CPL-5 Mampu mengaplikasikan konsep filsafat penelitian dan evaluasi pendidikan sehingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji untuk pengembangan sistem penilaian, evaluasi pendidikan, serta instrumen tes dan non-tes
CPL-6 Mampu mengembangkan sistem penilaian, instrumen penilaian, penelitian, evaluasi, serta mengembangkan psikometrika komputasi (pengukuran psikologis, algoritma dan model statistik, analisis big data psikologis, tes adaptif komputerisasi, CAT)
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa dapat menerapkan teknik sampling dalam pengembangan instrumen penilaian untuk penelitian psikometrika (C3)
CPMK-2 Mahasiswa dapat menganalisis dan memilih metode sampling yang tepat untuk berbagai jenis data dan konteks penelitian dalam pendidikan (C4)
CPMK-3 Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas dan bias dari berbagai teknik sampling dalam studi evaluasi pendidikan (C5)
CPMK-4 Mahasiswa dapat menciptakan desain penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan teknik sampling yang sesuai untuk mengatasi masalah penelitian yang kompleks (C6)
CPMK-5 Mahasiswa dapat menerapkan teknik sampling dalam pengembangan dan validasi tes adaptif komputerisasi (C3)
CPMK-6 Mahasiswa dapat menganalisis hasil dari teknik sampling untuk mengoptimalkan pengambilan keputusan dalam penelitian pendidikan (C4)
CPMK-7 Mahasiswa dapat mengevaluasi pengaruh teknik sampling terhadap reliabilitas dan validitas dalam penelitian psikometrik (C5)
CPMK-8 Mahasiswa dapat menciptakan algoritma sampling baru yang efisien untuk analisis big data dalam pendidikan (C6)
CPMK-9 Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip sampling dalam penelitian interdisipliner untuk mendapatkan hasil yang representatif dan akurat (C3)
CPMK-10 Mahasiswa dapat menganalisis dan menyesuaikan teknik sampling berdasarkan kriteria etis dan praktis dalam penelitian pendidikan (C4)