Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Olahraga Unesa
Program Studi | : | S2 Pendidikan Olahraga |
Tanggal Berdiri | : | 2 April 2007 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan Program studi yang unggul dalam manajemen pembelajaran pendidikan olahraga, menghasilkan inovasi dan pengembangan iptek olahraga serta berperan aktif dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia yang profesional dan berkarakter
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan magister dalam bidang pendidikan olahraga yang memiliki keunggulan dalam keilmuan manajemen pembelajaran pendidikan olahraga, profesional dan berkarakter, melalui proses pendidikan yang berkualitas dan suasana akademik yang kondusif.
- Mengembangkan penelitian dalam bidang pembelajaran dan inovasi pendidikan olahraga yang berkualitas dan meningkatkan hasil karya ilmiah berupa artikel ilmiah, produk inovatif dan hak cipta
- Menyebarluaskan hasil penelitian hasil inovasi pembelajaran dan pendidikan olahraga melalui pengabdian kepada masyarakat
- Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya pengembangan SDM dan penerapan keilmuan pendidikan olahraga di tingkat lokal, nasional dan internasional
Capaian Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-5 | Mampu mengembangkan pengetahuan manajemen atau praktek profesional penelitian bidang manajemen melalui penelitian ilmiah bidang manajemen pendidikan olahraga hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji untuk dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan bidang manajemen pendidikan olahraga dan organisasi secara sistematis melalui penguasaan teori dan konsep manajemen dan metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan inter dan multi-disipliner
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-12 | Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-13 | Mampu mengelola program penelitian, riset dan pengembangan dalam bidang manajemen pembelajaran dan inovasi pendidikan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-14 | Mampu memimpin kelompok kerja peneliti antar kekhususan bidang manajemen pembelajaran dan inovasi pendidikan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-15 | Mampu mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri ataupun pengikutnya,secara efektif mengkomunikasikan informasi, ide, argumen, analisis, dan solusi yang relevan dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik yang unggul dalam inovasi teknologi media pembelajaran olahraga
null
- Analis olahraga yang unggul dalam riset dan isu olahraga
null - Praktisi dan manajerial olahraga berbasis IPTEK keolahragaan
Struktur Kurikulum S2 Pendidikan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM TRANSFORMASI S2 PEND OLAHRAGA 2024-2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8510102090
Filsafat Pendidikan
2.00
8510102074
Kesehatan Olahraga
2.00
8510104083
Manajemen Pendidikan Olahraga
4.00
8510103015
Metodologi Penelitian
3.00
8510103073
Pendidikan Jasmani
3.00
8510102030
Psikologi Olahraga
2.00
8510103072
Teori Belajar Motorik
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8510108077
Desain Pembelajaran Pendidikan Olahraga
3.00
8510104082
Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Olahraga
4.00
8510108080
Isu Dan Riset Aktual Pendidikan Olahraga
2.00
8510103089
Pengembangan Instrumen Pendidikan Olahraga
3.00
8510103084
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Olahraga
3.00
8510103036
Statistika
3.00
8510104096
Studi Lapangann/Internship
4.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8510103092
Proposal Tugas Akhir
3.00
8510104093
Publikasi
4.00
1000002104
Seminar Proposal Tugas Akhir
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000007108
Tugas Akhir
7.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8510102090 | Filsafat Pendidikan | 2.00 | |
8510102074 | Kesehatan Olahraga | 2.00 | |
8510104083 | Manajemen Pendidikan Olahraga | 4.00 | |
8510103015 | Metodologi Penelitian | 3.00 | |
8510103073 | Pendidikan Jasmani | 3.00 | |
8510102030 | Psikologi Olahraga | 2.00 | |
8510103072 | Teori Belajar Motorik | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8510108077 | Desain Pembelajaran Pendidikan Olahraga | 3.00 | |
8510104082 | Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Olahraga | 4.00 | |
8510108080 | Isu Dan Riset Aktual Pendidikan Olahraga | 2.00 | |
8510103089 | Pengembangan Instrumen Pendidikan Olahraga | 3.00 | |
8510103084 | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Olahraga | 3.00 | |
8510103036 | Statistika | 3.00 | |
8510104096 | Studi Lapangann/Internship | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8510103092 | Proposal Tugas Akhir | 3.00 | |
8510104093 | Publikasi | 4.00 | |
1000002104 | Seminar Proposal Tugas Akhir | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000007108 | Tugas Akhir | 7.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum pada program studi S2 Pendidikan Olahraga dilakukan setahun sekali melalui audit kurikulum yang dilakukan oleh Gugus Penjaminan Mutu Fakultas. Sedangkan untuk pengisian tracer study dilakukan dengan mengisi link berikut https://tracerstudy.unesa.ac.id/login
Rekap CPL Program Studi S2 Pendidikan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | CPL13 | CPL14 | CPL15 | |||
Statistika | 3 | 22.22% | 44.44% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Metodologi Penelitian | 3 | 25% | 25% | 12.5% | 25% | 12.5% | 100 % | ||||||||||
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Olahraga | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||
Desain pembelajaran Pendidikan Olahraga | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Evaluasi pembelajaran Pendidikan Olahraga | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Pengembangan instrumen Pendidikan Olahraga | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||||
Isu dan Riset aktual Pendidikan Olahraga | 2 | 5.88% | 17.65% | 23.53% | 11.76% | 17.65% | 11.76% | 11.76% | 99.99 % | ||||||||
PROPOSAL | 2 | 20% | 40% | 30% | 10% | 100 % | |||||||||||
TESIS | 6 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||||
Psikologi Olahraga | 2 | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||||||
Statistika | 2 | 25% | 37.5% | 37.5% | 100 % | ||||||||||||
Filsafat Olahraga | 2 | 14.81% | 22.22% | 29.63% | 18.52% | 14.81% | 99.99 % | ||||||||||
Proposal Tesis | 2 | 30% | 30% | 20% | 20% | 100 % | |||||||||||
Manajemen Pendidikan Olahraga | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||||||
Pendidikan Jasmani | 3 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 99.99 % | ||||||||||
Kesehatan Olahraga | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Teori Belajar Motorik | 3 | 14.71% | 11.76% | 20.59% | 14.71% | 11.76% | 8.82% | 8.82% | 8.82% | 99.99 % | |||||||
Publikasi | 2 | 10% | 30% | 10% | 10% | 20% | 20% | 100 % | |||||||||
Seminar Pendidikan Olahraga | 2 | 22.22% | 11.11% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | |||||||||||
PUBLIKASI OLAHRAGA | 2 | 12.5% | 37.5% | 37.5% | 12.5% | 100 % | |||||||||||
SEMINAR PENDIDIKAN OLAHRAGA/UPLOAD JURNAL | 2 | 33.33% | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 99.99 % | |||||||||||
Sosiologi Olahraga | 3 | 25% | 25% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||||
Evaluasi/supervisi Dikjasor | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Fisiologi Olahraga | 3 | 18.18% | 13.64% | 22.73% | 27.27% | 18.18% | 100 % | ||||||||||
Pelatihan Dikjasor | 2 | 30% | 20% | 30% | 20% | 100 % | |||||||||||
INOVASI PEMBELAJARAN DIKJASOR | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Inovasi Pembelajaran Dikjasor | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||
Motor Learning | 3 | 12.5% | 9.38% | 9.38% | 12.5% | 12.5% | 18.75% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||||||
Kinesiologi/biomekanika | 3 | 25% | 25% | 8.33% | 25% | 16.67% | 100 % | ||||||||||
Psikologi Olahraga | 3 | 27.27% | 36.36% | 27.27% | 9.09% | 99.99 % | |||||||||||
Pembelajaran Dikjasor | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||||
Seminar Proposal | 0 | 37.5% | 25% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||||||||
STATISTIKA TERAPAN | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||
FILSAFAT PENDIDIKAN | 2 | 36% | 36% | 28% | 100 % | ||||||||||||
MANAJEMEN PENDIDIKAN OLAHRAGA | 4 | 18.18% | 36.36% | 27.27% | 18.18% | 99.99 % | |||||||||||
PUBLIKASI | 4 | 22.22% | 44.44% | 22.22% | 11.11% | 99.99 % | |||||||||||
PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN OLAHRAGA | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||||
EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN OLAHRAGA | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENDIDIKAN OLAHRAGA | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Filosofis
Program studi S2 Pendidikan Olahraga FIKK, Universitas Negeri Surabaya mengembangkan keilmuan pendidikan olahraga berdasarkan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) level 8 yang mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji; mampu memecahkan permasalahan dalam pembelajaran, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner; mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. Pengembangan kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Olahraga, FIKK, Universitas Negeri Surabaya mengarah pada teknologi dan aplikasinya pada pendidikan olahraga.
- Landasan Sosiologis
Sebagai lembaga pendidikan dengan lulusan tenaga pendidik (dosen) dan praktisi olahraga Prodi S2 Pendidikan Olahraga Unesa senantiasa meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan managemen pendidikan maupun kualitas pembelajaran secara berkelanjutan seiring tuntutan masyarakat yang mengharapkan peningkatan kualitas tenaga profesional pendidikan olahraga sehingga pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa.
- Landasan Historis
Kurikulum pada program studi S2 Pendidikan Olahraga dikembangkan sesuai dengan dinamika global dan tuntutan perkembangan jaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk tenaga pendidik (dosen) dan praktisi olahraga yang utuh baik dari unsur akademis maupun non akademis serta berkompeten dalam bidang pendidikan olahraga.
- Landasan Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved