•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Ekonomi
Tanggal Berdiri  :  7 November 1996
Koordinator Program Studi  :  Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi prodi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan ekonomi pada tahun 2025


Misi
  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi
  2. Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
  4. Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder 
  5. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan

Tujuan
  1. menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan;
  2. menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi;
  3. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
  4. mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan;
  5. mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan;
  6. mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri;
  7. Mengembangkan jiwa kewirausahaan

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan dalam aktivitas pembelajaran

CPL-9 Mampu memecahkan permasalahan dalam pembelajaran ekonomi secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

CPL-10 Mampu merancang dan menyusun perangkat pembelajaran ekonomi yang berbasis IPTEKS

CPL-11 Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pembelajaran ekonomi dan ekonomi pendidikan serta mengkomunikasikan hasilnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mampu melaksanakan pembelajaran ekonomi yang komprehensif dan inovatif sebagai solusi pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu Menguasai konsep perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas secara efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-14 Mampu menguasai konsep teoritis ekonomi yang diperlukan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-15 Menguasai konsep teoritis dan prinsip menajerial serta menerapkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:

Struktur Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode Mata Kuliah SKS
8720303196 Pengantar Bisnis 3.00
8720302361 Dasar Kependidikan 2.00
8720303374 Pembelajaran Ekonomi Mikro 3.00
8720303157 Matematika Ekonomi 3.00
8720303375 Pembelajaran Ekonomi Makro 3.00
Semester 2
Kode Mata Kuliah SKS
8720302353 Kurikulum Sekolah 2.00
8720303202 Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen 3.00
8720303362 Teori Ekonomi Mikro 3.00
8720303363 Teori Ekonomi Makro 3.00
8720302355 Teori Belajar 2.00
Semester 3
Kode Mata Kuliah SKS
8720302072 Ekonomi Koperasi 2.00
8720303195 Pengantar Akuntansi 3.00
8720302364 Statistika 2.00
8720302365 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8720303073 Ekonomi Moneter 3.00
8720302339 Kewirausahaan 2.00
8720302276 Sejarah Pemikiran Ekonomi 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya
  1. Evaluasi Kurikulum

Evaluasi Kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi difokuskan pada pengukuran ketercapaian capaian pembelajaran program studi atau program learning outcome (PLO) setelah mahasiswa dinyatakan lulus. Aspek PLO yang dinilai meliputi 1) sikap, terdiri dari PLO-1 sampai dengan PLO-3; 2) pengetahuan, terdiri dari PLO-4 dan PLO-5; 3) keterampilan umum terdiri dari PLO-6 dan PLO-7, dan 4) keterampilan khusus terdiri dari PLO-8 sampai PLO-12. Hasil evaluasi kurikulum secara umum adalah sebagimana dalam grafik berikut.

 

 

Gambar 2. Rekapitulasi Ketercapaian PLO

 

Berdasarkan grafik ketercapaian PLO pada gambar 2, setiap PLO memiliki kriteria sangat baik (≥75), baik (≥60), memuaskan (≥50), buruk (≥40). Rata-rata pencapaian PLO Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi adalah 83,26% (sangat baik), 15,62% (baik), 0,40% (memuaskan), dan 0,73% (buruk). Dengan demikian, kesimpulannya, ketercapaian PLO di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sangat ideal mengingat kriteria sangat baik, yaitu melebihi 75%.

 

  1. Tracer Study

Hasil tracer study menunjukkan bahwa 80,4% lulusan bekerja sebagai guru ekonomi, dan 19,6% bekerja di perusahaan swasta, lembaga perbankan, dan instansi pemerintah. Rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan. Relevansi kompetensi dan kemampuan yang diperoleh selama perkuliahan dengan kebutuhan lingkungan kerja disajikan dari penilaian pengguna lulusan terhadap kemampuan lulusan menjadi sangat baik sebesar 70%, artinya terdapat kepuasan terhadap lulusan program studi. Hasil tracer study tersedia di laporan tracer study.

 

Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya
  1. Landasan Kurikulum
    1. Universitas Value

 Pengembangan kurikulum merupakan hak dan kewajiban masing-masing perguruan tinggi, namun demikian dalam pengembangan kurikulum perlu berlandaskan pada nilai, norma, peraturan dan perundangan yang berlaku. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 tentang KKNI yang dijabarkan dalam SN-DIKTI, elemen kurikulum program studi memuat empat elemen, yaitu (1)sikap, (2)keterampilan umum, (3)pengetahuan, dan (4)keterampilan khusus. 

Sikap yang ditumbuhkembangkan pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, selain disesuaikan dengan landasan kepribadian dan sikap perilaku berkarya sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 08 Tahun 2012, juga dikembangkan sejalan dengan karakter yang ditumbuhkembangkan sesuai dengan motto growing with character, yaitu Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh (dengan akronim: “Idaman Jelita”). 

  1. Landasan Filosofi

Landasan filosofis, memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas pendidikan (Ornstein & Hunkins, 2014). Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum merupakan landasan yang berkaitan dengan bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat (Zais, 1976).

Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan berbagai landasan filosofi di atas, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosofi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa.

Menurut pendekatan eklektik, kurikulum sebagai program pendidikan memiliki empat unsur, yaitu 1)komponen tujuan; 2)isi/materi; 3)proses pembelajaran; dan 4)komponen evaluasi (Zais, 1976). Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, pengembangan kurikulum atas keempat aspek tersebut harus didasarkan pada pemikiran yang mendalam logis, sistematis, komprehensif dengan bermuara pada pencapaian program studi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan ekonomi. 

  1. Landasan Sosilogis

Landasan sosiologis, memberikan landasan bagi pengembangan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan, materi, kegiatan belajar dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pembelajar yang relevan dengan perkembangan personal dan sosial pembelajar (Ornstein & Hunkins, 2014, p. 128). Pengembangan kurikulum perlu dikaitkan dan disesuaikan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat tersebut. 

Eksistensi kebudayaan lokal semakin terkikis di tengah terpaan pengaruh globalisasi. Hal ini sejalan dengan pendapat Plafreyman (2007) yang menyatakan bahwa masalah kebudayaan menjadi topik hangat di kalangan civitas academika di berbagai negara. Perguruan tinggi diharapkan mampu mengembangkan kurikulum yang memadukan antara kepentingan memajukan proses pembelajaran yang berorientasi kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan unsur keragaman budaya mahasiswa untuk menghasilkan capaian pembelajaran dengan kemampuan memahami keragaman budaya di tengah masyarakat, sehingga menghasilkan jiwa toleransi serta saling pengertian terhadap hadirnya suatu keragaman. Dengan kata lain, kurikulum yang dikembangkan harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya untuk menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat di era globalisasi serta melepaskan mahasiswa dari kungkungan tembok pembatas budayanya sendiri (capsulation) yang kaku, dan tidak menyadari kelemahan budayanya sendiri. 

Pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi didasarkan pada landasan sosiologis yang berakar pada kehidupan dan budaya masyarakat yang berkembang. Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, pengembangan kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi didasarkan pada kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Pada kehidupan masyarakat tersebut tumbuh budaya yang mengiringi, dengan demikian budaya dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Sebagai bagian bangsa yang besar dan memiliki kemajemukan dalam budaya maka kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi juga mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Namun demikian tidak dapat ditinggalkan pula budaya lokal tempat Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi tumbuh dan berkembang, hal ini akan menjadi ciri khas khusus yang menampilkan karakteristik Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas.

  1. Landasan Historis

Pengembangan kurikulum diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai dengan zamannya. Secara historis, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi berjalan dinamis searah dengan pengembangan lembaga seiring dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi dikembangkan untuk memfasilitasi mahasiswa belajar untuk mencapai kompetensi yang relevan dengan era industry 4.0 dan perkembangannya.

  1. Landasan Hukum
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Manajemen dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti untuk Mengakomodasi Pengembangan Literasi;
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
  12. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
  13. Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kode Dokumen Nomor: 01/01.UNV/KA/2014, yang selanjutnya direvisi menjadi Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya Tahun 2016 yang berisi tentang arah kebijakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Unesa. Salah satu arah kebijakan di bidang pendidikan, yaitu: “Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) yang dirumuskan bersama pemangku kepentingan (stakeholder) mencakup penguasaan pengetahuan, keterampilan intelektual, praktikal, managerial, kepemimpinan, etika, dan tata karma”;
  14. Keputusan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum KKNI dan SN-Dikti Program Studi di Universitas Negeri Surabaya.
  15. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Program Studi
    1. Visi

Visi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi diturunkan dari Visi Fakultas Ekonomi dan disesuaikan dengan Visi Universitas Negeri Surabaya:

 

 

Gambar 1. Keterkaitan Visi Universitas, Fakultas dan Program Studi 

 

  1. Misi

Seiring dengan visi tersebut, misi yang diemban Program Studi S1 Pendidikan ekonomi adalah sebagai berikut: 

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi
  2. Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
  4. Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder 
  5. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan
    1. Tujuan

Keterkaitan Misi Universitas, Misi Fakultas dan Misi Program Studi sebagimana dalam tabel berikut.

 

Tabel 1. Keterkaitan Misi Universitas, Fakultas, dan Program Studi

Misi UniversitasMisi FakultasMisi Program Studi
Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi

Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana, magister, doktor serta profesi dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis

 

Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi

Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan-kewirausahaan

 

Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan
menyelenggarakan penelitian dalam ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan msyarakat

Meningkatkan kualitas penelitian dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS

 

Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS

menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pembmerdayaan dan pembudayaan masyarakat

 

Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis yang bereputasi

Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi

 

menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutanMeningkatkan Good Faculty Governance dalam pengelolaan organisasi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder baik dalam maupun luar negeriMeningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder

Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi berkomitmen untuk mencapai tujuan sebagai berikut: 

  1. menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan;
  2. menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi;
  3. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
  4. mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan;
  5. mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan;
  6. mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri;
  7. Mengembangkan jiwa kewirausahaan.
    1. Strategi

 

Strategi Prgram Studi S1 Pendidikan Ekonomi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah sebagaimana dalam tabel berikut.

 

Tabel 2. Tujuan dan Strategi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi

NoTujuanStrategi
T1Menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan.
  1. Pengembangan kurikulum berkelanjutan yang sesuai dengan pasar kerja dan perkembangan IPTEk; 
  2. Peningkatan kuantitas dan kualitas promosi profil lulusan melalui tracer study, komunitas profesional, dan website; 
  3. Peningkatan layanan proses pembelajaran;
  4. Pengembangan pembelajaran berbasis teknologi informasi;
  5. Pengembangan kelas internasional;
  6. Optimalisasi pemanfaatan Unesa Job Center (UJC) melalui pengembangan kerjasama/ kemitraan dengan instansi/lembaga pemerintah, BUMN, dan dunia usaha.

 

T2Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi.
  1. Peningkatan kualitas SDM Dosen terkait dengan kompetensi dan rumpun keilmuan prodi 
  2. Peningkatan dan perluasan kesempatan belajar bagi dosen baik dalam negeri maupun ke luar neger 
  3. Peningkatan metodologi penelitian dan penulisan ilmiah bagi dosen 
  4. Peningkatan publikasi hasil penelitian, media komunikasi ilmiah, seminar dan lokakarya tingkat regional, nasional dan internasional 
  5. Penyusunan dan pengembangan road-map penelitian sesuai rumpun keilmuan dalam bidang pendidikan dan non pendidikan; 
  6. Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian sesuai dengan perkembangan mutakhir bidang keilmuan; 
  7. Peningkatan kerjasama penelitian dengan mitra (badan usaha maupun pemerintah); 
  8. Peningkatan kuantitas penelitian kolaboratif dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

 

T3Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  1. Penyusunan dan pengembangan road-map pengabdian sesuai rumpun keilmuan dalam bidang pendidikan dan non pendidikan; 
  2. Peningkatan publikasi hasil pengabdian melalui jurnal, media komunikasi ilmiah, seminar dan lokakarya tingkat regional, nasional dan internasional 
  3. Peningkatan kuantitas dan kualitas pengabdian sesuai dengan perkembangan mutakhir bidang keilmuan; 
  4. Peningkatan kerjasama pengabdian dengan mitra (badan usaha maupun pemerintah); 

 

T4Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan.
  1. Peningkatan dan Pembinaan program kreativitas mahasiswa; 
  2. Pembinaan dan pengembangan pendidikan karakter; 
  3. Pengembangan kemitraan bidang kemahasiswaan; 
  4. Pembinaan minat, bakat, dan penalaran mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa.

 

T5

Mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan.

 

  1. Mengembangkan perencanan dan pelaksanaan anggaran yang terpadu dan akuntabel 
  2. Pengembangan sistem tata kelola efektif dan efisien 

 

T6

Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

 

  1. Peningkatan kerjasama antar lembaga pendidikan, lembaga sosial kemasyarakatan dan dunia usaha di tingkat nasional dan internasional 
  2. Perencanaan dan pengembangan pola kemitraan dengan dunia usaha 

 

T7Mengembangkan jiwa kewirausahaan
  1. Pengembangan pusat wirausaha mahasiswa