•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Tanggal Berdiri  :  11 Juli 1996
Koordinator Program Studi  :  Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.


Misi
  1. menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan; 
  2. menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif; 
  3. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan; 
  4. menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
  5. menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 KK1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 KK2. Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
  • 1. Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan

    null

  • 2. Asisten Peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga, melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendiseminasikan hasil penelitian.

    null

  • 3. Praktisi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi yang memiliki kompetensi terhadap bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga baik teori maupun praktik, lulusan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dapat menjadi pelatih, masseur, dan personal trainer.
    null
  • 4. Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga yang kreatif dan inovatif.

Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum KKNI S1 PJKR 2015

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000003006 Dasar-Dasar Pendidikan 3.00
8520103065 Keterampilan Dasar Atletik 3.00
8520102069 Keterampilan Dasar Senam 2.00
8520102105 Pencak Silat 2.00
8520102039 Dasar-Dasar Penjasor. 2.00
8520102126 Pengetahuan Umum Olahraga 2.00
1000003040 Psikologi Pendidikan 3.00
1000002177 Bahasa Inggris 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520102068 Keterampilan Dasar Renang 2.00
1000002011 Isbd 2.00
8520103006 Anatomi Dan Fisiologi Olahraga 3.00
1000002018 Pancasila 2.00
8520103102 Pembelajaran Senam Dan Aktivitas Ritmik 3.00
8520103099 Pembelajaran Atletik 3.00
1000002003 Bahasa Indonesia 2.00
8520102054 Ilmu Gizi Olahraga 2.00
8520102152 Psikologi Olahraga 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520102066 Keterampilan Dasar Bolabasket 2.00
8520102024 Biomekanik 2.00
8520102222 Filsafat Ilmu 2.00
1000002033 Kewarganegaraan 2.00
8520102098 Pembelajaran Akuatik 2.00
8520102110 Pendidikan Kesehatan Sekolah 2.00
8520102001 Administrasi Dan Sistem Pertandingan 2.00
8520100227 Telaah Kurikulum Pendidikan Jasmani 3.00
8520102160 Sarana Dan Prasarana Olahraga 2.00
8520103139 Permainan Kecil 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520102067 Keterampilan Dasar Bolavoli 2.00
8520102081 Massage Olahraga 2.00
8520102084 Media Pembelajaran 2.00
8520102100 Pembelajaran Bolabasket 2.00
8520102055 Ilmu Kealaman Dasar 2.00
8520102070 Keterampilan Dasar Sepakbola 2.00
8520102107 Pencegahan & Perawatan Cedera 2.00
8520102178 Sosiologi Olahraga 2.00
8520103191 Teori Perkembangan Dan Belajar Motorik 3.00
8520103230 Teori Pembelajaran Inovatif Pendidikan Jasmani 3.00

Semester ke 5

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520102064 Kepramukaan Dan Aktivitas Luar Kelas 2.00
8520102030 Bola Tangan 2.00
8520102053 Hoki 2.00
8520102128 Penjasor Adaptif 2.00
8520102071 Kewirausahaan Olahraga 2.00
8520102187 Tenis Lapangan 2.00
8520103182 Statistik 3.00
8520102174 Sepak Takraw 2.00
8520102188 Tenis Meja 2.00
8520102177 Softball 2.00
8520102140 Pkl 2.00
8520102164 Seminar 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520102062 Karate 2.00
8520102060 Judo 2.00
8520103225 Kuliah Kerja Nyata (Kkn) 3.00
8520102051 Gulat 2.00
8520102097 Panahan 2.00
8520102009 Anggar 2.00
8520103149 Program Pengelolaan Pembelajaran (Ppp) 3.00
8520106175 Skripsi 6.00
8520102198 Tinju 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520102061 Jurnalistik Olahraga 2.00
8520102059 Instruktur Fitness Dan Pendidikan Spa Terapi 2.00
8520102146 Praktek Kerja Lapangan 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya

Ketuntasan mahasiswa mencapai CPL pada kriteria sangat baik mencapai 46%, kriteria baik mencapai 36%, kriteria memuaskan mencapai 16%, sedangkan tingkat kegagalan siswa sebesar 2%. Pengembangan kurikulum pada program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menyesuaikan dengan visi dan misi Universitas Negeri Surabaya.

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13
Renang 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran Atletik 2 15.38% 23.08% 30.77% 15.38% 15.38% 99.99 %
Anatomi 2 23.81% 19.05% 57.14% 100 %
Sepak Bola 3 30% 10% 60% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Filosofi 

Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat. 

Landasan Sosiologis 

Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga   pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa. 

 

Landasan Historis 

Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.

Landasan Hukum 

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586); 

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336); 

3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); 

4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi; 

5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; 

6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi; 

7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;