Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.
Misi
- menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan;Â
- menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif;Â
- menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan;Â
- menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
- menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-6 | KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-8 | KK1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | KK2. Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-12 | Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-13 | Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
- 1. Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan
null
- 2. Asisten Peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga, melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendiseminasikan hasil penelitian.
null
- 3. Praktisi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi yang memiliki kompetensi terhadap bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga baik teori maupun praktik, lulusan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dapat menjadi pelatih, masseur, dan personal trainer.
null - 4. Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga yang kreatif dan inovatif.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum 2020 MBKM
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102005
Anatomi
2.00
8520102039
Dasar-Dasar Penjasor.
2.00
8520103245
Keterampilan Dasar Senam
3.00
8520102105
Pencak Silat
2.00
8520102152
Psikologi Olahraga
2.00
8520102188
Tenis Meja
2.00
8520103065
Keterampilan Dasar Atletik
3.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8520102025
Biomekanik Olahraga
2.00
1000002048
Dasar -Dasar Kependidikan
2.00
8520102045
Fisiologi Olahraga
2.00
8520102054
Ilmu Gizi Olahraga
2.00
8520102068
Keterampilan Dasar Renang
2.00
1000002018
Pancasila
2.00
8520102177
Softball
2.00
8520102241
Teori Belajar
2.00
8520102035
Bulutangkis
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102066
Keterampilan Dasar Bolabasket
2.00
8520102067
Keterampilan Dasar Bolavoli
2.00
8520102070
Keterampilan Dasar Sepakbola
2.00
8520102084
Media Pembelajaran
2.00
8520102098
Pembelajaran Akuatik
2.00
8520102110
Pendidikan Kesehatan Sekolah
2.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
8520102137
Perkembangan Dan Belajar Motorik
2.00
8520103139
Permainan Kecil
3.00
8520103234
Kurikulum Sekolah
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102236
Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran
2.00
8520102056
Ilmu Kepelatihan Dasar
2.00
8520102080
Masase Olahraga
2.00
8520103089
Metodologi Penelitian
3.00
8520103099
Pembelajaran Atletik
3.00
8520102246
Pembelajaran Senam Dan Aktivitas Ritmik
2.00
8520102103
Pembelajaran Sepakbola
2.00
8520102106
Pencegahan Dan Perawatan Cidera Or
2.00
8520102131
Perencanaan Pembelajaran
2.00
8520102244
Statistik
2.00
8520102101
Pembelajaran Bolavoli
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102243
Futsal
2.00
8520102053
Hoki
2.00
8520102058
Instruktur Fitness
2.00
8520102060
Judo
2.00
8520102062
Karate
2.00
8520102097
Panahan
2.00
8520102100
Pembelajaran Bolabasket
2.00
8520102237
Pembelajaran Inovatif
2.00
8520102238
Pembelajaran Mikro
2.00
8520102248
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
8520102128
Penjasor Adaptif
2.00
8520102232
Petanque
2.00
8520102160
Sarana Dan Prasarana Olahraga
2.00
8520102174
Sepak Takraw
2.00
8520102178
Sosiologi Olahraga
2.00
8520102257
Tes Dan Pengukuran Pendidikan Jasmani
2.00
8520102001
Administrasi Dan Sistem Pertandingan
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
100000205511
Plp-Asesmen Pembelajaran
2.00
1000002051
Plp-Analisis Kurikulum
2.00
1000002049
Plp-Manajemen Sekolah
2.00
1000002054
Plp-Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002050
Plp-Pengembangan Program Sekolah
2.00
8520102164
Seminar
2.00
8520104271
Skripsi
4.00
8520102187
Tenis Lapangan
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102030
Bola Tangan
2.00
8520102052
Hockey
2.00
8520102059
Instruktur Fitness Dan Pendidikan Spa Terapi
2.00
8520102071
Kewirausahaan Olahraga
2.00
1000003053
Plp-Pengembangan Bahan Ajar
2.00
1000003052
Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran
2.00
8520104275
Tugas Akhir
4.00
8520102094
Olahraga Berkuda
2.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102005 | Anatomi | 2.00 | |
8520102039 | Dasar-Dasar Penjasor. | 2.00 | |
8520103245 | Keterampilan Dasar Senam | 3.00 | |
8520102105 | Pencak Silat | 2.00 | |
8520102152 | Psikologi Olahraga | 2.00 | |
8520102188 | Tenis Meja | 2.00 | |
8520103065 | Keterampilan Dasar Atletik | 3.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8520102025 | Biomekanik Olahraga | 2.00 | |
1000002048 | Dasar -Dasar Kependidikan | 2.00 | |
8520102045 | Fisiologi Olahraga | 2.00 | |
8520102054 | Ilmu Gizi Olahraga | 2.00 | |
8520102068 | Keterampilan Dasar Renang | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
8520102177 | Softball | 2.00 | |
8520102241 | Teori Belajar | 2.00 | |
8520102035 | Bulutangkis | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102066 | Keterampilan Dasar Bolabasket | 2.00 | |
8520102067 | Keterampilan Dasar Bolavoli | 2.00 | |
8520102070 | Keterampilan Dasar Sepakbola | 2.00 | |
8520102084 | Media Pembelajaran | 2.00 | |
8520102098 | Pembelajaran Akuatik | 2.00 | |
8520102110 | Pendidikan Kesehatan Sekolah | 2.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
8520102137 | Perkembangan Dan Belajar Motorik | 2.00 | |
8520103139 | Permainan Kecil | 3.00 | |
8520103234 | Kurikulum Sekolah | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102236 | Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran | 2.00 | |
8520102056 | Ilmu Kepelatihan Dasar | 2.00 | |
8520102080 | Masase Olahraga | 2.00 | |
8520103089 | Metodologi Penelitian | 3.00 | |
8520103099 | Pembelajaran Atletik | 3.00 | |
8520102246 | Pembelajaran Senam Dan Aktivitas Ritmik | 2.00 | |
8520102103 | Pembelajaran Sepakbola | 2.00 | |
8520102106 | Pencegahan Dan Perawatan Cidera Or | 2.00 | |
8520102131 | Perencanaan Pembelajaran | 2.00 | |
8520102244 | Statistik | 2.00 | |
8520102101 | Pembelajaran Bolavoli | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102243 | Futsal | 2.00 | |
8520102053 | Hoki | 2.00 | |
8520102058 | Instruktur Fitness | 2.00 | |
8520102060 | Judo | 2.00 | |
8520102062 | Karate | 2.00 | |
8520102097 | Panahan | 2.00 | |
8520102100 | Pembelajaran Bolabasket | 2.00 | |
8520102237 | Pembelajaran Inovatif | 2.00 | |
8520102238 | Pembelajaran Mikro | 2.00 | |
8520102248 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 | |
8520102128 | Penjasor Adaptif | 2.00 | |
8520102232 | Petanque | 2.00 | |
8520102160 | Sarana Dan Prasarana Olahraga | 2.00 | |
8520102174 | Sepak Takraw | 2.00 | |
8520102178 | Sosiologi Olahraga | 2.00 | |
8520102257 | Tes Dan Pengukuran Pendidikan Jasmani | 2.00 | |
8520102001 | Administrasi Dan Sistem Pertandingan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000205511 | Plp-Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000002051 | Plp-Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002049 | Plp-Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000002054 | Plp-Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002050 | Plp-Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
8520102164 | Seminar | 2.00 | |
8520104271 | Skripsi | 4.00 | |
8520102187 | Tenis Lapangan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102030 | Bola Tangan | 2.00 | |
8520102052 | Hockey | 2.00 | |
8520102059 | Instruktur Fitness Dan Pendidikan Spa Terapi | 2.00 | |
8520102071 | Kewirausahaan Olahraga | 2.00 | |
1000003053 | Plp-Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 | |
1000003052 | Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran | 2.00 | |
8520104275 | Tugas Akhir | 4.00 | |
8520102094 | Olahraga Berkuda | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Ketuntasan mahasiswa mencapai CPL pada kriteria sangat baik mencapai 46%, kriteria baik mencapai 36%, kriteria memuaskan mencapai 16%, sedangkan tingkat kegagalan siswa sebesar 2%. Pengembangan kurikulum pada program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menyesuaikan dengan visi dan misi Universitas Negeri Surabaya.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | CPL13 | |||
Renang | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Pembelajaran Atletik | 2 | 15.38% | 23.08% | 30.77% | 15.38% | 15.38% | 99.99 % | ||||||||
Anatomi | 2 | 23.81% | 19.05% | 57.14% | 100 % | ||||||||||
Sepak Bola | 3 | 30% | 10% | 60% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Filosofi
Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat.
Landasan Sosiologis
Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa.
Landasan Historis
Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.
Landasan Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved