•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Matematika
Tanggal Berdiri  :  11 Juli 1996
Koordinator Program Studi  :  Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
  1. Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
  2. Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
  2. Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
  3. Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
  4. Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
  5. Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.

Tujuan
  1. Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
  2. Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
  3. Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
  4. Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.

Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Menerapkan prinsip-prinsip dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika sederhana
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menggunakan IT

CPL-7 Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara efektif, lisan, dan harfiah
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan

CPL-9 Mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan matematika
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika.

CPL-11 Menunjukkan pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik Matematika

    Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Asisten Peneliti Pendidikan Matematika

    Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Edupreneur

    Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Penulis Pendidikan Matematika

    Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Matematika 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002003 Bahasa Indonesia 2.00
8420203043 Dasar-Dasar Matematika 3.00
1000002005 Dasar-Dasar Pendidikan 2.00
8420203004 Kalkulus Diferensial 3.00
8420202231 Konsep Dasar Ipa 2.00
1000002018 Pancasila 2.00
8420202004 Teori Belajar 2.00
8420203152 Pemrograman Visual 3.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya

Belum Diisi

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11
Aljabar Linear Elementer 3 16.67% 83.33% 100 %
Sejarah Matematika 2 100% 100 %
Matematika Sekolah 3 18.18% 22.73% 9.09% 18.18% 13.64% 9.09% 9.09% 100 %
Dasar-Dasar Matematika 3 28.57% 42.86% 14.29% 14.29% 100 %
Kalkulus Diferensial 3 57.14% 42.86% 100 %
Analisis Real 3 42.86% 28.57% 28.57% 100 %
Geometri Analitik 2 20% 80% 100 %
Media Pembelajaran 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Pembelajaran Inovatif 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Statistika 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2 33.33% 16.67% 33.33% 16.67% 100 %
Kurikulum Sekolah 2 33.33% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Pemrograman Visual 2 50% 25% 25% 100 %
Teori Belajar 2 50% 50% 100 %
Filsafat Pendidikan Matematika 2 16.67% 25% 16.67% 41.67% 100 %
Dasar Kependidikan 2 50% 50% 100 %
Pemrograman Visual 3 50% 25% 25% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya

Belum Diisi