•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa

 
Study Program  :  Mathematics Education
Establishment Date  :  11 Juli 1996
Study Program Coordinator  :  Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
  1. Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
  2. Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
  2. Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
  3. Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
  4. Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
  5. Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.

Tujuan
  1. Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
  2. Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
  3. Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
  4. Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.

Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)
Capaian Lulusan Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Menerapkan prinsip-prinsip dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika sederhana

PLO-6 Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menggunakan IT

PLO-7 Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara efektif, lisan, dan harfiah
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan

PLO-9 Mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan matematika

PLO-10 Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika.

PLO-11 Menunjukkan pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik Matematika

    Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Asisten Peneliti Pendidikan Matematika

    Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Edupreneur

    Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Penulis Pendidikan Matematika

    Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.


Struktur Kurikulum Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Matematika 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002003 Indonesian 2.00
8420203043 The Basics Of Mathematics 3.00
1000002005 Basics Of Education 2.00
8420203004 Differential Calculus 3.00
8420202231 Konsep Dasar Ipa 2.00
1000002018 Pancasila Education 2.00
8420203152 Visual Programming 3.00
8420202004 Teori Belajar 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Protestan
2.00
8420203064 Geometry 3.00
8420203084 Integral Calculus 3.00
1000002033 Citizenship 2.00
8420202094 Conservation Of Natural Resources 2.00
8420202004 School Curriculum 2.00
8420202004 Discrete Mathematics 2.00
8420202004 Realistic Mathematics Education 2.00
8420202222 Number Theory 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Belum Diisi

Rekap PLO Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
Elementary Linear Algebra 3 16.67% 83.33% 100 %
Sejarah Matematika 2 100% 100 %
School Mathematics Mathematics 3 18.18% 22.73% 9.09% 18.18% 13.64% 9.09% 9.09% 100 %
The Basics of Mathematics 3 28.57% 42.86% 14.29% 14.29% 100 %
Integral Calculus 4 35.29% 29.41% 35.29% 99.99 %
Mathematical Modeling 2 50% 50% 100 %
Differential Calculus 3 57.14% 42.86% 100 %
Analisis Real 3 42.86% 28.57% 28.57% 100 %
Geometri Analitik 2 20% 80% 100 %
Realistic Mathematics Education 2 33.33% 16.67% 16.67% 33.33% 100 %
Instructional Media 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Innovative Learning 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Statistics 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Evaluation of Learning and Learning 2 33.33% 16.67% 33.33% 16.67% 100 %
School Curriculum 2 33.33% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Visual Programming 2 50% 25% 25% 100 %
Psychology Mathematics Learning 2 100% 100 %
Micro Learning 2 14.29% 28.57% 28.57% 28.57% 100 %
Integral Calculus 3 66.67% 33.33% 100 %
Teori Belajar 2 50% 50% 100 %
Solution to problem 2 100% 100 %
Differential Calculus 4 72.73% 27.27% 100 %
Philosophy of Mathematics Education 2 16.67% 25% 16.67% 41.67% 100 %
Basic Education 2 50% 50% 100 %
Visual Programming 3 50% 25% 25% 100 %
Konsep Dasar Ipa 2 37.5% 37.5% 25% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Belum Diisi