•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Tanggal Berdiri  :  7 November 1996
Koordinator Program Studi  :  Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi program studi terdepan yang unggul dalam inovasi Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga, melalui pelaksanaan kegiatan tridharma yang adaptif dan berkelanjutan.


Misi
  1. Melaksanakan program pendidikan yang berstandar tinggi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian dan inovasi dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga untuk menghasilkan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dan berdampak positif, khususnya dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  4. Membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pelatih olahraga profesional yang mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional.
  5. Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi guru olahraga yang kompeten, inovatif, dan mampu menginspirasi siswa di berbagai jenjang pendidikan.
  6. Mengembangkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa agar mampu menciptakan peluang usaha di bidang keolahragaan dan industri olahraga.
  7. Membangun dan memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai institusi, baik nasional maupun internasional, untuk memperkuat program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan unggul di bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga, serta mampu bersaing di pasar kerja nasional dan internasional.
  2. Meningkatkan kualitas dan relevansi kurikulum pendidikan agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan industri olahraga dan kesehatan.
  3. Memperkuat kapasitas dan kualitas penelitian yang inovatif dalam bidang keolahragaan, Pedagogi, dan industri olahraga, guna berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Meningkatkan kualitas dan jangkauan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak positif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, khususnya dalam bidang keolahragaan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  5. Menyiapkan mahasiswa menjadi pelatih olahraga profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etika kerja yang tinggi, serta mampu mengembangkan prestasi olahraga di berbagai tingkat.
  6. Mempersiapkan mahasiswa menjadi guru olahraga yang mampu mengajar dengan metode yang inovatif, mendidik, dan menginspirasi siswa di berbagai jenjang pendidikan.
  7. Mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan menciptakan peluang usaha baru di bidang keolahragaan dan industri olahraga, serta mampu berkontribusi pada perekonomian lokal dan nasional.
  8. Mengembangkan kemitraan strategis dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah, dan industri, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk memperkuat program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  9. Menjalankan kegiatan tridharma yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat, sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bidang keolahragaan, kesehatan, dan industri olahraga.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

CPL-6 Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

CPL-7 Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

CPL-8 Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

Struktur Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode Mata Kuliah SKS
8520202096 Keterampilan Dasar Pencak Silat 2.00
8520202143 Pendidikan Karakter 2.00
8520202097 Keterampilan Dasar Renang 2.00
8520202098 Keterampilan Dasar Senam 2.00
8520203022 Bahasa Inggris 3.00
8520202212 SPA Terapi 2.00
8520202011 Anatomi Tubuh Manusia 2.00
8520202095 Keterampilan Dasar Atletik 2.00
Semester 2
Kode Mata Kuliah SKS
8520202173 Profesi Kepelatihan Olahraga 2.00
8520202160 Perencanaan Pengajaran 2.00
8520202065 Fisiologi Olahraga 2.00
8520202141 Penceg. & Perawatan Cedera OR. 2.00
8520202349 Instruktur Kebugaran 2.00
8520202105 Manajemen Olahraga 2.00
8520202134 Pembelajaran Motorik 2.00
8520202314 Kewirausahaan 2.00
8520203099 Kinesiologi 3.00
Semester 4
Kode Mata Kuliah SKS
8520202059 Evaluasi Pengajaran 2.00
Semester 6
Kode Mata Kuliah SKS
8520202664 Masase Olahraga** 2.00
8520202663 Seminar Kepelatihan Olahraga** 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya

A. Evaluasi Kurikulum

Evaluasi Kurikulum Prodi S-1 PKO UNESA mengacu pada indicator kelayakan kurikulum, kecukupan materi dan Metode pengajaran,kualitas dosen dan tenaga pendukung dan keberhasilan lulusan. Berikut ini adalah hasil evaluasi yang telah dilakukan;

  1. Evaluasi kelayakan kurikulum.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kurikulum PKO UNESA masih cukup relevan dengan kebutuhan dan tuntutan dunia olahraga. Hal ini terlihat dari kesesuaian kurikulum PKO dengan Asosiasi Prodi PKO Indonesia dan beberapa Asosiasi Kepelatihan International. 

2. Evaluasi kecukupan materi dan metode pengajaran.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa materi pelajaran dalam kurikulum PKO UNESA sudah cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan dunia olahraga dan metode pembelajaran sudah menggunakan metode Case Metode dan PjBL (Projek Base Learning). 

3. Evaluasi kualitas dosen dan tenaga pendukung.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kualitas dan kompetensi dosen dan tenaga pendukung yang terlibat dalam penyelenggaraan kurikulum PKO UNESA sudah cukup baik dilihat dari masing-masing dosen memiliki sertifikat kompetensi dibidang olahraga dan beberapa merupakan praktisi aktif dalam pembinaan olahraga prestasi. 

4. Evaluasi keberhasilan lulusan.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa lulusan PKO UNESA memiliki tingkat keberhasilan yang baik dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama masa studi ke dalam dunia kerja atau profesi yang mereka tekuni.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kurikulum PKO UNESA masih perlu dikembangkan agar tetap sesuai dengan perkembangan terkini dalam dunia olahraga. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengidentifikasi perkembangan terkini dalam dunia olahraga dan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum PKO UNESA. Selain itu, perlu juga dilakukan upaya untuk mengadakan program pelatihan atau peningkatan kualifikasi bagi dosen dan tenaga pendukung yang terlibat dalam penyelenggaraan kurikulum PKO.

B. Tracer Study

Hasil analisis tracer study, 34% alumni bekerja di pemerintahan seperti KONI, Dispora, Guru Olahraga SMP dan SMA, 27% di fitness center, 12% menjadi personal trainer dan sisanya bekerja di bidang lain-lain. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulan bahwa lulusan telah bekerja sesuai dengan profil lulusan yang telah direncanakan oleh Prodi. Jika ditinjau dari keterkaitan materi perkuliahan dengan pekerjaan alumni, 34% alumni menyampaikan bahwa materi perkuliahan dengan dunia kerja sangat erat hubungannya, 19% menyampaikan erat, 19% cukup erat, dan 28% menyatakan tidak ada hubungan antara materi perkuliahan dengan dunia kerja mereka.

Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Kurikulum

Universitas Value

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang memiliki university value yang sangat penting bagi masyarakat, mahasiswa, dan dunia pendidikan. Berikut adalah beberapa nilai yang ditawarkan oleh UNESA:

Pendidikan yang Berkualitas Tinggi.

UNESA menyediakan program pendidikan yang berkualitas tinggi di berbagai bidang studi, termasuk pendidikan, bahasa dan sastra, sains dan teknologi, serta seni dan desain. Fakultas-fakultas di UNESA dilengkapi dengan fasilitas modern dan tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.

Penelitian yang Berkualitas dan Berdampak pada Masyarakat.

Selain fokus pada pendidikan, UNESA juga memiliki program penelitian yang aktif dan produktif. Para peneliti di UNESA terlibat dalam penelitian-penelitian yang berdampak pada masyarakat, seperti penelitian dalam bidang kesehatan, lingkungan, dan teknologi. Dengan penelitian yang berkualitas, UNESA dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang Aktif.

Sebagai universitas negeri, UNESA juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan masyarakat. UNESA menyediakan berbagai program pelayanan masyarakat, seperti pelayanan kesehatan, pelatihan dan kursus, serta bantuan hukum. Dengan program pelayanan masyarakat yang aktif, UNESA dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan citra positif universitas.

Kolaborasi dengan Industri.

 

Landasan Filosofi

UNESA juga memiliki kemitraan dengan berbagai industri dan organisasi di Indonesia dan luar negeri. Kolaborasi dengan industri ini memungkinkan UNESA untuk mengembangkan program-program pendidikan dan penelitian yang relevan dengan kebutuhan industri, sehingga mahasiswa UNESA siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Dengan value yang dimilikinya, UNESA telah menjadi universitas yang terkemuka di Indonesia dan diakui secara internasional. UNESA terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakatnya, serta memperkuat kemitraannya dengan industri untuk mencapai tujuan-tujuan strategisnya.

Prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan olahraga berdiri berdasarkan amanat undang – undang berkaitan dengan sistem Keolahragaan. Undang – undang nomor 3 tahun 2005 memberikan definisi terhadap keolahragaan, olahraga, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi. Keolahragaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan olahraga yang memerlukan pengaturan, pendidikan, pelatihan, pembinaan, pengembangan, dan pengawasan. Olahraga adalah segala kegiatan yang sistematis untuk mendorong, membina, serta mengembangkan potensi jasmani, rohani, dan sosial. Olahraga pendidikan adalah pendidikan jasmani dan olahraga yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang konsisten dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan, dan kebugaran jasmani. Olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan. Tiga definisi tersebut merupakan bagian dari filosofi prodi dalam mencetak lulusan, yaitu menjadi guru olahraga dan pelatih olahraga. Kedua kompetensi ini akan didapat oleh mahasiswa dengan menyelesaikan 144 SKS yang harus diprogram. Kebutuhan tenaga guru olahraga dan pelatih olahraga sangat tinggi karena saat ini masyarakat sudah menjadikan kebugaran merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Tenaga olahraga guru dan pelatih olahraga merupakan profesi yang tidak dapat terpisahkan dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang unggul, guru olahraga dari tingkat SD dan SMP merupakan pondasi penting dalam memberikan pemahaman pentingnya berolahraga di usia dini yang nanti akan berdampak pada segala aktivitas dimasa dewasa baik sebagai masyarakat biasa dan menjadi atlet. Guru SMA dan Pelatih olahraga merupakan berperan penting dalam peningkatan pencapaian terbaik pada peforma dan kepercayaan diri kelompok masyarakat untuk tampil pada level yang lebih tinggi dalam bidang olahraga. Filosofi inilah yang menjadikan prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga berdiri yaitu menciptakan generasi yang unggul melalui kegiatan Olahraga.

Landasan Sosilogis

Program Studi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) merupakan salah satu program studi yang terdapat di Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan landasan sosiologis dalam kaitannya dengan Prodi S-1 PKO UNESA:

Hubungan antara Prodi S-1 PKO dengan masyarakat

Sebagai program studi yang berkaitan dengan olahraga, Prodi S-1 PKO UNESA memiliki hubungan yang erat dengan masyarakat, terutama dengan komunitas olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Prodi S-1 PKO UNESA bertanggung jawab untuk memberikan kontribusi pada pengembangan olahraga di masyarakat, khususnya dalam hal pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang berkualitas. Dalam hal ini, Prodi S-1 PKO UNESA perlu memahami kebutuhan dan harapan masyarakat terkait dengan olahraga, dan mengembangkan program-program yang relevan dengan kebutuhan tersebut.

Fungsi Prodi S-1 PKO dalam pengembangan olahraga di Surabaya

Sebagai program studi yang berfokus pada pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga, Prodi S-1 PKO UNESA memiliki peran yang penting dalam pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Prodi S-1 PKO UNESA harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap kerja, yang akan berkontribusi pada pengembangan olahraga di Surabaya melalui perannya sebagai pelatih olahraga di klub, sekolah, dan komunitas olahraga lainnya. Oleh karena itu, Prodi S-1 PKO UNESA perlu mengembangkan program-program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan kebutuhan masyarakat di bidang olahraga.

Struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA

Studi tentang struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA melibatkan analisis tentang bagaimana program studi diorganisir dan dikelola, termasuk bagaimana keputusan diambil, struktur kekuasaan, dan hubungan antara dosen, staf, dan mahasiswa. Analisis tentang struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA dapat membantu mengoptimalkan kinerja dan efektivitas program studi dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengembangan olahraga.

Dengan memperhatikan landasan sosiologis, Prodi S-1 PKO UNESA dapat meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan yang diselenggarakan, serta memberikan kontribusi yang lebih besar pada pengembangan olahraga di masyarakat. Oleh karena itu, Prodi S-1 PKO UNESA perlu terus melakukan kajian dan penelitian untuk mengembangkan strategi pengembangan yang lebih baik, dengan mempertimbangkan aspek-aspek sosiologis yang terkait dengan program studi ini.

Landasan Historis

Program Studi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memiliki landasan historis yang cukup penting. Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan landasan historis dalam kaitannya dengan Prodi S-1 PKO UNESA:

Awal mula berdirinya Prodi S-1 PKO UNESA.

Prodi S-1 PKO UNESA berawal dari dibukanya Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya pada tahun 1964. Jurusan PJK tersebut kemudian menjadi Fakultas Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (FPJK) pada tahun 1968, dan pada tahun 2010 berubah menjadi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) yang terdiri dari beberapa program studi, termasuk Prodi S-1 PKO.

Perkembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya.

Seiring dengan perkembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya, kebutuhan akan pelatih olahraga yang berkualitas semakin meningkat. Hal ini mendorong IKIP Surabaya untuk membuka Jurusan PJK yang kemudian menjadi cikal bakal dari Prodi S-1 PKO UNESA. Dengan membuka Prodi S-1 PKO, UNESA berkontribusi pada pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya, khususnya dalam hal pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang berkualitas.

Perkembangan dan peningkatan kualitas program studi.

Sejak berdirinya Jurusan PJK di IKIP Surabaya, program studi tersebut terus mengalami perkembangan dan peningkatan kualitas. Pada awalnya, Jurusan PJK hanya menyelenggarakan program studi Diploma-III PJK, namun kemudian berkembang menjadi menyelenggarakan program studi Sarjana Pendidikan (S-1) PJK. Seiring dengan perubahan nama menjadi FPOK, program studi S-1 PJK kemudian berubah nama menjadi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), sesuai dengan fokusnya pada pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga.

Dengan memperhatikan landasan historis, Prodi S-1 PKO UNESA dapat memahami dan menghargai peran dan kontribusi yang telah diberikan oleh pendahulunya dalam pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Selain itu, Prodi S-1 PKO UNESA dapat mengambil pelajaran dari pengalaman dan perubahan yang telah terjadi, sehingga dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang diselenggarakan.

Landasan Hukum

1. Pancasila dan UUD 1945;

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);

4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);

5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;

6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;

7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;

8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);

9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;

10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;

11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;

12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;

13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;

14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;

15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;

16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;

17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;

18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;

19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;

20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA