Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi Unesa
Study Program | : | Physical Education, Health and Recreation |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.
Misi
- menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan;
- menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif;
- menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan;
- menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
- menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.
Capaian Lulusan Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-5 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-6 | KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-7 | KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-8 | KK1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-9 | KK2. Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-10 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-11 | Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-12 | Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-13 | Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Occupational Profiles Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
- 1. Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan
null
- 2. Asisten Peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga, melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendiseminasikan hasil penelitian.
null
- 3. Praktisi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi yang memiliki kompetensi terhadap bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga baik teori maupun praktik, lulusan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dapat menjadi pelatih, masseur, dan personal trainer.
null - 4. Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga yang kreatif dan inovatif.
Struktur Kurikulum Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 PJKR
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8520102005 | ANATOMI | 2.00 | |
8520103259 | ATLETIK | 3.00 | |
1000002005 | BASICS OF EDUCATION | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
8520102105 | PENCAK SILAT | 2.00 | |
8520102249 | SWIMMING | 2.00 | |
8520102260 | EXERCISE | 2.00 | |
8520106277 | FOOTBALL | 3.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
8520102025 | SPORTS BIOMECHANICS | 2.00 | |
8520103279 | BASKETBALL | 3.00 | |
8520103278 | VOLLEYBALL | 3.00 | |
8520102035 | BADMINTON | 2.00 | |
8520102045 | EXERCISE PHYSIOLOGY | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
8520102177 | SOFTBALL | 2.00 | |
8520102178 | SOCIOLOGY OF SPORT | 2.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
8520102253 | MOTOR LEARNING | 2.00 | |
8520102030 | HANDBALL | 2.00 | |
8520102048 | FITNESS AND SPA THERAPY | 2.00 | |
8520102243 | FUTSAL | 2.00 | |
8520102053 | HOCKEY | 2.00 | |
8520102054 | SPORTS NUTRITION SCIENCE | 2.00 | |
8520102060 | JUDO | 2.00 | |
8520102061 | JOURNALISM SPORTS | 2.00 | |
8520102062 | KARATE | 2.00 | |
8520102080 | MASSAGE SPORTS | 2.00 | |
8520102097 | ARCHERY | 2.00 | |
8520102106 | INJURY PREVENTION AND TREATMENT OR | 2.00 | |
8520102138 | LITTLE GAMES | 2.00 | |
8520102232 | PETANQUE | 2.00 | |
8520102174 | SEPAK TAKRAW AQUATIC LEARNING | 2.00 | |
8520102187 | TENNIS FIELD | 2.00 | |
8520102188 | TABLE TENNIS | 2.00 | |
8520102241 | TEORI BELAJAR | 2.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520102236 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
8520102262 | SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
8520103089 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
8520102098 | LEARNING | 2.00 | |
8520102263 | ATHLETIC | 2.00 | |
8520102238 | MICRO LEARNING | 2.00 | |
8520102261 | GYMNASTICS LEARNING | 2.00 | |
8520102248 | DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS | 2.00 | |
8520102131 | LEARNING PLANNING | 2.00 | |
8520102152 | SPORTS PSYCHOLOGY | 2.00 | |
8520102244 | STATISTICS | 2.00 |
Semester ke 5
Semester ke 6
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520102269 | LEARNING INNOVATION | 2.00 | |
1000002051 | PLP ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
1000002055 | PLP ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
MBKM0031 | PLP PROGRAM EVALUATION | 2.00 | |
1000002049 | PLP MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000002178 | PLP -PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 2.00 | |
1000002054 | PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002179 | PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
MBKM0032 | PLP PROGRAM PLANNING | 2.00 | |
1000004056 | PLP PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 |
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520102254 | ADMINISTRATION | 2.00 | |
8520102266 | DESIGN E SPORT | 2.00 | |
8520102056 | COACHING SCIENCE BASIC | 2.00 | |
8520102071 | KEWIRAUSAHAAN OLAHRAGA | 2.00 | |
8520102256 | ADAPTIVE SPORTS | 2.00 | |
8520102110 | SCHOOL HEALTH EDUCATION | 2.00 | |
8520102268 | PROPOSAL SEMINAR | 2.00 | |
8520102273 | TESTS AND MEASUREMENTS | 2.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520104275 | THESIS | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Ketuntasan mahasiswa mencapai CPL pada kriteria sangat baik mencapai 46%, kriteria baik mencapai 36%, kriteria memuaskan mencapai 16%, sedangkan tingkat kegagalan siswa sebesar 2%. Pengembangan kurikulum pada program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menyesuaikan dengan visi dan misi Universitas Negeri Surabaya.
Rekap PLO Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | |||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
Swimming | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Football | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
School Curriculum | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Big Ball Learning Small Ball | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Injuries | 2 | 18.18% | 18.18% | 36.36% | 27.27% | 99.99 % | |||||||||
Tests and Measurements Physical Education | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||
Exercise | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Athletic | 2 | 15.38% | 23.08% | 30.77% | 15.38% | 15.38% | 99.99 % | ||||||||
Badminton | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Anatomi | 2 | 23.81% | 19.05% | 57.14% | 100 % | ||||||||||
Exercise Physiology | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||
Introduction to School Fields | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Outdoor Activities | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Seminar | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||||
Introduction to School Fields Ii | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Learning Planning | 2 | 25% | 25% | 37.5% | 12.5% | 100 % | |||||||||
Design E Sport | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Outdoor Activities Physical Education | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Philosophy of Science | 2 | 26.32% | 15.79% | 15.79% | 10.53% | 15.79% | 15.79% | 100 % | |||||||
Sports Massage | 2 | 15.38% | 23.08% | 38.46% | 23.08% | 100 % | |||||||||
Sports Tests and Measurements | 3 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | |||||||||
Archery | 2 | 29.17% | 41.67% | 29.17% | 100 % | ||||||||||
Fitness and Spa Therapy | 2 | 18.18% | 22.73% | 18.18% | 18.18% | 22.73% | 100 % | ||||||||
Athletic | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Fitness and Spa Therapy | 2 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||||
School Curriculum | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Plp Asesmen Pembelajaran | 2 | 46.67% | 26.67% | 26.67% | 100 % | ||||||||||
Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran | 2 | 37.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||||
Plp Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||||
Learning Innovation | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Football | 3 | 30% | 10% | 60% | 100 % | ||||||||||
Volleyball | 3 | 30% | 30% | 20% | 20% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Filosofi
Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat.
Landasan Sosiologis
Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa.
Landasan Historis
Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.
Landasan Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved