Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Psikologi Unesa
Program Studi | : | S1 Psikologi |
Tanggal Berdiri | : | 29 Januari 2007 |
Koordinator Program Studi | : | Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
“Menjadi penyelenggara pendidikan Psikologi yang unggul berwawasan psychoedusportpreneur dalam mengembangkan asesmen dan intervensi psikologi dengan kompetensi yang menunjukkan kemampuan beradaptasi, inovatif, dan tangguh berdasarkan kajian teoritis keilmuan psikologi dan kode etik”Misi
- Menyelenggarakan pendidikan psikologi dalam rangka menghasilkan lulusan yang berwawasan psychoedusportpreneur berjiwa adaptif, inovatif, dan tangguh di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan pengembangan sumber daya manusia
- Menyelenggarakan penelitian psikologi yang inovatif dan aplikatif dengan wawasan psychoedusportpreneur di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan pengembangan sumber daya manusia dan mendiseminasikannya
- Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan wawasan psychoedusportpreneur di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan pengembangan sumber daya manusia
- Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel
- Membangun kemitraan strategis yang berkelanjutan untuk mendukung pengembangan program akademik dan layanan masyarakat yang berwawasan psychoedusportpreneur.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang mampu menggunakan teori dan konsep psikologi untuk melakukan asesmen dan intervensi non-klinis dalam bidang psikologi berdasarkan kode etik psikologi
- Menghasilkan lulusan yang mampu menggunakan teknologi informasi untuk melakukan asesmen dan intervensi non-klinis bidang psikologi.
- Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian bidang psikologi dan terapannya untuk pengembangan sumber daya manusia.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.
- Menghasilkan lulusan yang mampu bersinergi dan berkolaborasi dengan kolega dari bidang psikologi maupun bidang ilmu lain untuk pengembangan sumber daya manusia.
Nilai_dasar
- Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang.
- Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah.
- Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
- Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah.
- Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman.
- Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
- Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-5 | Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, agama, dan kode etik yang berlaku
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mampu menunjukkan kepekaan sosial, penghargaan atas keanekaragaman, semangat nasionalisme, kemandirian, dan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya
- Tenaga kerja bidang Sumber Daya Manusia (SDM)
Mampu melakukan asesmen dan intervensi psikologi bidang organisasi dan pengembangan sumber daya manusia meliputi kemampuan dalam analisis dan evaluasi jabatan, desain pekerjaan, rekruitmen, pelatihan dan coaching, serta bentuk konsultasi lain untuk pengembangan organisasi dan SDM.
- Asisten Psikolog
Mampu melakukan asesmen dan intervensi psikologi non-klinis (psikoedukasi, intervensi tumbuh kembang, intervensi komunitas) sesuai Kode Etik Psikologi Indonesia dengan kemampuan khusus dalam melakukan administrasi psikotes, skoring tes psikologi, dan melakukan interpretasi parsial atas hasil tes psikologi.
- Konselor psikologi
Mampu memberikan layanan konseling non-klinis secara individual maupun kelompok untuk penyelesaian masalah psikologis serta pengembangan diri dan karir pada level individu maupun komunitas seperti konseling individual, konseling karir, konseling pengembangan komunitas, penyuluh masyarakat, penyuluh kesehatan, serta konselor atau terapis perilaku dalam pendidikan khusus.
Struktur Kurikulum S1 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S1 Psikologi
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7320102042
Pengantar Ilmu Pendidikan
2.00
7320102147
Pendidikan Jasmani Dan Olah Raga
2.00
7320103118
Psikologi Umum I
3.00
7320102143
Filsafat Ilmu
2.00
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
7320102012
Filsafat Pendidikan
2.00
7320103105
Psikologi Perkembangan I
3.00
7320103083
Psikologi Faal
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002010
Ilmu Alamiah Dasar (Iad)
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
7320102132
Statistika I
2.00
7320103119
Psikologi Umum Ii
3.00
7320102008
Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan
2.00
7320103106
Psikologi Perkembangan Ii
3.00
7320102093
Psikologi Kognitif
2.00
7320103113
Psikologi Sosial I
3.00
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000003040
Psikologi Pendidikan
3.00
7320103067
Psikodiagnostika I:pengantar Tes Psi
3.00
7320103115
Psikologi Sosial Ii
3.00
7320102133
Statistika Ii
2.00
7320102080
Psikologi Belajar
2.00
7320102094
Psikologi Komunikasi
2.00
7320103088
Psikologi Kepribadian I
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7320103066
Psikodiagnostika Ii : Observasi
3.00
7320102109
Psikologi Positif
2.00
7320103121
Psikometri
3.00
7320103089
Psikologi Kepribadian Ii
3.00
7320103095
Psikologi Konseling
3.00
7320103092
Psikologi Klinis
3.00
7320103085
Psikologi Industri Dan Organisasi
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7320103082
Psikologi Eksperimen
3.00
7320103020
Konstruksi Alat Ukur
3.00
7320103025
Metodologi Penelitian Kuantitatif
3.00
7320102029
Modifikasi Perilaku
2.00
7320102070
Psikodiagnostika Iv:tes Bakat Intlgnsi
2.00
7320102035
Ortopedagogik (Perkemb Pend Abk
2.00
7320103079
Psikologi Abnormal
3.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7320102052
Perkembangan Emosi,sosial,kognitif
2.00
7320102108
Psikologi Personalia
2.00
7320102122
Psikoterapi
2.00
7320102141
Tes Pauli Dan Inventori
2.00
7320102139
Teori Pembelajaran
2.00
7320102009
Desain Pelatihan
2.00
7320102097
Psikologi Konsumen
2.00
7320102018
Kode Etik Psikologi
2.00
7320102084
Psikologi Gender
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
7320102059
Program Pengolahan Data
2.00
7320102050
Perilaku Organisasi
2.00
7320106126
Skripsi
6.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7320102042 | Pengantar Ilmu Pendidikan | 2.00 | |
7320102147 | Pendidikan Jasmani Dan Olah Raga | 2.00 | |
7320103118 | Psikologi Umum I | 3.00 | |
7320102143 | Filsafat Ilmu | 2.00 | |
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
7320102012 | Filsafat Pendidikan | 2.00 | |
7320103105 | Psikologi Perkembangan I | 3.00 | |
7320103083 | Psikologi Faal | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002010 | Ilmu Alamiah Dasar (Iad) | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
7320102132 | Statistika I | 2.00 | |
7320103119 | Psikologi Umum Ii | 3.00 | |
7320102008 | Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan | 2.00 | |
7320103106 | Psikologi Perkembangan Ii | 3.00 | |
7320102093 | Psikologi Kognitif | 2.00 | |
7320103113 | Psikologi Sosial I | 3.00 | |
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000003040 | Psikologi Pendidikan | 3.00 | |
7320103067 | Psikodiagnostika I:pengantar Tes Psi | 3.00 | |
7320103115 | Psikologi Sosial Ii | 3.00 | |
7320102133 | Statistika Ii | 2.00 | |
7320102080 | Psikologi Belajar | 2.00 | |
7320102094 | Psikologi Komunikasi | 2.00 | |
7320103088 | Psikologi Kepribadian I | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7320103066 | Psikodiagnostika Ii : Observasi | 3.00 | |
7320102109 | Psikologi Positif | 2.00 | |
7320103121 | Psikometri | 3.00 | |
7320103089 | Psikologi Kepribadian Ii | 3.00 | |
7320103095 | Psikologi Konseling | 3.00 | |
7320103092 | Psikologi Klinis | 3.00 | |
7320103085 | Psikologi Industri Dan Organisasi | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7320103082 | Psikologi Eksperimen | 3.00 | |
7320103020 | Konstruksi Alat Ukur | 3.00 | |
7320103025 | Metodologi Penelitian Kuantitatif | 3.00 | |
7320102029 | Modifikasi Perilaku | 2.00 | |
7320102070 | Psikodiagnostika Iv:tes Bakat Intlgnsi | 2.00 | |
7320102035 | Ortopedagogik (Perkemb Pend Abk | 2.00 | |
7320103079 | Psikologi Abnormal | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7320102052 | Perkembangan Emosi,sosial,kognitif | 2.00 | |
7320102108 | Psikologi Personalia | 2.00 | |
7320102122 | Psikoterapi | 2.00 | |
7320102141 | Tes Pauli Dan Inventori | 2.00 | |
7320102139 | Teori Pembelajaran | 2.00 | |
7320102009 | Desain Pelatihan | 2.00 | |
7320102097 | Psikologi Konsumen | 2.00 | |
7320102018 | Kode Etik Psikologi | 2.00 | |
7320102084 | Psikologi Gender | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
7320102059 | Program Pengolahan Data | 2.00 | |
7320102050 | Perilaku Organisasi | 2.00 | |
7320106126 | Skripsi | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya
- Evaluasi Kurikulum
Pengembangan kurikulum Prodi Psikologi Unesa tahun 2021 ini diawali dengan kegiatan evaluasi atas kurikulum sebelumnya. Tahap pertama, Prodi Psikologi melaksanakan analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner tracer study pada pengguna lulusan dan alumni. Berdasarkan hasil studi penelusuran terhadap alumni dan pengguna lulusan Prodi S1 Psikologi tahun 2020-2021, diperoleh data bahwa sebagian besar lulusan Prodi S1 Psikologi bekerja dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan dan dan lembaga lain baik swasta maupun pemerintah. Profesi selanjutnya yang paling banyak ditekuni oleh lulusan Prodi Psikologi FIP Unesa adalah menjadi pendamping anak berkebutuhan khusus di Lembaga pendidikan inklusif atau pusat terapi, kemudian asisten psikologi yang bekerja di Biro Layanan Psikologi, Lembaga Pelatihan, dan rumah sakit umum maupun rumah sakit jiwa. Sementara profesi lain yang juga cukup banyak ditekuni oleh alumni adalah konselor yang bekerja dalam berbagai lembaga dan organisasi dalam bidang kesehatan mental, pendidikan, pemberdayaan perempuan dan anak, serta pengembangan karir.
Pada saat bersamaan, dilakukan juga evaluasi diri prodi S1 Psikologi Unesa melalui analisis SWOT (strenght-weakness-opportunity-threat) untuk mengidentifikai keunggulan institusi dan ciri khas dari Universitas Negeri Surabaya. Hasil data dari analisis kebutuhan pasar melalui tracer study dan evaluasi diri Prodi tersebut didiskusikan dalam rapat dosen sebagai bahan untuk mengevaluasi kurikulum yang sedang berjalan. Hasil evaluasi atas kurikulum berjalan ini menjadi bahan penyusunan profil lulusan dan visi dan misi akademik Prodi S1 psikologi Unesa. Dalam penyusunan profil lulusan, visi dan misi, ini Prodi Psikologi FIP Unesa. Berdasarkan hasil tracer study dan evaluasi diri tersebut, Prodi S1 Psikologi menetapkan tiga profil lulusan yang utama, yaitu tenaga kerja bidang SDM, asisten psikolog, dan konselor psikologi.
Tahap kedua, berdasarkan visi, misi, dan profil lulusan Prodi tersebut, selanjutnya disusun tujuan program studi (program education outcome/PEO), Capaian pembelajaran (Program Learning Outcome/PLO), dan bahan kajian pendidikan psikologi Prodi S1 Psikologi Unesa. Penyusunan rancangan kurikulum pada tahap ini dilaksanakan melalui lokakarya dengan mengundang perwakilan asosiasi bidang ilmu psikologi, yaitu Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi (AP2TPI) Indonesia, dan ahli kurikulum lain berbasis Outcome Based Education (OBE). Dalam perancangan kurikulum baru ini, Prodi Psikologi Unesa melandaskan diri pada bahan kajian minimal sarjana psikologi secara nasional di Indonesia yang telah ditetapkan asosiasi dan memeriksa kesesuaiannya dengan standar kualifikasi kompetensi nasional Indonesia (KKNI) untuk level 6, yaitu tingkat pendidikan sarjana.
Hasil rancanagan kurikulum baru melalui lokakarya ini selanjutnya diuji oleh ahli kurikulum bidang psikologi dan OBE, dan uji publik yang melibatkan berbagai stakeholders yang relevan seperti alumni, pengguna lulusan, serta mahasiswa dan dosen Prodi Psikologi Unesa. Selanjutnya, kurikulum final ditetapkan oleh senat fakultas dan diimplementasikan oleh Prodi S1 Psikologi Unesa. Dalam masa pelaksanaan kurikulum ini dilakukan monitoring di tengah-tengah kegiatan pembelajaran dan evaluasi di akhir pelaksanaan pembelajaran pada setiap tahun akademiknya untuk mengukur ketercapaian dari kurikulum ini.
- Tracer Study
Sebagai dasar pengembangan kurikulum Prodi Psikologi FIP Unesa tahun 2021, telah dilaksanakan tracer study terhadap alumni dan pengguna alumni (users). Tracer study merupakan salah satu elemen esensial untuk memperbaiki kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran di Prodi S1 Psikologi. Berdasarkan hasil tracer study ini, Prodi S1 Pikologi Unesa dapat menetapkan profil lulusannya, strategi dan orientasi pendidikan, melakukan perbaikan konsep maupun teknis penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran sehingga lulusan semakin menjadi lebih baik dalam kapasitas intelektualitasnya, keterampilan maupun akhlak dan kepribadiannya.
Berdasarkan hasil laporan tracer study tahun 2021, maka diketahui posisi pekerjaan yang secara dominan dimiliki oleh alumni adalah sebagai berikut (Tabel 1):
Tabel 1. Pekerjaan Alumni Jurusan Psikologi FIP Unesa
Rekap CPL Program Studi S1 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | |||
Teknik Penulisan Karya Ilmiah | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||
ILMU PENDIDIKAN | 2 | 100% | 100 % | |||||||
PSIKOLOGI BUDAYA | 3 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | ||||
Psikologi Industri dan Organisasi | 3 | 100% | 100 % | |||||||
LAPORAN PKL | 4 | 28.57% | 28.57% | 28.57% | 14.29% | 100 % | ||||
Prinsip Dasar Psikologi dan Perkembangan | 4 | 62.5% | 37.5% | 100 % | ||||||
Psikologi Pendidikan dan Asesmen | 4 | 25% | 50% | 25% | 100 % | |||||
Gangguan dan Intervensi Perkembangan | 6 | 42.11% | 36.84% | 21.05% | 100 % | |||||
Kesehatan Mental | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Psikologi Kerja | 2 | 54.55% | 18.18% | 27.27% | 100 % | |||||
Penyusunan Skala Psikologi | 4 | 25% | 37.5% | 37.5% | 100 % | |||||
Metodologi Penelitian Psikologi | 5 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||
Teori Kepribadian dan Psikologi Kontemporer | 3 | 21.74% | 78.26% | 100 % | ||||||
OBSERVASI DAN WAWANCARA | 4 | 40% | 40% | 20% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Psikologi
Universitas Negeri Surabaya
- University Value
Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berdiri secara resmi pada tanggal 29 Januari 2007 berdasarkan surat ijin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) nomor 172/DT/2007. Surat tersebut diperbaharui pada tahun 2010 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unesa atas nama DIKTI nomor 2080/D/T/K N/2010. Pada awal berdirinya, Prodi Psikologi berada di bawah Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP. Seiring berjalannya waktu, Prodi Psikologi berdiri sendiri sebagai jurusan terpisah di bawah FIP berdasarkan pertimbangan yang merujuk pada Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 163/Dikti/Kep/2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi Pada perguruan tinggi. Dalam SK tersebut, Prodi S1 Psikologi masuk dalam rumpun Ilmu Psikologi, sementara Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (Bimbingan Konseling) masuk dalam rumpun Ilmu Pendidikan. Peningkatan kualitas layanan pendidikan psikologi yang diselenggarakan Prodi Psikologi FIP Unesa diakui oleh pemerintah dengan diperolehnya peringkat akreditasi B (SK BAN-PT no.0214/SK/BAN-PT/Akred/S/1/2017) pada tahun 2017 dan telah diperpanjang melalui SK BAN-PT no. 14013/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XII/2021. Peringkat akreditasi tersebut menggambarkan kualitas sumber daya manusia dan sarana prasarana yang dimiliki oleh Prodi Psikologi FIP Unesa saat ini.
Dalam pengembangan kurikulum 2021 ini, Prodi S1 Psikologi FIP Unesa berpanduan pada buku Pedoman Pengembangan dan Implementasi Kurikulum MBKM Unesa tahun 2020 untuk menjaga nilai-nilai keunggulan yang menjadi ciri Unesa. Berdasarkan buku tersebut, implementasi kurikulum MBKM diarahkan dalam berbagai bentuk kegiatan di antaranya pertukaran pelajar, Kuliah Kerja Nyata Tematik, kerjasama riset, dan pemagangan. Semua bentuk implementasi MBKM ini bertujuan untuk menyelaraskan antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja (link and match). Dalam kebijakan implementasi MBKM ini, Unesa merumuskan kompetensi enam umum yang diharapkan dapat dimiliki seluruh lulusannya. Enam kompetensi ini disebut 6C, yaitu computational thinking, creative, critical thinking, collaboration, communication, dan compassion. Berbagai kompetensi umum ini diharapkan dapat menjadi daya saing mahasiswa lulusan Unesa dalam memasuki dunia kerja. Keenam kompetensi yang menjadi nilai keunggulan Universitas Negeri Surabaya ini telah diadopsi dalam pengembangan Kurikulum Prodi S1 Psikologi FIP Unesa ini.
Prodi S1 Psikologi FIP UNESA juga menonjolkan visi akademik dan misi yang mencerminkan keunggulannya sebagai program studi di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang merupakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), dan penekanan tersebut menjadi salah satu landasan dalam pengembangan kurikulum ini. Dengan mengacu pada visi misi FIP dan Unesa, akhirnya ditetapkan visi akademik Prodi Psikologi FIP UNESA berikut, yaitu menjadi lembaga pendidikan tinggi bidang psikologi yang berfokus pada pengembangan keilmuan psikologi dan penerapan psikologi untuk pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia.
- Landasan Filosofis
Landasan filosofis yang mendasari pengembangan kurikulum Prodi S1 Psikologi tahun 2021 ini adalah bahwa mahasiswa adalah makhluk rasional yang memiliki otonomi dan independensi dalam memilih pengalaman belajar mereka. Karena itu pendekatan pembelajaran yang dikedepankan adalah yang berorientasi pada kebutuhan mahasiswa. Pendekatan pembelajaran didesain untuk memberikan keleluasan bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan diri sesuai potensinya. Para pengajar lebih banyak berperan dalam memfasilitasi dan merealisasikan potensi mahasiswa sesuai dengan minatnya ini terutama di bidang psikologi.
Karena itu, kurikulum yang dirancang ini mengakomodasi beberapa pilihan peminatan seperti psikologi bidang industri dan organisasi, bidang perkembangan dan pendidikan, bidang klinis atau Kesehatan mental, serta bidang sosial kemasyarakatan. Kurikulum yang dirancang ini juga memberikan fleksibilitas pada mahasiswa dalam memilih pengalaman belajar di lapangan atau di berbagai tempat bidang karir di luar perguruan tinggi yang paling sesuai dengan tujuan karir yang ingin dicapai di bidang psikologi. Selain memberikan fleksibilitas dalam pilihan pengalaman belajar pada mahasiswa, kurikulum yang dirancang ini sekaligus juga mengarahkan pada penyesuaian peran pengajar dan model pembelajaran oleh para dosen sehingga dapat sejalan dengan pengalaman belajar mahasiswa tersebut.
Pengembangan kurikulum Prodi S1 Psikologi dilandasi pandangan filosofis bahwa pengetahuan dan pengalaman belajar mahasiswa adalah diarahkan untuk tujuan membuat mereka lebih memahami hakikat dan tujuan hidupnya sebagai manusia dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidupnya baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Atas dasar landasan filosofis tersebut, kurikulum Prodi S1 Psikologi 2021 ini bertujuan untuk membuat mahasiswa menjadi pembelajar mandiri dengan memfasilitasi kemampuan kognitif yang sesuai dengan perkembangan mahasiswa meliputi kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), dan penalaran kritis (critical thinking). Selain itu, kurikulum ini juga dimaksudkan untuk dapat membentuk pribadi mahasiswa yang otonom, bebas, tangguh, bertanggungjawab, dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi sehingga mereka mampu mengoptimalkan pengembangan potensi dirinya sebagai manusia.
Selain itu, kurikulum yang dikembangkan ini juga diharapkan dapat membantu pertumbuhan pribadi yang menjadi pribadi yang lebih baik secara moral, menghargai nilai-nilai kemanusian universal serta memiliki orientasi sosial dan kemampuan adaptasi yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Karakteristik pribadi semacam ini akan dapat memfasilitasi munculnya perilaku kolaboratif dan toleran serta mengedepankan kontribusi berarti bagi masyarakat luas. Berdasarkan arah tersebut, kurikulum Prodi S1 Psikologi telah mengakomodasi pengalaman belajar mahasiswa tidak hanya dalam perguruan tinggi, namun juga pengalaman belajar langsung di lapangan untuk mengidentifikasi masalah-masalah kongkrit dalam kehidupan masyarakat dan memberikan alternatif solusi pemecahan berdasarkan bidang ilmu psikologi. Berdasarkan landasan ini, Kurikulum Prodi S1 Psikologi Unesa tidak hanya berfokus pada pengembangan kompetensi akademik, namun juga telah memasukkan aspek nilai dan sikap sosial sebagai tujuan pendidikan dan capaian pembelajaran yang perlu dipenuhi mahasiswa selama menjalani perkuliahan.
- Landasan Sosiologis
Pengembangan kurikulum prodi S1 Psikologi FIP Unesa juga dilandaskan pada pertimbangan sosiologis yang menegaskan bahwa pendidikan berlangsung dalam konteks sosial dan budaya tertentu. Sebagai program studi yang lahir dan berkembang dalam masyarakat Indonesia, Prodi Psikologi FIP Unesa mengedepankan penciptaan lingkungan belajar yang positif untuk perkembangan diri mahasiswa menuju pencapaian kemajuan ilmu pengetahuan bidang psikologi dan literasi teknologi yang berwawasan keragaman budaya. Kurikulum yang dikembangkan diharapkan dapat melahirkan lulusan yang mampu menghargai keragaman budaya di tengah masyarakat dan memiliki toleransi dan saling pengertian antar sesama anggota masyarakat Indonesia yang beragam. Demi menghasilkan lulusan yang memiliki kepekaan sosial budaya, kurikulum Prodi S1 Psikologi Unesa memfasilitasi belajar di lapangan dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam kehidupan nyata.
- Landasan Historis
Kurikulum Prodi S1 Psikologi juga dikembangkan sebagai jawaban atas tuntutan perubahan zaman dalam berbagai bidang kehidupan yang terus berubah. Pada era masyarakat industri 4.0 ini, tuntutan akan kompetensi lulusan yang memiliki daya saing menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, kurikulum ini disusun dengan memperhatikan kebutuhan dan tuntutan masyarakat pada era saat ini. Kebutuhan dan tuntutan masyarakat saat ini di antaranya adalah kesiapan untuk berubah dan kreativitas serta penguasaan teknologi. Berdasarkan kebutuhan dan tantangan tersebut, kurikulum ini didesain untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan identifikasi masalah sesuai bidang ilmu, perumusan, serta desain penyelesaian masalah sesuai dengan bidang psikologi yang melibatkan penguasaan literasi data dan literasi teknologi.
Secara khusus, Kurikulum Prodi S1 Psikologi FIP Unesa tahun 2021 ini dikembangkan dengan menjaga perjalanan historisnya sebagai Program Studi di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya yang unggul dalam bidang kependidikan. Keunggulan institusi ini dipadu dengan tuntutan kebutuhan masyarakat atas layanan psikologi. Karena itu, pendirian Prodi Psikologi FIP Unesa tidak lepas dari upaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan berbagai bentuk layanan psikologi pada bidang pendidikan, Kesehatan mental, industri dan organisasi, dan bidang sosial kemasyarakatan. Berdasarkan keunggulan institusi dan kebutuhan masyarakat ini, maka Prodi S1 Psikologi Unesa mengembangkan Kurikulum Pendidikan psikologi tingkat sarjana yang memfasilitasi mahasiswa untuk dapat memilih pendalaman atau pengayaan sesuai bidang terapan yang dibutuhkan masyarakat yaitu Bidang Psikologi Pendidikan dan Perkembangan (PPP), Psikologi Klinis (PK), Psikologi Industri dan Organisasi (PIO), dan Psikologi Sosial (PS).
- Landasan Hukum
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved