•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Pendidikan Sains Unesa

 
Program Studi  :  S2 Pendidikan Sains
Tanggal Berdiri  :  2 April 2007
Koordinator Program Studi  :  Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Pada tahun 2030, menjadi penyelenggara pendidikan sains yang unggul di tingkat ASEAN bercirikan inovasi pembelajaran berbasis jiwa kewirausahaan (sains edu-preneurship) dan pengembangan keilmuan di bidang pendidikan sains.
Misi
  1. a. Menyelenggarakan pendidikan magister yang berorientasi pada pengembangan inovasi pembelajaran sains berbasis jiwa kewirausahaan (sains edu-preneurship) dan pengembangan keilmuan bidang pendidikan sains dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan karakter.
  2. b. Mengelola penelitian untuk memecahkan masalah pendidikan sains dengan pendekatan multi dan interdisipliner sehingga menghasilkan karya inovatif yang teruji serta mendapat pengakuan tingkat nasional maupun internasional.
  3. c. Menyebarluaskan hasil pengembangan inovasi pembelajaran dan pengembangan keilmuan pendidikan sains melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan penyelenggaraan forum ilmiah baik lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
  4. d. Membangun jejaring kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya mendukung peningkatan mutu akademik program studi.

Tujuan
  1. a. Mampu mengelola riset pendidikan Sains dan pengembangannya untuk memecahkan permasalahan pendidikan yang berkembang di masyarakat melalui pendekatan multi maupun interdisipliner (Akademik).
  2. b. Mampu mengembangkan IPTEKS dalam bidang keilmuan Pendidikan Sains dan praktek profesionalnya berbasis riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, utamanya pengembangan perangkat pembelajaran IPA serta mendapat pengakuan tingkat nasional maupun internasional (Profesional).
  3. c. Mampu membangun jejaring kerjasama yang saling menguntungkan dalam mengimplementasikan IPTEKS dalam bidang pendidikan sains dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional (Sosial).

Nilai_dasar
  1. 1. Pancasila
  2. 2. Ilmiah
  3. 3. Sains Edu-Preneurship
  4. 4. Inklusif
  5. 5. Sains untuk Pembangunan berkelanjutan

Capaian Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Menguasai filsafat pendidikan IPA sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan inovasi yang unggul di bidang pendidikan IPA.

CPL-6 Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

CPL-8 Merancang dan mengevaluasi kurikulum pendidikan IPA untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih efektif.

CPL-9 Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya
  • Akademisi, Guru, Dosen, Konsultan pendidikan, Peneliti, dan Pengembang keilmuan.
    1. Menguasai teori pedagogi dan andragogi bidang pendidikan IPA berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) dan metodologi penelitian serta secara kreatif dan inovatif menggunakannya untuk menyelesaikan masalah bidang Pendidikan IPA/Sains baik secara multi maupun interdisipliner.
    2. Terampil berkomunikasi dalam keilmuannya di tingkat nasional maupun internasional.
    3. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri pada bidang keilmuannya secara terus menerus dan berkelanjutan.
    4. Menjadi pelopor dan agen perubahan dalam pendidikan IPA di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
    5. Memiliki karakter jujur, mandiri, peduli, tangguh, dan berjiwa pemimpin dan memiliki kemampuan mengembangkan diri secara terus menerus. 
       

Struktur Kurikulum S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S2 Pendidikan Sains 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8410102232 Analisis Filsfat Pendidikan Sains (Analysis Of The Philosophy Of Science Education 2.00
8410102239 Biomekanika Dan Kelistrikan (Biomechanics And Electricity) 2.00
8410103249 Bioteknologi Dan Radioaktivitas (Biotechnology And Radioactivity) 3.00
8410102236 Energi Dan Kehidupan (Energy And Living) 2.00
8410102240 Etno-Pedagogy Pendidikan Sains (Ethno-Pedagogy Of Science Education). 2.00
8410102246 Kajian Kurikulum Pendidikan Sains (Science Education Curriculum Study) 2.00
8410102247 Kajian Model Asesmen Dan Evaluasi Hasil Belajar Sains (Study Of Assessment Models And Evaluation Of Science Learning Outcomes) 2.00
8410103234 Kajian Sains Interdisipliner Dalam Pembelajaran (Interdisciplinary Science Studies In Learning) 3.00
8410102245 Kajian Teori Belajar Dalam Model Pembelajaran Sains (Learning Theory In Science Learning Models). 2.00
8410102241 Kewirausahaan Dalam Pendidikan Sains (Science Edu-Preneurship) 2.00
8410102244 Literasi Sains Digital (Digital Sains Literacy). 2.00
8410103233 Metodologi Penelitian Pendidikan Sains (Science Education Research Methodology) 3.00
8410103248 Pendidikan Sains Kebumian Dan Antariksa (Geoscience Education) 3.00
8410102243 Pendidikan Sains Untuk Pembangunan Berkelanjutan (Science Education For Sustainable Development). 2.00
8410102252 Pengembangan Instrumen Penelitian (Research Instrument Development) 2.00
8410102235 Pengembangan Tpack Dalam Pembelajaran Sains Sekolah (Development Of Tpack In School Science Learning) 2.00
8410103250 Proposal Penelitian (Research Proposal) 3.00
8410104251 Publikasi Ilmiah (Scientific Publication) 4.00
8410102253 Seminar Hasil (Result Seminar) 2.00
8410102238 Statistika Dalam Penelitian Pendidikan (Statistics In Educational Research) 2.00
8410102242 Steam Dan Isu Terbaru Dalam Pendidikan Sains (Steam And Current Issues In Science Education) 2.00
8410102228 Studi Lapangan (Internship) 2.00
8410107254 Tesis (Thesis) 7.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Rekap CPL Program Studi S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9
Studi Lapangan (Internship) 2 18.18% 36.36% 9.09% 36.36% 99.99 %
Publikasi Ilmiah 2 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
Literasi Sains Digital 2 40% 40% 20% 100 %
Pendidikan STEAM 2 2.78% 33.33% 38.89% 19.44% 5.56% 100 %
Metodologi Penelitian Pendidikan IPA 3 20% 40% 40% 100 %
Statistika 2 50% 40% 10% 100 %
Kajian IPA 2 2 50% 25% 25% 100 %
Teori Belajar Lanjut 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Pengembangan Pembelajaran Sains Terintegrasi 3 22.22% 22.22% 22.22% 33.33% 99.99 %
Studi Lapangan 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Analisis Filsfat Pendidikan Sains (Analysis of the Philosophy of Science Education 2 25% 25% 50% 100 %
Kajian sains interdisipliner dalam pembelajaran (Interdisciplinary science studies in learning) 3 20% 30% 30% 20% 100 %
Pengembangan TPACK dalam Pembelajaran Sains Sekolah (Development of TPACK in School Science Learning) 2 22.22% 33.33% 22.22% 22.22% 99.99 %
Energi dan Kehidupan (Energy and living) 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Biomekanika dan Kelistrikan (Biomechanics and Electricity) 2 33.33% 27.78% 11.11% 27.78% 100 %
Etno-Pedagogy Pendidikan Sains (Ethno-Pedagogy of Science Education). 2 16.28% 15.12% 18.6% 18.6% 12.79% 10.47% 8.14% 100 %
Kewirausahaan dalam Pendidikan Sains (Science Edu-Preneurship) 2 30% 10% 50% 10% 100 %
STEAM dan Isu Terbaru dalam Pendidikan Sains (STEAM and Current Issues in Science Education) 2 26.32% 21.05% 10.53% 15.79% 26.32% 100 %
Pendidikan Sains untuk Pembangunan Berkelanjutan (Science Education for Sustainable Development). 2 12.5% 37.5% 25% 25% 100 %
Literasi Sains Digital (Digital Sains Literacy). 2 40% 40% 20% 100 %
Kajian Teori Belajar dalam Model Pembelajaran Sains (Learning Theory in Science Learning Models). 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi