Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Tata Rias |
Tanggal Berdiri | : | 7 Juli 2008 |
Koordinator Program Studi | : | Nia Kusstianti, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program Studi yang Tangguh, Adaptif dan Inovatif dalam Pendidikan Kejuruan dan Keilmuan Bidang Tata Rias Berorientasi KewirausahaanMisi
- Menghasilkan Lulusan sebagai Tenaga Pendidik Tata Rias yang berkepribadian Tangguh, Adaptif dan Inovatif dibidang Pendidikan Kejuruan dan Keilmuan Bidang Tata Rias sehingga Mampu Berkompetisi dan Berkolaborasi dalam Memenuhi Kebutuhan Masyarakat.
- Menghasilkan Penelitian Pendidikan Tata Rias yang Berlandaskan pada Keprofesionalitas dan Kompetensi untuk Meningkatkan Mutu Berorientasi Kewirausahaan
- Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Ilmu Tata Rias Berbasis Penelitian.
- Menjalin Kerjasama dan Kemitraan dari Berbagai Lembaga/ Instansi untuk Meningkatkan Kulitas Lulusan Sesuai dengan Kebutuhan Stake Holder
Tujuan
- Menguraikan konsep bidang pedagogic, ilmu dasar dalam bidang rias dengan pengembangan kurikulum dan teknologi pendidikan tata rias
- Mengaplikasikan metode ilmiah dalam memecahkan suatu masalah dalam keilmiahan bidang pendidikan dan penerapan keterampilan secara profesionalisme pendidikan tata rias yang terdiri dari ; kecantikan kulit, kecantikan rambut, tata rias pengantin, dan kewirausahaan.
- Mengkreasikan keterampilan dengan menerapkan ilmu bidang pendidikan tata rias, serta dapat melakukan penelitian dengan berkomunikasi aktif
Nilai_dasar
1. Integritas dan Pancasila, Mahasiswa didorong untuk memiliki integritas tinggi dalam mengelola dan mengembangkan institusi pendidikan, mencakup kejujuran, etika, dan tanggung jawab profesional dalam menjalankan tugas dan mengambil keputusa 2. Kompetensi, Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan bidang kecantikan kulit, kecantikan rambut, tata rias pengantin, dan SpA perawatan badan. 3. Inklusivitas, Menekankan pentingnya inklusivitas dalam penyelenggaraan pendidikan, memastikan bahwa semua mahasiswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang tanpa diskriminasi 4. Kreativitas dan Berjiwa Ilmiah, Mahasiswa didorong untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang pendidikan dan kejuruan bidang Tata Rias berorientasi kewirausahaan. 5. Belajar sepanjang hayat, Memperhatikan pentingnya pengembangan pendidikan yang berkelanjutan, dengan memperhatikan isu-isu global seperti keberlanjutan lingkungan, hak asasi manusia, dan pengembangan ekonomi yang adil. Nilai-nilai dasar ini merupakan fondasi yang membentuk lulusan yang tidak hanya kompeten dalam bidang pendidikan Tata Rias, tetapi juga memiliki karakter yang kuat untuk memimpin dan berinovasi.Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-5 | Mengaplikasikan sikap profesional sebagai pendidik dan praktisi dalam bidang tata rias yang meliputi disiplin, jujur, tanggung jawab, beretika,, mampu bekerjasama dan berkomunikasi efektif
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-6 | Terampil merancang dan menerapkan perangkat pembelajaran di sekolah dengan mengedepankan kearifan lokal dan budaya daerah
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-7 | Mampu mengaplikasikan keterampilan bidang tata rias yang menunjang bidang pendidikan tata rias
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-8 | Mengkreasikan dalam kompetensi keahlian dibidang tata rias meliputi : Tata rias kulit, tata rias rambut, tata rias pengantin, dan berwawasan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
CPL-9 | Mengkreasikan, merancang, melaksanakan penelitian, menganalisis dan mengimplementasikan hasil penelitian
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik : Sebagai pendidik bidang kecantikan di Sekolah Menengah Kejuruan, menjadi instruktur pada Lembaga Pendidikan Kejuruan secara mendiri serta profesional dengan mengedepankan prinsip adaptif, kolaboratif, inovatif, inklusif, dan mampu mengimplementasikan hasil penelitiannya.
- Penata Rias
Menjadi make up artis untuk ahli tata rias wajah, tata rias pengantin, dan tata rias rambut.
- Pengusaha Kecantikan
Profesional di bidang kecantikan kulit dan SpA, Beauty Nailist, Manajemen Profesional Wedding Organizer dan Pengusaha Salon Kecantikan
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Tata Rias
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM 2018 PENDIDIKAN TATA RIAS
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
1000003006 | DASAR-DASAR PENDIDIKAN | 3.00 | |
8321302028 | DESAIN TATA RIAS | 2.00 | |
1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
8321302001 | ANATOMI FISIOLOGI | 2.00 | |
8321302088 | PERAWATAN RAMBUT | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
8321302017 | DASAR GRAHA | 2.00 | |
8321302022 | DASAR TATA RIAS | 2.00 | |
8321302040 | ILMU KESEJAHTERAAN KELUARGA | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8321303087 | PERAWATAN KULIT WAJAH | 3.00 | |
1000003040 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 3.00 | |
8321303124 | TATA RIAS WAJAH | 3.00 | |
8321303004 | TEORI-TEORI BELAJAR | 3.00 | |
8321302062 | MATEMATIKA TERAPAN | 2.00 | |
8321303073 | PENATAAN RAMBUT DAN SANGGUL TRADISIONAL | 3.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8321303094 | PEWARNAAN RAMBUT | 3.00 | |
8321302003 | ANTROPOLOGI DAN ETNOGRAFI RIAS | 2.00 | |
8321302004 | FILSAFAT PENDIDIKAN | 2.00 | |
8321303042 | KAJIAN KURIKULUM SMK | 3.00 | |
1000002011 | ISBD | 2.00 | |
8321303063 | MEDIA PEMBELAJARAN DAN TIK | 3.00 | |
39424203 | PENGEL. LABORATORIUM BIDANG STUDI | 2.00 | |
8321304066 | PAGELARAN TATA RIAS FANTASI | 4.00 | |
8321302068 | PANGKAS RAMBUT DASAR | 2.00 | |
8321303072 | PENATAAN RAMBUT DAN SANGGUL MODERN | 3.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8321301004 | PLP 1 | 1.00 | |
8321303031 | ASSESMEN PROSES DAN HASIL BELAJAR | 3.00 | |
8321303116 | STATISTIKA | 3.00 | |
8321303045 | KERITING DAN PELURUSAN RAMBUT | 3.00 | |
8321302054 | KOSMETOLOGI | 2.00 | |
8321303123 | TATA RIAS PENGANTIN INTERNASIONAL | 3.00 | |
8321302060 | MANAJEMEN * | 2.00 | |
8321303070 | PANGKAS RAMBUT DISAIN | 3.00 | |
8321303004 | PEMBELAJARAN INOVATIF I | 3.00 |
Semester ke 5
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8321302048 | KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA | 2.00 | |
8321302078 | PENDIDIKAN KONSUMEN * | 2.00 | |
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
8321302038 | ILMU GIZI KECANTIKAN * | 2.00 | |
8321303004 | PEMBELAJARAN INOVATIF II | 3.00 | |
8321302107 | SENAM KECANTIKAN | 2.00 | |
8321303121 | TATA RIAS PENGANTIN INDONESIA I | 3.00 | |
8321303025 | DEKORASI TATA RIAS | 3.00 | |
8321303065 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 |
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8321302004 | STATISTIK | 2.00 | |
8321303004 | PLP 2 | 3.00 | |
8321304101 | PRAKTEK KERJA LAPANGAN | 4.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8321303004 | TATA RIAS FANTASI | 4.00 | |
8321306110 | SKRIPSI | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias
Universitas Negeri Surabaya
Pada Program Studi Pendidikan Tata Rias, Evaluasi Kurikulum dilakukan secara berkala untuk mengetahui kekurangan dari pelaksanaan kurikulum berjalan dan untuk memperbaikinya. Evaluasi Kurikulum dilaksanakan setahun sekali dengan melakukan Forum Group Discussion dengan mengundang praktisi, asosiasi dan pengguna lulusan, serta melakukan workshop atau lokakarya kurikulum ditingkat prodi. Evaluasi kurikulum dilakukan setahun sekali dan untuk retsrukturisasi atau transformasi dilakukan 5 tahun sekali
Hasil Tracer study https://tracerstudy.unesa.ac.id/
Data HasilTracer S1 Pendidikan Tata Rias Tahun 2023 didapatkan hasil :
- Persentase dan jumlah Alumni yang berhasil menjadi Wiraswasta = 18,18 %
- Persentase dan Jumlah Alumni yang berhasil melanjutkan Studi = 0 %
- Persentase dan Jumlah Alumni yang berhasil memiliki Pekerjaan = 46,36 %
- Persentase dan Jumlah Alumni yang berhasil memiliki Pekerjaan, melanjutkan Studi dan Wiraswasta = 64,55 %
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | |||
Anatomi Fisiologi | 2 | 3.45% | 3.45% | 6.9% | 3.45% | 6.9% | 6.9% | 44.83% | 24.14% | 100 % | |
keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
Tata Rias Pengantin Jawa | 3 | 43.75% | 12.5% | 43.75% | 100 % | ||||||
Tata Rias Pengantin Nusantara | 3 | 23.53% | 23.53% | 17.65% | 23.53% | 11.76% | 100 % | ||||
Pengetahuan Tindakan Estetika | 2 | 8.33% | 16.67% | 16.67% | 8.33% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||
Kosmetologi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Kesehatan dan Keselamatan Kerja | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
Cipta Karya Rias | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Pengelolaan Lab. Bid Studi | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Kerajinan * | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
Pengelolaan Usaha Tata Rias | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Tata Rias Wajah | 3 | 25% | 41.67% | 33.33% | 100 % | ||||||
Teori - teori Belajar | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||||
etnografi rias | 2 | 25% | 33.33% | 41.67% | 100 % | ||||||
Statistik | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Ilmu Kesejahteraan Keluarga | 2 | 50% | 37.5% | 12.5% | 100 % | ||||||
Penataan Rambut dan Sanggul Modern | 3 | 20% | 50% | 30% | 100 % | ||||||
Pengel. Laboratorium Bidang Studi | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 8.33% | 8.33% | 100 % | ||
Teori Belajar | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | ||||||
Perawatan Kulit Wajah | 3 | 42.86% | 42.86% | 14.29% | 100 % | ||||||
Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Solus per Aqua (SpA) | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 18.18% | 27.27% | 54.55% | 100 % | ||||||
Gizi Kecantikan | 2 | 27.27% | 72.73% | 100 % | |||||||
Pengelolaan Usaha Tata Rias | 2 | 18.75% | 25% | 37.5% | 6.25% | 12.5% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi Pendidikan Tata Rias dirancang berdasarkan Undang-Undang no 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat 2 bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, ahlak mulia dan keterampilan. Kurikulum Program studi juga dirancang berdasarkan Peraturan Presiden RI no. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Undang-undang no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan rekomendasi Perkumpulan Ahli Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia (PAPTEKINDO) serta Perkumpulan Program Studi Tata Rias dan Kecantikan seluruh Indonesia (PPTRKI).
Landasan pengembangan kurikulum berdasarkan landasan filosofis ; sebagai program studi yang tangguh, adaptif dan inovatif, dalam pendidikan kejuruan dan keilmuan bidang Tata Rias berorientasi Kewirausahaan. Landasan Sosiologis; kurikulum dikembangkan berdasarkan kondisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Landasan Psikologis ; berdasarkan kondisi karakteristik manusia sebagai individu yang bertanggung jawab secara mendiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Landasan Historis ; pengembangan kurikulum memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Landasan Yuridis ; pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada landasan hukum yang berlaku agar kurikulum yang dihasilkan melalui keabsahan untuk diberlakukan.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved