Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Keperawatan Unesa
Program Studi | : | S1 Keperawatan |
Tanggal Berdiri | : | |
Koordinator Program Studi | : | Ns. Wiwin Sulistyawati, S.Kep., M.Kep. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Keperawatan
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menghasilkan sarjana keperawatan dan profesi ners yang kompeten, tangguh, adaptif dan inovatif berbasis IPTEK dan kewirausahaan dengan keunggulan keperawatan keolahragaan pada area kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif pada cedera olahraga yang berdaya saing tingkat nasional.Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang kompeten, tangguh, adaptif, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan di bidang keperawatan keolahragaan, 2. Menghasilkan penelitian yang inovatif di bidang keperawatan keolahragaan pada area keperawatan dasar, klinik dan komunitas, 3. Menghasilkan dan menerapkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan keperawatan dengan pendekatan keperawatan keolahragaan, 4. Mewujudkan kerjasama dengan lembaga baik dalam maupun luar negeri untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keperawatan keolahragaan.
- Menghasilkan penelitian yang inovatif di bidang keperawatan keolahragaan pada area keperawatan dasar, klinik dan komunitas
- Menghasilkan dan menerapkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan keperawatan dengan pendekatan keperawatan keolahragaan,
- Mewujudkan kerjasama dengan lembaga baik dalam maupun luar negeri untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keperawatan keolahragaan.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan sarjana keperawatan dan profesi ners yang kompeten berkarakter tangguh, adaptif, inovatif, berjiwa kewirausahaan dan berbasis IPTEK yang unggul di bidang keperawatan keolahragaan khususnya area kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif pada cedera olahraga. Menyelenggarakan penelitian dasar, klinik, dan komunitas di bidang keperawatan keolahragaan khususnya area kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif pada cedera olahraga yang inovatif berbasis IPTEK untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat; 3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan keperawatan dengan pendekatan keperawatan keolahragaan khususnya area kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif pada cedera olahraga; dan 4. Membangun kerjasama dengan lembaga baik dalam dan luar negeri untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keperawatan keolahragaan.
- Menyelenggarakan penelitian dasar, klinik, dan komunitas di bidang keperawatan keolahragaan khususnya area kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif pada cedera olahraga yang inovatif berbasis IPTEK untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan keperawatan dengan pendekatan keperawatan keolahragaan khususnya area kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif pada cedera olahraga
- Membangun kerjasama dengan lembaga baik dalam dan luar negeri untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keperawatan keolahragaan.
Nilai_dasar
Nilai Dasar Prodi S1 Keperawatan adalah KomIT AKU (Kompeten, Inovatif, Tangguh, Adaptif, Kewirausahaan, Unggul dalam Keperawatan Olahraga)Capaian Lulusan Program Studi S1 Keperawatan
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S1 Keperawatan
Universitas Negeri Surabaya
- Care Provider
Perawat secara individu atau tim merencanakan dan memberikan asuhan keperawatan pada klien (individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat) dalam rentang sehat sakit di tatanan klinik, keluarga, dan komunitas berdasarkan keilmuan yang dimiliki khusunya pada Keperawatan Keolahragaan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia secara komprehensif dan berbasis bukti
- Communcator
Perawat sebagai pemberi pelayanan kesehatan dapat menampilkan kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif terapeutrik pada klien (individu, keluarga, dan komunitas) dan kolaborasi tim kesehatan
- Health Educator dan Promotor
Perawat sebagai pemberi pelayanan kesehatan mampu melakukan edukasi dan promosi kesehatan pada klien (individu, keluarga, dan komunitas) di bidang Keperawatan Keolahragaan untuk mencapai kemandirian dalam meningkatkan derajat kesehatannya.
- Manager and Leader
Perawat sebagai bagian dari sistem pelayanan kesehatan mampu menganalisis pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan perawatan klien.
- Researcher
Perawat sebagai tenaga kesehatan profesional mampu menerapkan langkah-langkah pendekatan ilmiah dalam menyelesaikan masalah keperawatan
Struktur Kurikulum S1 Keperawatan
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Keperawatan 2024-2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1420602006 | PSIKOSOSIAL DAN BUDAYA DALAM KEPERAWATAN | 2.00 | |
1420604003 | ILMU BIOMEDIK DASAR | 4.00 | |
1420602005 | KOMUNIKASI DASAR KEPERAWATAN | 2.00 | |
1420603002 | KONSEP DASAR KEPERAWATAN | 3.00 | |
1420604001 | PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR MANUSIA | 4.00 | |
1420603004 | FALSAFAH DAN TEORI KEPERAWATAN | 3.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
1420603011 | PROSES KEPERAWATAN DAN BERPIKIR KRITIS | 3.00 | |
1420602007 | MASALAH KESEHATAN DALAM OLAHRAGA | 2.00 | |
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
1420603010 | ILMU DASAR KEPERAWATAN | 3.00 | |
1420602008 | PATOLOGI OLAHRAGA | 2.00 | |
1420603009 | KETERAMPILAN DASAR KEPERAWATAN | 3.00 | |
1420603012 | KOMUNIKASI TERAPEUTIK KEPERAWATAN | 3.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1420603017 | PROMOSI DAN PENDIDIKAN KESEHATAN | 3.00 | |
1420602014 | PSIKOLOGI OLAHRAGA | 2.00 | |
1420602015 | SISTEM INFORMASI KEPERAWATAN | 2.00 | |
1420603018 | FARMAKOLOGI KEPERAWATAN | 3.00 | |
1420604013 | KEPERAWATAN DEWASA SISTEM PERNAFASAN, KARDIOVASKULER DAN HEMATOLOGI | 4.00 | |
1420604016 | KEPERAWATAN MATERNITAS | 4.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
1420603024 | KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA DAN PSIKOSOSIAL | 3.00 | |
1420603025 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
1420602022 | KEPERAWATAN KESEHATAN REPRODUKSI | 2.00 | |
1420602019 | NUTRISI OLAHRAGA | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
1420604023 | KEPERAWATAN DEWASA SYSTEM ENDOKRIN, IMUNOLOGI, PENCERNAAN, PERKEMIHAN DAN REPRODUKSI PRIA | 4.00 | |
1420602020 | OLAHRAGA ANAK USIA DINI | 2.00 | |
1420602021 | OLAHRAGA LANJUT USIA | 2.00 |
Semester ke 5
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1420604030 | KEPERAWATAN ANAK SEHAT DAN SAKIT AKUT | 4.00 | |
1420604029 | KEPERAWATAN GAWAT DARURAT | 4.00 | |
1420604027 | KEPERAWATAN DEWASA SISTEM MUSKULOSKELETAL, INTEGUMEN, PERSEPSI SENSORI DAN PERSARAFAN | 4.00 | |
1420603028 | CEDERA OLAHRAGA DALAM KEPERAWATAN | 3.00 | |
1420602031 | BIOSTATISTIK | 2.00 | |
1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 |
Semester ke 6
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020155 | SEMINAR TUGAS AKHIR | 2.00 | |
1420602032 | KEWIRAUSAHAAN DALAM KEPERAWATAN | 2.00 | |
1420602033 | KONSEP KEPERAWATAN KOMUNITAS | 2.00 | |
1420602034 | KEPERAWATAN ANAK SAKIT KRONIS DAN TERMINAL | 2.00 | |
1420603038 | KESELAMATAN PASIEN DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA | 3.00 | |
1420602036 | KEPERAWATAN BENCANA | 2.00 | |
1420603037 | KEPERAWATAN KRITIS | 3.00 | |
1420603035 | KEPERAWATAN PSIKIATRI | 3.00 |
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1420602040 | PENDIDIKAN INTERPROFESIONAL | 2.00 | |
1420603041 | KEPERAWATAN AGREGAT KOMUNITAS | 3.00 | |
1420602044 | KEPERAWATAN PALIATIF | 2.00 | |
1420604042 | KEPERAWATAN KELUARGA | 4.00 | |
1420604043 | KEPERAWATAN GERONTIK | 4.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1420604046 | PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN | 4.00 | |
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 | |
1420604047 | KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPERAWATAN | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Keperawatan
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum pada Program Studi Sarjana Keperawatan secara keseluruhan dilakukan setiap 4 (empat) tahun dengan mempertimbangkan beberapa hal, meliputi efektivitas proses dan hasil pembelajaran yang tercermin pada prestasi akademik mahasiswa, hasil Tracer Study, kajian Survey Pasar, arah perkembangan keilmuan, dan lain-lain.
