Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Matematika |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
- Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
- Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
- Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
- Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
- Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.
Tujuan
- Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
- Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
- Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
- Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.
Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Menerapkan prinsip-prinsip dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika sederhana
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menggunakan IT
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara efektif, lisan, dan harfiah
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan matematika
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Menunjukkan pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah: |
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Asisten Peneliti Pendidikan Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Edupreneur
Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Penulis Pendidikan Matematika
Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Merdeka Belajar 2021_2022
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420202004
Biologi Umum
2.00
8420202004
Kimia Umum
2.00
8420202004
Fisika Umum
2.00
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8420203004
Kalkulus Diferensial
3.00
1000002005
Dasar-Dasar Pendidikan
2.00
1000002047
Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran
2.00
8420203043
Dasar-Dasar Matematika
3.00
1000002018
Pancasila
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002046
Literasi Digital
2.00
8420203064
Geometri
3.00
8420203084
Kalkulus Integral
3.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
8420202094
Konservasi Sumber Daya Alam
2.00
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
8420202222
Teori Bilangan Elementer
2.00
8420202197
Sejarah Matematika
2.00
8420202004
Teori Belajar
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420203004
Analisis Real
3.00
8420202004
Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran
2.00
8420202004
Matematika Diskrit
2.00
8420203007
Aljabar Linear Elementer
3.00
8420202004
Kurikulum Sekolah
2.00
8420202004
Pemrograman Visual
2.00
8420202004
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
8420202004
Perencanaan Pembelajaran
2.00
8420202004
Pendidikan Matematika Realistik
2.00
8420202004
Geometri Analitik
2.00
8420202004
Statistika
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420202121
Media Pembelajaran
2.00
8420203128
Metodologi Penelitian
3.00
8420200004
Pembelajaran Inovatif
3.00
8420202004
Aljabar Abstrak
2.00
8420203173
Persamaan Diferensial Biasa
3.00
8420202004
Riset Operasi
2.00
8420203086
Kalkulus Peubah Banyak
3.00
8420202148
Pemecahan Masalah
2.00
8420203111
Matematika Sekolah
3.00
8420202004
Pemodelan Matematika
2.00
8420202047
E-Learning
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000004067
Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program
4.00
1000003068
Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program
3.00
1000003065
Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program
3.00
1000003070
Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan
3.00
1000003069
Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program
3.00
1000004066
Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat
4.00
8420202200
Seminar Pendidikan Matematika
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002176
Kewirausahaan
2.00
8420202004
Pembelajaran Mikro
2.00
8420202153
Penalaran Dan Pembuktian
2.00
8420202169
Penulisan Karya Ilmiah
2.00
8420202186
Psikologi Pembelajaran Matematika
2.00
8420202004
Pendidikan Stem
2.00
8420202004
Geometri Transformasi
2.00
8420202004
Metode Numerik
2.00
8420202093
Komunikasi Publik
2.00
8420202004
Teori Peluang
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000003053
Plp-Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002050
Plp-Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000002054
Plp-Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002055
Plp-Asesmen Pembelajaran
2.00
1000002051
Plp-Analisis Kurikulum
2.00
1000002049
Plp-Manajemen Sekolah
2.00
1000003052
Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000004056
Plp-Praktik Mengajar
4.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8420206202
Skripsi
6.00
8420202057
Filsafat Pendidikan Matematika
2.00
8420202004
Pengembangan Kepribadian
2.00
8420202004
Sains Kognitif
2.00
8420202004
Komunikasi Interpersonal
2.00
8420202052
Etnomatematika
2.00
8420202105
Manajemen Dan Kepemimpinan
2.00
8420202220
Teori Bilangan
2.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420202004 | Biologi Umum | 2.00 | |
8420202004 | Kimia Umum | 2.00 | |
8420202004 | Fisika Umum | 2.00 | |
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8420203004 | Kalkulus Diferensial | 3.00 | |
1000002005 | Dasar-Dasar Pendidikan | 2.00 | |
1000002047 | Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran | 2.00 | |
8420203043 | Dasar-Dasar Matematika | 3.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8420203064 | Geometri | 3.00 | |
8420203084 | Kalkulus Integral | 3.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
8420202094 | Konservasi Sumber Daya Alam | 2.00 | |
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 | |
8420202222 | Teori Bilangan Elementer | 2.00 | |
8420202197 | Sejarah Matematika | 2.00 | |
8420202004 | Teori Belajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420203004 | Analisis Real | 3.00 | |
8420202004 | Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran | 2.00 | |
8420202004 | Matematika Diskrit | 2.00 | |
8420203007 | Aljabar Linear Elementer | 3.00 | |
8420202004 | Kurikulum Sekolah | 2.00 | |
8420202004 | Pemrograman Visual | 2.00 | |
8420202004 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 | |
8420202004 | Perencanaan Pembelajaran | 2.00 | |
8420202004 | Pendidikan Matematika Realistik | 2.00 | |
8420202004 | Geometri Analitik | 2.00 | |
8420202004 | Statistika | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420202121 | Media Pembelajaran | 2.00 | |
8420203128 | Metodologi Penelitian | 3.00 | |
8420200004 | Pembelajaran Inovatif | 3.00 | |
8420202004 | Aljabar Abstrak | 2.00 | |
8420203173 | Persamaan Diferensial Biasa | 3.00 | |
8420202004 | Riset Operasi | 2.00 | |
8420203086 | Kalkulus Peubah Banyak | 3.00 | |
8420202148 | Pemecahan Masalah | 2.00 | |
8420203111 | Matematika Sekolah | 3.00 | |
8420202004 | Pemodelan Matematika | 2.00 | |
8420202047 | E-Learning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004067 | Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program | 4.00 | |
1000003068 | Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program | 3.00 | |
1000003065 | Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program | 3.00 | |
1000003070 | Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan | 3.00 | |
1000003069 | Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program | 3.00 | |
1000004066 | Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat | 4.00 | |
8420202200 | Seminar Pendidikan Matematika | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002176 | Kewirausahaan | 2.00 | |
8420202004 | Pembelajaran Mikro | 2.00 | |
8420202153 | Penalaran Dan Pembuktian | 2.00 | |
8420202169 | Penulisan Karya Ilmiah | 2.00 | |
8420202186 | Psikologi Pembelajaran Matematika | 2.00 | |
8420202004 | Pendidikan Stem | 2.00 | |
8420202004 | Geometri Transformasi | 2.00 | |
8420202004 | Metode Numerik | 2.00 | |
8420202093 | Komunikasi Publik | 2.00 | |
8420202004 | Teori Peluang | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000003053 | Plp-Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002050 | Plp-Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000002054 | Plp-Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002055 | Plp-Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000002051 | Plp-Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002049 | Plp-Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000003052 | Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000004056 | Plp-Praktik Mengajar | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8420206202 | Skripsi | 6.00 | |
8420202057 | Filsafat Pendidikan Matematika | 2.00 | |
8420202004 | Pengembangan Kepribadian | 2.00 | |
8420202004 | Sains Kognitif | 2.00 | |
8420202004 | Komunikasi Interpersonal | 2.00 | |
8420202052 | Etnomatematika | 2.00 | |
8420202105 | Manajemen Dan Kepemimpinan | 2.00 | |
8420202220 | Teori Bilangan | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
Aljabar Linear Elementer | 3 | 16.67% | 83.33% | 100 % | |||||||||
Sejarah Matematika | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Matematika Sekolah | 3 | 18.18% | 22.73% | 9.09% | 18.18% | 13.64% | 9.09% | 9.09% | 100 % | ||||
Dasar-Dasar Matematika | 3 | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||||||
Kalkulus Diferensial | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Analisis Real | 3 | 42.86% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||||
Geometri Analitik | 2 | 20% | 80% | 100 % | |||||||||
Media Pembelajaran | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Pembelajaran Inovatif | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Statistika | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
Pemrograman Visual | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Teori Belajar | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Filsafat Pendidikan Matematika | 2 | 16.67% | 25% | 16.67% | 41.67% | 100 % | |||||||
Dasar Kependidikan | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pemrograman Visual | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved