•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Tata Boga
Tanggal Berdiri  :  1 Agustus 2011
Koordinator Program Studi  :  Dr. Hj. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya
Visi

UNGGUL DALAM PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN KEILMUAN TATA BOGA


Misi
  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bidang boga yang berkarakter dan profesional sehingga mampu berkompetisi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, maksimal lama studi 10 semester sebanyak 100%. 
  2. Meningkatkan keilmuan pendidikan Tata Boga melalui penelitian yang relevan dengan perkembangan ipteks minimal 5 penelitian per tahun. 
  3. Meningkatkan kepedulian kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian, minimal sepuluh pengabdian per tahun
  4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi guna meningkatkan relevansi dan kualitas lulusan, minimal tiga perjanjian kerjasama per tiga tahun
  5. Meningkatkan kuantitas dan/ kualitas sarana dan prasarana pembelajaran per lima tahun
  6. Memperluas aksesibilitas informasi semua jenis data Prodi seiring dengan perkembangan di Fakultas dan Universitas
  7. Melaksanakan tatapamong diprodi yang sehat, efisien, efektif, produktif, transparan, akuntabel, dan sejahtera.

Tujuan
  1. Menguasai dan menerapkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial dalam  ilmu dan teknologi pendidikan  Tata Boga bercirikan kearifan lokal (keguruan).
  2. Menguasai metode ilmiah untuk memecahkan masalah ilmu kependidikan dan penerapan  keterampilan Tata Boga (knowledge and understanding).
  3. Memiliki keterampilan dalam menerapkan keilmuan di bidang pendidikan Tata Boga secara formal dan non formal sepanjang hayat dengan mengedepankan kearifan  lokal.
  4. Memiliki kemampuan dalam mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan Tata Boga (transferable skills). 

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu mengkreasikan karya dalam bidang tata boga berbasis kearifan lokal yang berwawasan kewirausahaan

CPL-9 Mampu merancang, melaksanakan, menganalisis dan mengimplentasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan Tata Boga

CPL-10 Mampu memahami konsep-konsep ilmu dalam bidang pedagogi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu memahami konsep-konsep ilmu dalam bidang tata boga

CPL-12 Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pengetahuan adaptif dan normatif yang menunjang bidang pendidikan tata boga

Struktur Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode Mata Kuliah SKS
8321102115 Ilmu Bahan Makanan 2.00
8321102024 Ilmu Kesejahteraan Keluarga 2.00
8321102035 Manejemen 2.00
8321102117 Sanitasi Higiene dan K3 2.00
8321102138 Dasar Boga 2.00
8321102137 Dasar Kependidikan 2.00
Semester 2
Kode Mata Kuliah SKS
8321102116 Ilmu Gizi 2.00
8321102131 Kurikulum Sekolah 2.00
8321102141 Makanan Indonesia 2.00
8321102133 Makanan Western 2.00
8321102139 Manajemen Dapur 2.00
8321102036 Matematika Terapan 2.00
8321102129 Teori Belajar 2.00
8321102140 Seni Kuliner 2.00
Semester 3
Kode Mata Kuliah SKS
8321102132 Bakery 2.00
8321102119 Etika Profesi dan Estetika 2.00
8321102134 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2.00
8321102136 KUE dan Minuman Indonesia 2.00
8321102135 Makanan Asia 2.00
8321102040 Olahan Coklat dan Gula*) 2.00
8321102130 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8321102143 Tata Hidang 2.00
8321102144 Aplikasi Komputer 2.00
Semester 4
Kode Mata Kuliah SKS
8321102145 Bahasa Inggris Profesi 2.00
8321102082 Cake dan Pastry 2.00
8321102146 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2.00
8321103032 Manajemen Usaha Boga 3.00
8321103038 Metodologi Penelitian 3.00
8321102142 Perencanaan Pembelajaran 2.00
8321102095 Statistika 2.00
8321102096 Teknologi Pangan 2.00
8321102053 Pengelolaan LAB Bidang Studi 2.00
Semester 5
Kode Mata Kuliah SKS
8321104007 Cipta Karya Boga 4.00
8321102149 Edupreneure 2.00
8321102173 Evaluasi Sensori 2.00
8321102175 Fushion Food 2.00
8321102174 Halal Food 2.00
8321103152 Manajemen Keuangan dan Sarana Prasarana 3.00
8321103154 Manajemen SDM dan Mutu 3.00
8321103177 Pengelolaan KUE dan Minuman Khas Jawa Timur 3.00
8321103176 Pengelolaan Makanan Khas Jawa Timur 3.00
8321102150 Pengembangan Kurikulum Kursus 2.00
8321103166 Pengembangan Media dan Sumber Belajar Kursus Bidang Kuliner 3.00
8321104167 Praktik Usaha Kursus Bidang Kuliner 4.00
8321101164 Seminar 1.00
8321102084 Sosio Budaya Makanan*) 2.00
8321103156 Strategi Pemasaran dan Public Speaking 3.00
8321102015 Diversifikasi Panganlokal 2.00
Semester 8
Kode Mata Kuliah SKS
8321105178 Skripsi 5.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya

Sejak tahun 2014 Prodi di Unesa secara bertahap telah mengembangkan dan mengimplementasikan Kurikulum Prodi berbasis KKNI dan SNPT. Pada tahun 2016, prodi S1 Pendidikan Tata Boga melaksanakan Kurikulum KKNI yang disusun  sesuai dengan standar pendidikan nasional (Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015). Pelaksanaan Kurikulum KKNI di UNESA sesuai dengan berdasarkan SK Rektor Unesa Nomor 896/UN38/HK/KR/2019, Prodi melakukan revisi kurikulum berdasarkan Pedoman Asesmen ketercapaian Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Program Studi di Universitas negeri Surabaya. Pada tahun 2020 hingga sekarang di berlakukan kurikulum MBKM, yang di implementasikan ke Prodi selingkung UNESA berdasarkan Pedoman Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Evaluasi Kurikulum tahun 2020, yaitu kurikulum MBKM dilakukan dengan membandingkan capaian kinerja mutu unsur yang dievaluasi terhadap standar yang telah ditetapkan. Kesenjangan antara kinerja mutu terhadap standar menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan modifikasi. Modifikasi dilakukan terhadap kinerja yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, atau dapat juga standar yang dimodifikasi jika kinerja telah melampauinya. Selanjutnya diputuskan apakah dilakukan perbaikan terhadap kinerja mutu atau standar, atau kinerja mutu tersebut dianggap selesai dalam proses evaluasi. Evaluasi terhadap kurikulum telah dilakukan setiap 2 tahun sekali, terakhir dilakukan pada tahun 2022, dilanjutkan dengan kegiatan restrukturisasi kurikulum dengan menghadirkan narasumber dari praktisi boga dan pendidikan. Hasil yang diperoleh adalah masukan terhadap konten atau isi materi perkuliahan agar lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan DU/DI.

Alumni sebagai subjek tracer study menilai bahwa sebesar 84% kurikulum yang telah dikembangkan oleh Prodi S1 Pendidikan Tata Boga telah sesuai dan erat hubungannya dengan bidang pekerjaannya sekarang. Mendiskripsikan kesesuaian bidang kerja lulusan juga menjadi salah satu yang teramat penting dalam tracer study. Secara umum keselarasan antara bidang pekerjaan alumni saat ini dengan bidang ilmu yang ditempuh ketika di bangku kuliah, hal ini sebagai salah satu indicator  penting untuk melihat apakah proses perkuliahan dengan berbagai kurikulum, mata kuliah, dan pengajarannya menjadi bukti apakah selaras dengan kebutuhan dunia dunia kerja atau tidak. Juga bisa memiliki makna bahwa para alumni yang sudah atau sedang berkiprah di dunia kerja apakah sudah sesuai dengan keilmuan atau kompetensinya. Hal ini menjadi penting untuk mengukur kualitas pembelajaran dengan kebutuhan di dunia kerja (link and match), sehingga penting sekali mengetahui terkait keselarasan horizontal. Secara beturut-turut pada tahun 2021, 2022, dan 2023 bidang pekerjaan alumni memiliki kesesuaian dengn profil Program studi dan kurikulum adalah sebesar 69%; 80,78%; dan 80%. Walaupun pada tahun 2022 kesesuain mengalami peningkatan, namum nyatanya nilai kesesuain masih belum sempurna. Hal ini diduga karena para alumni telah mengalami perkembangan teknologi terkait materi yang yang selama ini diajarkan, sehingga perlu adanya perbaikan serta penyesuaian dengan perkembangan ilmu yang selama ini terjadi. Perlu menambahkan mata kuliah baru pada kurikulum PS S1 Pendidikan Tata Boga FT Unesa sesuai degan kurikulum di SMK dan industri, seperti gastronomi molekuler, pengelolaan IT bisnis kuliner, analisis sensori, dan lain sebagainya. 

Terkait dengan aspek pembelajaran, aspek tersebut menjadi salah satu feedback yang penting bagi kemajuan dan peningkatan kualitas pembelajaran S1 Pendidikan Tata Boga. Aspek pembelajaran yang dimaksud adalah 1) Perkuliahan; 2) Demonstrasi; 3) Partisipasi dalam Proyek (Riset); 4) Magang; 5) Praktikum; 6) Kerja Lapangan, dan 7) Diskusi. Berdasarkan hasil tracer study pendekatan diskusi dan magang menunjukan respon yang positif, yaitu masing-masing berada pada poin 3,30 dan 3,00 dari skor maximum 4,00. Pada aspek praktikum dan perkuliahan terlihat paling rendah, yaitu 2,35 dan 2,25. Hal ini dapat terjadi dikarenakan alumni mengalami pembelajaran daring  dikarenaka Covid 19. Sehingga pembalajaran beralih menjadi luring. Keterlibatan alumni dalam praktikum pun menjadi sangat minim, karena alumni harus belajar dirumah. Pengembangan aspek pembelajaran sangat penting untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi-kompetensi yang nantinya diperlukan di DU/DI.

Kemampuan alumni S1 Pendidikan Tata Boga tidak hanya dinilai dari hard skill saja namun juga dinilai dari soft skill. Kedua kemampuan tersebut selayaknya terus diasah selama masa studi di perguruan tinggi. Dalam survey ini alumni diminta memberikan umpan balik atau penilaian terhadap penguasaan kompetensi yang mereka miliki. Berdasarkan hasil penelusuran dari 29 kompetensi yang dibutuhkan oleh industri, alumni memiliki lima kopetensi yang sangat unggul, yaitu 1) etika, 2) keahlian bidang studi, 3) kerjasama, 4) toleransi, dan 5) integritas, dimana kompetensi tersebut memiliki skor ≥4,00 dengan skor maksimum adalah 5,00. Sedangkan kompetensi terendah adalah kemampuan bahasa inggis dengan skor 2,88. Artinya kurikulum perlu lebih mendukung mahasiswanya dalam berbahasa inggis dalam pembelajaran.

 

Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya

Landasan filosofis :

Bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidupnya secara individu maupun di masyarakat.

Landasan sosiologis :

Mahasiswa diharapkan mampu memiliki karakter sebagai seorang pendidik dan memiliki kecakapan hidup yang bisa diaplikasikan di dalam masyarakat.

Landasan psikologis :

Pengembangan kurikulum mampu mendorong secara terus-menerus keingintahuan dan dapat memotivasi belajar sepanjang hayat

Landasan historis :

Kurikulum yang mampu memfasilitasi peserta didik belajar sesuai zamannya.

Landasan Yuridis:

  • UU RI nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen
  • UU RI nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi
  • Peraturan Presiden RI nomor 8 tahun 2012 tentang kerangka kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
  • Permendikbud RI Nomor 73 tahun 2013 tentang penerapan kkni bidang perguruan tinggi
  • Permenristekdikti nomor 62 tahun 2016 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi
  • Permendikbud RI nomor 3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi
  • Permendikbud RI Nomor 5 tahun 2020 tentang akreditasi program studi dan perguruan tinggi
  • Permendikbud RI nomor 22 tahun 2020 tentang rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan