Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Teknik Elektro Unesa
Program Studi | : | S1 Teknik Elektro |
Tanggal Berdiri | : | 5 Juni 2012 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program studi yang tangguh dan adaptif di Bidang Ilmu Teknik Elektro, berorientasi pada inovasi berbasis kewirausahaan untuk pembangunan berkelanjutan.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi dengan standar internasional dalam bidang teknik elektro yang tangguh dan adaptif terhadap perkembangan teknologi, dengan mengintegrasikan kurikulum yang komprehensif, metode pengajaran inovatif, dan pengalaman praktis untuk menghasilkan lulusan yang siap berkontribusi di skala global.
- Mengembangkan penelitian dasar, pengembangan, dan inovasi yang berpotensi mendorong lahirnya usaha baru, dengan fokus pada pengembangan teknologi yang dapat mengatasi tantangan pembangunan berkelanjutan.
- Menerapkan teknologi elektro untuk memberdayakan masyarakat dan industri secara berkelanjutan melalui program pelatihan, penelitian terapan, dan solusi teknologi yang adaptif.
- Menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu program studi secara berkelanjutan.
- Membangun jaringan kerjasama dengan perguruan tinggi, lembaga riset, dan industri nasional dan internasional guna memperluas wawasan, memfasilitasi pertukaran pengetahuan, serta mendukung kerjasama riset yang inovatif berbasis kewirausahaan.
Tujuan
- Meningkatkan kualitas pendidikan di bidang teknik elektro dengan mengadopsi standar internasional dalam kurikulum, metode pengajaran, dan penilaian, sehingga lulusan memiliki kompetensi yang relevan dan mendunia.
- Menciptakan dan menghasilkan penelitian yang inovatif dan berdampak positif dalam pengembangan teknologi elektro yang mendukung pembangunan berkelanjutan, serta mendorong lahirnya usaha baru yang berorientasi pada solusi berkelanjutan.
- Mengaplikasikan teknologi elektro dalam memberdayakan masyarakat dan industri dengan pendekatan berkelanjutan melalui program pelatihan, penelitian terapan, serta pengembangan solusi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan lingkungan.
- Membangun tata kelola yang efektif, transparan, dan akuntabel untuk memastikan mutu program studi tetap terjaga dan ditingkatkan secara berkelanjutan, serta melibatkan berbagai pihak terkait.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-6 | Mampu mendesain komponen sistem dan/atau proses untuk dapat diaplikasikan di bidang teknik elektro
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-7 | Mampu mendesain dan melaksanakan eksperimen di laboratorium/lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-8 | Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-9 | Mampu menerapkan metode, keterampilan, dan piranti teknik elektro modern yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang keteknikan, khususnya memiliki pengetahuan lanjut pada salah satu bidang keahlian telekomunikasi dan komputasi cerdas, sistem tenaga listrik, elektronika, dan sistem pengaturan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-10 | Mampu menyampaikan ide dan/atau gagasan hasil kerja dan inovasi dibidang teknik elektro secara efektif baik lisan maupun tulisan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-11 | Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada dibidang teknik elektro
Dibebankan pada matakuliah: |
Struktur Kurikulum Program Studi S1 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
2020102391 | Fisika Teknik I | 2.00 |
2020102052 | Kalkulus I | 2.00 |
2020103087 | Metode Numerik | 3.00 |
1000002018 | Pendidikan Pancasila | 2.00 |
2020102107 | Pengantar Teknik Elektro | 2.00 |
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 |
2020102425 | Bahasa Inggris | 2.00 |
2020102395 | Dasar Algoritma dan Pemograman I | 2.00 |
1000002047 | Pendidikan Jasmani dan Kebugaran | 2.00 |
Semester 2
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
2020102393 | Fisika Teknik II | 2.00 |
2020102053 | Kalkulus II | 2.00 |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 |
1000002033 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2.00 |
2020101396 | Praktikum Dasar Algoritma dan Pemograman I | 1.00 |
2020101392 | Praktikum Fisika Teknik I | 1.00 |
2020102397 | Dasar Algoritma dan Pemograman II | 2.00 |
2020103076 | Matematika Teknik I | 3.00 |
1000002029 | Pendidikan Agama | 2.00 |
2020102164 | Rangkaian Listrik I | 2.00 |
Semester 3
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
2020102376 | Dasar Sistem Telekomunikasi | 2.00 |
2020102400 | Elektronika Analog | 2.00 |
2020102401 | Elektronika Digital | 2.00 |
2020103078 | Matematika Teknik II | 3.00 |
2020103080 | Medan Elektromagnetik | 3.00 |
2020102269 | Pengukuran Listrik | 2.00 |
2020101398 | Praktikum Dasar Algoritma dan Pemograman II | 1.00 |
2020101394 | Praktikum Fisika Teknik II | 1.00 |
2020102402 | Dasar Sistem Kontrol | 2.00 |
2020102166 | Rangkaian Listrik II | 2.00 |
Semester 4
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
2020102298 | Elektronika Daya | 2.00 |
2020102064 | Komunikasi Data | 2.00 |
2020102324 | Menggambar Teknik | 2.00 |
2020101403 | Praktikum Elektronika Analog | 1.00 |
2020101404 | Praktikum Elektronika Digital | 1.00 |
2020101273 | Praktikum Telekomunikasi | 1.00 |
2020103211 | Sistem Mikroprosesor dan Mikrokontroller | 3.00 |
2020102426 | Aljabar Linier dan Struktur Diskrit | 2.00 |
2020101277 | Praktikum Sistem Kontrol | 1.00 |
2020103271 | Probabilitas dan Statistik | 3.00 |
2020102177 | Sensor dan Aktuator | 2.00 |
Semester 5
Semester 6
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
1000002104 | Seminar Proposal Tugas Akhir | 2.00 |
Semester 7
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
1000003058 | Mpk-Keselamatan dan Kesehatan Kerja | 3.00 |
1000002059 | Mpk-Manajemen Operasional | 2.00 |
1000004061 | Mpk-Pelaksanaan Program | 4.00 |
1000002064 | Mpk-Pelaporan Program | 2.00 |
1000002063 | Mpk-Pendesiminasian Program | 2.00 |
1000002062 | Mpk-Penilaian Program | 2.00 |
1000002057 | Mpk-Perencanaan | 2.00 |
1000003060 | Mpk-Desain Program | 3.00 |
Semester 8
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
2020104251 | Tugas Akhir | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum dan Tracer Study merupakan dua komponen penting dalam pengembangan dan pemantauan program pendidikan, termasuk program studi Teknik Elektro. Evaluasi kurikulum membantu memastikan bahwa isi kurikulum tetap relevan, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan industri. Sementara itu, Tracer Study merupakan alat yang sangat berharga dalam mengevaluasi kesuksesan lulusan program studi, termasuk pemahaman mereka tentang materi pelajaran, kesiapan untuk dunia kerja, dan kontribusi mereka dalam karier mereka. Dalam paragraf pengantar ini, kita akan menjelajahi bagaimana Evaluasi Kurikulum dan Tracer Study menjadi instrumen penting dalam meningkatkan kualitas program studi Teknik Elektro. Hasil tracer studi sudah terangkum dalam lampiran.
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
Ilmu dan teknologi pada bidang Teknik Elektro mengalami perkembangan yang pesat. Prodi TE berkomitmen untuk dapat berperan dalam mencetak Sarjana Teknik Elektro yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Lulusan Teknik Elektro FT UNESA diharapkan memiliki kompetensi unggul di bidang konstruksi yang meliputi konstruksi bangunan gedung, jalan, dan air, serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Sesuai dengan tujuan Unesa, maka seluruh kegiatan di Prodi TE harus dilandasi oleh nilai-nilai Elektro. Strategi pencapaian kompetensi lulusan tersebut ditetapkan dalam kebijakan dan standar akademik yang mengikuti siklus PDCA, yaitu perencanaan (planning), implementasi (do), evaluasi/asesmen (check), dan aksi peningkatan berkelanjutan (action).
Arah kebijakan dan standar akademik dijelaskan dengan kurikulum, rencana pembelajaran semester (RPS), serta integrasi kegiatan penelitian dan pengabdian dalam pembelajaran. Implementasi standar akademik tersebut selalu dievaluasi dan diperbaiki agar selalu update atau sesuai dengan perkembangan kebutuhan yang ada di lapangan. Oleh karena itu, analisis kebutuhan dan tantangan masa depan profesi Insinyur Elektro selalu dilakukan secara reguler, melalui analisis masukan pemangku kepentingan yang meliputi dosen, mahasiswa, tenaga pendidikan, alumni, pengguna, asosiasi program studi, industri, dan pakar bidang studi. Dengan memastikan proses pendidikan siklus PDCA berjalan dengan baik, maka diharapkan mutu lulusan Prodi TE FT UNESA memiliki link and match dengan dunia industri, dunia kerja dan masa depan yang berubah dengan cepat.
Link and match dengan dunia industri ini senantiasa di-update melalui kegiatan perkuliahan yang memberikan kesempatan mahasiswa belajar di luar, seperti kerja praktek, kuliah kerja nyata, kuliah capstone design, dan kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Pengembangan kurikulum prodi TE juga memperhatikan filosofi pendidikan berikut ini:
- Membekali mahasiswa untuk memperkuat dan berkontribusi pada nilai-nilai kemanusiaan, keanekaragaman budaya, dan peradaban global berdasarkan nilai-nilai islam.
- Mendukung mahasiswa untuk mengembangkan semangat Unesa dan berkontribusi pada kesejahteraan dan kesejahteraan rakyat.
- Memfasilitasi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan menggunakan potensi nya secara profesional agar menjadi berwawasan luas dan berkompeten dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta tetap setia kepadda Allah SWT, berbakti dan berkarakter mulia.
Dokumen yang dirujuk dalam penyusunan Kurikulum 2023 adalah sebagai berikut:
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi no 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 tahun 2018, tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 5 tahun 2020, tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2020, tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
- Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020;
- ABET, Criteria for Accrediting Engineering Programs 2020-2023, ABET, 2020;
- JABEE, Common Criteria for Accreditation of Professional Education Programs applicable in the years 2020, JABEE, 2020;
- ASIIN, Subject-specific criteria of the Technical Committee 02 –Electrical Engineering/Information Technology, 2022;
- Krathwohl, David R., A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory into Practice, Volume 41, Number 4, College of Education, The Ohio State University, Autumn 2002.
Sebagai bidang kajian, ilmu Teknik Elektro telah cukup tua dan matang (dewasa). Sebagai profesi, Insinyur Teknik Elektro menghasilkan kemajuan dan peningkatan kualitas hidup yang luas dan mendalam bagi peradaban manusia. Kemajuan peradaban manusia hingga era modern ini terjadi dengan dukungan ilmu Teknik Elektro. Kondisi mutakhir yang ditandai dengan globalisasi yang pesat, tekanan ekologis, dan isu sustainabilitas yang menuntut perhatian, membuat Profesi Insinyur Teknik Elektro perlu merumuskan posisi dirinya menyambut masa depan. Kurikulum Program Studi Teknik Elektro mengacu pada: [1] Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), [2] LAM Teknik, IABEE, dan ASIIN, dan [3] Pedoman MBKM
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved