Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Matematika |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
- Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
- Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
- Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
- Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
- Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.
Tujuan
- Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
- Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
- Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
- Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.
Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Menerapkan prinsip-prinsip dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika sederhana
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menggunakan IT
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara efektif, lisan, dan harfiah
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan matematika
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Menunjukkan pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah: |
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Asisten Peneliti Pendidikan Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Edupreneur
Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Penulis Pendidikan Matematika
Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Matematika 2018
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420204079
Kalkulus Diferensial
4.00
1000002018
Pancasila
2.00
8420203036
Biologi Umum
3.00
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8420203043
Dasar-Dasar Matematika
3.00
8420203089
Kimia Umum
3.00
8420203061
Fisika Umum
3.00
1000003006
Dasar-Dasar Pendidikan
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
8420202094
Konservasi Sumber Daya Alam
2.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8420204083
Kalkulus Integral
4.00
8420202015
Aplikasi Komputer
2.00
8420203064
Geometri
3.00
8420203219
Teori Belajar
3.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420202110
Matematika Kontekstual
2.00
8420202197
Sejarah Matematika
2.00
8420203007
Aljabar Linear Elementer
3.00
8420203065
Geometri Analitik
3.00
8420203144
Pembelajaran Inovatif I
3.00
1000002011
Isbd
2.00
8420203127
Metode Statistik
3.00
8420202222
Teori Bilangan Elementer
2.00
1000002047
Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420202186
Psikologi Pembelajaran Matematika
2.00
8420203193
Riset Operasi
3.00
8420203010
Aljbar Abstrak I
3.00
8420203146
Pembelajaran Inovatif Ii
3.00
8420203018
Asesmen Proses Dan Hasil Belajar
3.00
8420203013
Analisis Real I
3.00
8420202121
Media Pembelajaran
2.00
8420203107
Matematika Diskrit
3.00
8420203152
Pemrograman Visual
3.00
8420201004
Pengenalan Lapangan Persekolahan I
1.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002176
Kewirausahaan
2.00
8420203201
Sistem Geometri
3.00
8420203217
Telaah Kurikulum Sekolah
3.00
8420203111
Matematika Sekolah
3.00
8420203129
Metodologi Penelitian Pendidikan
3.00
8420203142
Peluang Dan Statistika
3.00
8420202153
Penalaran Dan Pembuktian
2.00
8420204085
Kalkulus Peubah Banyak
4.00
8420202047
E-Learning
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420202093
Komunikasi Publik
2.00
8420203004
Pengenalan Lapangan Persekolahan
4.00
8420203223
Teori Fuzzy
3.00
8420206202
Skripsi
6.00
8420203149
Pemodelan Matematika
3.00
8420203224
Teori Graf
3.00
8420203221
Teori Bilangan
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420202105
Manajemen Dan Kepemimpinan
2.00
8420203206
Statistika Matematika
3.00
8420203006
Aljabar Linear
3.00
8420202052
Etnomatematika
2.00
8420202056
Filsafat Matematika
2.00
8420203012
Analisis Real 2
3.00
8420203005
Aljabar Abstrak Ii
3.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420204079 | Kalkulus Diferensial | 4.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
8420203036 | Biologi Umum | 3.00 | |
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8420203043 | Dasar-Dasar Matematika | 3.00 | |
8420203089 | Kimia Umum | 3.00 | |
8420203061 | Fisika Umum | 3.00 | |
1000003006 | Dasar-Dasar Pendidikan | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 | |
8420202094 | Konservasi Sumber Daya Alam | 2.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8420204083 | Kalkulus Integral | 4.00 | |
8420202015 | Aplikasi Komputer | 2.00 | |
8420203064 | Geometri | 3.00 | |
8420203219 | Teori Belajar | 3.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420202110 | Matematika Kontekstual | 2.00 | |
8420202197 | Sejarah Matematika | 2.00 | |
8420203007 | Aljabar Linear Elementer | 3.00 | |
8420203065 | Geometri Analitik | 3.00 | |
8420203144 | Pembelajaran Inovatif I | 3.00 | |
1000002011 | Isbd | 2.00 | |
8420203127 | Metode Statistik | 3.00 | |
8420202222 | Teori Bilangan Elementer | 2.00 | |
1000002047 | Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420202186 | Psikologi Pembelajaran Matematika | 2.00 | |
8420203193 | Riset Operasi | 3.00 | |
8420203010 | Aljbar Abstrak I | 3.00 | |
8420203146 | Pembelajaran Inovatif Ii | 3.00 | |
8420203018 | Asesmen Proses Dan Hasil Belajar | 3.00 | |
8420203013 | Analisis Real I | 3.00 | |
8420202121 | Media Pembelajaran | 2.00 | |
8420203107 | Matematika Diskrit | 3.00 | |
8420203152 | Pemrograman Visual | 3.00 | |
8420201004 | Pengenalan Lapangan Persekolahan I | 1.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002176 | Kewirausahaan | 2.00 | |
8420203201 | Sistem Geometri | 3.00 | |
8420203217 | Telaah Kurikulum Sekolah | 3.00 | |
8420203111 | Matematika Sekolah | 3.00 | |
8420203129 | Metodologi Penelitian Pendidikan | 3.00 | |
8420203142 | Peluang Dan Statistika | 3.00 | |
8420202153 | Penalaran Dan Pembuktian | 2.00 | |
8420204085 | Kalkulus Peubah Banyak | 4.00 | |
8420202047 | E-Learning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420202093 | Komunikasi Publik | 2.00 | |
8420203004 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | 4.00 | |
8420203223 | Teori Fuzzy | 3.00 | |
8420206202 | Skripsi | 6.00 | |
8420203149 | Pemodelan Matematika | 3.00 | |
8420203224 | Teori Graf | 3.00 | |
8420203221 | Teori Bilangan | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420202105 | Manajemen Dan Kepemimpinan | 2.00 | |
8420203206 | Statistika Matematika | 3.00 | |
8420203006 | Aljabar Linear | 3.00 | |
8420202052 | Etnomatematika | 2.00 | |
8420202056 | Filsafat Matematika | 2.00 | |
8420203012 | Analisis Real 2 | 3.00 | |
8420203005 | Aljabar Abstrak Ii | 3.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
Aljabar Linear Elementer | 3 | 16.67% | 83.33% | 100 % | |||||||||
Sejarah Matematika | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Matematika Sekolah | 3 | 18.18% | 22.73% | 9.09% | 18.18% | 13.64% | 9.09% | 9.09% | 100 % | ||||
Dasar-Dasar Matematika | 3 | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||||||
Kalkulus Diferensial | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Analisis Real | 3 | 42.86% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||||
Geometri Analitik | 2 | 20% | 80% | 100 % | |||||||||
Media Pembelajaran | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Pembelajaran Inovatif | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Statistika | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
Pemrograman Visual | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Teori Belajar | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Filsafat Pendidikan Matematika | 2 | 16.67% | 25% | 16.67% | 41.67% | 100 % | |||||||
Dasar Kependidikan | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pemrograman Visual | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved