•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Teknik Elektro Unesa

 
Program Studi  :  S2 Teknik Elektro
Tanggal Berdiri  :  22 September 2021
Koordinator Program Studi  :  Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menghasilkan ilmuwan dan profesional engineering yang tangguh dan adaptif dalam pengembangan inovasi serta penyebarluasan keilmuan bidang teknik elektro tingkat nasional dan Internasional


Misi
  1. Melaksanakan pengembangan keilmuan yang inovatif pada jenjang magister Teknik Elektro dan memiliki karakter tangguh serta kompetitif untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan 
  2. Melaksanakan dan mengelola penelitian yang inovatif, original dan teruji pada riset unggulan dan bereputasi nasional maupun Internasional yang terdiri dari seni budaya, disabilitas, ilmu keolahragaan, pendidikan, sains dan teknologi, serta sosial humaniora. 
  3. Melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan serta mengimplementasikan hasil inovasi pada riset unggulan yang bereputasi nasional dan Internasional.
  4. Membangun kerjasama dengan mitra dalam negeri maupun luar negeri untuk meningkatkan mutu akademik sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan magister dalam bidang Teknik elektro yang mampu menyelesaikan permasalahan bidang rekayasa teknik elektro dengan memanfaatkan bidang ilmu lain secara interdisiplin atau multidisiplin, dengan menjunjung tinggi nilai kemanusian dan karakter, 
  2. Menghasilkan lulusan magister di bidang teknik elektro yang mampu melaksanakan, mengelola, dan memimpin penelitian dalam bidang Teknik elektro dan menghasilkan suatu karya yang inovatif, serta telah teruji dan mendapat pengakuan baik secara nasional maupun internasional, 
  3. Memanfaatkan hasil karya inovatif khususnya dalam bidang Teknik elektro kepada masyarakat luas dengan mengimplementasikannya melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat 
  4. Membangun Kerjasama sebagai pengembangan sumber daya manusia sebagai pengembangan kualitas mutu program studi. 

Capaian Lulusan Program Studi S2 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang rekayasa teknik elektro untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin, memformulasikan ide ide baru (new research question) di bidang teknik elektro dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan ilmu dan teknologi dibidang rekayasanya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu mengintegrasikan sistem secara optimal serta mengevaluasi interaksi sistem terhadap aspek teknik, sosial,ekonomi, dan ekologi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu mengembangkan metode, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan menganalisis secara detail topik penelitian yang menjadi konsentrasinya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu mengkolaborasikan pembangkit listrik dari energi renewable dan sistem pembangkit unrenewable yang terinterkoneksi dengan sistem aplikasi kecerdasan artifisial dan smartgrid
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu menspesifikasikan dan memodelkan algoritma berbasis kecerdasan artifisial dalam memanfaatkan teknologi perindustrian ketenagalistrikkan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu mengkolaborasikan manajemen strategi dan pemodelan dari paket perangkat lunak yang dikembangkan untuk sistem tenaga listrik dalam meningkatkan efisiensi, dan kualitas daya pada pengoperasian sistem tenaga listrik
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mampu mendesain, memodelkan dan mengimplementasikan karakteristik dampak risiko ketenaga listrikkan yang lebih handal dan ramah lingkungan baik secara teknis maupun non teknis
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu mendesain dan mengkolaborasikan teknologi baru dalam bidang teknologi telekomunikasi dan jaringan cerdas
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-14 Mampu memodelkan devais dan mengimplementasikan sistem perangkat lunak sistem telekomunikasi jaringan cerdas baik aspek teknis maupun non teknis
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-15 Mampu mengembangkan dan mengimplementasikan mitigasi resiko serta strategi dalam perindustrian telekomunikasi dan ICT berdasarkan jaringan cerdas di era revolusi industri
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-16 Pemahaman yang mendalam tentang sistem telekomunikasi pada semua lapisan dan algoritma pemrosesan sinyal terkait, mulai dari lapisan fisik, termasuk teknik antena dan gelombang mikro hingga lapisan aplikasi, termasuk jaringan komunikasi, sistem sensor dan antena.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-17 Mampu mendesain algoritma infrastruktur yang memfokuskan dan berorientasi fisik konstruktif dan teknologi informasi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-18 Mampu mengembangkan teknologi informasi berdasarkan pengumpulan, penyajian, transfer dan pemrosesan informasi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-19 Mampu mengembangkan material pengembangan teknologi informasi yang mengarah pada desain, produksi dan karakterisasi perangkat
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-20 Mampu menguasai konsep teoretis rekayasa (engineering) secara mendalam pada bidang teknik elektro
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-21 Mampu menguasai metode perancangan sistem rekayasateknik elektro terkini
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-22 Mampu menguasai konsep teoritis dan metode perancangan pada sistim tenaga dan inteligensi, telekomunikasi dan jaringan cerdas, dan teknologi informasi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-23 Mampu menguasai metode aplikasi teknologi dibidang teknik elektro terutama pada 3 bidang peminatan yaitu sistim tenaga dan inteligensi, telekomunikasi dan jaringan cerdas, dan teknologi informasi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-24 Bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan mampu menunjukkan sikap religius
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-25 Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral danetika, menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-26 Mampu menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-27 Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-28 Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, bekerja sama
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-29 Mampu memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-30 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-31 Memiliki nasionalisme serta tanggung jawab pada negara dan bangsa
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-32 Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradapan berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-34 Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro melalui pendekatan inter atau multidisipliner
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-35 Mampu mengelola riset dan pengembangan di bidang teknik elektro yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-36 Mampu mendapat pengetahuan nasional dan internasional
Dibebankan pada matakuliah:

Struktur Kurikulum Program Studi S2 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode Mata Kuliah SKS
2010102010 Probabilitas dan Statistik 2.00
2010102008 Pemodelan dan Simulasi 2.00
2010103004 Metodologi Penelitian 3.00
2010102009 Sistem Telekomunikasi 2.00
2010103005 Teknik Optimasi 3.00
2010102001 Filsafat Ilmu Teknik Elektro 2.00
Semester 2
Kode Mata Kuliah SKS
2010102029 Computer Vision 2.00
2010102025 Perangkat dan Rangkaian Gelombang Mikro 2.00
2010102021 Jaringan Cerdas 2.00
2010102003 Analisis Artikel Jurnal Mutakhir 2.00
2010103006 Artificial Intellegence 3.00
2010102032 Sistem Database Lanjutan 2.00
2010102018 Perencanaan Sistem Tenaga Listrik Berbasis Kecerdasan Tiruan 2.00
2010102027 Pemrosesan Citra 2.00
2010102034 Proposal Penelitian 2.00
2010102030 Mobile Technology & Cloud Computing 2.00
2010102017 Kualitas Sistem Tenaga Listrik 2.00
2010103007 Pattern Recognition 3.00
2010102019 Managemen Pembebanan 2.00
2010102020 Jaringan Nirkabel Multimedia 2.00
2010102023 Antena dan Propagasi Gelombang 2.00
Semester 3
Kode Mata Kuliah SKS
2010102013 Analisa dan Desain Elektronika Daya Listrik 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Pendidikan Tinggi merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan ipteks yang dituangkan dalam capaian pembelajaran. Perguruan tinggi sebagai penghasil sumber daya manusia terdidik perlu mengukur lulusannya, apakah lulusan yang dihasilkan memiliki kemampuan setara dengan kemampuan atau capaian pembelajaran yang telah dirumuskan dalam jenjang kualifikasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Secara nasional, ditetapkan lulusan Program Sarjana/Sarjana Terapan misalnya paling rendah harus memiliki kemampuan yang setara dengan capaian pembelajaran yang dirumuskan pada jenjang 6 KKNI, Magister/Magister Terapan setara jenjang 8, dan Doktor/Doktor Terapan setara jenjang 9. Deskripsi capaian pembelajaran dalam KKNI, mengandung empat unsur, yaitu unsur sikap dan tata nilai, unsur kemampuan kerja, unsur penguasaan keilmuan, dan unsur kewenangan dan tanggung jawab. Sedangkan pada SN-Dikti, CPL dirumuskan dalam unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Unsur sikap dan keterampilan umum telah dirumuskan secara rinci dan tercantum dalam lampiran SN-Dikti, sedangkan unsur keterampilan khusus dan pengetahuan harus dirumuskan oleh forum program studi sejenis yang merupakan ciri lulusan prodi tersebut. Berdasarkan CPL tersebut penyusunan kurikulum suatu program studi dapat dikembangkan. Keterkaitan antara pengembangan dan pelaksanaan kurikulum pendidikan tinggi dengan SNDikti melalui kajian di setiap unsur dari pelaksanaan kurikulum sebagai proses perbaikan berkelanjutan merupakan wujud dari impelemntasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) maupun Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). 

Magister Teknik Teknik Elektro mampu mengembangkan produk dan pemodelan inovatif dengan AI (Artificial Intelligence)/Kecerdasan Tiruan berbasis SDIP-STS (Seni Budaya, Disabilitas, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Sosial dan Humaniora) untuk memanfaatkan keanekaragaman teknologi dibidang Teknik elektro teknologi rekayasa baik di tingkat nasional maupun internasional, serta sebagai sumber belajar untuk menguatkan kemampuan life skills dengan mengedepankan teknologi entrepreneurship. Oleh karena itu, Rumusan kompetensi lulusan bertujuan untuk mengetahui ketepatan rumusan kompetensi lulusan terkait dengan peran lulusan pada bidang Teknik Elektro khususnya dalam bidang peminatan, yaitu peminatan sistem tenaga dan inteligensi, peminatan telekomunikasi dan jaringan cerdas, Peminatan teknologi informasi. Profil lulusan ditetapkan dengan dilakukan analisiskebutuhan, masukan dari stakeholder, dan didasarkan pada kajian IPTEK, visi dan misi Unesa, visi dan misi Pascasarjana Unesa, visi dan misi Fakultas Teknik (FT-unesa), dan konsorsium bidang ilmu Teknik Elektro.Sehingga, Lulusan Program Studi S-2 Teknik Elektro akan mampu melakukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keilmuan dan keahlian sebagai berikut:

 

  1. Tenaga Profesional Dalam Bidang Teknik Elektro Sesuai Tuntutan RI. 4.0

 

Tenaga profesional yang dimaksuddiatas adalah:

 

Tabel 1. Tenaga Profesional Teknik Elektro SesuaiRI. 4.0

 

TenagaProfesionalDefinisi
  • Manager Teknologi Informasi
Mampu    merencanakan,        melaksanakan, mengevaluasi,             mengontrol              dan memberikan solusiatas permasalahan di bidang teknologi informasi
  • Manager Telkomdan Jaringan Cerdas

Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengontrol dan memberikan solusi atas permasalahan di bidang Telekomunikasi dan Jaringan

Cerdas

  • Manager Ketenagalistrikan

Mampu    merencanakan,        melaksanakan, mengevaluasi,             mengontrol              dan

memberikan solusiatas permasalahan di bidang ketenagalistrikan

  • Konsultan IT

Mampu merekomendasi solusiteknologi IT terbaik yang berhubungan denganhardware, software, jaringan, optimasi database, expertsystem, Internet of

Things dan Artificial Intelligence

  • Konsultan Telkomdan Jaringan Cerdas

Mampu merekomendasikan solusi perangkat telekomunikasi dan jaringan cerdasmeliputi perancangan dan pemodelan di transmitter, receiver, media transmisi, teknologi radar, gelombang mikro,pengolahan sinyal, wireless network, sensor network, broadband dan

multimedia network.

  • Konsultan Ketenagalistrikan

Mampu merekomendasi solusi perencanaan, pengoperasian, peramalan dan optimasi unit dispatch menggunakan artificial inteleligent untuk sistem

ketenagalistrikan.

  • Senior Engineer Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas

Mampu memberikan solusi terhadap permasalahan di lapangan yang berhubungan di bidang telekomunikasi dan jaringan cerdasseperti perancangan perangkat untuk pengiriman data di beberapa range frekuensi, perancangan komunikasi nirkabel, sensor,dan sistem

transmisi jaringan cerdas.

  • Senior        Engineer Ketenagalistrikan

Mampu memberikan solusi di lapangan yang berhubungan dengananalisis dan desain daya listrik, smart grid, pemodelan dan regulasiserta kualitas sitem

ketenagalistrikan.


 

Lima teknologi utama yang menopang pembangunan sistem Industri 4.0, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human–Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, sertateknologi 3 dimensi(3D) dilakukan sepenuhnya oleh S2 Teknik Elektro Pascasarjana Unesa. Sehingga pembukaanprodi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhanakan tenaga profesional sesuai bidang diatas.

  1. Periset (Researcher)/Magister Penelitian

Magister penelitian di laboratorium, industri, untuk menyiapkan penelitian baru, membuat pemodelan dan system, melakukan pengukuran, penyusunan, menganalisis, perhitungan dan mengevaluasi. Periset/peneliti yang memiliki kemampuan riset inovatif dan kompetitif berskala nasional dan internasional di bidang Teknik Elektro berbasisSDIP-STS sehingga mampu menciptakan dan/atau mengembangkan riset inovatif kekinian (sesuai tuntutan RI.4.0) yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human–Machine Interface, teknologi robotik dan wirelesssensor network, smartgrid, Antena dan radar, serta teknologi 3 dimensi (3D).

  1.  Praktisi ahli Teknik Elektro/System Engineer

Engineer yang dapat menerapkan ketrampilan dalam hal ketenagalistrikkan, sistem, telekomunikasi, dan informasi

 

  1. Tenaga Pengajar/Pendidik Professional

Tenaga pengajar/pendidik profesional di bidang teknik elektrokhususnya di bidangsistem tenaga dan intelegensi, telekomunikasi jaringan cerdas, dan teknologi informasi serta menerapkan keahlian tersebut baik pada lembaga pemerintah maupun swasta di skala nasional dan internasional. Tenaga pengajar/pendidik yang dimaksud adalah dosen, trainerdi bidang teknik elektro.

  1. Analis Teknologi dibidang Teknik Elektro

Analis di bidang Teknik elektro yang menganalisis dan mengevaluasi serta membuat hasil kesimpulan dari permasalahan bidang ketenagalistrikkan, telekomunikasi dan informasi

 

  1.  Studi lanjut pada program doktor

Peluang yang besar bagi lulusan magister Teknik elektro untuk dapat melanjutkan program doktor di universitas ternama baik di dalam negeri maupun luar negeri.

 

  1. Pegawai Negeri Sipil

Peluang yang besar bagi lulusan magister Teknik Elektro sebagai pegawai negeri sipil terutama bidang energi dan sumber daya mineral, atau di dalam departemen-departemen lain.

 

  1. BUMN ( Badan Usaha Milik Negara)

Lulusan dari magister Teknik Elektro berpeluang besar bekerja di BUMN terutama badan usaha milik negara yang bergerak dibidang kelistrikkan, energi, dan telekomunikasi seperti PLN, PT. Pertamina, PT. Telkom, Migas, Telkomsel dan perusahaan lain

 

  1. Industri

Lulusan dari magister Teknik elektro dapat berpeluang besar juga dapat diterima di sector industri, perusahaan swasta, Industri besar yang bergerak atau memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak 

 

  1. Kewirausahaan

Menciptakan lapangan kerja sendiri sesuai dengan keahlian dari masing-masing lulusan. Karena masing-masing lulusan magister Teknik elektro dibekali ketrampilan khusus terutama dibidang ketenagalistrikkan, bidang telekomunikasi dan informasi, sebagai kontraktor listrik atau instalasi listrik dan masih banyak lagi

 

  1. Electrical design

Lulusan Magister Teknik Elektro berpeluang juga sebagai engineer design dalam bidang Teknik elektro terutama untuk bidang ketenagalistrikkan, telekomunikasi dan perkembangan teknologi informasi.

Dari Hasil analisa kepuasan mahasiswa: 

Dari beberapa aspek yang diukur dari keandalan (Realibility) untuk tingkat kepuasan mahasiswa 82,5% sangatlah baik, daya tangkap (Reponsiveness) dengan tingkat kepuasan 65%, kepastian (assurance) sebanyak 80%, emphaty sebanyak 70%, dan tangible sebanayak 62,5%

 

Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya

Pengembangan kurikulum

Kurikulum untuk program studi magister telah dikembangakn dengan mengacu berbagai landasan dengan meliputi landasan filosofis, landasan sosiologis, landasan psikologis, landasan teknologis, dan landasan yuridis dengan penjelasan sebagai berikut :

 

 

dan arah agar proses pengembangan kurikulum yang dilakukan searah dengan sistem pendidikan nasional secara menyeluruh, visi dan misi Unesa, s,VMTS Program Studi serta sesuai dengan tuntutan kehidupan masyarakat yang harus diakomodasi sehingga memiliki ketahanan dalam mengantisipasi berbagai perubahan. Dengan kata lain naskah akademik ini memfasilitasi, dan menjadi “payung” dalam proses pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum yang ideal dilakukan di atas landasan yang kuat untuk menghasilkan kurikulum yang kokoh. Hal ini untuk memastikan bahwa kurikulum yang dihasilkan merupakan produk sistem berpikir yang kuat dan sistemik dalam mengakomodasi seluruh aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Aktivitas yang dilakukan merupakan upaya untuk mengimplementasikan kurikulum dalam mencapai tujuan. Aktivitas yang dimaksud tidak hanya berupa aktivitas akademik namun juga non akademik guna menunjang pencapaian visi dan misi. Pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi kerja akan mengubah cara melihat kompetensi dari berbagai peminatan. Dalam kaitan dengan akreditasi internasional, kurikulum yang telah dikembangkan berdasarkan SN-Dikti sesungguhnya telah menggunakan pendekatan Outcome Based Education (OBE) melalui tiga tahapan utama yaitu: 

1. Outcome Based Curriculum (OBC), pengembangan kurikulum yang di- dasarkan pada profil dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). 

2. Outcome Based Learning and Teaching (OBLT), pelaksanaan kegiatan pembelajaran (bentuk dan metode pembelajaran) yang akan dilakukan mengacu dan sesuai dengan CPL. 

3. Outcome Based Assessment and Evaluation (OBAE), pendekatan penilaian dan evaluasi yang dilakukan pada pencapaian CPL dalam rangka untuk peningkatan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan. 

Berdasarkan rumusan di atas dapat ditegaskan bahwa pengembangan kurikulum Pascasarjana dilakukan selaras dengan tuntutan perkembangan jaman, perkembangan imu pengetahuan dan teknologi serta kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat, maupun pengguna lulusan perguruan tinggi. Selain itu kurikulum Pascasarjana dikembangkan selaras dengan berbagai regulasi terutama Sistim Pendidikan Tinggi, Standar Nasional Pendidikan Tinggi, KKNI, dan OBE.

Pedoman pengembangan kurikulum di UNESA berdasarkan landasan- landasan,  Pengembangan Kurikulum Prodi S2 Teknik Elektro disusun dengan tujuan pelaksanaan sebagai berikut:

  1.  Memutahirkan kurikulum yang sudah ada atau mengembangkan kurikulum baru;

   2.  Mengorganisasi dan memonitor pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh program studi;

   3.  Mengimplementasikan kurikulum;

   4.  Melakukan asesmen ketercapaian CPL