•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK

Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Matakuliah ini membahas tentang pengembangan bahan ajar cetak berdasarkan pada model pengembangan media pembelajaran melalui pembelajaran kolaboratif. Mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar khususnya dalam bentuk cetak atau digital. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bahan ajar.

CPMK

  • Mampu memiliki sikap tanggung jawab serta bekerja sama dalam merencanakan dan memproduksi bahan ajar cetak sesuai dengan model pengembangan tertentu sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis Pendidikan/ Pelatihan
  • Mampu menguasai orientasi dasar pengembangan bahan ajar pembelajaran serta Mengidentifikasi model pengembangan media pembelajaran dalam melakukan produksi sumber belajar dalam pembelajaran sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis Pendidikan/Pelatihan
  • Mampu menguasai berbagai konsep dasar model pengembangan media pembelajaran melalui pembelajaran kolaboratif serta Menguasai konsep dan prinsip pengembangan sumber belajar dalam pembelajaran baik dalam bentuk cetak maupun digital sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis Pendidikan/Pelatihan
  • Mampu menguasai proses analisis bahan/isi dalam pemilihan materi ajar yang disesuaikan dengan kondisi saat ini serta Mengidentifikasi tahapan prosedur pengembangan sumber belajar khususnya bahan ajar cetak maupun digital sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis Pendidikan/Pelatihan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Memahami konteks bahan ajar cetak dalam setting Teknologi Pendidikan
  • Pertemuan 2
    Merumuskan pengertian belajar mandiri dan menganalisis strategi pembelajaran yang dapat memicu proses belajar mandiri
  • Pertemuan 3
    Mencirikan karakteristik pebelajar dalam starategi pembelajaran mandiri
  • Pertemuan 4
    Menganalisis kontribusi hasil penelitian teori belajar terhadap belajar mandiri
  • Pertemuan 5
    Menganalisis pemanfaatan hasil penelitian teori belajar terhadap belajar mandiri
  • Pertemuan 6
    Menjabarkan ciri pembelajaran menggunakan modul
  • Pertemuan 7
    Mahasiswa mampu memahami poster sebagai bahan ajar cetak
  • Pertemuan 8
    Mengembangkan sumber belajar sebagai bentuk media untuk belajar mandiri
  • Pertemuan 9
    Mengidentifikasi unsur-unsur yang diperlukan oleh modul
  • Pertemuan 10
    Mengembangkan unsur motivasi dalam pembelajaran mandiri
  • Pertemuan 11
    Menganalisis perbedaan bahan belajar mandiri dan non mandiri
  • Pertemuan 12
    Menjabarkan prosedur analisis isi bahan belajar mandiri
  • Pertemuan 13
    Mengasosiasikan konsep evaluasi bahan belajar mandiri
  • Pertemuan 14
    Menjabarkan komponen desain pesan pada bahan belajar mandiri
  • Pertemuan 15
    Mengevaluasi proses pengembangan bahan ajar mandiri yang dikembangkan
  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester

Dosen

KHUSNUL KHOTIMAH
KHUSNUL KHOTIMAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ATAN PRAMANA
ATAN PRAMANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Teknologi Pendidikan
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10