•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Tanggal Berdiri  :  7 November 1996
Koordinator Program Studi  :  Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Penyelenggara Pendidikan Bahasa Inggris berbasisEnglish for Specific Purposes (ESP) yang menghasilkan course designer yang unggul dan berwawasan global.


Tujuan
  1. Menghasilkan calon pendidik Bahasa Inggris yang profesional, berjiwa mandiri, adaptif, kreatif, inovatif terhadap perubahan zaman yang bersumber pada kearifan lokal.
  2. Terlaksananya penelitian bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang relevan dengan perkembangan pembelajaran Bahasa Inggris yang mutakhir dan aplikatif.
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang mutakhir dan aplikatif sebagai wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat.
  4. Terlaksananya pengelolaan program studi yang transparan, kredibel dan akuntabel
  5. Terjalinnya kerjasama dengan lembaga pendidikan dan lembaga-lembaga terkait baik dalam negeri maupun luar negeri secara berkelanjutan. Nilai Dasar:

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Menunjukkan kesadaran tentang nilai, etika, norma dan tanggung jawab yang terkait dengan perilaku akademis.

CPL-6 Mewujudkan karakter “Beriman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli dan Tangguh” serta disiplin.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis untuk memecahkan masalah pembelajaran bahasa Inggris

CPL-8 Menunjukkan keterampilan presentasi tertulis, visual dan lisan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa Inggris

CPL-9 Berpartisipasi dalam pembelajaran seumur hidup, kegiatan pengembangan karir dan mengikuti perkembangan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Menunjukkan keterampilan memimpin, berkolaborasi dan beradaptasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Menerapkan konsep linguistik terapan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

CPL-12 Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris secara efektif dan kreatif.

CPL-13 Melakukan penelitian dan pengkajian pembelajaran Bahasa Inggris.

CPL-14 Menciptakan produk terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris.

CPL-15 Mendemonstrasikan kompetensi lisan dan tulis yang setara dengan level B2 CEFR.

CPL-16 Menunjukkan pemahaman yang baik tentang konsep pembelajaran bahasa Inggris dari perspektif nasional dan global.

Struktur Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode Mata Kuliah SKS
8820302245 Essential Speaking Skill 2.00
8820302170 Pronunciation Practice 2.00
8820302247 Essential Writing Skill 2.00
8820302283 Learning Theories 2.00
8820302249 Listening FOR General Communication 2.00
Semester 2
Kode Mata Kuliah SKS
8820302250 Active Reading 2.00
8820302176 Public Speaking 2.00
8820302107 Introduction TO Linguistics 2.00
8820303254 School Curriculum 2.00
Semester 3
Kode Mata Kuliah SKS
8820303252 Argumentative Writing 2.00
8820302036 Critical Reading 2.00
8820303262 Syllabus Design 2.00
8820302002 Academic Speaking 2.00
8820303146 Educational Research Methodology 3.00
8820303257 Introduction TO Systemic Functional Linguistics 2.00
Semester 4
Kode Mata Kuliah SKS
8820302285 Developing EFL Materials 2.00
8820302226 Thesis Proposal Writing 2.00
8820302028 Classroom Language 2.00
8820302181 Reading FOR Research 2.00
8820302125 ELT Assessment 2.00
8820302148 Microteaching 2.00
Semester 5
Kode Mata Kuliah SKS
8820303268 ESP Program Design 3.00
8820302286 ESP Materials Development 3.00
8820302260 Intercultural Communication 2.00
8820302287 ESP Assessment 2.00
Semester 7
Kode Mata Kuliah SKS
8820320297 PLP 20.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Negeri Surabaya

Kebijakan MBKM yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dimaksudkan untuk menata ulang kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi agar mampu membekali mahasiswa menjadi pribadi yang tangguh, tanggap menghadapi tantangan zaman yang terus berubah dan berkembang secara cepat. Satu hal yang mencolok dalam kebijakan tersebut adalah kegiatan pembelajaran tidak terbatas di program studi yang dipilihnya, tetapi bisa juga di luar program studi selingkung perguruan tinggi tersebut, atau bahkan di luar kampus, yakni di kampus lain, di dunia usaha dan industri, di pedesaan, atau dunia nyata lainnya. Hasil dari Tracer study juga meberikan masukan untuk perbaikan program studi meliputi:


1. Perlu adanya program kewirausahaan sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan berwirausaha.
2. Perlu adanya program persiapan memasuki dunia kerja sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan bekerja kurang dari 6 bulan.
3. Perlu adanya program sosialisasi pascasarjana dan cara mendapatkan beasiswa pascasarjana sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan studi lanjut

Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum MBKM PS S1 PBI 2020 disusun sesuai kerangka dasar struktur kurikulum yang ditetapkan dari hasil perumusan pertemuan bidang akademik, dalam hal ini Wakil Rektor Bidang Akademik bersama dengan para Wakil Dekan Bidang Akademik dari setiap fakultas, serta beberapa pihak yang terkait. Kemudian tracer study dan survei pengguna lulusan digunakan sebagai pertimbangan untuk mengembangkan kurikulum baru program studi. Setelah itu, prodi melakukan sanctioning dan uji publik.