Rekap CPL Program Studi S1 Keperawatan
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | CPL13 | |||
Konsep Dasar Keperawatan | 3 | 3.33% | 16.67% | 13.33% | 16.67% | 10% | 16.67% | 13.33% | 10% | 100 % | |||||
Falsafah dan Teori Keperawatan | 3 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Komunikasi Dasar Keperawatan | 2 | 14.29% | 28.57% | 28.57% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||||||
Ilmu Biomedik Dasar | 4 | 17.65% | 23.53% | 29.41% | 17.65% | 11.76% | 100 % | ||||||||
Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia | 4 | 17.02% | 17.02% | 14.89% | 17.02% | 17.02% | 17.02% | 99.99 % | |||||||
Psikososial dan Budaya Dalam Keperawatan | 2 | 30.77% | 38.46% | 30.77% | 100 % | ||||||||||
Nutrisi olahraga | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||
Keperawatan Bencana | 2 | 20% | 20% | 20% | 13.33% | 13.33% | 13.33% | 99.99 % | |||||||
Patologi Olahraga | 2 | 8.33% | 8.33% | 16.67% | 16.67% | 25% | 16.67% | 8.33% | 100 % | ||||||
Farmakologi Keperawatan | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||
Keperawatan Gerontik | 4 | 25% | 37.5% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||||||
Keperawatan Dewasa Sistem Pernafasan, Kardiovaskuler dan Hematologi | 4 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||
Komunikasi terapeutik Keperawatan | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||||||
Masalah Kesehatan Dalam Olahraga | 2 | 18.18% | 36.36% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | |||||||||
Keterampilan Dasar Keperawatan | 3 | 12.5% | 12.5% | 25% | 12.5% | 12.5% | 25% | 100 % | |||||||
Keperawatan Kesehatan Reproduksi | 2 | 20% | 13.33% | 6.67% | 26.67% | 20% | 13.33% | 100 % | |||||||
Keperawatan Gawat Darurat | 4 | 6.25% | 18.75% | 18.75% | 18.75% | 12.5% | 12.5% | 6.25% | 6.25% | 100 % | |||||
Cedera Olahraga dalam Keperawatan | 3 | 14.81% | 18.52% | 18.52% | 3.7% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 7.41% | 3.7% | 99.99 % | ||||
Proses keperawatan dan berpikir kritis | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||
Keperawatan dewasa system endokrin, imunologi, pencernaan, perkemihan dan reproduksi pria | 4 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||
Keperawatan Paliatif | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Praktik Klinik Keperawatan | 4 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||
Konsep Keperawatan Komunitas | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||
Metodologi Penelitian | 3 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Keperawatan Dewasa Sistem Muskuloskeletal, Integumen, Persepsi Sensori dan Persarafan | 4 | 6.67% | 6.67% | 13.33% | 13.33% | 13.33% | 6.67% | 13.33% | 6.67% | 13.33% | 6.67% | 100 % | |||
Biostatistik | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Ilmu Dasar Keperawatan | 3 | 37.5% | 25% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||||||
Keperawatan Maternitas | 4 | 20% | 13.33% | 6.67% | 26.67% | 20% | 13.33% | 100 % | |||||||
Kepemimpinan dan Manajemen keperawatan | 4 | 33.33% | 38.1% | 19.05% | 9.52% | 100 % | |||||||||
Keperawatan Kritis | 3 | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 20% | 20% | 100 % | |||||
Kewirausahaan dalam Keperawatan | 2 | 22.22% | 27.78% | 22.22% | 27.78% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Keperawatan
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Perancangan dan Pengembangan Kurikulum Program Studi Sarjana Keperawatan terdiri dari landasan filosofis, landasan sosiologis, landasan psikologis, landasan historis, dan landasan yuriids.
Landasan filosofis merupakan asumsi atau rumusan yang didapatkan dari hasil berpikir secara mendalam, analitis, logis, dan sistematis dalam perencanaan, pelaksanaan, pembinaan dan pengembangan kurikulum. Dengan demikian sebuah proses pengembangan kurikulum perlu memiliki landasan filosofis yang sesuai dengan hasil berpikirnya untuk mencapai hasil yang lebih baik. Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan atau bersifat filsafat yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan, yaitu sesuatu yang diyakini kebenarannya berdasarkan sudut pandang yang diambil. Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum diantaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. Sebagaimana tertuang dalam visi, landasan filosofi pengembangan kurikulum Program Studi Sarjana Keperawatan keperawatan keolahragaan bermuara pada keunggulan di bidang keperawatan keolahragaan pada area kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif pada cedera olahraga. Hal ini sesuai dengan amanat Unesa sebagai salah satu Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan yang mendalami bidang olahraga. Keunggulan dalam bidang olahraga tersebut diperkuat oleh keilmuan keperawatan sehingga searah dan memperkuat UNESA sebagai universitas yang unggul di bidang olahraga.
Landasan Sosiologis
Kurikulum harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya di tengah terpaan pengaruh globalisasi yang terus mengikis eksistensi kebudayaan lokal. Kurikulum Prodi Sarjana Keperawatan harus mampu memperhatikan kebudayaan yang ada sehingga mampu menghasilkan lulusan perawat yang peka budaya. Kurikulum Prodi Sarjana Keperawatan harus dapat menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat. Penerapan teori, prinsip, dan hukum yang terdapat dalam semua ilmu pengetahuan yang ada dalam kurikulum harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat, baik masyarakat setempat sebagai local content lembaga pendidikan berada ataupun masyarakat global sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum yang dikembangkan Program Studi Sarjana Keperawatan. Kurikulum Program Studi Keperawatan disusun berdasarkan masukan stakeholders dan hasil kerja sama dengan organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia. Tuntutan dari stakeholder: masyarakat, rumah sakit, puskesmas, departemen kesehatan dan organisasi/institusi pelayanan kesehatan lainnya terhadap tampilan perawat profesional, digunakan oleh penyusun kurikulum sebagai landasan pengembangan profil Ners di masyarakat.
Landasan Historis
Program Studi Keperawatan berada di Fakultas Kedokteran Unesa. Secara historis Pendirian Program Studi Keperawatan telah diatur dalam Renstra Universitas Negeri Surabaya PTNBH Tahun 2020-2024 dan Renstra Fakultas Kedokteran dengan SK Nomor 957/UN38/HK/KL/2023. Program Studi Keperawatan yang memiliki muatan lokal keperawatan keolahragaan dilatarbelakangi: (1) Komitmen kuat Universitas Negeri Surabaya untuk berkontribusi pada Pembangunan Kesehatan Indonesia; (2) Amanah Universitas Negeri Surabaya sebagai PTNBH memberikan ruang untuk lebih berkontribusi pada pemenuhan kebutuhan Ners melalui pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Ners; (3) Upaya untuk mewujudkan salah satu prioritas keunggulan Universitas Negeri Surabaya di bidang ilmu keolahragaan selain seni dan disabilitas sebagaimana diatur sesuai dalam pasal 12 PP 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya. Program Studi Sarjana Keperawatan sudah mendampatkan akreditasi minimum Pendirian berdasarkan SK Lamptkes No 0022/LAM-PTKes/Akr PSB.PTN-BH/Sar/V/2024. Program Studi Sarjana Keperawatan sebagai sebuah lembaga pendidikan, memiliki kurikulum sebagai rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Kurikulum sebagai arah dan tujuan pengembangan memiliki dinamika dalam upaya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dinamika tersebut sebagai konsekuensi dari perkembangan masyarakat yang harus mampu diakomodasi. Masyarakat adalah sebuah Lembaga yang dinamis. Kedinamisan itu terjadi akibat tuntutan perkembangan masyarakat yang tumbuh pesat dan kebutuhan atas kehidupan yang lebih baik
Landasan Psikologis
Landasan psikologis adalah landasan berdasarkan kondisi karakteristik manusia sebagai individu, yang dinyatakan dalam berbagai bentuk perilaku baik kognitif,afektif, dan psikomotor sebagai akibat interaksiindividu dengan lingkungannnya. Mengingat pentingnya aspek psikologis, pengembangan kurikulum perlu mengakomodasi kondisi peserta didik agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Mahasiswa Program Studi Keperawatan UNESA secara psikologis berada pada tahap berpikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnyatelah mencapai pascakonvensional (Kohlberg & Gilligan, 2014), dan tahap perkembangan sosial yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik yang khas. Untuk itu, kurikulumProgram Studi Keperawatan UNESA yang dikembangkan perlu memperhatikan tahap-tahap perkembangan psikologi mahasiswa. Di samping itu, mahasiswa merupakanindividu yang berada dalam proses perkembangan yang bersifat dinamis sesuai dengan karakteristik dan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum UNESA perlu mencermati dinamikaperkembangan tersebut untuk menghasilkan kurikulum yang membuat mahasiswa merasa nyaman dan terlayani untuk memperoleh hasil yang maksimal.Hal tersebut dapat diakomodasikan dalam bentuk implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhanyakni pendalaman ilmu sebagai penguatankeilmuan dan kebebasancara belajar sebagaibentuk penghargaan humanisasi dan demokratisasi belajar. Melalui pendekatan pembelajaran heutagogy danseamless learning, pengembangan kurikulum Program Studi Keperawatan UNESA akan dapat mendorong mahasiswa sebagai pebelajar dewasa yang bertanggungjawab secara mandiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya pembatasan-pembatasan terhadap subjek, ruang dan waktu belajar melalui pemanfaatan transformasi digital sehingga mampu melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat secara berkelanjutan. Kurikulum yang disusun juga lebih menitik beratkan kepada proses pembelajaran yang berorientasi kepada mahasiswa (student centered learning) dan menggunakan pembelajaran bauran (blended/hybridlearning).
Landasan Yuridis
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 tahun 2018, tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2020, tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2020, tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
- Permenristekdikti Nomor 79 Tahun 2017 tentang tentang Statuta Universitas Negeri Surabaya.
- SK Mendiknas No. 232/U/2000 tentangpedoman penyusunan kurikulumpendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar;
- SK Mendiknas No. 045/U/2002 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi, dan UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 20 (3) bahwa Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan program akademik, profesi, dan/atau vokasi;
- UU No. 38 tahun 2014 tentang Keperawatan, Bab III tentang Pendidikan Tinggi Keperawatan;
- PP RI No. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan dan PP RI No. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Permendikbud nomor 3 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, serta KMK HK.01.07/425/2020 tentang standar profesiperawat.
- Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) yang menekankan pada keselamatan dan kesehatan olahragawan pada tiap penyelenggaraan pembinaan, pelatihan dan kompetisi.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved