•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Gizi Unesa

 
Program Studi  :  S1 Gizi
Tanggal Berdiri  :  14 September 2016
Koordinator Program Studi  :  Amalia Ruhana, S.P., M.P.H.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Gizi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam keilmuan, kukuh dalam penguasaan pengembangan aplikasi teknologi di bidang pendidikan gizi


Misi
  1. Menyelenggarakan program pembelajaran gizi yang berkualitas, adaptif, dan inovatif serta memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan gizi di tingkat global yang didukung dengan sarana prasarana yang memadai. 
  2. Melaksanakan penelitian gizi yang adaptif, inovatif, berbasis kewirausahaan, dan terekognisi di tingkat global dalam bidang pendidikan gizi untuk menunjang perkembangan iptek terkini. 
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif serta berbasis kewirausahaan dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan gizi. 
  4. Menyelenggarakan manajemen PS giziyang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil dan menjamin mutu berkelanjutan.
  5. Meningkatkan jejaring dan kolaborasi dengan mitra secara pentahelix di tingkat nasional dan global

Tujuan
  1. Mewujudkan lulusan yang adaptif dan inovatif dalam penguasaan teori dan aplikasi di bidang gizi, sertamemiliki kompetensi sesuai standar kompetensi nutrisionis dan kebutuhanpengguna. 
  2. Mewujudkanhasil penelitian yang inovatif dan adaptif untuk memecahkan masalah gizi di masyarakat. 
  3. Menghasilkan artikel terpublikasi dankarya inovatif berbasis kewirausahaan bagi pengembangan ilmu gizi dan pendidikan gizi. 
  4. Mewujudkan kegiatan pengabdian sebagai bentuk penyebarluasan ilmu serta hasil penelitian gizi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dan pengembangan wirausaha kreatif yang melibatkan partisipasi aktif mahasiswa. 
  5. Mewujudkan kendali manajemen PS melalui optimalisasi sistem penjaminan mutu internal(SPMI). 
  6. Mewujudkan pengakuan jaminan mutu eksternalPSpadalevelnasionaldanglobal. 
  7. Mewujudkan keterlibatan stakeholder di tingkat nasional dan global dalambidang tridarma

Capaian Lulusan Program Studi S1 Gizi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu berkomunikasi efektif dengan klien, masyarakat, dan mitra kerja untuk menangani masalah gizi.

CPL-6 Mampu memanfaatkan IPTEK dalam pengembangan diri dan memecahkan masalah gizi.

CPL-7 Mampu mengelola asuhan gizi individu, kelompok, dan masyarakat serta penyelenggaran makanan sebagai upaya preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu menguasai landasan ilmiah ilmu-ilmu gizi, pangan, biomedik, humaniora, dan kesehatan masyarakat.

CPL-9 Mampu memiliki sikap berketuhanan Yang Maha Esa, beretika, disiplin, sadar hukum, berwawasan sosial budaya, dan berprilaku profesional.

CPL-10 Mampu menerapkan sikap mawas diri, belajar sepenjang hayat, dan berkolaborasi antar profesi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu memecahkan masalah bidang gizi dengan menerapkan konsep berpikir ilmiah dan pendekatan mutakhir melalui penelitian, literasi ilmiah, dan publikasi.

Struktur Kurikulum Program Studi S1 Gizi
Universitas Negeri Surabaya
Semester 1
Kode Mata Kuliah SKS
1321102020 Bahasa Inggris Terapan 2.00
1321102090 Ilmu Bahan Makanan 2.00
1321102089 Ilmu Kesehatan Masyarakat 2.00
1321102078 Biologi Seluler 2.00
1321104001 Psikologi Kesehatan 2.00
Semester 2
Kode Mata Kuliah SKS
1321102122 Metabolisme Gizi Makro 2.00
1321102012 Mikrobiologi Pangan 2.00
1321102018 Sistem Pelayanan Kesehatan 2.00
1321103037 Gizi Dalam Daur Kehidupan 3.00
Semester 3
Kode Mata Kuliah SKS
1321103026 Analisis Gizi Pangan 3.00
1321102025 Interaksi Nutrien Obat dan Substansi Lain 2.00
1321102028 Keamanan Pangan 2.00
1321102027 Pendidikan Gizi 2.00
1321103041 Penilaian Status Gizi 3.00
1321102019 Epidemiologi Gizi 2.00
1321102038 Konseling Gizi 2.00
1321102058 Patofisiologi Penyakit Menular 2.00
Semester 4
Kode Mata Kuliah SKS
1321102094 Biostatistika 2.00
1321102079 Diagnosa Gizi 2.00
1321102035 Metabolisme Gizi Mikro 2.00
1321102039 Bioetika Kesehatan 2.00
1321104067 Dietetika Penyakit Menular 3.00
1321102023 Patofisiologi Penyakit Tidak Menular 2.00
1321103030 Teknologi Pangan 3.00
Semester 5
Kode Mata Kuliah SKS
1321102029 Metodologi Penelitian 3.00
1321103093 Pengembangan Produk 3.00
1321103068 Dietetika Penyakit Tidak Menular 3.00
1321102092 Gizi Olahraga 2.00
1321102062 Komputer Terapan 2.00
1321102082 Wirausaha Gizi 2.00
Semester 6
Semester 7
Kode Mata Kuliah SKS
1321103087 Desiminasi 3.00
1321103086 Monitoring dan Evaluasi 3.00
1321104084 Pengembangan Perangkat 4.00
1321104083 Perencanaan Intervensi Gizi 4.00
1321102088 Laporan Intervensi Gizi 2.00
1321104085 Pelaksanaan Intervensi Gizi 4.00
Semester 8
Kode Mata Kuliah SKS
1321106052 Skripsi 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Gizi
Universitas Negeri Surabaya

Kegiatan evaluasi kurikulum dilaksanakan setiap empat tahun sekali, yang didasarkan pada evaluasi ketercapaian CPL, audit kurikulum, dan kondisi terkini. Tujuan evaluasi difokuskan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran/perkuliahan selama satu tahun. Berdasarkan hasil belajar mahasiswa dan monev pembelajaran setiap semester yang dilakukan Unit Penjaminan Mutu maka dilakukan beberapa upaya perbaikan kurikulum, sebagai berikut:

  1. Mengubah pemetaan mata kuliah per semester, yaitu menggeser MK Ketahanan Pangan yang awalnya diprogram di Semester 2 (mahasiswa 2017) menjadi di Semester 4 (mahasiswa 2018) dengan pertimbangan mahasiswa perlu mendapat pemahaman tentang Penilaian Konsumsi Pangan lebih dulu. MK Magang yang semua direncanakan di semester 7 karena kondisi pandemi maka mundur di semester 8.
  2. Mengubah bobot mata kuliah, setelah menyesuaikan bahan kajian kurikulum nutrisionis (2020) dengan capaian pembelajaran MK Pendidikan Gizi yaitu mahasiswa harus mampu merancang, melakukan dan mengevaluasi edukasi/pelatihan gizi maka bobot sks MK Pendidikan Gizi yang awalnya hanya 2 sks bertambah menjadi 3 sks. Demikian pula pada MK Dietetik Penyakit Menular dan Dietetik Penyakit Tidak Menular juga berubah menjadi 3 sks karena bahan kajiannya sangat luas dan mendasari pencapaian kompetensi pada area gizi klinik.
  3. Menambah mata kuliah, mengacu pada kebijakan Universitas bahwa MK Pendidikan Jasmani dan Kebugaran dan MK Literasi Digital menjadi mata kuliah yang wajib diprogram mahasiswa mulai angkatan 2019 maka pada struktur kurikulum 2019 ditambahkan kedua mata kuliah tersebut.
  4. Merevisi RPS, mengacu pada arah kebijakan Universitas untuk menerapkan model problem based learning dan project based learning maka semua dosen pengampu melakukan evaluasi dan revisi kembali pada perangkat pembelajaran (RPS) yang telah disusun.
  5. Diperlukan penyesuaian kembali CPL prodi sesuai dengan naskah akademik s1 Gizi.

 

Tracer Study dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah dikembangkan oleh Sub Direktorat Pengembangan Ormawa & Alumni Unesa dan alumni dapat mengisi kuesioner tersebut melalui tracerstudy.unesa.ac.id. Responden dari penelitian ini adalah seluruh alumni prodi S1 Gizi yang lulus sesuai cut off. 

Tracer Study Unesa bertujuan untuk menggali informasi:

  1. Waktu dan proses memperoleh pekerjaan, serta jumlah lamaran yang pernah diajukan;
  2. Waktu tunggu yang dibutuhkan (sebelum dan sesudah lulus) untuk mendapatkan pekerjaan;
  3. Kondisi alumni saat ini (bekerja/berwirausaha/sedang studi lanjut);
  4. Kesesuaian kompetensi lulusan dengan bidang kerja;
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Gizi
Universitas Negeri Surabaya

Rumusan CPL prodi S1 Gizi ditetapkan berdasarkan acuan Naskah Akademik Sistem Pendidikan Tenaga Gizi dan Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa. Mengacu pada Naskah Akademik Sistem Pendidikan Tenaga Gizi (PERSAGI dan AIPGI, 2014) dan Naskah Akademik pengembangan Unesa, dimana dijelaskan bahwa lulusan harus memiliki empat kemampuan dasar yaitu sikap, kemampuan umum, pengetahuan dan kemampuan khusus.