Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Tujuan
Menghasilkan lulusan sebagai pendidik (edupreneur) yang ahli metode penelitian, asesmen, dan evaluasi yang responsif terhadap perkembangan teknologi yang berbasis kewirausahaan.
Menghasilkan peneliti (sociopreneur) yang konsisten mengembangkan metode penelitian, asesmen, dan evaluasi yang berbasis tekonologi bidang pendidikan dan psikometrika komputasi yang berbasis kewirausahaan.
. Menghasilkan ahli (technopreneur) sekaligus sebagai desiminator metode penelitian, asesmen, dan evaluasi dalam pendidikan dan psikometrika komputasi yang baru berbasis kewirausahaan.
Misi
Menyelenggarakan pendidikan yang tangguh, adaptif, inovatif, dan pembelajaran metode penelitian evaluasi, asesmen, dan evaluasi bidang pendidikan dan psikometrika komputasi yang responsif pada perkembangan teknologi berbasis kewirausahaan.
Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang penelitian, asesmen, evaluasi bidang pendidikan, dan psikometrika komputasi yang berbasis kewirausahaan.
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebar luaskan inovasi bidang penelitian, asesmen, dan evaluasi bidang pendidikan dan psikometrika komputasi berbasis kewirausahaan
Capaian Lulusan Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
CPL-1
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
CPL-3
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Mampu mengaplikasikan konsep filsafat penelitian dan evaluasi pendidikan sehingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji untuk pengembangan sistem penilaian, evaluasi pendidikan, serta instrumen tes dan non-tes
Mampu mengembangkan sistem penilaian, instrumen penilaian, penelitian, evaluasi, serta mengembangkan psikometrika komputasi (pengukuran psikologis, algoritma dan model statistik, analisis big data psikologis, tes adaptif komputerisasi, CAT)
Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
Evaluasi Kurikulum Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum dilakukan dari kurikulum usulan program studi (S3 PEP) edisi revisi, dievaluasi mengikuti Pedoman Kurikulum Unesa 2023. Kegiatan tracer study belum dilakukan karena merupakan prodi baru.
Rekap CPL Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya