CPL-5 Mampu mengaplikasikan konsep filsafat penelitian dan evaluasi pendidikan sehingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji untuk pengembangan sistem penilaian, evaluasi pendidikan, serta instrumen tes dan non-tes
CPL-8 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
CPMK
CPMK-1 Menerapkan berbagai metode penelitian kualitatif dalam konteks penelitian dan evaluasi pendidikan untuk menghasilkan pemahaman mendalam tentang fenomena pendidikan (C3)
CPMK-2 Menganalisis data kualitatif menggunakan teknik-teknik seperti coding, memetakan, dan menyusun narasi untuk mengidentifikasi pola dan tema dalam penelitian pendidikan (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi keefektifan metode penelitian kualitatif dalam mengatasi masalah-masalah spesifik dalam penelitian pendidikan (C5)
CPMK-4 Menciptakan proposal penelitian kualitatif yang inovatif, yang mengintegrasikan teori dan praktek dalam penelitian dan evaluasi pendidikan (C6)
CPMK-5 Menerapkan etika penelitian dalam merancang dan melaksanakan penelitian kualitatif untuk memastikan integritas dan keadilan dalam penelitian (C3)
CPMK-6 Menganalisis hasil penelitian kualitatif untuk mengembangkan kebijakan pendidikan yang berbasis bukti dan berorientasi pada kemaslahatan umat (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi dampak penelitian kualitatif terhadap pengembangan sistem penilaian dan evaluasi pendidikan (C5)
CPMK-8 Menciptakan metode baru dalam penelitian kualitatif yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam evaluasi pendidikan (C6)
CPMK-9 Menerapkan teknik wawancara, observasi, dan studi kasus dalam penelitian kualitatif untuk mendapatkan data yang akurat dan mendalam (C3)
CPMK-10 Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai sumber data kualitatif untuk memperkuat validitas dan reliabilitas hasil penelitian (C4)