik sebagai individu dalam satu kesatuan psikofisik yang selalu beraktivitas dan berinteraksi dengan lingkungannya. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang secara psikologis berada pada tahap berfikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnya telah mencapai pascakonvensional dan tahap perkembangan social yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik khas, sehingga kurikulum prodi memperhatikan tahap perkembangan psikologi mahasiswa tersebut. Pada sisi lain, mahasiswa dipandang sebagai individu yang memiliki keunikan, kekhasan yang membentuk satu kesatuan. Mahasiswa pada tahap psikologi yang mempunyai sifat khas yakni perkembangan dinamis sesuai dengan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum prodi memperhatikan dan mempertimbangkan tingkat perkembangan psikologi mahasiswa sehingga mahasiswa bisa merasakan kenyamanan dan terfasilitasi dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Historis
Secara historis pengembangan kurikulum di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang selaras dengan pengembangan lembaga yakni IKIP Negeri Surabaya, sejak Prodi didirikan pada tahun 1982. Selanjutnya kurikulum prodi juga mengalami perkembangan historis sejak IKIP Negeri Surabaya berubah menjadi universitas pada tahun 2000, sebagai perluasan mandat untuk mengembangkan program nonkependidikan disamping program kependidikan. Kurikulum Prodi juga direview secara bertahap, lebih-lebih prodi juga telah mengajukan akreditasi pada tahun 2005, secara tidak langsung pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang mendapatkan masukan dan telah direview oleh para asesor BAN-PT secara tidak langsung.
Yuridis
Pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Unesa dilakukan dengan dasar:
1. Pancasila dan UUD 1945
2. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS
3. Undang-undang RI No. 12 tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi
4. Peraturan Presiden No. 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
5. Peraturan pemerintah RI No. 32 tahun 2013 tentang perubahan peraturan pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
6. Peraturan pemerintan RI No. 17 tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan junto PPRI no. 66 tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
7. Peraturan Menteri Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI)
8. Permendikbud No. 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
9. Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
10. Renstra Universitas Negeri Surabaya 2020-2024
11. Renstra Fakultas Bahasa dan Seni 2020-2024
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved