Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Informatika (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa
Program Studi | : | S1 Informatika (Kampus Kabupaten Magetan) |
Tanggal Berdiri | : | |
Koordinator Program Studi | : | Bonda Sisephaputra, M. Kom. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Informatika (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi yang berdaya saing dalam pengembangan ilmu berbasis entrepreneurial leadership di rekayasa perangkat lunak, kecerdasan buatan, keamana n siber, dan jaringan komputerMisi
- Menyelenggarakan manajemen prodi yang kredibel, akuntabel dan transparan sesuai standar penjaminan mutu.
- Menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berkarakter.
- Melaksanakan penelitian dibidang teknologi informasi dan hasil-hasilnya dipublikasikan minimal ditingkat nasional.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam menerapkan keilmuannya.
- Menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan berbagai instansi dan dunia industri.
Tujuan
- Terselenggaranya manajemen prodi yang kredibel, akuntabel dan transparan sesuai standar penjaminan mutu.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan professional di bidang informatika untuk menciptakan karya dan mengaplikasikannya di dunia kerja.
- Menghasilkan penelitian-penelitian dibidang teknologi informasi dan hasil-hasilnya dipublikasikan minimal ditingkat nasional.
- Menghasilkan karya teknologi informasi yang dapat digunakan secara langsung oleh masyarakat.
- Terlaksananya kerjasama yang berkelanjutan dengan berbagai instansi dan dunia industri dibidang teknologi informasi.
Nilai_dasar
- Keilmuan dan Teknologi: Program studi ini bertujuan untuk membangun fondasi kuat di bidang ilmu komputer, pemrograman, algoritma, struktur data, serta teknologi terkini di bidang informatika.
- Inovasi dan Kreativitas: Mahasiswa didorong untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan masalah-masalah komputasi yang kompleks serta merancang solusi teknologi yang efektif.
- Keterampilan Teknis: Kompetensi dalam bahasa pemrograman, pengembangan perangkat lunak, kecerdasan buatan, pengelolaan data, dan sistem jaringan menjadi pilar utama pembelajaran.
- Etika dan Profesionalisme: Program studi Informatika menekankan pentingnya pemahaman tentang etika profesi, tanggung jawab sosial, dan dampak teknologi terhadap masyarakat, serta pentingnya integritas dalam bekerja.
- Keterbukaan dan Kolaborasi: Mahasiswa diajarkan untuk bekerja dalam tim, berkolaborasi dengan orang lain dari berbagai disiplin ilmu, serta selalu terbuka terhadap ide-ide baru dan masukan dari orang lain.
- Pembelajaran Berkelanjutan: Bidang informatika terus berkembang pesat, sehingga mahasiswa didorong untuk selalu belajar dan mengikuti perkembangan teknologi serta ilmu komputer terbaru.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Informatika (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-5 | Mampu menganalisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu trandisiplin
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-6 | Mampu mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat dengan menggunakan konsep teoritis bidang pengetahuan ilmu komputer/informatika
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-7 | Mampu mengimplementasikan pengetahuan cara kerja sistem komputer untuk memecahkan masalah teknologi informasi
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-8 | Mampu mengkomunikasikan hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi informasi
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-9 | Mampu menganalisis, merancang, membangun, dan mengevaluasi antar muka pengguna dan aplikasi interaktif berdasarkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-10 | Kemampuan mendesain, mengimplementasikan, dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-platform yang memenuhi kebutuhan organisasi
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-11 | Mampu mengimplementasikan kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-12 | Menunjukkan perilaku profesional melalui ketaatan pada etika profesi, kemampuan untuk berkolaborasi dalam tim multidisiplin, pemahaman terhadap konsep pembelajaran sepanjang hayat, serta tanggapan yang baik terhadap isu-isu sosial dan perkembangan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Profil Lulusan Program Studi S1 Informatika (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
- Peneliti muda bidang informatika
Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Di Jurusan Informatika kamu akan mempelajari berbagai prinsip terkait ilmu komputer mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak. Selama kuliah kamu akan banyak mengkaji pemrograman dan komputasi, dan dibekali pula dengan keterampilan merancang perangkat lunak.
- Tenaga ahli bidang Informatika
Ada banyak prospek kerja sebagai seorang ahli informatika diantaranya adalah menjadi android Programmer, Tenaga Pendidik IT, Software Engineer, System Analyst, Konsultan IT, Data Comunication Engineer, Intelligent System Developer, Database Administrator, Security System serta masih banyak yang lainnya.
- Wirausahawan di bidang Informatika
suatu proses dalam membangun suatu usaha guna mencapai tujuan bersama, mengembangkan inovasi untuk membuat sesuatu yang baru, proses perkembangan seseorang atau kelompok dengan tujuan bisa membuka lapangan pekerjaan baru. peran TIK sangat berpengaruh akhir-akhir ini yaitu dengan adanya proses migrasi yang terjadi antara Toko Fisik yang bisa merangkak ke Toko Virtual (Toko Online) dan juga dengan hadirnya E- Commerce, Broker Online, IT Consultan, Web Design, Web Development, SEO Optimize, semua hal tersebut akan menunjang penuh proses bisnis yang berada pada bidang Kewirausahaan suatu perusahaan.
Struktur Kurikulum S1 Informatika (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Informatika (Kampus Magetan) 2024--2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
5521403003 | ALJABAR LINIER DAN MATRIKS | 3.00 | |
5521403004 | ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER | 3.00 | |
5521402006 | ETIKA PROFESI | 2.00 | |
5521403001 | INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | 3.00 | |
5521403002 | MATEMATIKA | 3.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
5521404005 | PEMROGRAMAN DASAR | 4.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
5521403007 | MATEMATIKA DISKRIT | 3.00 | |
5521403011 | PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK | 3.00 | |
5521404008 | SISTEM OPERASI | 4.00 | |
5521402010 | STATISTIKA | 2.00 | |
5521404009 | STRUKTUR DATA | 4.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
5521404014 | BASIS DATA | 4.00 | |
5521404016 | JARINGAN KOMPUTER | 4.00 | |
5521403015 | KECERDASAN BUATAN | 3.00 | |
5521404012 | PEMROGRAMAN BERBASIS PLATFORM | 4.00 | |
5521403013 | SAINS KOMPUTASI | 3.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
5521403018 | KEAMANAN DATA DAN INFORMASI | 3.00 | |
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
5521403017 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
5521403020 | PENGOLAHAN CITRA DIGITAL | 3.00 | |
5521404019 | REKAYASA PERANGKAT LUNAK | 3.00 | |
5521403021 | TEORI OTOMATA | 3.00 |
Semester ke 5
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
1000020103 | MAGANG | 20.00 |
Semester ke 6
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020101 | KKNT | 20.00 |
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
5521403022 | ANALISIS DAN DESAIN PERANGKAT LUNAK | 3.00 | |
5521403024 | BIG DATA | 3.00 | |
5521403023 | INTERNET OF THINGS | 3.00 | |
5521403025 | MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK | 3.00 | |
5521403026 | PEMBELAJARAN MESIN | 3.00 | |
1000020155 | SEMINAR TUGAS AKHIR | 2.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Informatika (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi pelaksanaan kurikulum yang telah dan sedang berjalan dilakukan dengan menyajikan mekanisme serta hasil evaluasinya secara terperinci. Mekanisme evaluasi ini mencakup berbagai metode, seperti pengumpulan umpan balik dari mahasiswa, dosen, dan pengguna lulusan, yang kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kurikulum. Hasil evaluasi tersebut digunakan sebagai dasar untuk menentukan apakah kurikulum perlu diperbarui agar lebih relevan dengan perkembangan terkini di dunia kerja dan kebutuhan industri. Selain itu, hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bagian dari analisis yang mengidentifikasi kebutuhan para pemangku kepentingan, termasuk perusahaan, pemerintah, dan masyarakat. Tracer study memberikan informasi tentang relevansi pendidikan yang diterima oleh alumni dengan pekerjaan mereka saat ini, serta mengungkap keterampilan tambahan yang diperlukan agar lulusan lebih siap menghadapi tantangan di lapangan. Analisis dari hasil tracer study ini kemudian digunakan untuk menyesuaikan atau memperbaiki kurikulum agar lebih sesuai dengan kebutuhan nyata pemangku kepentingan.
Rekap CPL Program Studi S1 Informatika (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | |||
Matematika | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Interaksi Manusia dan Komputer | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | ||||||||||
Pemrograman Berorientasi Obyek | 3 | 28.57% | 14.29% | 28.57% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||||||
Etika Profesi | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Aljabar Linier dan Matriks | 3 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||||
Sistem Operasi | 4 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Pemrograman Dasar | 4 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||||
Arsitektur dan Organisasi Komputer | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Statistika | 2 | 57.14% | 42.86% | 100 % | ||||||||||
Struktur Data | 4 | 31.25% | 37.5% | 31.25% | 100 % | |||||||||
Matematika Diskrit | 3 | 50% | 50% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Informatika (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
mencoba isi landasan kurikulum
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved