Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.
Misi
- menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan;
- menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif;
- menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan;
- menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
- menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-6 | KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-8 | KK1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | KK2. Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-12 | Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-13 | Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
- 1. Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan
null
- 2. Asisten Peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga, melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendiseminasikan hasil penelitian.
null
- 3. Praktisi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi yang memiliki kompetensi terhadap bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga baik teori maupun praktik, lulusan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dapat menjadi pelatih, masseur, dan personal trainer.
null - 4. Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga yang kreatif dan inovatif.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum lama S1 PenjasRek
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102151
Psikologi Dikjasor
2.00
8520102165
Senam Dasar
2.00
8520102036
Dasar-Dasar Dikjasor I
2.00
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8520102214
T/P Senam I
2.00
8520102013
Atletik I
2.00
8520102105
Pencak Silat
2.00
8520102019
Bahasa Inggris I
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520103016
Atletik Lanjutan
3.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8520102167
Senam Ii
2.00
8520102169
Senam Lanjutan
2.00
8520102027
Bolabasket I
2.00
8520102211
T/P Renang I
2.00
1000002010
Ilmu Alamiah Dasar (Iad)
2.00
8520102014
Atletik Ii
2.00
8520102020
Bahasa Inggris Ii
2.00
8520102046
Fisiologi Olahraga I
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102110
Pendidikan Kesehatan Sekolah
2.00
8520102159
Sarana Dan Prasarana Dikjasor
2.00
8520102168
Senam Iii
2.00
8520102212
T/P Renang Ii
2.00
8520102201
T/P Atletik Iii
2.00
1000002011
Isbd
2.00
8520102028
Bolabasket Ii
2.00
8520102079
Manajemen Penjasor
2.00
8520102047
Fisiologi Olahraga Ii
2.00
8520102024
Biomekanik
2.00
8520102178
Sosiologi Olahraga
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102032
Bolavoli I
2.00
8520102092
Modifikasi Olahraga
2.00
8520102138
Permainan Kecil
2.00
8520102052
Hockey
2.00
8520102107
Pencegahan & Perawatan Cedera
2.00
8520102035
Bulutangkis
2.00
8520102041
Evaluasi Pengajaran Penjas
2.00
8520102072
Komputer
2.00
8520102071
Kewirausahaan Olahraga
2.00
8520102056
Ilmu Kepelatihan Dasar
2.00
8520102054
Ilmu Gizi Olahraga
2.00
8520102080
Masase Olahraga
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520103089
Metodologi Penelitian
3.00
8520103130
Perencanaan Pembelajaran
3.00
8520103135
Perenc. Dan Ev. Pembelajaran Penjasor
3.00
8520102137
Perkembangan Dan Belajar Motorik
2.00
1000003040
Psikologi Pendidikan
3.00
8520102171
Sepakbola I
2.00
8520103183
Strategi Belajar Mengajar
3.00
8520102185
Teknologi Pembelajaran Penjasor
2.00
8520102177
Softball
2.00
8520103195
Tes Dan Pengukuran Or.
3.00
8520102033
Bolavoli Ii
2.00
8520102034
Bolavoli Lanjutan
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520103095
Outdoor Education
3.00
8520102121
Pengembangan Kurikulum Penjas
2.00
8520102128
Penjasor Adaptif
2.00
8520102118
Penelitian Tindakan Kelas
2.00
8520102172
Sepakbola Ii
2.00
8520102173
Sepakbola Lanjutan
2.00
8520102003
Aktivitas Luar Kelas
2.00
8520102049
Fitness Dan Spa Therapy
2.00
8520102188
Tenis Meja
2.00
8520102009
Anggar
2.00
8520102187
Tenis Lapangan
2.00
8520103182
Statistik
3.00
8520102143
Ppl I
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102030
Bola Tangan
2.00
8520106175
Skripsi
6.00
8520102140
Pkl
2.00
8520102145
Ppl Ii
2.00
8520102207
T/P Panahan
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102155
Renang Dasar
2.00
8520102158
Renang Lanjutan
2.00
8520102061
Jurnalistik Olahraga
2.00
8520102010
Aplikasi Komputer
2.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102151 | Psikologi Dikjasor | 2.00 | |
8520102165 | Senam Dasar | 2.00 | |
8520102036 | Dasar-Dasar Dikjasor I | 2.00 | |
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8520102214 | T/P Senam I | 2.00 | |
8520102013 | Atletik I | 2.00 | |
8520102105 | Pencak Silat | 2.00 | |
8520102019 | Bahasa Inggris I | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520103016 | Atletik Lanjutan | 3.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8520102167 | Senam Ii | 2.00 | |
8520102169 | Senam Lanjutan | 2.00 | |
8520102027 | Bolabasket I | 2.00 | |
8520102211 | T/P Renang I | 2.00 | |
1000002010 | Ilmu Alamiah Dasar (Iad) | 2.00 | |
8520102014 | Atletik Ii | 2.00 | |
8520102020 | Bahasa Inggris Ii | 2.00 | |
8520102046 | Fisiologi Olahraga I | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102110 | Pendidikan Kesehatan Sekolah | 2.00 | |
8520102159 | Sarana Dan Prasarana Dikjasor | 2.00 | |
8520102168 | Senam Iii | 2.00 | |
8520102212 | T/P Renang Ii | 2.00 | |
8520102201 | T/P Atletik Iii | 2.00 | |
1000002011 | Isbd | 2.00 | |
8520102028 | Bolabasket Ii | 2.00 | |
8520102079 | Manajemen Penjasor | 2.00 | |
8520102047 | Fisiologi Olahraga Ii | 2.00 | |
8520102024 | Biomekanik | 2.00 | |
8520102178 | Sosiologi Olahraga | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102032 | Bolavoli I | 2.00 | |
8520102092 | Modifikasi Olahraga | 2.00 | |
8520102138 | Permainan Kecil | 2.00 | |
8520102052 | Hockey | 2.00 | |
8520102107 | Pencegahan & Perawatan Cedera | 2.00 | |
8520102035 | Bulutangkis | 2.00 | |
8520102041 | Evaluasi Pengajaran Penjas | 2.00 | |
8520102072 | Komputer | 2.00 | |
8520102071 | Kewirausahaan Olahraga | 2.00 | |
8520102056 | Ilmu Kepelatihan Dasar | 2.00 | |
8520102054 | Ilmu Gizi Olahraga | 2.00 | |
8520102080 | Masase Olahraga | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520103089 | Metodologi Penelitian | 3.00 | |
8520103130 | Perencanaan Pembelajaran | 3.00 | |
8520103135 | Perenc. Dan Ev. Pembelajaran Penjasor | 3.00 | |
8520102137 | Perkembangan Dan Belajar Motorik | 2.00 | |
1000003040 | Psikologi Pendidikan | 3.00 | |
8520102171 | Sepakbola I | 2.00 | |
8520103183 | Strategi Belajar Mengajar | 3.00 | |
8520102185 | Teknologi Pembelajaran Penjasor | 2.00 | |
8520102177 | Softball | 2.00 | |
8520103195 | Tes Dan Pengukuran Or. | 3.00 | |
8520102033 | Bolavoli Ii | 2.00 | |
8520102034 | Bolavoli Lanjutan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520103095 | Outdoor Education | 3.00 | |
8520102121 | Pengembangan Kurikulum Penjas | 2.00 | |
8520102128 | Penjasor Adaptif | 2.00 | |
8520102118 | Penelitian Tindakan Kelas | 2.00 | |
8520102172 | Sepakbola Ii | 2.00 | |
8520102173 | Sepakbola Lanjutan | 2.00 | |
8520102003 | Aktivitas Luar Kelas | 2.00 | |
8520102049 | Fitness Dan Spa Therapy | 2.00 | |
8520102188 | Tenis Meja | 2.00 | |
8520102009 | Anggar | 2.00 | |
8520102187 | Tenis Lapangan | 2.00 | |
8520103182 | Statistik | 3.00 | |
8520102143 | Ppl I | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102030 | Bola Tangan | 2.00 | |
8520106175 | Skripsi | 6.00 | |
8520102140 | Pkl | 2.00 | |
8520102145 | Ppl Ii | 2.00 | |
8520102207 | T/P Panahan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102155 | Renang Dasar | 2.00 | |
8520102158 | Renang Lanjutan | 2.00 | |
8520102061 | Jurnalistik Olahraga | 2.00 | |
8520102010 | Aplikasi Komputer | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Ketuntasan mahasiswa mencapai CPL pada kriteria sangat baik mencapai 46%, kriteria baik mencapai 36%, kriteria memuaskan mencapai 16%, sedangkan tingkat kegagalan siswa sebesar 2%. Pengembangan kurikulum pada program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menyesuaikan dengan visi dan misi Universitas Negeri Surabaya.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | CPL13 | |||
Renang | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Pembelajaran Atletik | 2 | 15.38% | 23.08% | 30.77% | 15.38% | 15.38% | 99.99 % | ||||||||
Anatomi | 2 | 23.81% | 19.05% | 57.14% | 100 % | ||||||||||
Sepak Bola | 3 | 30% | 10% | 60% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Filosofi
Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat.
Landasan Sosiologis
Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa.
Landasan Historis
Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.
Landasan Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved