CPL-6 Mampu mengembangkan sistem penilaian, instrumen penilaian, penelitian, evaluasi, serta mengembangkan psikometrika komputasi (pengukuran psikologis, algoritma dan model statistik, analisis big data psikologis, tes adaptif komputerisasi, CAT)
CPL-7 Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
CPMK
CPMK-1 Mampu menerapkan konsep-konsep dasar penilaian hasil belajar dalam merancang sistem penilaian yang efektif untuk berbagai konteks pendidikan (C3)
CPMK-2 Menganalisis dan mengevaluasi keefektifan instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian pendidikan, dengan mempertimbangkan aspek psikometrika dan relevansi pendidikan (C4, C5)
CPMK-3 Mengembangkan instrumen penilaian baru yang inovatif berbasis teknologi, seperti tes adaptif komputerisasi, yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan modern (C6)
CPMK-4 Menerapkan metode evaluasi yang beragam dalam penelitian pendidikan untuk memastikan validitas dan reliabilitas data (C3)
CPMK-5 Menganalisis data penelitian menggunakan model statistik dan algoritma untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam pendidikan (C4)
CPMK-6 Mengevaluasi dan menyempurnakan sistem penilaian yang ada dengan menggunakan pendekatan interdisipliner untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C5)
CPMK-7 Menciptakan metodologi penelitian evaluatif baru yang mengintegrasikan teknik analisis big data untuk memahami fenomena pendidikan yang kompleks (C6)
CPMK-8 Menerapkan prinsip-prinsip psikometrika dalam pengembangan dan evaluasi instrumen penilaian untuk memastikan keadilan dan akurasi (C3)
CPMK-9 Menganalisis kebutuhan pendidikan dan menyesuaikan sistem penilaian untuk mendukung pembelajaran yang inklusif dan berkeadilan (C4)
CPMK-10 Menciptakan solusi evaluatif yang berbasis pada pendekatan multidisipliner untuk mengatasi tantangan di bidang pendidikan (C6)