CPL-6 Mampu mengembangkan sistem penilaian, instrumen penilaian, penelitian, evaluasi, serta mengembangkan psikometrika komputasi (pengukuran psikologis, algoritma dan model statistik, analisis big data psikologis, tes adaptif komputerisasi, CAT)
CPL-8 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
CPMK
CPMK-1 Menerapkan konsep dasar teori pengukuran dalam pengembangan instrumen penilaian yang valid dan reliabel (C3)
CPMK-2 Menganalisis dan membandingkan berbagai model pengukuran dan psikometrika untuk menentukan yang paling efektif dalam konteks penelitian pendidikan (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi keefektifan algoritma dan model statistik dalam analisis big data psikologis untuk penelitian pendidikan (C5)
CPMK-4 Menciptakan metode baru dalam pengukuran psikologis yang dapat diadaptasi dalam tes adaptif komputerisasi (C6)
CPMK-5 Menerapkan teknik analisis data untuk mengembangkan penelitian yang dapat memberikan kontribusi pada kemaslahatan umat manusia (C3)
CPMK-6 Menganalisis hasil penelitian untuk memastikan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi dan mengkritisi kepemimpinan dalam pengelolaan riset untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penelitian pendidikan (C5)
CPMK-8 Menciptakan strategi inovatif dalam pengelolaan dan kepemimpinan riset yang berorientasi pada peningkatan kualitas dan pengakuan internasional (C6)