Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.
Misi
- menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan;
- menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif;
- menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan;
- menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
- menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-6 | KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-8 | KK1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | KK2. Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-12 | Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-13 | Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
- 1. Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan
null
- 2. Asisten Peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga, melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendiseminasikan hasil penelitian.
null
- 3. Praktisi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi yang memiliki kompetensi terhadap bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga baik teori maupun praktik, lulusan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dapat menjadi pelatih, masseur, dan personal trainer.
null - 4. Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga yang kreatif dan inovatif.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 PJKR 2015
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000003006
Dasar-Dasar Pendidikan
3.00
8520103065
Keterampilan Dasar Atletik
3.00
8520102069
Keterampilan Dasar Senam
2.00
8520102105
Pencak Silat
2.00
8520102039
Dasar-Dasar Penjasor.
2.00
8520102126
Pengetahuan Umum Olahraga
2.00
1000003040
Psikologi Pendidikan
3.00
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102068
Keterampilan Dasar Renang
2.00
1000002011
Isbd
2.00
8520103006
Anatomi Dan Fisiologi Olahraga
3.00
1000002018
Pancasila
2.00
8520103102
Pembelajaran Senam Dan Aktivitas Ritmik
3.00
8520103099
Pembelajaran Atletik
3.00
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8520102054
Ilmu Gizi Olahraga
2.00
8520102152
Psikologi Olahraga
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102066
Keterampilan Dasar Bolabasket
2.00
8520102024
Biomekanik
2.00
8520102222
Filsafat Ilmu
2.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
8520102098
Pembelajaran Akuatik
2.00
8520102110
Pendidikan Kesehatan Sekolah
2.00
8520102001
Administrasi Dan Sistem Pertandingan
2.00
8520100227
Telaah Kurikulum Pendidikan Jasmani
3.00
8520102160
Sarana Dan Prasarana Olahraga
2.00
8520103139
Permainan Kecil
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102067
Keterampilan Dasar Bolavoli
2.00
8520102081
Massage Olahraga
2.00
8520102084
Media Pembelajaran
2.00
8520102100
Pembelajaran Bolabasket
2.00
8520102055
Ilmu Kealaman Dasar
2.00
8520102070
Keterampilan Dasar Sepakbola
2.00
8520102107
Pencegahan & Perawatan Cedera
2.00
8520102178
Sosiologi Olahraga
2.00
8520103191
Teori Perkembangan Dan Belajar Motorik
3.00
8520103230
Teori Pembelajaran Inovatif Pendidikan Jasmani
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102103
Pembelajaran Sepakbola
2.00
8520103089
Metodologi Penelitian
3.00
8520103123
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Jasmani
3.00
8520103011
Asesmen Proses Dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani
3.00
8520102035
Bulutangkis
2.00
8520102101
Pembelajaran Bolavoli
2.00
8520103194
Tes Dan Pengukuran Olahraga
3.00
8520103231
Praktek Pembelajaran Inovatif Pendidikan Jasmani
3.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102064
Kepramukaan Dan Aktivitas Luar Kelas
2.00
8520102030
Bola Tangan
2.00
8520102053
Hoki
2.00
8520102128
Penjasor Adaptif
2.00
8520102071
Kewirausahaan Olahraga
2.00
8520102187
Tenis Lapangan
2.00
8520103182
Statistik
3.00
8520102174
Sepak Takraw
2.00
8520102188
Tenis Meja
2.00
8520102177
Softball
2.00
8520102140
Pkl
2.00
8520102164
Seminar
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102062
Karate
2.00
8520102060
Judo
2.00
8520103225
Kuliah Kerja Nyata (Kkn)
3.00
8520102051
Gulat
2.00
8520102097
Panahan
2.00
8520102009
Anggar
2.00
8520103149
Program Pengelolaan Pembelajaran (Ppp)
3.00
8520106175
Skripsi
6.00
8520102198
Tinju
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520102061
Jurnalistik Olahraga
2.00
8520102059
Instruktur Fitness Dan Pendidikan Spa Terapi
2.00
8520102146
Praktek Kerja Lapangan
2.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000003006 | Dasar-Dasar Pendidikan | 3.00 | |
8520103065 | Keterampilan Dasar Atletik | 3.00 | |
8520102069 | Keterampilan Dasar Senam | 2.00 | |
8520102105 | Pencak Silat | 2.00 | |
8520102039 | Dasar-Dasar Penjasor. | 2.00 | |
8520102126 | Pengetahuan Umum Olahraga | 2.00 | |
1000003040 | Psikologi Pendidikan | 3.00 | |
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102068 | Keterampilan Dasar Renang | 2.00 | |
1000002011 | Isbd | 2.00 | |
8520103006 | Anatomi Dan Fisiologi Olahraga | 3.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
8520103102 | Pembelajaran Senam Dan Aktivitas Ritmik | 3.00 | |
8520103099 | Pembelajaran Atletik | 3.00 | |
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8520102054 | Ilmu Gizi Olahraga | 2.00 | |
8520102152 | Psikologi Olahraga | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102066 | Keterampilan Dasar Bolabasket | 2.00 | |
8520102024 | Biomekanik | 2.00 | |
8520102222 | Filsafat Ilmu | 2.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
8520102098 | Pembelajaran Akuatik | 2.00 | |
8520102110 | Pendidikan Kesehatan Sekolah | 2.00 | |
8520102001 | Administrasi Dan Sistem Pertandingan | 2.00 | |
8520100227 | Telaah Kurikulum Pendidikan Jasmani | 3.00 | |
8520102160 | Sarana Dan Prasarana Olahraga | 2.00 | |
8520103139 | Permainan Kecil | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102067 | Keterampilan Dasar Bolavoli | 2.00 | |
8520102081 | Massage Olahraga | 2.00 | |
8520102084 | Media Pembelajaran | 2.00 | |
8520102100 | Pembelajaran Bolabasket | 2.00 | |
8520102055 | Ilmu Kealaman Dasar | 2.00 | |
8520102070 | Keterampilan Dasar Sepakbola | 2.00 | |
8520102107 | Pencegahan & Perawatan Cedera | 2.00 | |
8520102178 | Sosiologi Olahraga | 2.00 | |
8520103191 | Teori Perkembangan Dan Belajar Motorik | 3.00 | |
8520103230 | Teori Pembelajaran Inovatif Pendidikan Jasmani | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102103 | Pembelajaran Sepakbola | 2.00 | |
8520103089 | Metodologi Penelitian | 3.00 | |
8520103123 | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Jasmani | 3.00 | |
8520103011 | Asesmen Proses Dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani | 3.00 | |
8520102035 | Bulutangkis | 2.00 | |
8520102101 | Pembelajaran Bolavoli | 2.00 | |
8520103194 | Tes Dan Pengukuran Olahraga | 3.00 | |
8520103231 | Praktek Pembelajaran Inovatif Pendidikan Jasmani | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102064 | Kepramukaan Dan Aktivitas Luar Kelas | 2.00 | |
8520102030 | Bola Tangan | 2.00 | |
8520102053 | Hoki | 2.00 | |
8520102128 | Penjasor Adaptif | 2.00 | |
8520102071 | Kewirausahaan Olahraga | 2.00 | |
8520102187 | Tenis Lapangan | 2.00 | |
8520103182 | Statistik | 3.00 | |
8520102174 | Sepak Takraw | 2.00 | |
8520102188 | Tenis Meja | 2.00 | |
8520102177 | Softball | 2.00 | |
8520102140 | Pkl | 2.00 | |
8520102164 | Seminar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102062 | Karate | 2.00 | |
8520102060 | Judo | 2.00 | |
8520103225 | Kuliah Kerja Nyata (Kkn) | 3.00 | |
8520102051 | Gulat | 2.00 | |
8520102097 | Panahan | 2.00 | |
8520102009 | Anggar | 2.00 | |
8520103149 | Program Pengelolaan Pembelajaran (Ppp) | 3.00 | |
8520106175 | Skripsi | 6.00 | |
8520102198 | Tinju | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8520102061 | Jurnalistik Olahraga | 2.00 | |
8520102059 | Instruktur Fitness Dan Pendidikan Spa Terapi | 2.00 | |
8520102146 | Praktek Kerja Lapangan | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Ketuntasan mahasiswa mencapai CPL pada kriteria sangat baik mencapai 46%, kriteria baik mencapai 36%, kriteria memuaskan mencapai 16%, sedangkan tingkat kegagalan siswa sebesar 2%. Pengembangan kurikulum pada program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menyesuaikan dengan visi dan misi Universitas Negeri Surabaya.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | CPL13 | |||
Renang | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
Pembelajaran Atletik | 2 | 15.38% | 23.08% | 30.77% | 15.38% | 15.38% | 99.99 % | ||||||||
Anatomi | 2 | 23.81% | 19.05% | 57.14% | 100 % | ||||||||||
Sepak Bola | 3 | 30% | 10% | 60% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Filosofi
Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat.
Landasan Sosiologis
Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa.
Landasan Historis
Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.
Landasan Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved