Matakuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep Matematika di SMP/MTs, dan Matematika SMA/MA yang esensial, miskonsepsi siswa dan atau guru beserta alternatif pembelajarannya yang memanfaatkan TIK melalui pembelajaran aktif, kolaboratif dan reflektif
CPL Program Studi pada MK
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menggunakan IT
CPL-7 Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara efektif, lisan, dan harfiah
CPL-8 Mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan
CPMK
CPMK-1 Mampu menganalisis materi esensial matematika SMP dan mampu mengembangkan alternatif pembelajarannya dengan atau tanpa bantuan teknologi secara kolaboratif, sistematis, kreatif berpandu pada hasil penelitian terkini
CPMK-2 Mampu menganalisis materi esensial matematika SMA/SMK dan mampu mengembangkan alternatif pembelajarannya dengan atau tanpa bantuan teknologi secara kolaboratif, sistematis, kreatif berpandu pada hasil penelitian terkini
CPMK-3 Mampu mengidentifikasi materi matematika yang sulit dibelajarkan guru atau sulit dipelajari siswa SMP/SMA dan mengembangkan alternatif pembelajarannya berbantuan teknologi secara kolaboratif dan kreatif
CPMK-4 Mampu mengidentifikasi ragam dan kemungkinan miskonsepsi matematis siswa SMP/SMA dan mendesain upaya perbaikannya yang berpandu pada hasil penelitian terkini
CPMK-5 Mampu mendesain tugas matematika SMP/SMA berbasis konteks dengan dan tanpa bantuan teknologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis dan kreatif) secara mandiri dan bertanggungjawab